Rabu, 19 Agustus 2020
Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 2 Kelas 4 Halaman 69, 70
Senin, 17 Agustus 2020
Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 2 Kelas 4 Halaman 59, 60, 61,62,63
Kunci jawaban dalam buku kelas 4 tema 2 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 59 dan seterusnya. Meskipun artikel ini berisi kunci jawaban namun disarankan agar para peserta didik terlebih dahulu menjawab soal sebisanya baru melihat kunci jawaban.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
1. Menulis2. Menggambar3. Membuat poster4. penerbitan koran5. penerbitan majalah
Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!
Tidak setuju, kertas harus digunakan dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan karena proses pembuatan kertas membutuhkan kayu yang tidak sedikit.
Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?
Kertas dibuat dari kayu sementara kayu diambil dari pohon. Jika semakin banyak pohon ditebang, alam akan semakin rusak.
Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas!
1. Mempergunakan lembar kertas sebaik-baiknya.2. Gunakan layanan digital untuk mengirim surat, misalnya surat elektronik3. Mempergunakan kertas lama yang masih bisa dipakai.
Tulis contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas.
Pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang:
1. Antri dengan tertib. (kewajiban)2. Bersekolah dengan sungguh-sungguh. (kewajiban)3. Menerima pelajaran dengan baik. (hak)4. Menerima kasih sayang dari orangtua (hak)Pengalaman menggunakan kertasSaya menggunakan kertas untuk menulis dan menggambar.
Jawaban :- 4/8- 5/10- 6/12
Tulislah hasil temuanmu pada tabel berikut.
Pecahan : 1/2
- 1/2 = 4/8- 1/2 =5/10- 1/2 = 6/12Pecahan : 1/4- 1/4 = 2/8- 1/4 = 3/12- 1/4 = 4/16- 1/4 = 5/20- 1/4 = 6/24Pecahan 1/3- 1/3 = 2/6- 1/3 = 3/9- 1/3 = 4/12- 1/3 = 5/15- 1/3 = 6/18
Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50,51,52
Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50. Peserta didik sebaiknya sudah mengerjakan soal terlebih dahulu, baru kemudian mulai melihat kunci jawaban di bawah ini.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Ayo Berdiskusi
Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik. Seberapa sering kamu menggunakannya? Diskusikanlah dengan temanmu
Contoh barang-barang yang menggunakan energi listrik :
- Lampu belajar
- Televisi
- Telepon Pintar
- Setrika
- Kipas Angin
Carilah bentuk-bentuk kipas yang berbeda. Tulislah cara membuatnya dan sampaikan kepada gurumu.
Kipasku
Ayo Menulis
Nah, sekarang, tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi. Saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini. Diskusikan hasilnya dengan teman di sebelahmu.
1. Kegiatan : Menjemur Ikan
Kamis, 13 Agustus 2020
Dari Bacaan “Hari Menanam Pohon” di Atas, Lengkapilah Peta Pikiran Berikut
Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 pembelajaran 3 halaman 24. Bagi peserta didik yang belum mengerjakan soal tersebut, disarankan untuk terlebih dahulu mengerjakan soal, setelah itu silakan melihat kunci jawaban di bawah ini.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.
Soal
Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia. Sebutan itu disematkan karena di Indonesia terdapat hutan yang sangat luas. Daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen berlimpah. Oksigen merupakan unsur penting bagi kehidupan.
Namun, sayangnya, hutan kita semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar. Oleh karena itu, pemerintah bersama rakyat berusaha mengurangi kerusakan hutan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menanam kembali pohon di lingkungan.
Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon pada tahun 2015 diawali sejak tanggal 26 November. Presiden melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Ada 10.000 pohon ditanam di hutan itu. Pohon yang ditanam pun bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahnya dapat dimakan.
Kita dapat berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tidak hanya dapat dilakukan di hutan. Kita dapat menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.
Ayo Renungkan
Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut
Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”
Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 kurikulum 2013 halaman 20. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tangga nada diatonis mayor.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.
Soal
Ayo Menulis
Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”.
1. Apa pengertian tangga nada mayor?
Salah satu tangga nada diatonis yang memiliki interval (jarak nada) 1 1 1/2 1 1 1 1/2
2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?
Bersifat riang gembira, Bersemangat, Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 atau 3 dan diakhiri nada 1.
Selasa, 11 Agustus 2020
Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.
Kunci jawaban dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 16. Peserta didik sebaiknya mengerjakan dengan benar.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini
Ayo Menulis
Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.
1. Dari bacaan tersebut buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Tuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya.
2. Dari pertanyaan tersebut, tuliskan jawabannya.
3. Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut.
Jawab
No. | Kata Tanya | Pertanyaan | Jawaban |
---|---|---|---|
1. | Apa | Apa saja organ pernapasan pada manusia? | Organ pernapasan pada manusia adalah hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus |
Apa zat yang diambil tubuh saat kita bernapas? | Zat yang diambil tubuh saat kita bernapas adalah oksigen. | ||
Apa fungsi rambut yang terdapat di rongga hidung? | Rambut yang terdapat di rongga hidung berfungsi menangkap kotoran. | ||
Apa jenis tulang yang menyusun organ laring? | Jenis tulang yang menyusun organ laring adalah tulang Rawan. | ||
Apa nama organ yang merupakan percabangan dari bronkus? | Organ yang merupakan percabangan dari bronkus adalah bronkiolus. | ||
2. | Di mana | Di mana udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh manusia? | Udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh manusia di rongga hidung |
Di mana persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang ? | Persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang terdapat di bagian faring. | ||
Di mana letak Alvelous? | Letak Alvelous terletak di dalam paru-paru . | ||
Di mana terdapat jaringan yang disebut silia ? | Jaringan yang disebut silia terdapat di dalam trakhea. | ||
Di mana letak organ laring atau tekak ? | Letak organ laring atau tekak di bagian belakang faring. | ||
3. | Kapan | Kapan udara pernapasan yang masuk ke dalam tubuh disaring? | Udara pernapasan yang masuk ke dalam tubuh disaring saat brada di rongga hidung. |
Kapan udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan? | Udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan saat berada di selaput hidung. | ||
Kapan debu-debu dan bakteri yang masuk didorong keluar? | Debu-debu dan bakteri yang masuk didorong keluar saat melewati jaringan silia. | ||
Kapan terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida? | Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi pada saat udara di dalam Alvelous. | ||
Kapan oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus? | Oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus saat berada dalam paru-paru. | ||
4. | Mengapa | Mengapa manusia bernapas? | Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh. |
Mengapa manusia membutuhkan energi dari makanan? | Energi dari makanan dibutuhkan menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada tubuh. | ||
Mengapa di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal ? | Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara. | ||
Mengapa pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia? | Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia untuk mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk | ||
Mengapa oksigen dibutuhkan tubuh? | Oksigen dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan. | ||
5. | Bagaimana | Bagaimana cara udara masuk ke dalam tubuh manusia? | Udara masuk ke dalam tubuh manusia melalui proses bernapas. |
Bagaimana kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring? | Kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring oleh rambut-rambut pendek dan tebal yang terdapat dalam rongga hidung. | ||
Bagaimana proses pertukaran oksigen dan karbondioksida? | Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida saat udara berada di Alveolus. | ||
Bagaimana proses gas karbindioksida keluar dari tubuh? | Gas karbindioksida keluar dari tubuh melalui pembuluh darah yang masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang saat kita mengembuskan napas. | ||
Bagaimana cara oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru? | Oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru melalui pembuluh darah halus. |
Kamu Telah Membaca Bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan Peta Pikiran (Mind Map) Di bawah ini,
Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.
Dayu dan Ikan Hias
Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali. Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?
Soal
Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.
Ikan mas Koki
Dayu
sebuah akuarium
Setiap hari
seminggu sekali
mulut ikan
Ayo Menulis
Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu dalam kotak berikut.
Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena:
sedang bernafas, dengan memasukkan air ke dalam insang agar oksigen di air bisa disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan
Perhatikan gambar di Atas Apa Saja Makhluk Hidup yang Ada pada Gambar di Atas?
Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 halaman 1. Sebelum membaca kunci jawaban, sebaiknya kalian sudah mengerjakan soal terlebih dahulu karena kunci jawaban dalam artikel ini hanya bersifat sebagai tambahan jawaban.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Perhatikan gambar di atas.
1. Apa saja makhluk hidup yang ada pada gambar di atas?
Kambing, bebek, ayam, itik
2. Apa saja perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu?
3. Apa pula persamaannya?
Sama-sama membutuhkan oksigen
4. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?
ya
5. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?
dihirup melalui alat pernafasan
6. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?
Menanam tumbuh-tumbuhan
7. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat dalam menjaga ketersediaan oksigen?
bergotongroyong menanam tumbuh-tumbuhan
Isilah Peta Pikiran Berdasarkan Bacaan Tersebut! Sang Saka Merah Putih
Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 Pembelajaran 3 halaman 119, 120 dan seterusnya. Saran kami bagi para pembaca, sebaiknya berusahalah terlebih dahulu mengerjakan soal sebisanya atau berdiskusi bersama teman-teman.
Kunci jawaban di bawah ini hanya merupakan pelengkap dari jawaban yang sudah kalian miliki. Silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini
Soal
Ayo Membaca
Persatuan dapat membawa kebaikan. Begitu pula dalam belajar. Kamu akan bekerja sama dengan temanmu agar tulisanmu dapat lebih baik.
Bacalah teks berikut!
Sang Saka Merah Putih merupakan sebutan bagi bendera nasional Indonesia. Warna merah putih memiliki makna. Merah berarti berani, dan putih berarti suci. Merah melambangkan tubuh manusia, sedangkan putih melambangkan jiwa manusia. Keduanya sangat penting, dan saling melengkapi.
Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun
Sumber: www.telusurindonesia.com kemerdekaan RI
Karena usianya yang sudah tua, Sang Saka Merah Putih terakhir tersebut kali berkibar pada tahun 1969. Bendera disimpan di Museum Nasional. Pemerintah kemudian membuat bendera duplikat dengan ukuran 300 cm × 200 cm.
Isilah peta pikiran berdasarkan bacaan tersebut!
Sang Saka Merah Putih
Warna merah melambangkan tubuh manusia. Warna putih melambangkan jiwa manusia.
Ibu Fatmawati
Bahan bendera terbuat dari katun Jepang dengan ukuran 276 cm × 200 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun
Tahun 1944
Jakarta
Senin, 10 Agustus 2020
Tulislah Berapa Persen Kotak Berwarna Biru Untuk Masing-Masing Kotak Ratusan di Atas!
Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 3 pembelajaran 2 halaman 114 dan seterusnya. Sebelum membaca kunci jawaban, para pembaca sebaiknya sudah mengerjakan soal. Nah, setelah soal selesai dikerjakan, silakan membaca kunci jawaban di bawah ini.
Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Soal
A. Kotak warna biru = 35%B. Kotak warna biru = 32%C. Kotak warna biru = 16%
Air di bumi = 100 %Air asin = 97 persenBerapa persen air bersih yang ada di bumi ?Jawab:Air di bumi - Air asin = Air bersih100 % - 97 % = 3 %jadi air bersih di muka bumi = 3 %
Harga satu paket buku = Rp400.000,00
Harga yang dibayar Santi = Rp320.000
Berapa persen santi mendapat diskon atau potongan ?
Jawab :
Jumlah potongan Santi = Rp400.000-Rp320.000 = Rp80.000
Menghitung persen = Potongan harga/ Harga awal X 100 %
= Rp80.000/ Rp400.000 X 100 %
= 20 %