Kamis, 06 Agustus 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 5 Halaman 32,33,34,35,36 Subtema 1

 Kunci jawaban dalam buku Kelas 6 Tema 2 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 32, 32,33,34,35,36. Peserta didik diminta menjawab beberapa pertanyaan dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo Menulis

Bacalah teks berikut dalam hati!

Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.

Akhirnya Edo dan temantemannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Dalam masyarakat Manggarai,Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.

Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 5 Halaman 32 Kurikulum 2013 

Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!
Makna proklamasi yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya adalah:
1. Terwujudkan kemerdekaan sehingga rakyat Indonesia bebas melakukan apa saja, termasuk bermain
2. Terwujudnya persatuan bangsa, sehingga Edo dan teman-temannya yang terdiri dari berbagai suku bisa bersatu.

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?

Proklamasi adalah proses yang sangat penting bagi bangsa Indonesia demi terwujudnya masyarakat yang bahagia.

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Saya bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa takut dilarang oleh siapapun


Ayo Berlatih

1. Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda. Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan. Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat. Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya.  

Hari ini Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di rumah Lani. Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong.

Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja.

Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?


1 kue batik = 12 potong

Kue Lani = 3 potong

Kue peserta rapat = 31 potong

Sisa kue di meja = 2 potong

Ditanya :

Jumlah kue yang dikirim oleh Ibu Titin


Jawab :

Pertama, kita harus harus menghitung dulu jumlah potongan kue yang ada di tempat rapat.

Jumlah potongan kue = kue lani + kue peserta rapat + sisa kue di meja

Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong

Jumlah potongan kue = 36 potong

Selanjutnya kita mencari jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.


1 kue batik = 12 potong 

Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong

Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong

Jumlah kue batik = 3 potong

Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3 buah.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 5 Halaman 36 Kurikulum 2013

Bacalah soal tersebut dengan seksama! Tulislah jawabanmu dan jelaskanlah bagaimana kamu menemukan jawabannya!

Jawaban :

Jumlah Seluruh Potongan Kue: 3+31+2=36

2. Lani dan Siti  membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong.  Mereka membagi 2 16 kotak kepada 4 temannya.

Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue?

Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?

Diketahui 
1 kotak kue = 6 potong
kue yang dibagi = 2 ¹/₆ kotak
Jumlah teman = 4 orang
Ditanyakan :
Apakah kue cukup jika tiap teman mendapat 4 potong?
Bagaimana jika setiap teman mendapat 3 potong kue

Jawab :

Jumlah kue = jumlah kotak x 6 potong
Jumlah kue =  2 ¹/₆  x 6 potong
Jumlah kue =  ¹³/₆  x 6 potong
Jumlah kue = 13 potong
Jika tiap teman mendapat 4 kue, maka kue yang dibutuhkan adalah : 4 orang x 4 potong kue = 16 potong kue. Maka kue tidak cukup karena jumlahnya hanya 13.
Jika tiap teman mendapat 3 kue, maka kue yang diperlukan adalah : 4 orang x 3 potong kue = 12 potong kue. Maka kue cukup untuk 4 orang karena jumlahnya ada 13.
Jumlah Kue yg dikirim oleh ibu: 36:12=3
Jadi, 3 kue batik yg dikirim ibu

Rabu, 05 Agustus 2020

Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu Menjual Martabak buatan Ibu Lani

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 halaman 29. Peserta didik diminta mengerjakan soal berhitung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Ayo Berlatih

Bekerja sama dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan

1. Bacalah cerita di bawah ini!
Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu menjual martabak buatan Ibu Lani. Mereka sedang bekerja sama untuk mengumpulkan dana bagi temannya yang sedang dirawat. Mereka mengikuti bazar makanan di
lingkungan tempat Dayu tinggal. 
Enam sekawan menjual 8 martabak. Setiap martabak dipotong menjadi 12 potong. Mereka berhasil menjual 90 potong.
a. Berapa martabak yang terjual?
b. Berapa martabak yang tersisa?
Tulislah jawabanmu pada tempat yang disediakan! Kamu harus bisa
menjelaskan jawabanmu melalui tulisan.
Diskusikan jawabanmu dengan teman sekelompokmu!

Jawab : 

Jumlah martabak : 8 
Jumlah potongan tiap martabak : 12
Jumlah potongan martabak : 8 x 12 = 96 potong
Jumlah martabak yang terjual : 90 potong

a. Jumlah martabak yang terjual = (90/96) x 8= 7,5 martabak
b. Jumlah martabak yang tersisa = 8-7,5 = 0,5 martabak


2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin.
Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama. Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?
Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk
membantu jawabanmu!

Tulislah pada tempat yang tersedia!

5 5/6 = 35/6 : 6 
= 35/6 x 6/1 = 210/6 = 35 : 5 = 7

Berarti jumlah pembeli yang akan mendapat 5 potongan adalah : 7

Tukarkan jawabanmu kepada teman di sebelahmu. Apakah ada yang
berbeda?

Seandainya Kamu Sedang Bermain Bersama Mereka, Apa yang Harus Kamu Perhatikan

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Siswa Kelas 6 tema 2 Revisi 2018 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 28. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kerukunan dan persatuan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal

Ayo Berdiskusi 
Amati gambar berikut !



1. Seandainya kamu sedang bermain bersama mereka, apa yang harus kamu perhatikan terkait kerukunan dan persatuan?

Jawab :

Saya akan bermain dengan penuh kegembiraan bersama teman-teman sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku. Mungkin kami saling berbeda dalam hal suku, agama atau ras, namun kami tidak menjadikan perbedaan-perbedaan tersebut sebagai penghambat bagi kami untuk bermain bersama. Sebaliknya, perbedaan tersebut membuat kita semakin saling memahami orang lain.

2. Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan beri 3 contoh kegiatan dan perbedaan yang ada!

Sudah, contohnya:
1. Mengucapkan selamat hari raya kepada umat beragama lain
2. Berteman tanpa harus memilih berdasarkan Suku agama dan ras
3. Mengingatkan kepada teman beragama lain jika tiba saatnya beribadah.


Apa manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai tersebut? Tulislah 3 manfaat  yang kamu rasakan!

1. Kita bisa saling memahami
2. Kerukunan akan terjaga
3. Kedamaian akan terwujud

Minggu, 02 Agustus 2020

Diskusikanlah Peta Pikiranmu dengan Teman di Kelompokmu! Kembangkan Informasi pada Peta Pikiran

Soal dan Jawaban dari tugas dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 27. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Diskusikanlah peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu!
Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri.
Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu

Jawab:

Peristiwa yang digambarkan dalam peta pikiran berdasarkan teks adalah peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tanggal 9 Agustus 1945 tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Ketiga tokoh pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia dilaksanakan di Dalat, Saigon. Setelah pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri antara tokoh golongan tua dan golongan muda.

Berdasarkan Bacaan Tersebut, Tulislah Informasi Penting pada Peta Pikiran Berikut Halaman 27

Kunc jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 pembelajaran 4. Peserta didik diminta membuat peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Membaca
Persatuan sangat dibutuhkan untuk mencapai tujuan. Segala perbedaan yang ada dikesampingkan untuk kepentingan bersama. Terkadang perbedaan yang dimiliki oleh suatu kelompok dapat memperkaya keputusan yang diambil.

Menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, terdapat beberapa peristiwa penting yang perlu kita ketahui, di antaranya sebagai berikut.

Tanggal 9 Agustus 1945, Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat, Saigon untuk bertemu dengan Marsekal Terauchi, Panglima Besar Tentara Jepang di Asia Tenggara. Panglima tersebut menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Saat itu tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Beberapa wilayah Jepang dijatuhi bom oleh tentara musuh. Untuk menarik simpati rakyat Indonesia, Jepang memutuskan untuk menghadiahkan kemerdekaan.

Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Terjadilah perbedaan pendapat antara tokoh golongan tua dan golongan muda. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. Mereka menginginkan proses kemerdekaan Indonesia disiapkan oleh bangsa Indonesia tanpa ada campur tangan asing.

Berdasarkan bacaan tersebut, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!



Jawab:

Apa:
Peristiwa sebelum terjadi proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Mengapa:
Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Siapa:
 Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat , Marsekal Terauchi

Bagaimana:
Pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri. Golongan muda tidak ingin kemerdekaan Indonesia diatur oleh Jepang. 

Kapan:
9 Agustus 1945

Di mana:
Dalat, Saigon

Ceritakan Pengalamanmu Dalam Menerapkan Nilai-Nilai Kelima Sila dari Sila Pancasila Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtma 3 Pembelajaran 6 halaman 153. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 



Soal

Ceritakan pengalamanmu dalam menerapkan nilai-nilai kelima sila dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan dengan singkat manfaat dari perilaku tersebut bagi masyarakat dan lingkungan di sekitarmu.

Jawab : 

Cara saya menerapkan nilai-nilai kelima sila dari sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah dengan cara berbuat baik, misalnya

a. Beribadah dengan benar
b. Patuh kepada orangtua
c. Sopan kepada sesama manusia
d. Tidak menghina atau mengejek orang lain
e. Rajin belajar.
f. Mematuhi aturan sekolah
g. Patuh aturan hukum yang berlaku

Evaluasi Bacalah Teks Berikut Harimau Sumatera Hampir Punah

Kunci jawaban dari pertanyaan Evaluasi dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 153. Peserta didik diminta menjawab beberapa soal tentang harimau Sumatera.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Evaluasi

1. Bacalah Teks Berikut Ini

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Harimau jantan dewasa memiliki tinggi hingga 60 cm. Ukuran panjang hewan ini dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg. Harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg. Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua.

2. Buatlah kesimpulan dari teks di atas. Gunakan kosakata baku.

Jawab :

2. Kesimpulan dari teks di atas

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat , berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Saat ini harimau Sumatera hanya berjumlah 400 ekor. Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Tingginya hingga 60 cm.

Buatlah kesimpulan dari teks di atas Daun Pandan yang Wangi

Kunci jawaban dari soal dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 pembelajaran 6 halaman 152. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kesimpulan teks Daun Pandan yang Wangi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 



Soal

Daun pandan yang Wangi 
Daun pandan adalah tumbuhan semak. Daun ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara. Di Indonesia, tanaman pandan disebut dengan nama pandan wangi atau pandan rampe. Penduduk Thailand menyebutnya dengan nama Bai Toey. Di Vietnam, daun pandan dikenal sebagai La Dua.

Helai daun pandan berbentuk pita, tipis, licin, dan berujung runcing. Ukuran panjang daun adalah 40-80 cm dengan lebar 3-5 cm. Daun pandan berwarna hijau.

Masyarakat memanfaatkan pandan sebagai rempah-rempah dan sebagai bahan baku pembuatan minyak wangi. Daunnya harum apabila diremas atau diiris-iris. Tanaman ini sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewangi, dan pemberi warna hijau pada masakan.

Buatlah kesimpulan dari teks di atas.

Jawab

Daun pandan banyak tumbuh di negara seperti Indonesia, Thailand dan Vietnam. Helainya berbentuk pita, tipis, licin dan berujung runcing serta berwarna hijau. Daun pandan sering digunakan sebagai bahan penyedap, pewandi dan pemberi warna hijau pada masakan.

Kamu Sudah Bermain Rounders Bersama Temanmu. Hari ini Kamu Akan Bermain yang Sama

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 150. Peserta didik diminta menjawab soal tentang permainan rounders.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Berlatih
Kamu sudah bermain rounders bersama temanmu. Hari ini kamu akan bermain yang sama agar kamu lebih terampil.
Diskusikan lagi cara bermain rounders dengan teman dan gurumu sebelum bermain.

Jawab




Cara Bermain Rounders :

  1. Sebelum permainan di mulai terlebih dahulu di adakan semacam undian
  2. Masing-masing pemain atau regu mendapat dua kali giliran dalam melakukan pukulan dan menjaga lapangan
  3. Pemain tidak di perbolehkan berlari sebelah dalam tiang pembatas
  4. Penjaga lapangan segera melakukan pukulan pada saat berlari
  5. Seluruh anggota atau regu dapat keluar secara serentak bila seorang penjaga belum mencapai tiang keempat.

Gunakan Angka-Angka 4, 6, dan 5 Untuk Membuat Soal Cerita

Kunci jawaban pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 148. Peserta didik diminta menjawab soal tentang perhitungan angka 4, 6, dan 5.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Ayo Berlatih
Gunakan angka-angka 4, 6, dan 5 untuk membuat soal cerita. Soalmu harus memuat paling sedikit dua operasi hitung berbeda.

Jawab


Meli  mempunyai 5 keranjang buah apel. Masing-masing keranjang berisi 4 kilo apel.

Namun setelah diperiksa ternyata ada 6 kilo apel yang masih mentah. Berapa kilo kah rambutan Bu Meli yang matang?

Jawab :
5 x 4 - 6
= ( 5 x 4 ) – 6
= 20 – 6
= 14

Jawabannya adalah 14 kilo apel yang matang.

Contoh (2)

Edo mempunyai 5 keranjang buah jeruk. Masing-masing keranjang berisi 4 kilo jeruk.

Namun setelah diperiksa ternyata ada 6 kilo jeruk yang masih mentah. Berapa kilo kah jeruk Edo yang matang?

Jawab :
5 x 4 - 6
= ( 5 x 4 ) – 6
= 20 – 6
= 14

Jawabannya adalah 14 kilo jeruk yang matang.

Contoh (3)

Udin memiliki 4 pak buku tulis, masing-masing pak berisi 10 buah buku tulis. Kemarin Udin membeli lagi sebanyak 6 buah buku.

Dayu memberikan 5 buah buku kepada adiknya. Hitunglah sisa buku yang dimiliki Udin!

Jawab :
= (4 x 10) + 6 - 5
= 40 + 6 - 5
= 46 - 5
= 41