Sunday, August 2, 2020

Evaluasi Bacalah Teks Berikut Harimau Sumatera Hampir Punah

Kunci jawaban dari pertanyaan Evaluasi dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 3 Pembelajaran 6 halaman 153. Peserta didik diminta menjawab beberapa soal tentang harimau Sumatera.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Evaluasi

1. Bacalah Teks Berikut Ini

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat, berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Jumlah harimau Sumatera saat ini berkisar 400 ekor. Mereka hidup di dataran rendah, lahan gambut, dan hutan hujan pegunungan.

Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Harimau jantan dewasa memiliki tinggi hingga 60 cm. Ukuran panjang hewan ini dari kepala hingga kaki mencapai 250 cm dan berat hingga 140 kg. Harimau betina memiliki panjang rata-rata 198 cm dan berat hingga 91 kg. Warna kulit harimau Sumatera merupakan yang paling gelap dari seluruh harimau, mulai dari kuning kemerah-merahan hingga oranye tua.

2. Buatlah kesimpulan dari teks di atas. Gunakan kosakata baku.

Jawab :

2. Kesimpulan dari teks di atas

Harimau Sumatera hampir punah karena hilangnya habitat , berkurangnya jumlah jenis mangsa, dan perburuan. Saat ini harimau Sumatera hanya berjumlah 400 ekor. Harimau Sumatera bertubuh paling kecil dibandingkan jenis harimau yang hidup saat ini. Tingginya hingga 60 cm.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon