Rabu, 15 Juli 2020

Tugas Mandiri 2.1 Coba Kalian Lakukan Pengamatan Atas Kekayaan Alam yang Terdapat di Wilayah

Kunci jawaban tugas mandiri 2.1 dalam buku PPKn Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 47. Peserta didik diminta mengamati kekayaan alam yang ada di wilayah masing-masing.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Tugas Mandiri 2.1
Coba kalian lakukan pengamatan atas kekayaan alam yang terdapat di wilayah kabupaten/kota atau provinsi tempat kalian saat ini berada. Tuliskan hasil pengamatan kalian pada tabel di bawah ini. Perhatikan contoh pengerjaannya yang terdapat pada nomor satu.


Tabel 2.4
Kekayaan Alam yang Terdapat di Wilayah Tempat Kalian




NOJenis Kekayaan AlamKondisi Ketersediaan  
  BaikRusakBanyakSedikitHabis
1Batu KapurV  v 
2Kayu JatiV V  
3Batu PadasV V  
4Kayu MahoniV V  
5RotanV V 

Tabel 2.3 Identifikasi Permasalahan- Permasalahan yang Melibatkan Indonesia dengan Negara Lain

Kunci jawaban dari tabel 2.3 tugas kelompok 2.1 halaman 44 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengidentifikasi permasalahan yang melibatkan Indonesia dengan negara lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

2. Setiap wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain tentunya pernah mengalami beberapa permasalahan. Coba kalian identifikasi permasalahan-permasalahan yang melibatkan Indonesia dengan negara lain yang berkaitan dengan masalah perbatasan. Presentasikan di depan guru dan teman kalian.

Tabel 2.3
Identifikasi Permasalahan- Permasalahan yang Melibatkan Indonesia dengan Negara Lain yang Berkaitan dengan Masalah Perbatasan


2.   Batas Perairan Indonesia-Filipina mengenai Pulau Miangas
Negara lain yang terlibat: Filipina
Penyelesaian: Protokol perjanjian ekstradisi Indonesia – Filipina mengenai defisi wilayah Indonesia yang menegaskan Pulau Miangas adalah Milik Indonesia atas dasar putusan Mahkamah Arbitrase Internasional 4 April 1928

3. Batas Perairan Indonesia-Malaysia di Selat Malaka 
Negara lain yang terlibat: Malaysia
Penyelesaian: UNCLOS-82, sebagai coastal state, Malaysia tidak diperbolehkan menggunakan Pulau Jara dan Pulau Perak sebagai base line yang31dua pulau tersebut lebih dari 100 mil laut.

4. Konflik di perairan Natuna dengan Vietnam
Negara lain yang terlibat: Vietnam
Penyelesaian: Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS 1982).

5. Konflik di perairang Natuna dengan Tiongkok
Negara lain yang terlibat: Tiongkok
Penyelesaian: jalur diplomasi.

Tabel 2.2 Identifikasi Negara yang Berbatasan Langsung dengan Wilayah Daratan dan Lautan Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas kelompok 2.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 10 Bab 1 halaman 44. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi negara yang berbatasan langsung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Tugas Kelompok 2.1
Nah, setelah kalian membaca dan memahami uraian di atas kerjakanlah tugas di bawah ini.

1. Coba kalian lakukan identifikasi negara yang berbatasan langsung dengan wilayah daratan dan lautan Indonesia. Tulislah hasil identifikasi kalian pada tabel di bawah ini.

Tabel 2.2
Identifikasi Negara yang Berbatasan Langsung dengan Wilayah Daratan dan Lautan Indonesia


Daratan:
  1. Malaysia
  2. Papua Nugini
  3. Timor Leste

Lautan: 
  1. Malaysia
  2. Thailand
  3. India
  4. Republik Rakyat Cina
  5. Vietnam
  6. Singapura
  7. Filipina
  8. Australia

Jumat, 10 Juli 2020

Tabel 2.1 Pertanyaan tentang Gambar Pkn Kelas 10 SMA

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 2 halaman 37. Peserta didik diminta membuat soal berdasarkan bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal


Setelah kalian mengamati gambar di atas, coba kalian susun pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut. Kemudian jadikan pertanyaan-pertanyaan yang kalian rumuskan sebagai bahan diskusi.
Tuliskan pertanyaan yang kalian susun dalam tabel di bawah ini.

Tabel 2.1 Pertanyaan tentang Gambar
Pertanyaan:
1. Bagaimana kondisi wilayah Indonesia di daratan, lautan, dan udara?
2. Bagaimana menjaga keamanan perbatasan di daratan, lautan dan udara yang begitu luas?
3. Bagaimana cara menjaga persatuan dan kesatuan di negara yang terdiri dari pulau-pula yang tersebar?
4. Bagaimana memeratakan pembangunan di berbagai wilayah Republik Indonesia?
5. Dengan cara apa, menumbuhkan nasionalisme di berbagai wilayah Republik Indonesia?

Selasa, 30 Juni 2020

Tulislah Bilangan di Bawah Dalam Bentuk Penulisan Standar

Kunci jawaban dari tugas atau soal dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 19 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang matematika.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Temukan jawabanmu dari soal berikut.
1. Tulislah bilangan di bawah dalam bentuk penulisan standar.
10.000.000 + 2.000.000 + 300.000 + 20.000 + 3000 + 400 + 70 + 2
12.323.472

2. Tulislah bilangan berikut dalam bentuk penulisan standar.
4 juta 256 ribu 78
4.256.078

3. Buatlah lima bilangan yang terdiri dari 7 sampai 8 angka. Bilanganmu harus memiliki angka 0-9.
Urutkan bilanganmu.
a. 1.234.567.
b. 2.345.678.
c. 34.567.890
d. 56.789.130
e. 98.765.432

Hasil pengurutan, sama dengan urutan di atas

a. 1.234.567.
b. 2.345.678.
c. 34.567.890
d. 56.789.130
e. 98.765.432

4. Tulislah bilangan yang diperoleh dari :
a. 745.862 ditambah 10.000

= 745.862
     10.000
------------- +
    755.862

b. 875.000 ditambah 1.000.000

  875000
1000000
---------- +
1875000


c. 3.174.821 dikurangi 100.000

3174821
  100000
------------ -
3.274.821


d. 735.236.306 dikurangi 1 juta

735.236.306.
    1.000.000
-------------- --
734.236.606

5. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000.
Aku adalah bilangan ganjil.
Angka ribuanku semuanya sama.
Angka dasarku semuanya sama.
Jumlah seluruh angkaku adalah 30.
Bilangan berapakah aku?
Temukan bilangannya sebanyak mungkin.
Bagaimana kamu menemukan jawabannya?

Apabila Bilangan 160.800.000 Ditulis Pada Tabel Nilai tempat, Di Manakah Angka 1 dan 6 Ditempatkan?

Soal dan jawaban dalam buku kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 18 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?

Ratusan Juta :1
Puluhan Juta :6
Jutaan
Ratusan Ribu
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan



Perhatikan informasi berikut.
Nanas adalah buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya enak dimakan, nanas diyakini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. 
Di Asia Tenggara, nanas banyak ditanam di Filipina, Thailand, dan Indonesia. Berpenduduk sekitar 555.000.000, Asia Tenggara menjadi penghasil nanas tertinggi di dunia.
Di Kecamatan Sungai Apit, Siak, Indonesia, produksi nanas mencapai 21.600.000 buah per tahunnya. Seorang petani di daerah ini bisa berpenghasilan Rp34.000.000,00 sampai Rp42.500.000,00 per tahun.
Penghasilan mereka setiap bulan adalah sekitar Rp2.830.000,00 sampai Rp3.540.000,00.

Catatlah bilangan-bilangan yang ada dalam informasi diatas.
Bersama temanmu, pilihlah tiga bilangan. Sampaikan kepada temanmu bilangan-bilangan tersebut terkait nilai tempatnya dengan cara sebanyak-banyaknya. Apakah ada perbedaan
penyampaian bilangan tersebut?

 555.000.000

Ratusan Juta :5
Puluhan Juta :5
Jutaan :5
Ratusan Ribu
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

21.600.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta :2
Jutaan :1
Ratusan Ribu :6
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

34.000.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta :3
Jutaan :4
Ratusan Ribu :0
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

42.500.000


Ratusan Juta
Puluhan Juta :4
Jutaan :2
Ratusan Ribu :5
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

2.830.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta
Jutaan :2
Ratusan Ribu :8
Puluhan Ribu :3
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

3.540.000


Ratusan Juta
Puluhan Juta
Jutaan  :3
Ratusan Ribu :5
Puluhan Ribu :4
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

Ada perbedaan di antara bilangan-bilangan di atas yaitu

Bilangan bulat
  1. 555.000.000 
  2. 21.600.000 

Dengan tanda rupiah:

  1. Rp34.000.000,00
  2. Rp42.500.000,00 
  3. Rp2.830.000,00 
  4. Rp3.540.000,00.

Senin, 29 Juni 2020

Tentukan Dua Negara yang Akan Kamu Cari Informasinya Lebih Dalam Lagi. Tulislah di Kotak yang Tersedia

Kunci jawaban dari soal dalam buku kelas 6 Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 14. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

1. Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.
2. Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.
3. Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.



Negara Indonesia
Karakteristik:

-Letak
Secara astronomis Indonesia berada di antara 6o LU – 11o08 LS dan berada di antara 95oBT – 141o45 BT. Selain itu Indonesia berbatasan dengan beberapa negara dan wilayah perairan seperti:

Utara berbatasan dengan: negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
Timur berbatasan dengan: Samudera Pasifik, Papua Nugini, dan Timor Leste.
Selatan berbatasan dengan: Australia, Timor Leste dan Samudera Hindia.
Barat berbatasan dengan: Samudera Hindia.

- Penduduk Negara Indonesia
Jika menelisik masa lalu dan asal-usulnya, penduduk Indonesia sebagian besar berasal dari bangsa Austronesia (95%), namun ada juga yang berasal dari suku-suku lain seperti Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia khusus di bagian Indonesia timur. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap diri mereka sebagai kelompok suku yang lebih spesifik seperti suku Jawa, Sunda, Dayak, Minangkabau dan lain sebagainya.

Indonesia juga termasuk sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yakni 270.054.853 jiwa di tahun 2018. Sekitar lebih dari 50% atau 130 juta penduduk berada di pulau Jawa.

Dalam kehidupan sehari – hari sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerah atau bahasa ibu untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa yang bisa dikuasai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam yakni sekitar 87% dan menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Pemerintah Indonesia juga mengakui 5 agama selain Islam antara lain:

Protestan: 7%
Katolik: 3%
Hindu: 1,7%
Buddha: 0,7%
Konghucu dan lainnya: 0,5

Negara Malaysia
Karakteristik:
  1. Memiliki iklim tropis
  2. Bentuk Pemerintahan Monarki Konstitusional
  3. Dipimpin oleh seorang Yang Dipertuan Agung
  4. Mayoritas suku adalah suku melayu
  5. Wilayah terdiri atas dua pulau utama
  6. Topografi berupa pegunungan
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu dan Inggris
  8. Agama mayoritas adalah Islam
Persamaan kedua negara antara lain:
1. Memiliki penduduk dengan ras melayu
2. Mayoritas beragama Islam
3. Memiliki iklim yang sama., yaitu tropis.

sumber jawabanhttps://ilmugeografi.com/

Diskusikan Diagrammu Dengan Teman Kelompokmu. Kembangkan Ide Pokok dan Informasi Pada Diagram

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.



Proses Pertumbuhan Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Penduduk di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Mereka menanam di di ladang atau di kebun bersamaan dengan tanaman-tanaman lain. Bagi masyarakat NTT, jagung merupakan makanan pokok yang sudah berlangsung turun-temurun sejak lama. 

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Mereka mulai menanam pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April-September. Biji jagung dibeli di toko pertanian atau bisa juga menggunakan bibit jagung yang sudah dipersiapkan dari panen sebelumnya. Biji jagung mulai ditanam dengan cara menempatkannya pada lubang-lubang dengan jarak tertentu di ladang. Setelah tiga atau empat hari, jagung akan tumbuh.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Bagian itulah yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan yang bernama tepungsari. Saat terbawa angin, tepungsari akan menempel pada bagian bawah jagung. Saat itulah, jagung akan mulai berbuah. 

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Selama proses perkembangan jagung, para petani harus melakukan perawatan agar jagung terbebas dari gulma dan hama dengan cara menyemprot. Agar perkembangan jagung memuaskan, perlu juga dilakukan pemupukan dengan teratur. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Selain menanam kembali sebagian biji jagung, saat ini juga tersedi benih jagung buatan pabrik. 

Minggu, 28 Juni 2020

Tulislah ide pokok dan Informasi Penting dari Teks Berjudul Bagaimana Jagung Berkembang Biak

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2 dan 4 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Sebelum menjawab pertanyaan tentang ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul bagaimana jagung berkembang biak, terlebih dahulu, mari kita kerjakan pertanyaan pada halaman 2.

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

1. Mengapa tumbuhan sangat penting bagi manusia dan kehidupan?
Tumbuhan sangat penting bagi manusia karena dengan adanya tumbuhan manusia bisa tumbuh dan berkembang. Manusia mengonsumsi beberapa jenis tumbuhan untuk kehidupannya.
2. Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi ini?
Kemungkinan besar, tidak akan ada kehidupan di bumi ini

Ayo Membaca
Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Edo ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini. 
Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Edo juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat
yang dilihat selama liburan. Edo ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.
Berikut adalah laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen
ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang
dimakan oleh manusia adalah biji jagung. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh : Nuniek

Bacalah dengan saksama.
Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.


Paragraf 1 :  Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia
Paragraf 2: Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung
Paragraf 3: Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya.
Paragraf 4: Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung
Paragraf 5: Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen.

Sabtu, 27 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 89,91,95,96,101,102

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 kurikulum 2013 halaman 89. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati
Amatilah keempat gambar kenampakan berikut!
Berilah tanda centang () pada gambar yang menunjukkan kenampakan alam yang ada di Indonesia.
Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan kenampakan buatan yang ada di Indonesia.


Ayo Berlatih
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kenampakan alam apakah yang tampak pada gambar di atas?
Gunung, Sungai, dan danau
2. Kenampakan buatan apakah yang nampak pada gambar di atas?
Waduk( Bendungan)
3. Apakah kenampakan alam itu?
Adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam.
4. Apakah kenampakan buatan itu?
Segala sesuatu di alam yang terbentuk karena perbuatna manusia.


Ayo Berlatih (halaman 91)

Pulau Jawa
Bentang Alam Secara Umum
a. Gunung : Gunung Merapi, Gunung Lawu, GUnung Merbabu, Gunung Semeru, Gunung Arjuna
b. Lembah : Lembah Tidar, Lembah Dieng, Lembah Kaliurang
c. Bukit : Bukit Moko, Bandung,  Bukit Sumedang di Jawa Barat, Bukit Kidul di Jawa Timur, Bukit Candi Abang, Sleman, Yogyakarta
d. Sungai : Sungai Bengawan Solo, Sungai Citarum, Sungai Ciliwung, 
e. Dataran rendah : Dataran rendah Surakarta, Dataran rendah Semarang, dan Dataran rendah Madiun
f. Pantai: Pantai Pangandaran, Pantai Parangtritir, Pantai Depok, Pantai Anyer.

Pulau Sumatera
a. Gunung : Gunung Kerinci, Gunung Marapi, GUnung Talamau, Gunung Bandahara, Gunung Dempo
b. Lembah : Lembah Anai, Lembah Ngarai Sianok, Lembah Harau
c. Bukit : Bukit Barisan, Bukit Pasai, Bukit Kerinci
d. Sungai : Krueng Aceh, Sungai Asahan,Sungai Barumun, Batang Gadis, Batang Hari, Krueng Jamboaye, Sungai Kampar, Sungai Indragiri.
e. Dataran rendah : Asahan (Sumatera Utara), Kota Jambi (Jambi), Tanjung Jabung Barat (Jambi), Tanjung Jabung Timur (Jambi), Muaro Jambi (Jambi), Merangin (Jambi), Batang Hari (Jambi), Dataran rendah Air Manis (Sumatera Barat)
f. Pantai: Pantai Carolina (Sumatera Barat), Pantai Mappadegat (Kepulauan Mentawai), Pantai Sako (Sumatera Barat)

Kalimantan
a. Gunung : Gunung Asing (1.703 m), Gunung Aurbunak (1.150 m), Gunung Balayan (1.599 m)
, Gunung Banyutawar (1.560 m), Gunung Batu (1.428 m), Gunung Batubrok (1546 m)
b. Lembah : Lembah Danum, Lembah Kahung, Lembah Mukti.
c. Bukit : Batu Dinding, Bukit Kelam, Bukit Baka, Bukit Lintang
d. Sungai : Melawi, Barito, Kapuas, Mahakam
e. Dataran rendah : Pangkalanpun, Ketapang, Kuala Kapuas, Telukmelano
f. Pantai: Pantai Angsana, Kemala, Melawai, Derawan

Sulawesi
a. Gunung : Klabat, Bawakaraeng, Latimojong, Soputan,
b. Lembah : Lembah Bada, Lembah Ramma, dan Lmbah Megalitikum Besoa
c. Bukit : Bukit Luwu, Bone,  Barui, Dataran Tinggi Waji, Dataran Tinggi Penreng, dan Dataran Tinggi Bingkoku
d. Sungai : Bila, Jenberang, Palu, Poso, Konoweha, Lariang, Walane
e. Dataran rendah : Dataran rendah Maros, Barrum Pangkep, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Jeneponto, Gowa, dan Ujungpandang
f. Pantai: Tanjung Bira Bulukumba, Pantai Apparalang, Pantai Losari Makassar, Pantai Selayar Pulau Selayar, Pantai Akkarena Makassar, Pantai Panrang Luhu Bira, dan Pantai Marumasa.

Papua
a. Gunung : Irau, Mebo, Umsini, Bijih, Dafonsoro, Puncak Jaya
b. Lembah : Lembah Baliem, Lembah Kaputo, dan Lembah surghi
c. Bukit : Bukit Karang, Nit Arfak, Bukit Kobre, Bukit Teletubis
d. Sungai : Digul. Membramo, Undir, Bian, Maro, Tariku
e. Dataran rendah :  Dataran rendah Pesisir bagian selatan Papua, Pesisir  Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir Teluk Papua, dan Pesisir barat laut Papua
f. Pantai: Pantai Triton, Teluk Venue, Pantai Yen Beba, Pantai Bakaro, Pantai Kaironi, Pantai Pulau Um.

Kepulauan Maluku
a. Gunung : Binaia, Gamkonora, Gamalama, G. Api Banda. Dukono
b. Lembah : Lembah Argo, Lembah Alliamato, Lembah Waeapo
c. Bukit : Bukit Durian, Bukit Foramadiahi, Bukit Tidore
d. Sungai : Sungai Apu, Sungai Castelo, Sungai Marikrubu, Sungai Masiulang, Sungai Ruate, Sungai Sapatewa, Sungai Sapulawa, Sungai Sarafo, Sungai Togorala, Sungai Yalua
e. Dataran rendah : Dataran rendah di wilayah Ambon, Maluku Utara, Pulau Kei kecil, dan Pulau Seram bagian timur
f. Pantai: Pantai Ora, Pantai Ngurbloat, Natsepa, Jikumerasa

Pulau Bali
a. Gunung : Agung, Batur, Abang, Adeng, Batukaru, Merbuk
b. Lembah : Lembah Pantunan, Lembah Tukad Melangit
c. Bukit : Bukit Asah, Bukit Cinta, Bukit Jambul, Bukit Belong
d. Sungai : Ayung, Balangan, Tikad Buleleng, Pangi, Pakerisan
e. Dataran rendah : Badung, Tabanan, Gianyar, Buleleng, Batur, dan Buyan
f. Pantai: Kuta, Sanur, Jimbaran, Tanah lot, Pandawa, Nusa Dua

Kepulauan Nusa Tenggara
a. Gunung : Egon, Lewotolo, Rokatenda, Kelimutu, Rinjani, Tambora.
b. Lembah  Lembah Paundoa, Lembah Hijau Lombok, Bola Palelo, Jarebuu, Lembah Rinjani.
c. Bukit : Bukit Marese, Bukit Pengasingan, Batu Hidung, Bukit Mandoo, 
d. Sungai Wera, Wajalu, Benanain, Putih,Kambaniru, Aesesa, 
e. Dataran rendah , Moyo Hilir, Lape, Lopok, Plampang, dan Empang, Terdapat sepanjang pantai Utara dan Barat mulai dari Jereweh di pantai barat, Taliwang, Seteluk, Alas, Utan, Sumbawa Besar
f. Pantai: Sengigigi, Pantai Koka, Gili Trawangan, Sekotong,

Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui bentuk muka bumi atau bentang alam Pulau Papua.
Sekarang giliranmu untuk mencari tahu bentuk muka bumi atau bentang alam
provinsimu.
Untuk membantumu, kamu dapat melakukan studi pustaka dengan mencari
sumber-sumber referensi di perpustakaan sekolah.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.


-------------------------...


Ayo Berlatih (Halaman 95)
Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
OKtober-Maret
2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
April- September
3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Muson merupakan angin musiman yang bersifat periodik dan biasanya terjadi terutama di Samudera Hindia dan sebelah selatan Asia.


Ayo Membaca (Halaman 96-97)

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas. (Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia)

Paragraf 1
Ide Pokok: Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna.

Paragraf 2
Ide Pokok: Banyak faktor yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia, seperti iklim.

Paragraf 3
Ide Pokok: Faktor penyebab kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia adalah tanah

Paragraf 4
Ide Pokok: Air juga merupakan faktor penting yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia.

Paragraf 5
Ide Pokok: Selain iklim, tanah, dan air yang merupakan faktor abiotik, ada juga
faktor biotik yang mempengaruhi kaya dan beragamnya flora dan fauna
di Indonesia, yakni manusia.

Paragraf 6
Ide Pokok: Di sisi lain, manusia juga mempengaruhi keberlangsungan hidup flora
dan fauna.

Paragraf 7
Ide Pokok:Faktor biotik selain manusia adalah hewan dan tumbuhan itu sendiri.


Ayo Berlatih (Halaman 101)
Pasangkanlah dengan garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai! 


Ayo Mengamati (Halaman 102)
Amatilah gambar-gambar berikut.
Berilah tanda centang () pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.