Monday, June 29, 2020

Diskusikan Diagrammu Dengan Teman Kelompokmu. Kembangkan Ide Pokok dan Informasi Pada Diagram

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.



Proses Pertumbuhan Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Penduduk di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Mereka menanam di di ladang atau di kebun bersamaan dengan tanaman-tanaman lain. Bagi masyarakat NTT, jagung merupakan makanan pokok yang sudah berlangsung turun-temurun sejak lama. 

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Mereka mulai menanam pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April-September. Biji jagung dibeli di toko pertanian atau bisa juga menggunakan bibit jagung yang sudah dipersiapkan dari panen sebelumnya. Biji jagung mulai ditanam dengan cara menempatkannya pada lubang-lubang dengan jarak tertentu di ladang. Setelah tiga atau empat hari, jagung akan tumbuh.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Bagian itulah yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan yang bernama tepungsari. Saat terbawa angin, tepungsari akan menempel pada bagian bawah jagung. Saat itulah, jagung akan mulai berbuah. 

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Selama proses perkembangan jagung, para petani harus melakukan perawatan agar jagung terbebas dari gulma dan hama dengan cara menyemprot. Agar perkembangan jagung memuaskan, perlu juga dilakukan pemupukan dengan teratur. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Selain menanam kembali sebagian biji jagung, saat ini juga tersedi benih jagung buatan pabrik. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon