Kamis, 07 Mei 2020

Isilah Tabel Berikut ini dengan Nama Hewan, Isilah Sesuai Kelompok yang Tepat!

Halo..Assalamualaikum anak-anak kelas 3, semoga hari kalian selalu menyenangkan. Pada kesempatan ini, Bapak akan berbagi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam buku Kurikulum 2013  Edisi Revisi 2018 Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 13, 14 dan 15. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Berdiskusi
Isilah Tabel Berikut ini dengan nama hewan
Isilah sesuai kelompok yang tepat



Halaman 13

 Nama Makhluk Hidup Melahirkan         Bertelur
 Ayam                            V          
 Kucing     V 
 Tikus V 
 Ikan  V
 Sapi V 


Halaman 14

Apakah tumbuhan memerlukan makanan?
Ya

Apa makanan untuk tumbuhan?
Air dan Karbondioksida

Halaman 15

Setelah mengamati teks tersebut, coba kamu sebutkan kembali ciri-ciri makhluk hidup!
Ciri-Ciri Makhluk Hidup adalah: Peka terhadap rangsang, bergerak, butuh makanan, butuh minuman


Buatlah kalimat berdasarkan kata-kata berikut!
Berkembang biak
makanan
tumbuh 
bernafas
bergerak

1. Tikus berkembang biak dengan melahirkan
2. Setiap makhluk hidup butuh makanan
3. Pohon cemara membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh
4. Ikan paus bernafas dengan paru-paru
5. Ikan bergerak dengan cara berenang

Rabu, 06 Mei 2020

Apakah tumbuhan juga bergerak? Diskusikan dengan Teman-Temanmu!

Halo anak-anak SD Kelas 3, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban tentang soal-soal Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 10, 11 dan 12. Kalian diminta menjawab beberapa soal tentang makhluk hidup.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Apakah tumbuhan juga bergerak?
Diskusikan dengan teman-temanmu!

Tumbuhan juga bergerak, namun tidak bisa berpindah tempat. Tumbuhan bergerak karena menerima rangsang dari luar. Contoh tumbuhan yang bergerak dan bisa dilihat secara langsung adalah daun putri malu ketika disentuh. Selain itu pergerakan tumbuhan terjadi ketika tumbuh, akarnya akan semakin menghunjam ke tanah, sementara pucuk-pucuk daunnya akan bergerak karena sinar matahari.


Carilah informasi pada buku atau diskusikan dengan gurumu!
Apakah nama alat pernapasan pada tumbuhan?

Alat pernafasan pada tumbuhan adalah stomata


Apa lagi nama alat pernapasan pada hewan selain insang pada ikan? Sebutkan!

Alat pernafasan pada hewan selain insang pada ikan antara lain: 
a. Trakea pada lebah, semut, belalang
b. Kulit pada cacing tanah
c. Paru-paru pada kelelawar, ular, paus
d. Paru-paru dan kulit pada katak


Apakah tinggi badanmu bertambah dibandingkan saat kamu masih di kelas 1?
Tinggi badan saya memang bertambah

Pernahkah kamu mengamati pertumbuhan hewan yang ada di sekitarmu? Ceritakan hasil pengamatanmu!
Di rumah, Ibu memelihara ayam, setiap hari saya membantu memberi makan. Awalnya ukuran ayam sangat kecil, mungkin sekepalan tangan saya, semakin lama semakin besar.

Ayo Berlatih Isilah titik-titik di Bawah ini Dengan Bilangan yang Benar

Halo..Asalamualaikum anak-anak kelas 3, sedang apakah kalian sekarang? semoga saat ini kalian sedang dalam kondisi senang dan riang. Kali ini, Bapak akan berbagi informasi tentang jawaban dari tugas dalam buku Siswa Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 kurikulum 2023 terbitan kemendikbud halaman 6.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Ayo Berlatih

 Isilah titik-titik di Bawah ini Dengan Bilangan yang Benar

1) 1.000, 2.000, 3.000, ... , 5.000
2) 1.500, 2.500, ... , 4.500, ...
3) 2.000, 4.000, ... , ... , 10.000

Perhatikan bilangan-bilangan berikut. Susunlah bilangan berikut dari bilangan terkecil sampai
terbesar.

5250, 3250, 1250, 2250, 4250 
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........


4300, 1300, 2300, 3300, 5300
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........


1100, 2250, 5400, 4200, 3050
Urutan bilangan adalah ....... , ....... , ....... , ....... , ........

Tulislah nama dan lambang bilangan sesuai contoh!
Contoh:
1.100 dibaca seribu seratus
2.200 dibaca dua ribu dua ratus

a. 2.250 dibaca ...
b. 3.300 dibaca ...
c. 4.700 dibaca ...
d. 5.650 dibaca ...
e. ... dibaca sembilan ribu
f. ... dibaca seribu tujuh ratus
g. ... dibaca dua ribu lima ratus lima puluh
h. ... dibaca sepuluh ribu


Jawab

1. 4000
2. 3500 dan 5500
3. 6000, 8000
Urutan bilangan adalah 1250, 2250, 3250, 4250, 5250
Urutan bilangan adalah 1300, 2300, 3300, 4300, 5300
Urutan bilangan adalah 1100, 2250, 3050, 4200, 5400 


a. 2250 dibaca du ribu dua ratus lima puluh
b. 3300 dibaca tiga ribu tiga ratus
c. 4700 dibaca empat ribu tujuh ratus
d. 5650 dibaca lima ribu enam ratus lima puluh
e. 9000
f. 1700
f. 2550
h. 10000
g.

Selasa, 05 Mei 2020

Tuliskan Ciri-Ciri Ikan Sebagai Makhluk Hidup yang Kamu Ketahui

Halo anak-anak kelas 3, pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang makhluk hidup. Pelajaran ini terdapat dalam buku Siswa Kelas 3  Tema 1 subtema 1 Pembelajaran 1 Kurikulum 2013 halaman 4. Kalian diminta untuk menjawab soal yang ada

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!




Soal

Ayo Mengamati

Ikan juga makhluk hidup. Ikan memiliki beberapa ciri yang sama dengan cicak.
Tuliskan ciri-ciri ikan sebagai makhluk hidup yang kamu ketahui.

Cicak dapat bergerak.
Cicak bergerak
dengan cara merayap.
Cicak membutuhkan
makanan.
Salah satu jenis
makanannya adalah
nyamuk.

.................................

Jawab

Ciri-ciri Ikan 
1. Ikan dapat bergerak
2. Ikan bergerak dengan cara berenang di dalam air
3. Ikan membutuhkan makanan
4. Salah satu jenis makanannya adalah cacing
5. Ikan bisa bernafas
6. Ikan bernafas dengan insang
7. Ikan bisa berkembang biak
8. Ikan berkembang biak dengan bertelur.


Dari kedua penjelasan tersebut, maka dapat kamu simpulkan ciri-ciri makhluk hidup adalah:
  • Membutuhkan makanan dan air
  • Bernafas
  • Berkembang biak
  • Bergerak
  • Peka terhadap rangsang

Buatlah 4 buah Pola yang Berbeda dengan Menggunakan Simbol Bunyi Panjang ( ) dan Pendek

Halo anak-anak kelas 3, kali ini Bapak akan memberikan contoh jawaban dari tugas Ayo Berlatih dalam buku Siswa Kelas 3  Tema 1 subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2. Kalian dimnta untuk berlatih membuat 4 buah pola yang berbeda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Ayo Berlatih
Buatlah 4 buah pola yang berbeda dengan menggunakan simbol bunyi panjang ( ) dan pendek ( ).

Nyanyikan pola tersebut dengan suara Ta untuk simbol .
Nyanyikan dengan suara Taaa untuk simbol . Bagaimana perasaanmu setelah mencoba
menyanyikan pola dengan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek?
Bagaimana rasanya sebuah lagu jika hanya memiliki pola bunyi panjang atau bunyi pendek saja?
Ceritakan di depan teman-teman!


Baris Ke Pola
1...
2....
3...
4.....


Jawab



Setelah saya mencoba untuk menyanyikan  pola dengan simbol bunyi panjang dan bunyi pendek saya merasa senang karena ada variasi yang menarik. Jika sebuah lagu hanya memikili pola panjang dan pendek saja..lagunya jadi kurang menyenangkan dan membosankan.

Minggu, 03 Mei 2020

Latih Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 46

Soal dan jawaban dari latih uji kompetensi dalam buku sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 46. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal yang merupakan ringkasan dari Bab 1.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

LATIH UJI KOMPETENSI
1. Tuliskan beberapa akibat negatif konflik dalam kaitannya dengan proses integrasi bangsa. Jelaskan!
2. Jelaskan posisi perjuangan yang dilakukan oleh rakyat Papua dalam menghadapi kolonial Belanda, yang membedakan mereka dengan
daerah-daerah lain di Indonesia!
3. Tuliskan persamaan dan perbedaan perjuangan yang dilakukan oleh Sultan Hamengku Buwono IX dengan Sultan Syarif Kasim II.

Jawab

1. Akibat negatif konflik dalam kaitannya dengan proses integrasi bangsa antara lain:
a. Terjadi tindak kekerasan yang antara sesama anak bangsa yang mengakibatkan trauma
b. Rasa tidak aman yang dialami oleh rakyat.
c. Kerusakan infrastruktur
d. Jatuhnya korban jiwa.
e. Luka sejarah yang sulit disembuhkan
f. Rasa saling curiga di antara sesama rakyat.

2. Posisi perjuangan yang dialami rakyat Papua dalam menghadapi kolonial Belanda memang berbeda. Perbedaan itu terletak pada posisi Papua saat itu. Papua masih dikuasai Belanda bahkan sampai Indonesia menjadi negara kesatuan. Meskipun demkiaan, banyak tokoh-tokoh Papua seperti Frans Kasiepo, Silas Papare, dan Marthen Indey yang berjuang membebaskan diri dari penjajahan Belanda. Sudah sepatutnya hari ini kita menghargai jasa-jasa para pahlawan nasional Indonesia yang berasal dari bumi Papua.

3. I. Persamaan
   Keduanya sama-sama merupakan pejuang yang mengakui kedaulatan Indonesia dan sama-sama membela Indonesia

II. Perbedaan
   Sultan Hamengkubuwono IX membantu RI dengan memberi perlindungan bagi TNI dan bantuan logistik; sedangkan Sultan Syarif Kasim II membantu dengan bantuan harta bendanya bagi keperluan perjuangan.

Latih Uji Kompetensi Sejarah Indonesia Kelas 12 Halaman 29

Kunci jawaban latih uji kompetensi dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tema yang berkaitan dengan pemberontakan pada awal kemerdekaan Republik Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!



Soal

LATIH UJI KOMPETENSI

1. Tuliskan contoh konflik di Indonesia yang berkait dengan vested interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965. Jelaskan!
2. Jelaskan perbedaan latar belakang terjadinya pemberontakan DI/TII di Jawa Barat dengan DI/TII Aceh!
3. Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung ke dalam APRIS sesuai dengan keputusan yang diambil dalam
perundingan KMB!
4. Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965, dengan beberapa konflik pusat – daerah pada masa sekarang!
5. Tuliskan 5 (lima) hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965!

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Konflik di Indonesia yang berkaitan dengan vested interest antara lain:
a. Pemberontakan APRA (1949)
Pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA) dipimpin oleh Raymond Westerling. Pemicu dari pemberotakan ini adalah ketidakpuasan dari APRA yang terdiri dari bekas KNIL atas pembentukan APRIS. APRA menghendaki hanya merekalah yang dijadikan tentara negara federal. Akibat pemberontakan ini banyak tentara Indonesia yang gugur karena dibunuh dengan brutal oleh Westerling dan anak buahnya. Sayangnya, Westerling berhasil kabur ke negara Belanda.

b. Peristiwa Andi Azis.(1950)
Konflik yang terjadi di Sulawesi selatan ini hampir sama dengan pemberontakan APRA di Jawa Barat. Bekas KNIL menolak kehadiran tentara APRIS. Andi Azis sebagai pemimpin KNIL segera menduduki tempat-tempat di beberapa tempat bahkan menawan Panglima Teritorium (wilayah) Indonesia Timur. 

c.Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS) (1950)
Pemimpin pemberontakan ini adalah Soumokil dengan didukung oleh mantan pasukan KNIL. Mereka berupaya memisahkan diri dari Republik Indonesia Serikat. Pemberontakan ini berhasil ditumpas meskipun KNIL merupakan pasukan komando yang memiliki kualitas tempur lebih baik dibanding tentara Indonesia. Pada saat inilah, Letkol Slamet Riyadi Gugur. Soumokil berhasil ditangkap dan akhirnya dijatuhi hukuman mati .

2. Perbedaan latar belakang pemberontakan DI/ TII di Jawa Barat dengan DI/ TII di Aceh :

Di Jawa Barat. Kartosuwiryo memanfaatkan isi perjanjian Renville yang menyebutkan bahwa Pasukan RI  yang berada di garis Van Mook harus pindah ke daerah yang dikuasai RI. Hal ini menyebabkan Divisi Siliwangi berpindah ke Jawa Tengah, namun laskar Hizbullah dan Sabilillah di bawah pengaruh Kartosuwiryo justru tetap berada di Jawa barat dan mendirikan DI/ TII yang tujuannya membentuk negara yang berdasarkan syariat Islam versi kartosuwiryo.

Di Aceh, DI/ TII berdiri karena Persatuan Ulama Seluruh Aceh (PUSA) menolak wilayah Aceh tergabung dalam bagian dari Provinsi Sumatera Utara. PUSA menganggap jasa Aceh terhadap kemerdekaan Indonesia sangat besar sehingga tidak layak menjadi bagian dari provinsi Sumatera Utara. 

3. Sebagian Pasukan KNIL baik yang berada di Jawa Barat, Sulawesi Selatan maupun di tempat-tempat lainnya memang menolak bergabung ke dalam APRIS karena:
a. Riwayat sejarah, pada awalnya APRIS dan KNIL merupakan musuh sehingga sangat sulit bersatu.
b. KNIL menganggap diri mereka lebih unggul dibanding APRIS sehingga tidak layak bagi KNIL untuk berada di dalam APRIS

4. Persamaan latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan beberapa konflik pusat – daerah pada masa sekarang!
Persamaan       : pemberontakan pada periode 1948-1965 dengan masa sekarang adalah sama-sama berkaitan dengan ideologi, kepentingan dan sistem pemerintahan.
Perbedaan       : pada masa sekarang lebih mengacu pada demo yang melibatkan masyarakat dengan jumlah yang besar.

5. Lima hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di Indonesia pada periode 1948-1965 antara lain :
a. Pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan
b. Pancasila adalah ideologi yang terbukti mampu mengatasi konflik
c. Demokrasi harus dilaksanakan dengan baik.
d. Mengedepankan musyawarah ketika terjadi perbedaan pendapat/
e. Jangan mudah tergoda dengan ideologi selain Pancasila

Sabtu, 02 Mei 2020

Tuliskan Informasi Tentang Mengapa di Negara Federal Pasukan KNIL Tidak Mau Diganti

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 24. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang Pasukan KNIL dan APRIS

Saya percaya, kalian bisa mengerjakan dengan mudah, namun tidak ada salahnya membaca jawaban di bawah ini untuk menambah pengetahuan kalian.

Soal



Carilah Informasi tentang KNIL
Tuliskan Pendapat kalian, mengapa di negara federal pasukan KNIL tidak mau diganti oleh pasukan APRIS

Jawab

Setelah Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945, terjadi banyak persoalan dalam negeri yang disebabkan karena masih bercokolnya kekuatan tentara Hindia Belanda yaitu KNIL. Meskipun Republik sudah memiliki tentara yang bernama APRIS, namun KNIL menolak untuk diganti dengan APRIS. Hal itu karena KNIL menganggap APRIS adalah musuh dan memiliki kekuatan yang jauh di bawah KNIL. Puncaknya, Westerling memberontak dengan melakukan pembunuhan masal di berbagai tempat di Jawa Barat.

Tugas Buatlah Kelompok yang Terdiri Atas 2-3, Kemudian Buatlah Rangkuman

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 22. Peserta didik diminta membuat rangkuman mengani konflik dan pergolakan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

TUGAS
Buatlah kelompok yang terdiri atas 2-3 orang, kemudian buatlah rangkuman mengenai konflik dan pergolakan yang berkait dengan ideologi.

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawh ini
Pada masa-masa awal kemerdekaan, timbul konflik dan pergolakan yang mengancam negara yang baru saja merdeka. Konflik dan pergolakan tersebut dipicu beragam penyebab, salah satu yang paling menonjol adalah pergolakan yang disebabkan karena ideologi.

a. Pemberontakan PKI Madiun 1948. Peristiwa ini terjadi selang tiga tahun sejak Indonesia merdeka. Tokoh utama pemberontakan ini adalah Musso, seorang anggota komintern (komunis Internasional) yang baru saja pulang dari Rusia. Dengan tujuan menjadikan negara Indonesia menjadi negara Komunis, Musso melakukan berbagai aksi mulai dari penggalangan massa untuk memengaruhi agar mereka menyukai PKI hingga aksi-aksi kekerasan. Musso memroklamasikan Republik Sovyet Indonesia pada 18 September 1948.

b. Pemberontakan DI/ TII. Pemberontakan ini dipimpin oleh S.M. Kartosuwiryo. DI/ TII hendak mengganti dasar negara Republik Indonesia dengan Syariat Islam. Meskipun demikian, tidak semua umat Islam menaruh simpati kepada pemberontakan ini. DI/ TII melakukan pemberontakan selama bertahun-tahun karena didukung oleh beberapa tokoh-tokoh yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Ditambah lagi dengan beberapa batalyon TNI yang juga memilih bergabung menjadi anggota DI/ TII

c. Gerakan 30 September PKI 1965. Peristiwa pemberontakan ini merupakan salah satu peristiwa yang menarik perhatian masyarakat hingga sekarang. Sebanyak 7 Jenderal TNI terbunuh dalam peristiwa ini. 

Rabu, 29 April 2020

Latih Ulangan Akhir Bab 1 Sejarah Indonesia Kelas 11 Halaman 67

Soal dan jawaban dari Latih Ulangan Akhir Bab 1 Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 67. Peserta didik diminta mengerjakan sepuluh soal untuk mengakhiri bab 1.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal



Latih Ulangan Akhir Bab

Jawab dan selesaikan beberapa pertanyaan berikut!
1. Jelaskan bagaimana kondisi Eropa Barat sekitar abad ke-14 sampai abad ke-15, sehingga akhirnya orang-orang Eropa itu mencari dunia
baru ke timur?
2. Jelaskan bahwa VOC adalah negara dalam negara!
3. Benarkah J.P. Coen merupakan peletak dasar bagi penerapan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia?
4. Apa yang dimaksud dengan kolonialisme dan imperialisme? Dalam praktik keduanya tidak dapat dipisah-pisahkan bahkan dikatakan
kolonialisme merupakan penguatan dari imperialisme, apa maksudnya?
5. Apakah politik devide et impera? Tunjukkan bukti-bukti bahwa VOC telah menerapkan politik devide et impera!
6.. Jelaskan kaitan antara korupsi dan bubarnya VOC!
7. Jelaskan dengan konsep dan prinsip perubahan dan keberlanjutan terkait dengan pemerintahan dan kebijakan Raffles di Indonesia.
8. Cari benang merah kaitan antara VOC, Tanam Paksa, dan Usaha Swasta, yang pada akhirnya membuat kemiskinan dan penderitaan
rakyat!
9. Ceritakan kembali proses masuknya agama Kristen ke Indonesia!
10. Tahun 1563, dapat dikatakan sebagai tahun pertumbuhan agama Katolik di tanah Minahasa Sulawesi Utara. Coba jelaskan!

Jawab

1. Eropa Barat sekitar abad ke-14 sampai abad ke-15 mengalami kekurangan pasokan rempah-rempah,dikarenakan runtuhnya Konstatinopel yang jatuh ke tangan Turki Utsmani pada 1453. Hal itu menyebabkan harga rempah-rempah sangat mahal sehingga mau tidak mau bangsa Eropa harus menjelajah melalui jalur laut ke timur dengan tujuan
Gold : Kekayaan
Glory : Kejayaan
Gospel : Penyebar luasan agama nasrani.
Contoh bangsa eropa yang pergi menjelajahi laut : Spanyol,Portugis,Inggris dan Belanda.

2. VOC merupakan bentuk kongsi dagang yang berada di nusantara. Bukan hanya merupakan kongsi dagang melainkan juga merupakan organisasi yang mirip dengan negara. Di organisasi tersebut terdapat fungsi-fungsi yang mirip dengan sebuah negara di antaranya : 
a. Melakukan monopoli perdagangan di wilayah antara Tanjung Harapan sampai dengan selat Magelhaens, termasuk kepulauan nusantara
b. Membentuk angkatan perang sendiri
c. Melakukan peperangan
d. Mengadakan perjanjian dengan raja-raja setempat.
e. Mengangkat pegawai negeri
f. Memerintah di negeri jajahan.

3. J.P. Coens memang merupakan peletak dasar imperialisma dan kolonialisme VOC yang nanti akan diteruskan oleh Belanda. Pada masa J.P. Coens ia melakukan berbagai macam kebiadaban terhadap bangsa nusantara. DI tangannyalah VOC berkembang pesat menjadi organisasi dagang sekaligus angkatan perang yang mengeksploitasi kekayaan bumi nusantara. Dengan cara-cara kekerasan, VOC mengambil kekayaan alam sehingga menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat. J.P Coen melalukan serangkaian ekspolitasi antara lain:
a. Merebut pasaran produksi pertanian, biasanya dengan memaksakan monopoli rempah-rempah di Maluku
b.Melakukan politik adu domba.
c. Turut campur dalam urusan antar kerajaan.

4. Kolonialisme atau Penjajahan adalah suatu sistem di mana suatu negara menguasai rakyat dan sumber daya negara lain tetapi masih tetap berhubungan dengan negara asal. 
Imperialisme ialah sebuah kebijakan di mana sebuah negara besar dapat memegang kendali atau pemerintahan atas daerah lain agar negara itu bisa dipelihara atau berkembang.

Keduanya memang saling berkaitan dan hampir tidak dapat dipisahkan. Setelah berhasil mengkoloni sebuah wilayah, para penjajah akan melakukan eksploitasi habis-habisan dalam bentuk imperialisme.

5. Politik Devide et impera adalah politik adu domba/ politik memecah belah kesatuan dan perdamaian di nusantara dengan tujuan untuk melanggengkan imperialisme Belanda di nusantara..Bukti buktinya adalah Sultan Hassanuddin yang kerajaanya di pecah belah / di adu domba sehingga banyak rakyatnya yang memihak VOC.

6. Pegawai VOC melakukan korupsi dalam berbagai bentuk mulai dari uang pelicin jika ingin menjadi pegawai di VOC hingga penggelapan uang. Semua itu dilakukan sehingga kas VOC justru dihabiskan oleh para pegawainya.

7. a. Prinsip perubahan:
Mengubah sistem pemerintahan yang semula dilakukan oleh pengusaha pribumi menjadi sistem pemerintahan kolonial yang bercorak barat.

b. Prinsip keberlanjutan:

raffles masih melakukan politik penjajahan
raffles masih menggunakan birokrat belanda dalam pemerintahannya.

8. VOC menopoli dagang di nusantara dimana VOC menetapkan aturan diantaranya sistem tanam paksa yaitu kebijakan untuk menanam tanaman tertentu untuk diserahkan VOC dengan bayaran yang sangat rendah. Kebijakan yang lain yaitu ada usaha swasta dimana rakyat indosia yang menjadi pekerja. karna itu rakyat indonesia menjadi miskin dan menderita.

9.