Saturday, May 2, 2020

Tugas Buatlah Kelompok yang Terdiri Atas 2-3, Kemudian Buatlah Rangkuman

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 1 halaman 22. Peserta didik diminta membuat rangkuman mengani konflik dan pergolakan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

TUGAS
Buatlah kelompok yang terdiri atas 2-3 orang, kemudian buatlah rangkuman mengenai konflik dan pergolakan yang berkait dengan ideologi.

Jawab

Pada masa-masa awal kemerdekaan, timbul konflik dan pergolakan yang mengancam negara yang baru saja merdeka. Konflik dan pergolakan tersebut dipicu beragam penyebab, salah satu yang paling menonjol adalah pergolakan yang disebabkan karena ideologi.

a. Pemberontakan PKI Madiun 1948. Peristiwa ini terjadi selang tiga tahun sejak Indonesia merdeka. Tokoh utama pemberontakan ini adalah Musso, seorang anggota komintern (komunis Internasional) yang baru saja pulang dari Rusia. Dengan tujuan menjadikan negara Indonesia menjadi negara Komunis, Musso melakukan berbagai aksi mulai dari penggalangan massa untuk memengaruhi agar mereka menyukai PKI hingga aksi-aksi kekerasan. Musso memroklamasikan Republik Sovyet Indonesia pada 18 September 1948.

b. Pemberontakan DI/ TII. Pemberontakan ini dipimpin oleh S.M. Kartosuwiryo. DI/ TII hendak mengganti dasar negara Republik Indonesia dengan Syariat Islam. Meskipun demikian, tidak semua umat Islam menaruh simpati kepada pemberontakan ini. DI/ TII melakukan pemberontakan selama bertahun-tahun karena didukung oleh beberapa tokoh-tokoh yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Ditambah lagi dengan beberapa batalyon TNI yang juga memilih bergabung menjadi anggota DI/ TII

c. Gerakan 30 September PKI 1965. Peristiwa pemberontakan ini merupakan salah satu peristiwa yang menarik perhatian masyarakat hingga sekarang. Sebanyak 7 Jenderal TNI terbunuh dalam peristiwa ini. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon