Sabtu, 21 Maret 2020

Rencanakanlah Sebuah Surat Dinas yang Akan Kamu Tujukan Kepada Wakil Kepala Sekolah

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs bab 7 halaman 272 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang menulis surat dinas.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Latihan berpikir Kreatif menulis Surat Dinas
a) Rencanakanlah sebuah surat dinas yang akan kamu tujukan kepada wakil kepala sekolah bagian kesiswaan dengan maskud meminta penambahan ekstrakurikuler sesuai dengan hobi kalian

Jawab:

No. : 002/OSIS-SMA1/2020
Lamp. : -
Hal : Permohonan Penambahan Ekstrakurikuler

Yth. Bapak Wakil Kepala
Bagian Kesiswaan
SMA Negeri 345 Semarang
di tempat

Dengan hormat,
Berdasarkan rapat OSIS SMA Negeri 3 Semarang pada 23 Februari 2020 tentang kurangnya kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 345 Semarang dan demi kemajuan dunia pendidikan di SMA Negeri 345 Semarang, kami bermaksud mengajukan permohonan penambahan ekstrakurikuler di SMA Negeri 345 Semarang.

Penambahan ekstrakurikuler yang kami ajukan adalah Pencak silat, Pecinta alam dan KIR.

Demikian surat permohonan pengajuan kami sampaikan, atas terkabulnya harapan, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Ketua OSIS


Raden Arya WIraraja
NIS 1567889

Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTS bab 8 halaman 277 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perbedaan unsur buku nonfiksi dan fiksi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal
2. Membandingkan Unsur Buku Fiksi dan Nonfiksi
Isilah tabel berikur

( Silakan lihat tabel pada buku kalian masing-masing0

Jawab

Unsur buku Nonfiksi:
1. Bagian cover buku
2. Rincian Subbab buku
3. Judul Subbab
4. Isi buku
5. Cara menyajikan isi buku
6. Bahasa yang digunakan
7. Sistematika

Jawab

1. Bagian cover buku
2. Rincian Subbab buku
3. Judul Subbab
4. Tokoh dan penokohan
5. Tema cerita
6. Bahasa yang digunakan

7. Penyajian alur cerita

Jumat, 20 Maret 2020

Latihan Berpikir Kritis Memahami Surat Dinas

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 253. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang surat dinas.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal 

Latihan berpikir Kritis Memahami Surat Dinas
a) Uraikanlah maksud isi surat dinas di atas !
b) Mengapa panitia merasa perlu menulis surat kepada wali murid?
c) Mengapa surat permohonan izin tersebut berbentuk surat dinas? bukan surat pribadai

Jawab
a) Maksud surat dinas
Surat 1: Berisi ucapan terima kasih dari Andi Laki Mappang, S.Pd. kepada Pimpinan Museum Hasanuddin atas sambutan dan layanan pihak Museum Hasanuddin Makassar kepada siswa SMPN 43 saat kegiatan karya wisata beberap minggu lalu.

Surat 2: Berisi permohonan izin dari Lede Kette atas ketidakhadiran anaknya Elfira Kette pada 25 November 2015 karena ada kepentingan keluarga.

b. Wali murid merasa perlu menulis surat kepada sekolah karena status anaknya adalah murid dari instansi resmi yakni sekolah

c. Permohonan izin tersebut memang surat resmi karena melibatkan instansi dan isi surat juga berkaitan dengan kegiatan resmi yakni pendidikan sekolah.

Latihan Berpikir Kritis Memahami Surat Pribadi

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTS bab 7 halaman 252 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang surat pribadi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Latihan berpikir kritis memahami surat pribadi
a) Uraikanlah maksud isi surat 1 dan surat 2 di atas !
b) Mengapa Fiola mengirim surat kepada Ozi
c) Mengapa Diah mengirim surat?

Jawab

1. Isi surat 1: Fiola bermaksud menanyakan kabar Ozi yang kotanya sedang dilanda bencana asap. Fiola sangat khawatir sehingga ia ingin mampir ke rumah Ozi ketika mengikuti ayahnya yang bertugas menjadi penyuluh program desa bebas api di desa Ozi.
Isi surat 2: Berisi ungkapan kegegmbiraan DIah atas jasa-jasa Ibu Ratna yang telah banyak memberikan kebaikan kepada Diah berupa pemberian seragam sekolah dan ilmu yang bermanfaat.

b) Fiola mengirim surat kepada Ozi karena Fiola khawatir dengan keadaan Ozi
c) Diah mengirim surat kepada Ibu Ratna karena ingin menyampaikan kegembiraannya atas jasa-jasa Ibu Ratna

Diskusikan Apa Saja Unsur Pada Surat Dinas

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 249. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang unsur pada surat dinas.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

A. Diskusikan
1) Apa saja unsur pada surat dinas
2) Bagaimana ciri-ciri surat dinas dari segi bentuk ?
3) Bagaimana ciri surat dinas dari segi isi ?

B. Diskusikanlah hal-hal berikut untuk menyimpulkan ciri surat dinas !
a) Mengapa ada surat dinas selain surat pribadi sebagai alat korespondensi?
b) Siapa yang diperbolehkan menulis surat dinas?


Jawab

1) Unsur pada surat dinas antara lain:

a) Kop surat
b) Nomor surat
c) Tanggal surat
d) Lampiran
e) Perihal
f) Alamat surat
g) Salam pembuka
h) Isi surat
i) Paragraf penutup
j) Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat
k) Nama dan tanda tangan penulis surat

2) Ciri surat dinas dari segi bentuk:

- Memiliki kop surat yang diisi dengan nama instansi
- Terdapat nomor surat, lampiran, dan perihal mengenai inti atau tujuan surat
- Terdapat nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat

3) Ciri surat dinas dari segi isi: 

- Pilihan kata sapaan bersifat formal
- Ragam bahasa baku



 B. 1. Surat Dinas bisa menjadi sarana korespondensi bagi dinas/ instansi karena dalam surat dinas terdapat maksud dan tujuan pembuatan surat. Surat tersebut akan menjadi dasar atau referensi sebuah instansi untuk melakukan tindakan lainnya.

2. Surat dinas ditulis oleh suatu instansi pemerintah, instansi swasta, organisasi atau lembaga resmi.

Kamis, 05 Maret 2020

Tugas Mandiri 6.2 Coba Kalian Lakukan Identifikasi Mengenai Bentuk Perilaku

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 6.2 dalam buku pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 halaman 191 bab 6. Peserta didik diminta mengidentifikasi bentuk perilaku wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tugas Mandiri 6.2
Coba kalian lakukan identifikasi mengenai bentuk perilaku yang dapat kalian tampilkan sebagai wujud kebanggaan sebagai bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Tuliskan hasil identifikasi kalian dalam tabel di bawah ini .

(Silakan lihat tabel dalam buku PKN kelas 11 kurikulum 2013 halaman 191)

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
2. Tetap menggunakan bahasa daerah dengan benar
3. Berpakaian khas daerah misalnya batik
4. Tetap menjunjung tinggi adat istiadat daerah
5. Berupaya menulis sastra seperti puisi atau cerpen

Tugas Mandiri 6.1 Nah Setelah Kalian Membaca Uraian Materi Di Atas

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 6.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 186 bab 6. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang keunggulan negara kesatuan dan Negara Serikat.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 6.1

Nah setelah kalian membaca uraian materi di atas, coba kalian lakukan studi kepustakaan untuk mencari keunggulan bentuk negara kesatuan dibandingkan dengan bentuk negara lainnya seperti negara serikat. Tuliskan hasil kalian pada tabel di bawah ini.


(Tabel silakan lihat dalam buku Pkn Kelas 11 halaman 186)

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Keunggulan Negara Kesatuan:

1. Kekuasaan sangat sentralistik di Pemerintahan pusat sehingga rakyat mudah dikendalikan
2. Lebih mudah berkoordinasi antara lembaga pemerintah
3. Biaya kegiatan perekonomian lebih murah sehingga bisa  meningkatkan daya saing bangsa;
4. Biaya politik lebih murah
5. Pembuatan Undang-Undang dan peraturan lainnya lebih mudah dan murah.

Keunggulan Negara Serikat:

1. Proses perijinan tidak berbelit-belit
2. Tiap negara memiliki kemandirian tinggi
3. Kekayaan alam bisa dinikmati wilayah sekitar
4. Tidak memiliki ketergantungan dengan negara pusat
5. Demokrasi akan lebih terarah.

Rabu, 04 Maret 2020

Apa Saja Penyebab Timbulnya permasalahan di Daerah Perbatasan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 6 halaman 182 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang daerah perbatasan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Nah, setelah membaca berita di atas diskusikanlah dengan teman sebangku pertanyaan-pertanyaan berikut

a. Apa saja penyebab timbuna permasalahan di daerah perbatasan ?
b. Mengapa pembangunan belum merata sampai ke daerah perbatasan?
c. Apakah permasalahan di daerah perbatasan ini dapat menimbulkan persoalan lainnya? jika ya, apa saja bentuk persoalan yang mungkin terjadi
d. Uraikan solusi yang kamu tawarkan kepada pemerintah untuk mengatasi permasalah di daerah perbatasan

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

a. Penyebab timbulnya permasalahan di perbatasan antara lain:
1. Kesenjangan sosial antara penduduk Indonesia dan penduduk warga negara tetangga
2. Kondisi infrastruktur antara wilayah perbatasan Indonesia dengan perbatasan negara tetangga
3. Penyelundupan narkoba
4. Penyelundupan senjata

b. Pembangunan belum merata sampai ke daerah perbatasan karena:
1. Kurangnya anggaran pembangunan di daerah perbatasan
2. Skala prioritas yang lebih mementigkan wilayah kota dibanding perbatasan
3. Kuragnya sumber daya manusia untuk membangun daerah perbatasan

c. Persoalan di daerah perbatasan memang bisa menimbulkan persoalan lainnya di antaranya
1. Kejahatan lintas negara seperti perdagangan manusia, narkoba dan lain-lain
2. Timbulnya separatisme
3. Berpindahnya warga negara Indonesia ke negara tetangga

d. Solusi yang ditawarkan kepada pemerintah antara lain:
1. Tingkatkan anggaran pembangunan di wilayah perbatasan
2. Tempatkan kantor-kantor strategis di wilayah perbatasan
3. Tempatkan aparat-aparat di wilayah perbatasan
4. Presiden atau pejabat daerah harus rajin berkunjung ke wilayah perbatasan

Selasa, 03 Maret 2020

Analisislah Kaidah Kebahasaan Teks Biografi George Saa, Tandai Kaidah Bahasa

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 236. Dalam buku ini, peserta didik diminta mengerjakan soal tentang analisis kaidah kebahasaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 1
Analisislah kaidah kebahasan teks biografi George Saa! Tandai kaidah bahaa yang kamu temukan dengan garis bawah. Kerjakanlah seperti contoh dengan menggunakan kolom-kolom berikut ini. Kamu boleh menambahkan kolomnya sesuai dengan kebutuhan. Kerjakan di buku tugas.


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Kutipan Teks:
Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua. Ia lahir di Manokwari pada 22 Sepember 1986. Sejak kecil, dia sering tinggal berpindah-pindah mengikuti orangtuanya. Bahkan, tak jarang dia hidup terpisah dari orangtua. Dia adalah seorang pemenang lomba Step to Noel Prize in Physics pada tahun 2004 dari Indonesia. Makalahnya berjudul infinitite Triangle and Hexagonal Lattice Netrowk Of Identical Resisto. RUmus penghitung hambatan antara Dua Titik Rangkaian Resistor yang ditemukannya diberi namanya sendiri yaitu "George Saa Formula"

Analisis:
a. Kata ganti yang digunakan adalah ia, -nya, dan dia.
b. Kata kerja tindakan antara lain: berpindah-pindah
c. Kata kerja deskriptif :
d. Kata kerja pasif: ditemukannya
e. Kata sambung yang menyatakan hubungan waktu:  pada


2. Kutipan teks:

Prestasi pemuda berusia 19 tahun ini sangat mengagumkan. Rumus yang ditemukannya berhasil memenangkan First Step to Nobel Prize in Physic yang mengungguli ratusan paper dari 73 negara yang masuk ke meja juri. Para juri yang terdiri atas 30 jawara fisika dari 25 negara itu hanya membutuhkan waktu tiga hari untuk memutuskan pemuda 17 tahun asal Jayapura ini menggondol emas.

Analisis:
a. Kata ganti yang digunakan adalah -nya, pemuda
b. Kata kerja tindakan
c. kata sifat; mengagumkan
d. kata kerja pasif: ditemukannya
e. kata kerja mental: menggondol

Senin, 02 Maret 2020

Tugas 2 Setelah Kamu Menemukan Cara Penggambaran Karakter Tokoh Dalam Biografi

Kunci jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 7 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 233. Peserta didik diminta mengubah cara tidak langsung menjadi cara langsung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 2
Setelah kamu menemukan cara penggambaran karakter tokoh dalam biografi, sekarang berlatihlah untuk mengubah penggambaran watak tokoh dengan cara yang berbeda. Perhatikan contoh berikut. Kemudian lanjutkan mengubah cara penggambaran watak tokoh pada kolom berikutnya.


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini


Cara Tidak Langsung:

1. "Bapak terpaksa harus jalan kaki cukup jauh dari rumah ke tempat kerjanya demi menghemat. Malam hari ia menggunakan waktunya untuk belajar," tutur Ainun mengenang masa-masa Habibie menyelesaikan kuliah S-3 nya.

2. "Saya ingin jadi ilmuwan. Sebenarnya ilmu itu untuk mempermudah hidup. Ilmu pengetahuan dan teknologi itu membuat hidup manusia menjadi nyaman. Saya berharap kalau saya menjadi ilmuwan, saya dapat membuat hidup manusia menjadi lebih nyaman,' tutur George.

Cara Langsung:

1. Bapak B.J. Habibie merupakan salah satu orang yang berhati-hati dalam menggunakan uangnya agar cukup sebagai bekal pada waktu ia menempuh pendidikan.
2. George Saa bercita-cita agar bisa menjadi ilmuwan yang bisa membantu umat manusia menjadi mudah dan nyaman.