Monday, March 2, 2020

Tugas 2 Setelah Kamu Menemukan Cara Penggambaran Karakter Tokoh Dalam Biografi

Kunci jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 7 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 233. Peserta didik diminta mengubah cara tidak langsung menjadi cara langsung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 2
Setelah kamu menemukan cara penggambaran karakter tokoh dalam biografi, sekarang berlatihlah untuk mengubah penggambaran watak tokoh dengan cara yang berbeda. Perhatikan contoh berikut. Kemudian lanjutkan mengubah cara penggambaran watak tokoh pada kolom berikutnya.


Jawab:


Cara Tidak Langsung:

1. "Bapak terpaksa harus jalan kaki cukup jauh dari rumah ke tempat kerjanya demi menghemat. Malam hari ia menggunakan waktunya untuk belajar," tutur Ainun mengenang masa-masa Habibie menyelesaikan kuliah S-3 nya.

2. "Saya ingin jadi ilmuwan. Sebenarnya ilmu itu untuk mempermudah hidup. Ilmu pengetahuan dan teknologi itu membuat hidup manusia menjadi nyaman. Saya berharap kalau saya menjadi ilmuwan, saya dapat membuat hidup manusia menjadi lebih nyaman,' tutur George.

Cara Langsung:

1. Bapak B.J. Habibie merupakan salah satu orang yang berhati-hati dalam menggunakan uangnya agar cukup sebagai bekal pada waktu ia menempuh pendidikan.
2. George Saa bercita-cita agar bisa menjadi ilmuwan yang bisa membantu umat manusia menjadi mudah dan nyaman.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon