Monday, March 2, 2020

Tugas 1 Bacalah Kembali Biografi George Saa dan Ardan Syaf di atas, Kemudian Analisislah

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kurikulum 2013 halaman 232. Peserta didik diminta menjawab pertanyaan tentang analisis karakter tokoh.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1
Bacalah Kembali biografi George Saa dan Ardian Syaf di atas. Kemudian, analisislah bagaimana karakter unggul tokoh disampaikan oleh pengarangnya. Kerjakanlah di buku tugasmu dengan menggunakan contoh tabel berikut ini.

Cara Penggambaran Karakter Unggul Tokoh

George Saa

1. Cara Langsung:
Kutipan Biografi:

- Ia dikenal sebagai Sang Jenius dari Papua.
- Prestasi pemuda berusia 19 tahun ini sangat mengagumkan.

2. Cara tidak langsung:
Kutipan biografi:

- Di Jurusan aerospace engineering alias teknik dirgantara itu, George mempelajari semua hal tentang pesawat terbang, baik pesawat terbang di angkasa maupun luar angkasa. Dia juga mempelajari ilmu yang supersulit di jagat aerospace, yakni rocket science.

3. Cara deskripsi melalui tindakan tokoh :
kutipan biografi:
- Saya tertarik fisika sejak SMP. Tidak ada alasan khusus kenapa saya suka fisika karena pada dasarnya saya suka belajar saja. Lupakan saja kata fisika, saya suka belajar semuanya," katanya.
- Semua mata pelajaran di sekolah, saya syka, saya suka kimia, sejarah, geografi, matematika apalagi bahasa Indonesia. Saya selalu bagus nilai bahasa Indonesia.
- Kalau nggak bisa menerbangkan pesawat, saya harus bisa membuat pesawat. Setidaknya, memahami teknologi pesawat terbang.

4. Cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain.


Ardian Syaf

1. Cara langsung
Kutipan biografi:
- Ardian syaf (31), sosok komikus yang rendah hati ini memilih tinggal di kampung halamannya di Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan, Tulung Agung.

2. Cara tidak langsung
Kutipan biografi:

- Semakin lama, gambar Aan makin matang. Apalagi, ia sangat menikmati pekerjaannya. Projek pertama ini pun sanggup ia selesaikan dengan baik. Aan cukup berbaangga ketika mendapat kabar, Dresden Files masuk peringkat keempat komik terlaris bahkan masuk nominasi penghargaan komik di AS.

3. Cara deskripsi melalui tindakan tokoh:
kutipan biografi:
- Sejak tahun 2005, saya memasang lamaran pekerjaan untuk menjadi ilustrator penerbit dunia. Caranya saya memasang lamaran pekerjaan untuk menjadi ilustrator di berbagai web, dengan dilengkapi ilustrasi terbik karya saya. Namun, lama sekali tidak mendapatkan order. Paling hanya order untuk membuat komik tanpa imbalan. Meskipun begitu, tetap saya kerjakan, sambil mengasah kemampuan menggambar.

4. Cara deskripsi melalui penuturan tokoh lain.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon