Wednesday, September 2, 2020

Latih Ulangan Akhir Bab 3 Sejarah Indonesia Kelas 11 Halaman 176

Kunci jawaban Latih Ulangan Akhir Bab dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 176. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Aga lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

1. Bagaimana dampak penjajahan Belanda di Indonesia dalam bidang politik?

Para penguasa penjajahan Barat terutama Belanda melakukan kebijakan yang sangat ketat dan cenderung menindas. Pemerintah kolonial menjalankan politik memecah belah atau devide et impera. Tidak hanya politik memecah belah, tetapi juga disertai dengan tipu muslihat yang cenderung menghalalkan segala cara sehingga melanggar. Akibat politik adu domba tersebut, Belanda berhasil memperluas daerah kekuasaannya.

2. Apa yang dimaksud dengan ekonomi uang, bagaimana praktiknya di Indonesia pada masa Hindia Belanda?

Sistem ekonomi yang menggunakan uang sebagai faktor utama penggeraknya. Dalam praktinya, ekonomi uang tumbuh di desa-desa, kemudian berkembang pesat dalam bidang perdagangan.


3. Bagaimana struktur pemerintahah zaman Belanda, masih adakah pengaruhnya dalam struktur pemerintahan RI sekarang?

Masih, meskipun tidak sepenuhnya sama dengan pada zaman Belanda.

4. Politik Etis merupakan kebijakan Belanda yang penting bagi kehidupan rakyat Indonesia, benarkah demikian. Coba jelaskan pendapatmu!

Hal tersebut ada benarnya karena Belanda membutuhkan orang-orang pribumi untuk membantu mempertahankan kekuasaannya di Hindia Belanda

5. Kebijakan Belanda di Indonesia selalu bersifat diskriminatif. Coba jelaskan bagaimana pendapatmu!

Yaitu golongan orang kulit putih (Belanda) atau keturunannya menjadi golongan utama, masyarakat Tionghoa di golongan kedua dan pribumi di golongan terakhir karena Belanda berkepentingan untuk terus memecah belah rakyat di Indonesia, bahkan antar suku di sebuah wilayah. Hal ini tentunya bermanfaat utk mencegah persatuan nasional, dapat memanfaatkan beberapa dari mereka yang kooperatif untuk kian menancapkan hegemoni Belanda di nusantara. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa mereka bisa menguasai Indonesia hingga 3, 5 abad.

6. Belanda telah memanfaatkan kultur feodal di Indonesia untuk meneguhkan kekuasaannya di Indonesia, coba jelaskan!

Kultur feodal sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan. Hal tersebut sangat menguntungkan Belanda dalam rangka meneguhkan kekuasaannya di Indonesia. Dengan gaya kepemimpinan ala kerajaan masa lalu yang cenderung otoriter, Belanda bekerjasama dengan pemimpin pribumi lokal bersama-sama menindas rakyat jelata agar mau menuruti perintah Belanda misalnya mengerjakan tanam paksa, rodi yang menyebabkan keuntungan melimpah ruah bagi kerajaan Belanda.


7. Buatlah kemudian perbandingan antara sekolah di Zaman Kolonial Belanda dengan pendidikan sekolah sekarang (misalnya bagaimana tujuannya, kurikulumnya, siswanya, dan lain-lain yang kamu bisa temukan!


8. RA. Kartini adalah wanita yang sangat merasakan terkena dampak dari kultur zaman kolonial Belanda. Tetapi ia tidak menyerah. Bagaimana pendapat mu tentang hal ini!

Pada masanya R.A. Kartini sangat membenci budaya feodalisme yang ada di lingkungannya. Ia membenci sembah sujud yang berlebihan dari rakyat kepada pejabat pribumi, juga membenci sopan santun yang terlalu berlebihan dari anak kecil terhadap orang yang lebih tua. Hingga akhirnya ia menulis surat kepada teman-temannya di Belanda yang kemudian dikumpulkan menjadi buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Isi buku tersebut membahas kesedihan R.A. Kartini yang hidup dalam belenggu feodalisme. Ia ingin hidup setara dengan kaum pria.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon