Sabtu, 05 September 2020

Dari Sepuluh Jenis Topik yang DIdaftarkan di Atas Tentukanlah Sebuah Topik

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 3 halaman 98. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

1. Dari sepuluh jenis topik yang didaftarkan di atas, tentukanlah sebuah topik yang menurutmu bagus untuk diceramahkan. Karena masih bersifat umum, perjelaslah topik tersebut agar lebih spesifik. Kemudian jelaskanlah kepada teman-teman alasan pemilihan topik itu berdasarkan empat pertimbangan di atas.

Topik Umum: hobi dan keterampilan
Spesifikasi: Keterampilan menulis
Dasar pemilihan: Memberikan informasi ke masyarakat agar mengetahui bahwa hobi menulis bisa dikembangkan untuk mencari penghasilan.

2. Susunlah tujuan umum dan tujuan khusus dari topik yang telah kamu tentukan itu. Sajikanlah kegiatanmu itu ke dalam format berikut.

Topik: Mengembangkan Hobi Menulis
Tujuan Umum: Menyalurkan kegemaran atau bakat
Tujuan Khusus: Memperoleh penghasilan dari kegiatan menulis

3. Susunlah kerangka untuk topik ceramah yang telah kamu rumuskan itu. Isi dan sistematika kerangka harus sesuai dengan tujuan yang telah kamu buat. Mintalah saran kepada teman-temanmu dalam penyusunannya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

a. Pembuka (tesis, pengenalan isu)
Sebagian besar orang memiliki hobi. Salah satunya menulis. Hobi menulis selain untuk memuaskan dan menyalurkan ide, gagasan atau pendapat juga bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan

b. Isi (rangkaian argumen) .
- Di toko buku selalu dijual buku-buku baru dari berbagai penulis
- Tokoh seperti Emha Ainun Nadjib, Eka Kurniawan, Andrea Hirata mendapat royalti dari penjualan buku.

c. Penutup (penegasan)
Melakukan kegiatan menulis secar serius dan profesional akan membuat anda meraih penghasilan yang tidak kecil.

Artikel Terkait