Saturday, August 8, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 53,54, 58

 Kunci jawaban dari berbagai soal yang terdapat dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 mulai dari halaman 53. Tentu saja, peserta didik harus berusaha untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati! (Halaman 53)

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,

“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu,

Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.


Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas? 
  1. Perbedaan warna kulit
  2. Perbadaan adat
  3. Perbedaan agama 
  4. Perbedaan kebiasaan, 
  5. Perbedaan bahasa, 
  6. Perbadaan agama
  7. Perbedaan Suku
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?

Edo menganggap perbedaan dengan teman-temannya bukan sebuah masalah. Pertemanan tidak mengenal perbedaan-perbadaan seperti warna kulit, adat, agama dan lain-lain.

Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama?
Jelaskan!
Tidak, justru dengan adanya perbedaan kerja sama mereka semakin erat karena masing-masing orang memiliki ide dan gagasan yang beragam sehingga bisa dipilih mana gagasan yang terbaik.

Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Manfaatnya sangat besar sekali antara lain:
1. Kita bisa belajar mewujudkan persatuan meskipun ada banyak perbedaan
2. Pada saatnya nanti, kita akan terbiasa mengelola perbedaan menjadi sesuatu yang positif.
3. Kita bisa saling menghargai perbedaan orang lain.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Saya pernah satu kelompok dengan teman yang berbeda agama ketika membuat keterampilan, namun perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang.

Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Saya menyikapinya biasa saja, karena yang dibutuhkan dari kerja sama adalah adanya kekompakan dalam mencapai tujuan dengan tidak menonjolkan perbedaan-perbedaan.

Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Manfaatnya antara lain:
1. Bisa lebih mudah mencapai tujuan
2. Mengeratkan persaudaraan dan persahabatan
3. Bisa mengerjakan banyak hal yang tidak bisa dilakukan sendiri
4. Membuat kerja individu menjadi lebih ringan.

Ayo Berlatih (Halaman 58)

Ukuran panggung di sekolah Edo dinyatakan dalam bentuk bilangan desimal.
Apa yang kamu ketahui tentang bilangan desimal tersebut?
Jelaskan!

Sistem bilangan desimal/persepuluhan adalah sistem bilangan yang menggunakan 10 macam angka dari 0,1, sampai 9. Setelah angka 9, angka berikutnya adalah 1 1, 1 2, dan seterusnya (posisi di angka 9 diganti dengan angka 0, 1, 3, .. 6 lagi, tetapi angka di depannya dinaikkan menjadi 1)

Jelaskan setiap angka yang terdapat pada bilangan tersebut!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon