Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 163. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis proposal.
Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Soal
Tugas
1. a. Perhatikianlah cuplikan proposal berikut
b. Termasuk jenis proposal apakah teks tersebut
c. Secara berkelompok, jelaskan isinya ke dalam 2-3 paragraf
d. Gunakan dengan bahasamu sendiri !
2. Cermati pula cuplikan proposal berikut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara berdiskusi.
a. Proposal itu lazimnya diajukan oleh siapa
b. Kepada pihak manakah proposal itu sebaiknya kita ajukan
c. Apakah bagian-bagian proposal itu sudah lengkap
d. Apabila kamu berperan sebagai penerimanya, adakah isinya yang masih memerlukan penjelasan ?
e. Cuplikan proposal itu dapatkah dimanfaatkan juga untuk kegiatan di sekolahmu ? jelaskan !
Jawab:
Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Soal
Tugas
1. a. Perhatikianlah cuplikan proposal berikut
b. Termasuk jenis proposal apakah teks tersebut
c. Secara berkelompok, jelaskan isinya ke dalam 2-3 paragraf
d. Gunakan dengan bahasamu sendiri !
2. Cermati pula cuplikan proposal berikut untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini secara berdiskusi.
a. Proposal itu lazimnya diajukan oleh siapa
b. Kepada pihak manakah proposal itu sebaiknya kita ajukan
c. Apakah bagian-bagian proposal itu sudah lengkap
d. Apabila kamu berperan sebagai penerimanya, adakah isinya yang masih memerlukan penjelasan ?
e. Cuplikan proposal itu dapatkah dimanfaatkan juga untuk kegiatan di sekolahmu ? jelaskan !
Jawab:
Silakan tonton video jawaban di bawah ini
atau silakan baca tulisan di bawah ini
1. a. Baik, akan saya perhatikan
b. Proposal kegiatan pelatihan
c.
Pada dasarnya, pendidikan di negeri ini bertumpu pada penguasaan membaca dan menulis. Untuk itulah, hal terpenting yang diajarkan saat masih duduk dibangku sekolah dasar adalah keterampilan membaca dan menulis. Guru kelas 1 mungkin telah berhasil mengajarkan membaca dan menulis para peserta didik. Sayangnya, keterampilan membaca dan menulis tersebut tidak berhasil dipupuk oleh peserta didik itu sendiri. Mereka hanya sebatas bisa membaca bahkan banyak yang kesulitan menulis dengan baik.
Rendahnya keterampilan membaca dan menulis para peserta didik mulai dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi sungguh mengkhawatirkan. Di tengah banjir informasi yang begitu deras, ada kemungkinan para pelajar kita hanya akan menerima informasi tanpa berhasil memanfaatkan informasi-informasi tersebut untuk kehidupan mereka. Atas dasar itulah, pelatihan-pelatihan yang mengajarkan keterampilan membaca para pelajar sangat diperlukan demi masa depan bangsa yang melek literasi.
d. Saya sudah menggunakan bahasa saya sendiri
2. a. Proposal tersebut lazimnya diajukan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, para Guru Bahasa Indonesia, atau pihak yang peduli terhadap keterampilan membaca dan menulis
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Belum
d. Ada. Misalnya:
1. Siapa yang memberi materi
2. Hari dan tanggal pelaksanaan
3. Berapa biaya yang dibutuhkan
e. Bisa juga, karena kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SMA/ SMK perlu ditingkatkan lagi.
1. a. Baik, akan saya perhatikan
b. Proposal kegiatan pelatihan
c.
Pada dasarnya, pendidikan di negeri ini bertumpu pada penguasaan membaca dan menulis. Untuk itulah, hal terpenting yang diajarkan saat masih duduk dibangku sekolah dasar adalah keterampilan membaca dan menulis. Guru kelas 1 mungkin telah berhasil mengajarkan membaca dan menulis para peserta didik. Sayangnya, keterampilan membaca dan menulis tersebut tidak berhasil dipupuk oleh peserta didik itu sendiri. Mereka hanya sebatas bisa membaca bahkan banyak yang kesulitan menulis dengan baik.
Rendahnya keterampilan membaca dan menulis para peserta didik mulai dari tingkat SD sampai dengan perguruan tinggi sungguh mengkhawatirkan. Di tengah banjir informasi yang begitu deras, ada kemungkinan para pelajar kita hanya akan menerima informasi tanpa berhasil memanfaatkan informasi-informasi tersebut untuk kehidupan mereka. Atas dasar itulah, pelatihan-pelatihan yang mengajarkan keterampilan membaca para pelajar sangat diperlukan demi masa depan bangsa yang melek literasi.
d. Saya sudah menggunakan bahasa saya sendiri
2. a. Proposal tersebut lazimnya diajukan oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, para Guru Bahasa Indonesia, atau pihak yang peduli terhadap keterampilan membaca dan menulis
b. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Belum
d. Ada. Misalnya:
1. Siapa yang memberi materi
2. Hari dan tanggal pelaksanaan
3. Berapa biaya yang dibutuhkan
e. Bisa juga, karena kemampuan berbahasa Indonesia peserta didik tingkat SMA/ SMK perlu ditingkatkan lagi.