Wednesday, August 7, 2019

Tugas Mandiri 2.4. Apa Saja Upaya yang Harus Dilakukan oleh Bangsa Indonesia

Soal dan Jawaban dari Tugas Mandiri 2.4 pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan ( PPKn) Kurikulum 2013 Bab 2 halaman 39. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang apa yang harus dilakukan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan negara Indonesia.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 2.4.

Apa saja upaya yang harus dilakukan oleh Bangsa Indonesia dalam mewujudkan tujuan negara Indonesia? Tuliskan dalam Tabel berikut !

Jawab:

1. Tujuan: Melindungi Segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.
Upaya Bangsa Indonesia:
Bangsa Indonesia menerbitkan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perlindungan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia. Perlindungan tersebut mencakup perlindungan terhadap hak-hak individu dalam beragama dan berkebudayaan dan lain-lain. Sementara itu, pemerintah juga mengatur kewajiban individu untuk mematuhi peraturan hukum, kewajiban bela negara dan kewajiban-kewajiban lain sebagai warga negara yang baik.

Dalam hal perlindungan terhadap bangsa, pemerintah wajib menjaga kedaulatan NKRI dengan cara yang sudah ditentukan.

2. Tujuan: Memajukan kesejahteraan umum
Upaya bangsa Indonesia: Pemerintah wajib menyediakan fasilitas-fasilitas yang menunjang pemenuhan kebutuhan dan kesejahteraan bagi rakyat Indonesia. Fasilitas tersebut berupa lapangan pekerjaan, dan sarana-sarana pendukungnya misalnya kemudahan akses jalan raya, teknologi dan lain-lain. Selain itu pemerintah juga wajib memastikan harga-harga terjangkau oleh masyarakat.

3. Tujuan: Mencerdaskan kehidupan bangsa
Upaya bangsa Indonesia: Menyediakan pendidikan gratis kepada seluruh warga negara Indonesia. Meskipun gratis pendidikan tersebut adalah pendidikan berkualitas bagi seluruh peserta didik.

4. Tujuan: Melaksanakan ketertiban dunia.
Upaya bangsa Indonesia: Turut menjaga perdamaian dunia dengan menolak segala bentuk penjajahan. Untuk itu Indonesia banyak terlibat dalam pasukan perdamaian PBB. Pemerintah juga terlibat aktif dalam upaya menentang kekerasan di Rohingya maupun di Palestina.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon