Wednesday, August 7, 2019

Tugas Mandiri 2.3. Cobalah Tuliskan 5 Peristiwa yang Pernah Kalian Alami

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 2.3 dalam buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kurikulum 2013 halaman 37. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas Mandiri 2.3.

Cobalah tuliskan peristiwa yang pernah kalian alami atau pengalaman orang lain, yang membuktikan bahwa keyakinan kepada Tuhan Yang Mahakuasa menjadi faktor yang menentukan dalam keberhasilan seseorang. Nilai apa yang dapat kalian pelajari dan perlu diteladani dari peristiwa tersebut.

Jawab:

Lima peristiwa yang membuktikan bahwa keyakinan kepada Tuhan Yang Mahakuasa menjadi faktor yang menentukan dalam keberhasilan seseorang.

1. Sebagai pelajar, saya selalu belajar setiap hari agar bisa mengikuti dan menyerap pelajaran dengan baik. Pada saat yang sama saya juga rajin beribadah, karena itu bukti keyakinan saya terhadap Tuhan. Hasilnya, nilai-nilai pelajaran saya sangat baik.

2. Selain aktif belajar, saya juga mengikuti berbagai kejuaraan, yaitu tenis meja. Alhamdulillah, dengan berlatih keras dan rajin salat, saya sering memenangkan kejuaraan.

3. Pada zaman penjajahan, bangsa Indonesia hanya bermodalkan bambu runcing melawan senjata modern. Dengan ikhtiar dan doa yang tak putus-putus, bangsa kita akhirnya merdeka.

4. Keyakinan terhadap Tuhan menyebabkan ayah saya yang berasal dari keluarga sederhana, akhirnya berhasil menjadi pejabat dalam dunia pendidikan. Beliau sangat rajin bersembahyang dan berdoa kepada Tuhan/

5. Keyakinan terhadap Tuhan juga membuat tentara Rasulullah yang hanya berjumlah lebih sedikit dibanding musuhnya, berhasil memenangkan perang.



Nilai-nilai yang bisa saya petik dari Keyakinan terhadap Tuhan Yang Mahakuasa:

Keyakinan terhadap Tuhan Yang Mahakuasa merupakan anugerah dari-Nya yang tidak terhingga. Saya merasa wajib mensyukurinya dengan melakukan kebaikan-kebaikan. Saya berusaha untuk selalu rajin menjalankan ibadah, patuh terhadap orang tua, sopan terhadap sesama manusia, menghormati guru-guru, menjaga kebersihan lingkungan dan lain-lain. Keyakinan terhadap Tuhan Yang Mahakuasa menjadikan kita akan tetap optimis menjalani kehidupan dalam mengejar harapan dan cita-cita. Keyakinan terhadap Tuhan juga menjadikan saya tidak mudah frustasi ketika terjadi hal-hal yang sangat menyakitkan dan menyedihkan dalam kehidupan kita.

Ada banyak nilai positif dari keyakinan terhadap Tuhan. Pada intinya kita wajib berupaya keras, belajar giat, bekerja keras demi cita-cita kita. Pada saat yang sama kita harus tawakal, optimis dan menyerahkan hasilnya kepada Tuhan Yang Mahakuasa.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon