Senin, 21 November 2016

Cara Cek Keaktifan NUPTK Secara Online

Saat ini, di zaman yang serba bernomor, hampir setiap keanggotaan dalam organisasi atau kelompok memiliki nomor anggota atau nomor unik. Misalnya Sebagai warga negara Indonesia, Bapak Ibuk harus memiliki Nomor KTP.

Sebagai bukti bahwa Bapak Ibuk bisa mengendarai kendaraan bermotor,  Bapak Ibuk harus memiliki Nomor SIM. Sebagai anggota PGRI,  Bapak Ibuk harus punya nomor anggota PGRI. Begitu juga sebagai seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan, Bapak Ibuk akan diberi Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) oleh Kemdikbud atau Kemenag.

Apabila Bapak Ibuk Guru adalah seorang pendidik dan tenaga kependidikan namun belum memiliki NUPTK berarti status Bapak Ibuk masih digantung oleh Kemdikbud.

Boleh deh, sambil nyanyi lagunya Melly Goeslaw...

Sampai kapan kau gantung 
cerita....
hingga mungkin ku tak sanggup lagi
tuk.....


Cuppp cuppp...jangan galau ya, apalagi putus asa

Mudah mudahan harapan dan impian untuk menerima NUPTK apalagi NIP akan sesuai kenyataan

baca juga :

Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK 2016
Cara Edit Nama, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung Pada Verval PD Lengkap


Marilah kita berdoa, mudah-mudahan Gusti Allah, Tuhan YME melalui Presiden Joko Widodo segera membagi-bagikan NUPTK dan tentu saja NIP kepada semua tenaga honorer seperti saya dan Bapak Ibu. Kan, banyak tuh PTK yang pensiun, NUPTK dan NIP nya kan sudah nggak terpakai...boleh dong dipindahtangankan, saya dengan senang hati akan menerima....

Lalu, bagi PTK yang sudah memiliki NUPTK dan sudah berNIP apa sudah tidak perlu berdoa ?
Ya, tentu saja masih perlu berdoa. Misalnya doa minta sertifikasi segera turun dan lain-lain.

Ingatlah doa yang paling penting bagi manusia adalah doa untuk selalu sehat dan selamat dunia dan akhirat.


Cara Cek Keaktifan NUPTK Online


Ok, daripada curcolnya keterusan, saya akan fokes pada tujuan awal nulis artikel ini, yaitu cek keaktian NUPTK.

Akan tetapi, saya mohon maaaaaf banget, maaf ya bagi yang belum memiliki NUPTK, tulisan berikutnya sebenarnya saya sajikan khusus bagi PTK yang memiliki NUPTK baik yang belum ber-NIP maupun sudah ber-NIP, terutama yang baru saja menerima NUPTK.

Bapak Ibuk boleh saja membaca tutorial pada artikel ini. Saya tidak melarang kok. Silakan. Harapan saya, tutorial untuk mengetahui keaktifan NUPTK mungkin tidak berguna bagi Bapak Ibuk, tetapi mungkin bermanfaat bagi teman-teman anda, istri atau suami Bapak Ibuk, jadi tidak ada salahnya jugak sih untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Ok Bapak Ibuk, saya akan mengingatkan saja bahwa untuk mengetahui status keaktifan NUPTK sudah bisa dilakukan secara online atau daring atau dalam jaringan. Jaringan apa? Jaringan Islam Liberal ? ya tentu saja bukan. Maksudnya itu ya di dalam jaringan internet.

Okelah kalau begitu, mari kita simak bersama cara mengetahui keaktifan NUPTK melalui internet di bawah ini.

1. Silakan kunjungi website http://gtk.data.kemdikbud.go.id/Data/Status .
2. Hasilnya seperti pada gambar setelah itu silakan Bapak Ibuk masukkan NUPTK pada kolom yang telah disediakan.


3. Setelah Bapak Ibuk klik gambar lensa, akan muncul hasil kerja keras Bapak Ibuk mencari status NUPTK.
  
cek keaktifan NUPTK


Mudah bukan, cara untuk mengecek NUPTK. Ya memang seperti itulah cara untuk mengetahui status NUPTK. Bagi tenaga honorer yang belum bisa cek NUPTK, mari kita bekerja...kerja ...kerja kerja dan doa do doa doa....semoga segera mendapat NUPTK dan NIP.


EmoticonEmoticon