Sabtu, 12 September 2020

Berdasarkan Teks di Atas, Diskusikan Pertanyaan Berikut. Apakah hak yang Didapatkan oleh Siti?

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 4 halaman 39 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Berdasarkan teks di atas, diskusikan pertanyaan berikut.

1. Apakah hak yang didapatkan oleh Siti?

Mempergunakan lampu belajar untuk belajar

2. Apakah hak yang didapatkan oleh adik Siti?

mempergunakan lampu belajar untuk belajar

3. Apakah Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

Sudah

4. Apakah adik Siti telah menggunakan haknya dengan tanggung jawab?

Belum

5. Apa manfaatnya ketika kita menggunakan hak kita dengan tanggung jawab?

Kita akan mendapatkan keuntungan baik dalam berbagai bentuk, misalnya kenyamanan, keawetan, dan lain-lain.

Amatilah benda-benda yang menjadi hakmu!

Apakah kamu telah menggunakannya dengan tanggung jawab?

 



Sandal
- Saya pakai setiap hari
- Membersihkan ketika kotor, menempatkan di tempat teduh.
- Sudah
- Sandal jadi awet

Sepatu 
- Saya pakai setiap hari
- membersihkan dan mencuci setiap minggu, memakai sewajarnya
- Sudah
- Sepatu jadi awet
Tas :
- Saya pakai ketika sekolah
- Membersihkan ketika kotor, tidak mengisi tas dengan beban berat atau benda-benda cair
- Sudah
- Tas jadi awet

Sepeda

- Saya pakai ke berbagai tempat
- Membersihkan, memompa ban jika kurang angin, mencuci, memberi pelumas
- Sudah
- Sepeda jadi awet

Baju 

- Saya pakai setiap hari, bergantian dengan berbagai baju lain
- Mencuci, mengenakan sewajarnya
- Sudah
- Baju jadi awet 

Apa yang dapat kamu simpulkan?

• Apakah kamu sudah menggunakan barang-barangmu dengan bertanggung jawab? Sudah

• Apa manfaat ketika kamu bertanggung jawab terhadap barang-barang yang menjadi hakmu? Barang-barang saya akan awet sehingga manfaatnya bisa saya peroleh dalam waktu yang lama.

• Apakah kamu sudah bertanggung jawab atas hak yang sudah kamu dapatkan? Sudah

Jumat, 11 September 2020

Identifikasi Informasi pada Teks Eksplanasi di Atas. Tulislah Informasinya pada Grafik Berikut.

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 subtema 1 pembelajaran 4 halaman 33 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Sebaiknya peserta didik berusaha mengerjakan sebisanya. Jika memang mengalami kesulitan silakan melihat kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal

Identifikasi Informasi pada Teks Eksplanasi di Atas. Tulislah informasinya pada grafik berikut.

Paragraf 1: Topik Masalah 
Apa yang dibahas pada teks di atas?
Penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison.
Paragraf 2: Deret Penjelas
Siapakah Thomas Alva Edison?
Penemu bola lampu pijar yang lahir di Milan, Ohio, pada tanggal 11 Februari 1847.
Paragraf 3: Deret Penjelas
Bagaimana Thomas Alva Edison menemukan bola lampu pijar?
Ia menghabiskan waktu selama dua tahun serta dana yang cukup besar untuk mengembangkan penemuan. Melalui kerja kerasnya, pada tanggal 21 Oktober 1879 lahir lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala selama 40 jam

Paragraf 4: Kesimpulan dan pesan/pendapat pribadi penulis
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang sikap Thomas Alva Edison?
Kegigihan Thomas Alva Edison memberikan hal baru yang sangat bermanfaat bagi dunia.

Di Pembelajaran Sebelumnya, Kamu Sudah Membaca Cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buk Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 26. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawahi ni

Soal

Ayo Berdiskusi

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:


Jawab :

Paragraf 1: Topik Masalah:

Penemu listrik adalah Michael Faraday

Paragraf 2: Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.

Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

Paragraf 3 :

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

Paragraf 4 : 

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kita bisa menggunakan untuk kebutuhan kita, namun harus dengan bijaksana

Kamis, 10 September 2020

Pada Gambar di Atas, Ada Bentuk yang Dibatasi oleh Kurva Lingkaran

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 14. Pertanyaannya cukup mudah, namun apabila mengalami kesulitan silakan bertanya pada orangtua masing-masing. Kunci jawaban di bawah ini hanya sebagai pelengkap.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Mencoba

Perhatikan kembali gambar rumah Edo berikut


Pada gambar di atas, ada bentuk yang dibatasi oleh kurva lingkaran. Umumnya, kita dapat menyebutnya sebagai bentuk lingkaran.

Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran? ya

Coba kamu lingkari bentuk yang kamu temukan.



Apakah hasilmu dan temanmu sama? Mengapa?

Coba amati sekelilingmu! Apakah kamu menemukan bentuk lingkaran?

Mengapa benda-benda tersebut berbentuk lingkaran?


Jawab : 
1. Piring 
Bentuknya lingkaran karena untuk kenyamanan manusia
jika bentuknya tidak lingkaran, tidak apa-apa.

2. Jam dinding
Bentuknya lingkaran agar jarum jam bisa berputar dengan baik
jika bentuknya bukan lingkaran, tidak masalah.

3. Roda sepeda
Bentuknya lingkaran agar roda bisa berputar dengan baik
Jika bentuknya bukan lingkaran, sepeda tidak akan bisa bergerak dengan baik

4. setir mobil
Bentuknya lingkaran agar sopir merasa nayaman
jika bentuknya bukan lingkaran, sopir tidak merasa nyaman

5. Tutup botol
Bentuknya lingkaran agar bisa menutup botol dengan sempurna
jika bentuknya bukan lingkaran, botol tidak tertutup dengan baik.

Sekarang, Carilah Contoh Hak Dalam Kehidupan Sehari-harimu!

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 halaman 13 Kurikulum 2013. Sebaiknya, peserta didik berusaha mengerjakan soal terlebih dahulu, baru setelah itu jika memang merasa kesulitan silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Sekarang, carilah contoh hak dalam kehidupan sehari-harimu!


Jawab:

A. Hak Di Rumah :

1. Hak mendapat kasih sayang dari ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya.

2. Hak untuk menyampaikan pendapat

3. Hak untuk mempergunakan fasilitas di rumah

4. Hak untuk beribadah

5. Hak untuk menerima uang saku

6. Hak untuk makan dan minum


B. Hak di Sekolah

1. Hak untuk mendapat pelajaran

2. Hak untuk mendapat kesetaraan dalam pendidikan

3. Hak untuk berpendapat

4. Hak untuk mencalonkan diri menjadi ketua OSIS

5. Hak untuk menggunakan fasilitas sekolah

6. Hak untuk beribadah

7. Hak untuk merasa aman


C. Hak di Masyarakat

1. Hak untuk beribadah

2. Hak untuk menyampaikan pendapat

3. Hak untuk mencalonkan diri menjadi kepala desa

4. Hak untuk menyelenggarakan hiburan

5. Hak untuk bekerja

6. Hak untuk memperoleh keadilan hukum

7. Hak untuk mendapatkan keamanan

Rabu, 09 September 2020

Apakah Gambar-Gambar Berikut Menunjukkan Seseorang yang Telah Mendapatkan Haknya

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 halaman 12 kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Ayo Berdiskusi

Perhatikan gambar-gambar berikut! Apakah gambar-gambar berikut menunjukkan seseorang yang telah mendapatkan haknya? Diskusikan dengan temanmu!

Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan? Sudah

Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk menyampaikan pendapat? Sudah



Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh hidup yang aman? belum
Apakah dia sudah mendapatkan haknya untuk memperoleh kasih sayang? belum

Ayo Mengamati Amatilah Gambar Edo di Bawah ini

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 11 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Sebaiknya, peserta didik terlebih dahulu mengerjakan soal sebisanya dan sebaik-baiknya. Jika mengalami kesulitan sila melihat kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 

Soal

Ayo Mengamati

Amatilah Gambar kamar Edo berikut ini !


Di kamar Edo, benda-benda apa saja yang menggunakan listrik?

Lampu ruang, lampu belajar, tape recorder, dan kipas angin

Apa manfaat listrik untuk Edo

Listrik sangat bermanfaat bagi Edo untuk mempermudah proses belajar di rumah dengan membaca buku. Lampu untuk menerangi ruang, kipas angin untuk kenyamanan belajar dan tape recorder untuk sekadar mendengarkan musik.

Sekarang, amatilah sekitarmu! Coba tuliskan manfaat listrik yang kamu temukan!

1. Menerangi ruang

2. Menyalakan televisi

3. Mendinginkan ruang

4. Memasak nasi

5. Menyalakan komputer

6. Mengalirkan air dari sumur ke bak mandi

Diskusikan jawabanmu dengan seorang teman. Apakah manfaat listrik yang kalian rasakan sama? Mengapa?

Ya, hampir sama, listrik membantu mempermudah kehidupan kita sehari-hari. Baik untuk belajar maupun berbagai kegiatan lain seperti memasak, menyalakan pompa air dan lain-lain.


Begitu banyak manfaat listrik bagi kehidupan kita. Dengan adanya listrik kita dapat menonton televisi, menyalakan radio, menyalakan lampu dan lain-lain. Kalian pasti pernah mengalami pemadaman listrik. Apa yang kalian rasakan saat itu? 

Saat pemadaman listrik, apalagi malam hari, cukup membuat saya kaget dan berbagai kegiatan pun terhenti, karena ruangan menjadi gelap. 

Bersama Orang Tuamu, Amati Beragam Benda Elektronik di Rumah yang Menggunakan Energi Listrik

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 9 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Kerja sama dengan orangtua

Bersama orang tuamu, amati beragam benda elektronik di rumah yang menggunakan energi listrik berikut manfaat benda tersebut. 

Amati juga lampu-lampu yang ada di rumahmu. Apakah lampu-lampu tersebut menggunakan rangkaian seri? 

Lampu di rumah menggunakan rangkaian paralel.

Tuliskan pengamatanmu pada tabel berikut!


Nama Benda Elektronik

1. Lampu : Manfaatnya untuk menerangi ruangan

2. Seterika : Untuk merapikan pakaian

3. Pendingin Udara (AC) : Untuk mendinginkan udara di ruangan

4. Televisi : untuk menyaksikan hiburan

5. Telepon pintar: untuk berkomunikasi

6. Soundsistem: Mendengarkan suara/ musik

7. Kipas angin: menghilangkan rasa gerah.

Temukan Sebanyak Mungkin Pengaruh Listrik Dalam Kehidupan di Bidang Sosial dan Budaya di Lingkungan Tempat Tinggalmu!

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 7 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Kami menyarankan agar peserta didik mengerjakan soal sebisanya, jika memang mengalami kesulitan silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Sekarang amati lingkungan sekitarmu!

Temukan sebanyak mungkin pengaruh listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di lingkungan tempat tinggalmu!  

Kamu dapat menggunakan tabel hasil diskusi kelompok, atau melakukan wawancara dengan guru, pegawai sekolah, dan petugas lainnya yang ada di sekolah.
Tuliskan dalam peta pikiran berikut:


Sebelum ada listrik:

1. Seterika Arang

2. Radio bertenaga baterai

3. Televisi bertenaga aki

4. Hanya sedikit keluarga yang memiliki televisi

5. Memasak nasi menggunakan api

6. Lampu berbahan bakar minyak

7. Jalan gelap

8. Kipas tradisional


Setelah ada Listrik:

1. Seterika listrik

2. Radio / audio listrik

3. Televisi listrik

4. Hampir tiap keluarga memiliki televisi

5. Memasak menggunakan magic com

6. Lampu listrik

7. Jalan menjadi terang.

9. Kipas elektronik, bahkan ada pendingin ruangan

Ayo Mengamati Perhatikan Bola Lampu yang Terdapat di Dalam Kelas

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 7. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Mengamati

Perhatikan bola lampu yang terdapat di dalam kelas dan nyalakan lampu tersebut! Menurutmu, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

Diskusikan jawabanmu secara berkelompok!

Tuliskan hasil diskusimu pada bagan berikut!

Sebelum ada Listrik:
1. Penerangan menggunakan lampu minyak
2. Menonton TV menggunakan aki
3. Menyeterika menggunakan arang

Setelah ada listrik
1. Penerangan menggunakan lampu listrik
2. Menonton TV menggunakan listrik
3. Menyeterika menggunakan listrik