Rabu, 09 September 2020

Ayo Berdiskusi ! Bongkarlah Senter yang Kamu Miliki

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik bisa melakukan praktik sendiri di rumah, lalu mengerjakan sesuai dengan contoh.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Berdiskusi !

Bongkarlah Senter yang Kamu Miliki

Amati komponen-komponen yang terdapat pada senter, seperti berikut ini:


Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!

- Nomor 1

Baterai: sebagai penyuplai listrik

- Nomor 2

Lampu: untuk memunculkan cahaya

- Nomor 3

Logam penghantar: untuk menghantarkan arus listrik dari baterai ke lampu

- Nomor 4

Saklar: alat menghubungkan dan memutus arus listrik dari baterai ke lampu, sehingga lampu pada senter bisa nyala atau pun mati


Jika komponen-komponen utama tersebut dirangkaikan untuk membuatnya kembali menyala, maka akan tampak seperti berikut.


Jika kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, maka akan tampak seperti berikut.


Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti!


Diskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut bersama teman!

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

Lempengan logam di sini berperan sebagai konduktor.

Lampu akan menyala apabila lempengan logam lampu menghubungkan arus listrik yang keluar dari baterai menuju ke lampu.

Pada senter ini, lempengan logam memiliki saklar. 

Posisi lempengan logam dalam saklar ini harus saling bersentuhan supaya dapat mengalirkan arus listrik dari baterai ke lampu. 

2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut adalah kabel tembaga.

Rangkaian lampu rumah menggunakan kabel tembaga sebagai tempat aliran arus listrik. 

Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan!

Kamu dapat menggunakan informasi pada buku atau sumber lain untuk membantumu menemukan jawaban! 

Dari baterai, arus listrik mengalir melalui lempengan logam atau kabel menuju saklar. Ketika lempengan pada saklar terhubung, listrik akan langsung menuju lampu. Dari lampu, listrik akan kembali mengalir ke baterai.

Selasa, 08 September 2020

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab Pertanyaan Berikut Berdasarkan Paragraf Pada teks Tersebut!

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 3 kurikulum 2013. Meskipun bisa melihat kunci jawaban di blog ini, sebaiknya peserta didik berusaha mengerjakan sendiri. Baru jika mengalami kesulitan, silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf. Jawab pertanyaan berikut berdasarkan

paragraf pada teks tersebut! 

• Paragraf 1 : Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

Michael Faraday adalah tokoh penemu arus listrik

• Paragraf 2: 

a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.

Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

• Paragraf 3:

a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?

Untuk dihubungkan ke berbagai peralatan elektronik di antaranya televisi, kipas angin, dan kulkas.

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

Rangkaian seri disusun dengan cara bersambung atau sejajar dan rangkaian paralel disusun berderet.

•• Paragraf 4:

Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

Contoh rangkaian seri dalam kehidupan sehari-hari adalah lampu senter.

•• Paragraf 5:

Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

Ada, Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kita bisa menggunakan untuk kebutuhan kita, namun harus dengan bijaksana

Aktivitas 3.2 Coba Kalian Pelajari adakah perppu lainnya yang Telah DIjadikan Undang-Undang

 Kunci jawaban dari pertayaan dalam buku PPKN Kelas 8 SMP/ MTS kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 62. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Aktivitas 3.2

Coba kalian pelajari adakah Perppu lainnya yang telah dijadikan undang-undang, carilah dari berbagai sumber yang ada.

Jawab: 

1. Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2017 tentang Perubahan Undang-undang nomor 17 tahun 2013 menjadi Undang-Undang  Nomor 16 Tahun 2017

2. Peraturan pemerintah pengganti undang-undang Perppu Nomor 1 tahun 2016 menjadi UU Nomor 17 tahun 2016

3. UU No. 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Perpu No. 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Menjadi UU.

4. 1/2005 Penangguhan Mulai Berlakunya UU No. 2/2004 tentang Penyelesaian

 Perselisihan Hubungan Industrial

5. 3/2005 Perubahan atas UU No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji

6. 1/2006 Perubahan Kedua atas UU No. 12 Tahun 2003 tentang Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD.

5.2/2006 Penangguhan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Pengadilan Perikanan Sebagaimana Dimaksud dalam Pasal 71 ayat (5) UU No. 31 Tahun 2004 tentang Perikanan

Senin, 07 September 2020

Aktivitas 3.1 Tabel 3.3. Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam aktivitas 3.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 8 SMP/ MTs halaman 57. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan mengisi tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang hakikat peraturan perundang-undangan, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Tabel 3.2. Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan.


Jawab: 
1. Pengertian Peraturan Perundang-Undangan : Peraturan tertulis yang memuat norma hukum yang
mengikat secara umum dan dibentuk atau ditetapkan oleh lembaga negara atau pejabat
yang berwenang melalui prosedur yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan

2. Prinsip-prinsip dalam hierarki peraturan perundang-undangan: Peraturan yang satu memiliki kedudukan lebih tinggi dibandingkan dengan peraturan yang lain. Prinsip-prinsip atau asas umum yang berlaku dalam hukum, yaitu sebagai berikut: 
a. Dasar peraturan perundang-undangan selalu peraturan perundang-undangan.
b. Hanya peraturan perundang-undangan tertentu saja yang dapat dijadikan landasan yuridis.
c. Peraturan perundang-undangan yang masih berlaku hanya dapat dihapus, dicabut,
atau diubah oleh peraturan perundang-undangan yang sederajat atau lebih tinggi.
d. Peraturan perundang-undangan yang baru mengesampingkan peraturan perundang-
undangan yang lama.
e. Peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi mengesampingkan peraturan
perundang-undangan yang lebih rendah.
f. Peraturan perundang-undangan yang bersifat khusus mengesampingkan peraturan
perundang-undangan yang bersifat umum.
g. Setiap jenis peraturan perundang-undangan memiliki materi yang berbeda.

3. Tata Urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia: Tata urutan peraturan perundang-undangan mengandung makna bahwa peraturan perundang-undangan yang berlaku memiliki hierarki atau tingkatan.

4. Jenis dan hierarki peraturan perundang-undangan di Indonesia sesuai pasal 7 UU Nomor 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan terdiri atas:
a. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
b. Ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat
c. Undang-Undang/Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang
d. Peraturan Pemerintah (PP)
e. Peraturan Presiden (Perpres)
f. Peraturan Daerah Provinsi (Perda Provinsi)
g. Peraturan Daerah Kabupaten/Kota (Perda Kabupaten/Kota)

5.Asas-asas dalam pembentukan peraturan perundang-undangan ditegaskan
dalam pasal 5 dan penjelasannya, yaitu sebagai berikut:
a. Pengayoman adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus berfungsi memberikan perlindungan untuk menciptakan ketenteraman masyarakat.
b. Kemanusiaan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus mencerminkan perlindungan dan penghormatan hak asasi manusia serta harkat dan martabat setiap warga negara dan penduduk Indonesia secara proporsional.
c. Kebangsaan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus mencerminkan sifat dan watak bangsa Indonesia yang majemuk dengan tetap menjaga prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia.
d. Kekeluargaan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundangundangan harus mencerminkan musyawarah untuk mencapai mufakat dalam setiap pengambilan keputusan.
e. Kenusantaraan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundangundangan senantiasa memperhatikan kepentingan seluruh wilayah Indonesia dan materi muatan peraturan perundang-undangan yang dibuat di daerah merupakan bagian dari sistem hukum nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
f. Bhinneka Tunggal Ika adalah bahwa materi muatan peraturan perundangundangan harus memperhatikan keragaman penduduk, agama, suku, dan golongan, kondisi khusus daerah serta budaya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
g. Keadilan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus mencerminkan keadilan secara proporsional bagi setiap warga negara.
h. Kesamaan kedudukan dalam hukum dan pemerintahan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan tidak boleh memuat hal yang bersifat membedakan berdasarkan latar belakang, antara lain: agama, suku, ras, golongan, gender, atau status sosial.
i. Ketertiban dan kepastian hukum adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus dapat mewujudkan ketertiban dalam masyarakat melalui jaminan kepastian hukum.
j. Keseimbangan, keserasian, dan keselarasan adalah bahwa setiap materi muatan peraturan perundang-undangan harus mencerminkan keseimbangan, keserasian, dan keselarasan antara kepentingan individu, masyarakat, serta kepentingan bangsa dan negara.

Minggu, 06 September 2020

Tabel 3.2 Macam Norma Bab 3 Halaman 53

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 8 SMP/ MTs halaman 53. Peserta didik diminta mengisi tabel dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !
Mengapa harus ada hukum dalam pergaulan hidup manusia? Kita mengetahui bahwa setiap manusia mempunyai keinginan. Kadang kala keinginan itu berbeda-beda. Apabila tidak ada suatu yang dijadikan pedoman dalam mewujudkan keinginan-keinginan tersebut, hal yang terjadi adalah benturan-benturan. Supaya kehidupan dapat berjalan dengan aman dan tertib, diperlukan adanya peraturan hidup. Peraturan hidup itu disebut norma. Apakah norma itu? Kalian telah mempelajari dalam materi pelajaran di kelas VII.
Untuk mengingatkan kembali pemahaman kalian tentang macam-macam norma isilah tabel di bawah ini.


Jawab:

a. Norma agama

Merupakan sebuah perintah yang bersumber dari Tuhan YME yang di sampaikan melalui utusannya (seperti Nabi) yang berisi perintah yang wajib dikerjakan atau dilakukan dan larangan yang harus ditinggalkan. Contoh norma agama:

a. Mengenakan pakaian berdasarkan ajaran agama
b. Tidak boleh menghina orang lain
c. Melakukan ajaran agama seperti beribadah dan lain-lain.

Sanksi norma agama: mendapat siksa di akhirat nanti.

b. Norma kesopanan merupakan aturan yang bersumber dari hasil pergaulan masyarakat  atau berasal dari adat masing-masing daerah dan dianggap sebagai aturan pergaulan dalam menjalani kehidupan. Contoh norma kesopanan:

1. Memberikan tempat duduk kepada yang lebih tua
2. Berbicara tidak terlalu keras.
3. Mengucapkan kata/kalimat tertentu, misalnya permisi, maaf ketika akan lewat 

Sanksi norma kesopanan:  Berupa perubahan sikap sosial dari orang lain.

c. Norma kesusilaan merupakan norma yang bersumber dari hati nurani manusia mengenai  baik buruknya suatu perilaku. Contoh norma kesusilaan:
Sopan santun kepada sesama manusia

d. Norma hukum merupakan sebuah aturan yang dibuat oleh negara, tujuannya untuk menciptakan suasana aman dan damai dalam kehidupan masyarakat. Norma hukum bersumber dari undang-undang dasar atau ketetapan pemerintah. Seperti contoh harus mentaati peraturan lalu lintas, tidak boleh mencuri, harus membayar pajak, dan lain-lain. Sanksi norma hukum: Dipenjara, membayar denda, dan lain-lain.

e. Norma kebiasaan merupakan norma yang berasal dari diri sendiri, norma tersebut berupa perbuatan yang diulang-ulang dalam bentuk yang sama karena orang banyak menyukai dan menganggap penting dan karenanya juga terus dipertahankan. Contoh:
a. Hormat kepada yang lebih tua
b. antri 

Sabtu, 05 September 2020

Tabel 3.1 Daftar Pertanyaan Bab 3 Halaman 52 Makna Tata Urutan Peraturan Perundang-undangan

Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 8 Halaman 52 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Apa informasi yang kalian peroleh saat mengamati Gambar 3.1? Sudahkah kalian melaksanakan peraturan di jalan raya dengan baik? Apakah ada hubungan melaksanakan peraturan berlalu lintas dan peraturan perundang-undangan? Kalian pasti ingin tahu lebih banyak informasi tentang ketaatan hukum sesuai peraturan perundang-undangan. Kembangkan terus keingintahuan kalian tersebut. Coba kalian rumuskan pertanyaan yang ingin kalian ketahui dari gambar dan cerita di atas. Seperti apa peraturan perundangan tertinggi di Indonesia? Bagaimana tata urutan perundangan yang berlaku di Indonesia? Diskusikan dengan kelompok kalian untuk mengembangkan sebanyak mungkin informasi yang kalian ingin ketahui tentang peraturan perundangan.

Tulislah pertanyaan kalian dalam kolom di bawah ini.

Jawab

1. Apakah dasar hukum peraturan Lalu Lintas di Indonesia?
2. Siapa saja yang merumuskan aturan lalu lintas di Indonesia
3. Bagaimana penerapan aturan lalu lintas di Indonesia
4. Apakah dengan adanya peraturan lalu lintas, keadaan lalu lintas menjadi tertib dan teratur?
5. Kira-kira apa hambatan dari penerapan lalu lintas di Indonesia?

Dari Sepuluh Jenis Topik yang DIdaftarkan di Atas Tentukanlah Sebuah Topik

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/SMK/MA/MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 3 halaman 98. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

1. Dari sepuluh jenis topik yang didaftarkan di atas, tentukanlah sebuah topik yang menurutmu bagus untuk diceramahkan. Karena masih bersifat umum, perjelaslah topik tersebut agar lebih spesifik. Kemudian jelaskanlah kepada teman-teman alasan pemilihan topik itu berdasarkan empat pertimbangan di atas.

Topik Umum: hobi dan keterampilan
Spesifikasi: Keterampilan menulis
Dasar pemilihan: Memberikan informasi ke masyarakat agar mengetahui bahwa hobi menulis bisa dikembangkan untuk mencari penghasilan.

2. Susunlah tujuan umum dan tujuan khusus dari topik yang telah kamu tentukan itu. Sajikanlah kegiatanmu itu ke dalam format berikut.

Topik: Mengembangkan Hobi Menulis
Tujuan Umum: Menyalurkan kegemaran atau bakat
Tujuan Khusus: Memperoleh penghasilan dari kegiatan menulis

3. Susunlah kerangka untuk topik ceramah yang telah kamu rumuskan itu. Isi dan sistematika kerangka harus sesuai dengan tujuan yang telah kamu buat. Mintalah saran kepada teman-temanmu dalam penyusunannya agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

a. Pembuka (tesis, pengenalan isu)
Sebagian besar orang memiliki hobi. Salah satunya menulis. Hobi menulis selain untuk memuaskan dan menyalurkan ide, gagasan atau pendapat juga bisa digunakan untuk memperoleh penghasilan

b. Isi (rangkaian argumen) .
- Di toko buku selalu dijual buku-buku baru dari berbagai penulis
- Tokoh seperti Emha Ainun Nadjib, Eka Kurniawan, Andrea Hirata mendapat royalti dari penjualan buku.

c. Penutup (penegasan)
Melakukan kegiatan menulis secar serius dan profesional akan membuat anda meraih penghasilan yang tidak kecil.

Rabu, 02 September 2020

Latih Ulangan Akhir Bab 3 Sejarah Indonesia Kelas 11 Halaman 176

Kunci jawaban Latih Ulangan Akhir Bab dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 176. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Aga lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

1. Bagaimana dampak penjajahan Belanda di Indonesia dalam bidang politik?

Para penguasa penjajahan Barat terutama Belanda melakukan kebijakan yang sangat ketat dan cenderung menindas. Pemerintah kolonial menjalankan politik memecah belah atau devide et impera. Tidak hanya politik memecah belah, tetapi juga disertai dengan tipu muslihat yang cenderung menghalalkan segala cara sehingga melanggar. Akibat politik adu domba tersebut, Belanda berhasil memperluas daerah kekuasaannya.

2. Apa yang dimaksud dengan ekonomi uang, bagaimana praktiknya di Indonesia pada masa Hindia Belanda?

Sistem ekonomi yang menggunakan uang sebagai faktor utama penggeraknya. Dalam praktinya, ekonomi uang tumbuh di desa-desa, kemudian berkembang pesat dalam bidang perdagangan.


3. Bagaimana struktur pemerintahah zaman Belanda, masih adakah pengaruhnya dalam struktur pemerintahan RI sekarang?

Masih, meskipun tidak sepenuhnya sama dengan pada zaman Belanda.

4. Politik Etis merupakan kebijakan Belanda yang penting bagi kehidupan rakyat Indonesia, benarkah demikian. Coba jelaskan pendapatmu!

Hal tersebut ada benarnya karena Belanda membutuhkan orang-orang pribumi untuk membantu mempertahankan kekuasaannya di Hindia Belanda

5. Kebijakan Belanda di Indonesia selalu bersifat diskriminatif. Coba jelaskan bagaimana pendapatmu!

Yaitu golongan orang kulit putih (Belanda) atau keturunannya menjadi golongan utama, masyarakat Tionghoa di golongan kedua dan pribumi di golongan terakhir karena Belanda berkepentingan untuk terus memecah belah rakyat di Indonesia, bahkan antar suku di sebuah wilayah. Hal ini tentunya bermanfaat utk mencegah persatuan nasional, dapat memanfaatkan beberapa dari mereka yang kooperatif untuk kian menancapkan hegemoni Belanda di nusantara. Inilah yang menjadi salah satu penyebab mengapa mereka bisa menguasai Indonesia hingga 3, 5 abad.

6. Belanda telah memanfaatkan kultur feodal di Indonesia untuk meneguhkan kekuasaannya di Indonesia, coba jelaskan!

Kultur feodal sebenarnya sudah ada sejak zaman kerajaan. Hal tersebut sangat menguntungkan Belanda dalam rangka meneguhkan kekuasaannya di Indonesia. Dengan gaya kepemimpinan ala kerajaan masa lalu yang cenderung otoriter, Belanda bekerjasama dengan pemimpin pribumi lokal bersama-sama menindas rakyat jelata agar mau menuruti perintah Belanda misalnya mengerjakan tanam paksa, rodi yang menyebabkan keuntungan melimpah ruah bagi kerajaan Belanda.


7. Buatlah kemudian perbandingan antara sekolah di Zaman Kolonial Belanda dengan pendidikan sekolah sekarang (misalnya bagaimana tujuannya, kurikulumnya, siswanya, dan lain-lain yang kamu bisa temukan!


8. RA. Kartini adalah wanita yang sangat merasakan terkena dampak dari kultur zaman kolonial Belanda. Tetapi ia tidak menyerah. Bagaimana pendapat mu tentang hal ini!

Pada masanya R.A. Kartini sangat membenci budaya feodalisme yang ada di lingkungannya. Ia membenci sembah sujud yang berlebihan dari rakyat kepada pejabat pribumi, juga membenci sopan santun yang terlalu berlebihan dari anak kecil terhadap orang yang lebih tua. Hingga akhirnya ia menulis surat kepada teman-temannya di Belanda yang kemudian dikumpulkan menjadi buku berjudul Habis Gelap Terbitlah Terang. Isi buku tersebut membahas kesedihan R.A. Kartini yang hidup dalam belenggu feodalisme. Ia ingin hidup setara dengan kaum pria.

Sabtu, 22 Agustus 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 3 Tema 2 Kelas 4 Halaman 133

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 4 tema 2 subtema 3 pembelajaran 6 halaman 133 dan seterusnya. Sebaiknya, peserta didik mengerjakan semua soal secara mandiri atau boleh dibimbing orangtua. Jika memang ada kesulitan, silakan melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Diskusikan pertanyaan berikut secara berpasangan berdasarkan teks di atas dan tuliskan jawabannya.

1. Apa saja kewajiban kita terhadap lingkungan?

Menjaga kelestariannya,merawat lingkungan agar tidak rusak dan tercemar.

2. Tulislah 3 contoh sikap ramah lingkungan? Jelaskan!

a. Membuang sampah pada tempatnya
b. Menanam bunga atau pohon, kemudian merawatnya
c. Mengurangi pemakaian kantong plastik.
3. Mengapa penggunaan energi alternatif merupakan salah satu bagian dari tanggung jawab kita? Jelaskan!
Karena jika kita bisa menggunakan energi alternatif untuk kehidupan sehari-hari menggantikan energi fosil, anak cucu kita kelak tidak akan tergantung kepada energi fosil.

4. Berikan 3 contoh kebiasaan yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat energi! 

a. Bersepeda jika bepergian dalam jarak yang tidak terlalu jauh.
b. Mematikan lampu saat matahari sudah terbit.
c. Menggunakan lampu hemat energi.
5. Mengapa kita harus melaksanakan kewajiban terlebih dahulu sebelum mendapatkan hak terhadap lingkungan?
Karena kewajiban lebih penting daripada kita terus menuntut hak.

Kunci Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 3 Tema 2 Kelas 4 Halaman 123,124,125, 128

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 4 tema 2 subtema 3 pembelajaran 5 halaman 123,124 dan seterusnya. Sebaiknya peserta didik mengerjakan sendiri atau jika belum bisa , silakan minta bimbingan orangtua.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Ayo Mengamati

Amati makanan yang terbuat dari singkong berikut !


Apakah kamu mengetahui berbagai jenis makanan lain yang terbuat dari singkong di lingkungan tempat tinggalmu?

Diskusikan dengan temanmu. Tuliskan hasil diskusimu pada kolom berikut.


  1. Singkong bakar merupakan olahan singkong yang dibuat dengan cara membenamkan singkong dalam bara api.
  2. Kripik singkong dibuat dengan cara memotong singkong tipis-tipis kemudian digoreng dan diberi bumbu penyedap.
  3. Gethuk dibuat dari singkong rebus yang dihaluskan kemudian diberi gula merah dan ditaburi dengan parutan kelapa.
  4. Singkong rebus adalah singkong yang disajikan dengan cara direbus dengan air. Singkong pertama dikupas kemudian direbus sampai matang.
  5. Singkong crispy adalah singkong goreng yang diolah dengan cara modern.
  6. Kue matarroda merupakan olahan parutan singkong yang digunakan untuk membungkus pisang.
  7. Singkong goreng dibuat dengan cara menggoreng singkong dengan ditambah bumbu penyedap.
  8. Tape singkong dibuat dengan cara menambahkan ragi pada singkong yang sudah dikukus.
  9. Comro adalah makanan olahan dari parutan singkong yang diberi bahan oncom dan bumbu lainnya kemudian digoreng.
  10. Misro merupakan versi manis dari comro karena di dalamnya diberi gula merah.

Ayo kita cari tahu lebih lanjut tentang singkong.

Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks.

Singkong adalah salah satu sumber daya alam yang baik untuk dikonsumsi. Apakah kamu setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!

Setuju karena selain murah singkong juga mengandung banyak zat gizi seperti protein, vitamin c, kalsium, posfor, kalori, lemak, zat besi dan vitamin B1.

Bagaimana singkong dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari? Jelaskan! 

Singkong dikonsumsi sebagai salah satu makanan pokok oleh masyarakat, selain itu singkong juga dijadikan makanan olahan misalnya keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat, dan lain-lain.


Apa saja jenis makanan yang terbuat dari hasil olahan singkong? 

Tape, gethuk, comro, misro,donat, kue mataroda, dan masih banyak yang lainnya.

Bagaimana singkong dapat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat?

Singkong olahan seperti keripik singkong, comro, misro, getuk, tape, donat,  menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat, mulai dari bentuk usaha kecil, industri rumahan, hingga pabrik.

Ubah Pecahan Menjadi Persen (128)

3/4 

3/4  = 75/100 = 75 %

1/4

25%

1/2

50%

1/10

10%

2/4

50%

1/5

20

3/5

60%

1/8

12,5%

6/20

30%

8/25

32%

 Ubah menjadi bentuk pecahan

35 % = 35/100

80 % = 80/100 = 8/10= 4/5

30 % = 30/100= 3/10

40 % = 40/100 = 4/10= 2/5

12 % = 12/100 = 3/25

28 % = 28/100= 7/25

60 % = 60/100 = 6/10 = 3/5

18 % = 18/100 = 9/50

8 % = 8/100 = 2/25

15 % = 15/100 = 3/20

32 % = 32/100 = 8/25

90 % = .90/100 = 9/10


Selesaikan soal cerita berikut.

Pak Tagor biasanya mengisi tangki sepeda motornya dengan bensin sebanyak 28 liter dalam sebulan. Setelah menggunakan energi alternatif bioetanol, Pak Tagar menghemat bahan bakar sekitar 1/4 dari biasanya.

Berapa persen penghematan yang dilakukan Pak Tagor? Jelaskan!

Bensin Pak Tagor perbulan = 28 liter

penghematan pak tagor = 1/4 dari biasanya

Berapa persen penghematan ?

Jawab: 1/4 = 25/100 = 25 %


Buatlah soal cerita tentang mengubah pecahan menjadi persen dan sebaliknya.

Masih dalam proses pengerjaan