Jumat, 11 September 2020

Di Pembelajaran Sebelumnya, Kamu Sudah Membaca Cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buk Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 halaman 26. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawahi ni

Soal

Ayo Berdiskusi

Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang “Listrik, Pengubah Dunia”, dan menjawab pertanyaan bacaan. Amati kembali jawabanmu! Pastikan bahwa jawaban tersebut benar dan sesuai dengan isi bacaan!

Tuliskan jawabanmu pada diagram berikut, sesuai dengan urutan paragrafnya:


Jawab :

Paragraf 1: Topik Masalah:

Penemu listrik adalah Michael Faraday

Paragraf 2: Arus listrik adalah gelombang elektromagnetik, yaitu gelombang yang dapat merambat meski tidak ada media perantara

Arus listrik dihasilkan oleh generator raksasa pada pusat pembangkit listrik. Arus listrik tersebut disalurkan melalui jaringan listrik tegangan tinggi berupa jaringan kabel pada menara-menara tinggi yang menuju ke gardu-gardu penerima di berbagai daerah.

Dari gardu-gardu penerima, arus listrik kemudian disalurkan ke rumah penduduk dan berbagai tempat yang memerlukan. Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah.

Paragraf 3 :

Arus listrik yang diterima di rumah kemudian disalurkan melalui rangkaian kabel listrik di dalam rumah. Rangkaian kabel tersebut umumnya berada di atap untuk tempat dudukan lampu atau di dinding rumah untuk sakelar dan colokan listrik tempat menghubungkan beragam peralatan elektronik, seperti televisi, kipas angin, dan kulkas.

Paragraf 4 : 

Listrik sangat berperan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Kita bisa menggunakan untuk kebutuhan kita, namun harus dengan bijaksana

Artikel Terkait