Sabtu, 08 Agustus 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 70, 71, 72, 73

 Kunci jawaban dari berbagai pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 halaman 70,71,72, 73. Kunci jawaban di bawah ini sebaiknya dibaca setelah peserta didik berusaha mengerjakan soal sendiri.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Membaca

Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

pabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph  (09/09). 

Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.


Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
Hyena akan memanggil teman mereka lalu mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya secara bergerombol.

Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?
Hyena mampu menghitung penyusup di wilayahnya dan memperkirakan jumlah rekan yang dibutuhkan untuk menghadapinya.

Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!
Heyna merupakan hewan yang pintar dalam mengatasi masalah. Secara alami, naluri mereka mereka mampu menghitung, memperkirakan, dan memperbaiki kesalahan percobaan. 

Sekarang, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

Cumi cumi : Cumi cumi melindungi diri dengan mengeluarkan tinta berwarna hitam pekat. Tinta tersebut akan dikeluarkan ketika dia merasa terancam. Saat penglihatan musuhnya terganggu, cumi-cumi akan melarikan diri.

Walang sangit: Walang sangit melindungi diri dengan mengeluarkan aroma menyengat yang akan membuat indera pembau pemangsa terganggu.

Siput: Siput memunyai cangkan yang keras yang berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berlindung ketika merasa terancam.

Tulis kesimpulanmu tentang cara hewan beradaptasi pada diagram berikut ! (Halaman 73)


Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 65,66, 67,68

 Kunci jawaban dari berbagai pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 halaman 65, 66 dan seterusnya. Sebelum membaca jawaban, ada baiknya peserta didik mengerjakan soal sebisanya. Buku tersebut merupakan buku kurikulum 2013 terbitan kemendikbud.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban  di bawah ini.

Pertempuran Ambarawa

Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethell mendarat di Semarang dengan maksud mengurus tawanan perang.

Kedatangan Sekutu ini diboncengi oleh Netherlands Indies Civil Administration (NICA). Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA telah sampai di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan tentara Belanda, para tawanan tersebut justru dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan pihak Indonesia.

Pada tanggal 26 Oktober 1945 di kota Magelang terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA. Insiden tersebut terhenti setelah Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan perundingan dan memperoleh kata sepakat.

Namun, ternyata pihak Sekutu mengingkari janji. Pada tanggal 12 Desember 1945, pertempuran berkobar di Ambarawa.

Kolonel Soedirman langsung memimpin pasukannya yang menggunakan taktik gelar supit urang, atau pengepungan rangkap dari kedua sisi, sehingga musuh benar-benar terkurung.

Setelah bertempur selama 4 hari, pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran berakhir. Indonesia berhasil merebut Ambarawa dan Sekutu dibuat mundur.

Kemenangan ini diperoleh berkat kerja sama dari seluruh rakyat di Ambarawa.

Kemenangan pertempuran ini kini diabadikan dengan didirikannya “Monumen Palagan Ambarawa” dan diperingati sebagai hari Jadi TNI Angkatan Darat atau Hari Juang Kartika.

Setelah membaca teks di atas, lengkapi peta pikiran berikut dengan menggunakan kalimat efektif!

Jawab:

Apa

Pertempuran Ambarawa adalah pertempuran antara Indonesia dan sekutu

Mengapa

Karena para tawanan dipersenjatai. Karena Sekutu mengingkari janji.


Siapa

Tentara Sekutu, NICA, TKR Indonesia.


Bagaimana

Pasukan Indonesia dipimpin Kolonel Soedirman bertempur dengan taktik gelar supit urang. Indonesia berhasil membuat Sekutu mundur sehingga Ambarawa berhasil dipertahankan.

Kapan

Pada 12 hingga 15 Oktober 1945.


Di mana

Ambarawa.

Baca kembali teks Pertempuran Ambarawa dan peta pikiran yang sudah kamu buat, kemudian jawab pertanyaan berikut!

1. Apa saja upaya yang dilakukan oleh rakyat di Ambarawa untuk memempertahankan kemerdekaan Indonesia? Jelaskan!

2. Bagaimana pendapatmu tentang upaya-upaya yang telah dilakukan?

3. Bagaimana pendapatmu tentang sikap tentara NICA yang melanggar kesepakatan?

4. Bagaimana pendapatmu tentang taktik gelar supit urang?

5. Sikap apa yang dapat kamu pelajari dari para pahlawan yang berjuang di Ambarawa?

6. Bagaimana kamu dapat menerapkan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari? Berikan contoh!

1.Bertempur dengan taktik gelar supit urang yaitu mengepung musuh dari dua sisi.

2. Pertempuran yang cerdas karena dilakukan dengan taktik khusus yang mampu mengalahkan musuh sehingga wilayah Ambarawa berhasil dipertahankan.

3. Pengingkaran janji yang dilakukan NICA sangat merugikan rakyat Indonesia. NICA memang tidak bisa diajak damai.

4. Taktik yang sangat efektif dan terbukti mampu mengalahkan musuh.

5. Sikap tenang, pantang menyerah, gigih, tepat mengambil keputusan

6. Tidak memilih-milih teman, belajar dengan giat, dan memaafkan teman.

Gunakan Tabel Nilai Tempat Untuk Menentukan Nilai Masing-Masing Bilangan berikut!

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 2 halaman 60. Peserta didik diharapkan bisa mengerjakan semua soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui cara menentukan nilai bilangan desimal menggunakan tabel nilai tempat.

Gunakan tabel nilai tempat untuk menentukan nilai masing-masing bilangan berikut!

1.3,654

2. 32,876

3. 0,963

4.324,123

5. 863,247

Tulis bilangan desimal hingga perseribuan sesuai keinginanmu!

Tukarkan bilangan tersebut dengan salah seorang teman! Mintalah teman  tersebut untuk menentukan nilai masing-masing bilangan menggunakan tabel nilai tempat!

1. 3 satuan, 6 persepuluhan, 5 perseratusan, 4 perseribuan

2. 3 puluhan, 2 satuan, 6 persepuluhan, 5 perseratusan, 4 perseribuan

3. 0 satuan, 9 persepuluhan, 6 perseratusan, 3 perseribuan

4. 3 ratusan, 2 puluhan 4 satuan, 1 persepuluhan, 2 perseratusan, 3 perseribuan

5. 8 ratusan, 6 puluhan 3 satuan, 2 persepuluhan, 4 perseratusan, 7 perseribuan

 4,567

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 53,54, 58

 Kunci jawaban dari berbagai soal yang terdapat dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 mulai dari halaman 53. Tentu saja, peserta didik harus berusaha untuk menjawab semua pertanyaan tersebut dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Amati gambar dan baca teks berikut dalam hati! (Halaman 53)

Kami Berbeda, namun Kami Bekerja Sama

Matahari belum tinggi ketika Edo, Dayu, dan teman-temannya bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain lompat karet, ada yang bermain Petak Jongkok, ada yang bermain Congklak di selasar kelas, dan sebagian lagi ikut dalam permainan Rangku Alu.

Edo, Dayu, Siti, Udin, Beni, dan Lani memilih ikut permainan Rangku Alu bersama beberapa teman lain. Mereka memang lebih suka dengan permainan olah tubuh di luar ruangan.

Baru beberapa hari yang lalu, teman baru mereka, Yanes yang memperkenalkan permainan ini. Yanes berasal dari Alor, Nusa Tenggara Timur. Permainan yang menggunakan tongkat bambu ini adalah permainan anak yang digemari di sana. Edo, Dayu, dan teman-teman di SD Nusantara senang sekali mengenal permainan baru ini.

“Seru dan menantang!” kata mereka.

Anak-anak di SD Nusantara justru gembira menyambutnya. Perbedaan warna kulit, adat, kebiasaan, bahasa, atau agama tidak mereka anggap sebagai masalah. Semua akrab bermain bersama. Pernah sekali waktu, ketika Edo bercanda akrab dengan Siti dan Dayu, Hendra berkomentar,

“Ih, Dayu, mau-maunya kamu bermain dengan Edo yang berkulit hitam. Nanti kulitmu yang putih tertular hitam, lho!” ejeknya.

“Ah, aku tak pernah pusing dengan warna kulit, tak pernah pusing dengan asal daerah. Aku dan Siti pun berbeda. Aku anak Bali, Siti anak Sumatra, tetapi kami saling memahami. Pertemanan hanya butuh waktu untuk saling menyesuaikan. Aku pun butuh waktu untuk menyesuaikan diri denganmu,

Hendra.” Balas Dayu tenang. Hendra pun terdiam. Sesungguhnya, ia juga tidak pernah mengalami masalah dengan temannya yang berbeda asal.

Begitulah gambaran keseharian di SD Nusantara. Anak-anak tetap rukun, bekerja sama, dan bersatu, walaupun mereka berbeda-beda. Wawasan mereka semakin kaya karena mengenal adat dan bahasa daerah lain. Semakin kaya dengan bermain bersama aneka permainan tradisional. Rangku Alu, Benthik, Gobak Sodor, atau Cingciripit menjadi perekat yang menyenangkan.


Jawab pertanyaan berikut berdasarkan teks!
Apa saja perbedaan yang kamu temukan dalam cerita di atas? 
  1. Perbedaan warna kulit
  2. Perbadaan adat
  3. Perbedaan agama 
  4. Perbedaan kebiasaan, 
  5. Perbedaan bahasa, 
  6. Perbadaan agama
  7. Perbedaan Suku
Bagaimana sikap Edo dan kawan-kawan menyikapi perbedaan tersebut?

Edo menganggap perbedaan dengan teman-temannya bukan sebuah masalah. Pertemanan tidak mengenal perbedaan-perbadaan seperti warna kulit, adat, agama dan lain-lain.

Apakah perbedaan menghalangi mereka dalam melakukan kerja sama?
Jelaskan!
Tidak, justru dengan adanya perbedaan kerja sama mereka semakin erat karena masing-masing orang memiliki ide dan gagasan yang beragam sehingga bisa dipilih mana gagasan yang terbaik.

Apa manfaat yang kita peroleh ketika mampu bekerja sama dengan orang-orang yang berbeda?
Manfaatnya sangat besar sekali antara lain:
1. Kita bisa belajar mewujudkan persatuan meskipun ada banyak perbedaan
2. Pada saatnya nanti, kita akan terbiasa mengelola perbedaan menjadi sesuatu yang positif.
3. Kita bisa saling menghargai perbedaan orang lain.

Pernahkah kamu bekerja sama dengan teman-teman yang berbeda? Berikan contoh!
Saya pernah satu kelompok dengan teman yang berbeda agama ketika membuat keterampilan, namun perbedaan tersebut tidak menjadi penghalang.

Bagaimana kamu menyikapi perbedaan yang ada? Jelaskan!
Saya menyikapinya biasa saja, karena yang dibutuhkan dari kerja sama adalah adanya kekompakan dalam mencapai tujuan dengan tidak menonjolkan perbedaan-perbedaan.

Jelaskan manfaat kerja sama dan persatuan dalam kehidupan sehari-hari!
Manfaatnya antara lain:
1. Bisa lebih mudah mencapai tujuan
2. Mengeratkan persaudaraan dan persahabatan
3. Bisa mengerjakan banyak hal yang tidak bisa dilakukan sendiri
4. Membuat kerja individu menjadi lebih ringan.

Ayo Berlatih (Halaman 58)

Ukuran panggung di sekolah Edo dinyatakan dalam bentuk bilangan desimal.
Apa yang kamu ketahui tentang bilangan desimal tersebut?
Jelaskan!

Sistem bilangan desimal/persepuluhan adalah sistem bilangan yang menggunakan 10 macam angka dari 0,1, sampai 9. Setelah angka 9, angka berikutnya adalah 1 1, 1 2, dan seterusnya (posisi di angka 9 diganti dengan angka 0, 1, 3, .. 6 lagi, tetapi angka di depannya dinaikkan menjadi 1)

Jelaskan setiap angka yang terdapat pada bilangan tersebut!

Jumat, 07 Agustus 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 6 Halaman 45,46,47, 48,49,50

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 halaman 45 dan seterusnya. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar dan tepat.

Saya yakin seratus persen bahwa kalian adalah peserta didik yang cerdas dan rajin belajar sehingga soal-soal yang diberikan oleh para guru bisa dengan mudah kalian kerjakan. Akan tetapi, jika kalian membutuhkan referensi atau pertimbangan jawaban silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Pertempuran Surabaya

Pada tanggal 25 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpin oleh Brigadir Jenderal Mallaby. Tanggal 27-30 Oktober 1945, terjadi kontak senjata antara para pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris.

Dalam pertempuran ini, pasukan Inggris dapat dipukul mundur. Bahkan, puncak dari pertempuran tersebut adalah terbunuhnya pemimpin pasukan Inggris, BrigadirJendral Mallaby.

Pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum yang berisi “semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor dan meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan dan menyerahkan diri dengan mengangkat tangan”.

Namun, ultimatum tersebut ditolak oleh pihak Indonesia. Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran yang sangat dahsyat.Pasukan Inggris menggempur Surabaya dari darat, laut, dan udara. 

Peristiwa 10 November ini diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Berdasarkan teks di atas, isilah peta pikiran berikut menggunakan kalimat efektif!

Jawab

Apa
Pertempuran Surabaya

Mengapa
Karena terbunuhnya Brigjen Mallaby dan penolakan pengumpulan senjata oleh rakyat Surabaya

Siapa
Pemuda Indonesia dan tentara Inggris

Bagaimana
Bermula dari pertempuran demi pertempuran antara pemuda Indonesia dengan tentara Inggris, tewaslah Jenderal Mallaby. Ini membuat Tentara Inggris marah besar dan menyuruh bangsa Indonesia mengumpulkan senajta, namun ditolak. Akibatnya terjadilah perempuran besar-besaran.

Kapan 
10 Oktober 1945

Di mana
Surabaya

Buatlah tulisan menggunakan kata-kata sendiri tentang Pertempuran Surabaya berdasarkan peta pikiran yang telah kamu buat! Gunakan kalimat efektif.

Pertempuran Surabaya

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran besar-besara yang melibatkan arek-arek Surabaya melawan Tentara Inggris. 



Baca kembali teks tentang Pertempuran Surabaya dan jawab pertanyaan berikut!
Apa makna yang dapat kamu petik dari upaya mempertahankan kemerdekaan
dalam Pertempuran Surabaya?

Makna yang bisa saya petik adalah, perjuangan untuk membebaskan diri dari penjajahan asing demi meraih kemerdekaan membutuhkan pengorbanan jiwa dan raga.

Kamu akan mencari informasi tentang perjuangan dalam mempertahankan
kemerdekaan secara berkelompok dengan pembagian tugas sebagai berikut:
No. Kelompok Tugas
1. I
Mencari informasi tentang Pertempuran Ambarawa dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.
2. II
Mencari informasi tentang Pertempuran Medan Area dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.
3. III
Mencari informasi tentang Bandung Lautan Api dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.
4. IV
Mencari informasi tentang Agresi Militer Belanda I dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.
5. V
Mencari informasi tentang Agresi Militer Belanda II dan disajikan dalam bentuk peta pikiran.

Masih dalam proses pengerjaan

Ayo Mengamati
Setelah belajar tentang sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekan, sekarang kamu akan mempelajari tentang cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tinggalnya.
Apakah kamu pernah mengamati ayam, bebek, ikan, dan cecak?
Amati gambar berikut!



Apakah kamu mengetahui ciri-ciri hewan tersebut?
Apakah kamu juga mengetahui ciri-ciri tempat tinggalnya?
Diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Tuliskan hasil diskusimu pada diagram berikut!

Ciri ciri ayam yaitu :

Hewan berkaki dua
memiliki bulu
Termasuk kedalam kelompok unggas
Memiliki paruh
Berkembang biak dengan bertelur
Ciri ciri habitat ayam : Terdapat di daratan seperti hutan, pertanian, perkebunan, dan lain lain.

Ciri ciri Bebek :

Memiliki paruh
Memiliki kaki yang lebar dan berselaput
bernafas dengan paru paru
berkembang biak dengan bertelur
kelompok unggas
memiliki tulang belakang
Ciri ciri habitatnya : Hidup di daratan dan perairan seperti danau, kolam, dan rawa.

Ciri ciri Ikan :

Memiliki sisik dan lendir
Memiliki sirip
bernapas dengan insang
hewan berdarah dingin
berkembang biak dengan ovipar, ovovivipar, atau vivipar
Ciri ciri habitatnya : hidup di perairan atau pun lumpur.

Ciri ciri cicak yaitu :

Hewan melata
memiliki kulit yang bersisik
memiliki ekor yang panjang dan dapat putus
termasuk hewan berdarah dingin
berkembang biak secara ovipar (bertelur)
Ciri ciri habitatnya yaitu : dapat hidup dikondisi cuaca dingin maupan panas, dan lebih banyak hidup disekitar manusia.

Apakah terdapat hubungan antara ciri-ciri hewan dengan habitatnya? Tuliskan
kesimpulanmu!

Iya, habibat sangat mempengaruhi ciri-ciri hewan

Amati tiga hewan yang ada di sekitarmu!
Berdasarkan pengamatanmu, catat ciri-ciri khusus hewan tersebut beserta
habitatnya! Tulis laporan berdasarkan pengamatanmu!
Kamu dapat melengkapi laporanmu dengan membaca berbagai sumber
bacaan. Tulis laporanmu pada tabel berikut!

1. Bebek
Ciri khusus:
1)Memiliki kaki berselaput
2)Memiliki paruh berbentuk seperti sudut
3)Memiliki bulu berlapis lilin
Habitat:
sawah atau sungai


2. Cecak
Ciri khusus:
1) Memiliki perekat pada tiap ujung jari kakinya
2) Dapat memutuskan ekornya atau disebut juga dengan autotomi
3) Memiliki lidah yang panjang dan lengket
Habitat:
Dinding rumah atau pohon

3. Bunglon
Ciri khusus:
1) Memiliki lidah yg panjang dan lengket
2) Dapat mengubah warna kulitnya atau disebut juga dgn mimikri
3) Merupakan hewan pemakan serangga atau disebut juga dgn insektivora
habitat:dahan pohon

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 6 Halaman 40,42

Kunci jawaban dari pertanyaan-pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 subtema 1 pembelajaran 6 halaman 38, 39,40, 42. Peserta didik diminta menjawab beberapa pertanyaan dengan benar.

Saya percaya, para peserta didik bisa mengerjakan dengan benar. Akan tetapi, jika ada yang membutuhkan referensi jawaban, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal


Ayo Membaca

Menjadi petugas pengibar bendera tidaklah mudah. Tugas tersebut adalah tugas tim yang terdiri dari beberapa orang dan membutuhkan kerja sama yang baik. Setiap anggota harus memahami anggota lain sehingga upacara dapat berjalan dengan khidmat.

Menjadi petugas pengibar bendera sangatlah mulia. Bacalah teks berikut dalam hati!

Pengibar Sang Saka Merah Putih

Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan melibatkan banyak pihak. Salah satunya adalah mereka yang mengibarkan Sang Saka Merah Putih. Berkibarnya bendera Merah Putih menegaskan berdirinya negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat.

Abdul Latif Hendraningrat adalah salah satu pengibar bendera pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur, Jakarta. Ia adalah lulusan Sekolah Tinggi Hukum. Saat menjadi mahasiswa, ia mengajar Bahasa Inggris di beberapa sekolah menengah swasta, seperti yang dikelola oleh Muhammadiyah dan perguruan rakyat. Ia juga ditugaskan ke New York untuk memimpin rombongan tari.

Abdul Latif Hendraningrat pernah menjadi pasukan Pembela Tanah Air (PETA) dan ikut dalam berbagai pertempuran. Ia pernah menjabat komandan komando kota ketika Belanda menyerbu  Yogyakarta (1948).

Kemudian ia ditunjuk sebagai atase militer RI untuk Filipina (1952), lalu dipindahkan ke Washington hingga tahun 1956.


Berdasarkan bacaan di atas, tulislah informasi penting pada peta pikiran berikut!


Jawab:

Apa ? Pengibaran bendera merah putih pertama kali saat proklamasi kemerdekaan.

Mengapa ? Karena pada saat itu merupakan hari proklamasi Negara Indonesia dimana ada pengibaran bendera pusaka.

Siapa ? Latief Hendraningrat dan Suhud adalah orang yang mengibarkan bendera merah putih pertama kali saat proklamasi.

Bagaimana ? Ketika Indonesia memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agusts 1945 yang dimana Ir. Soekarno dan M. Hatta memproklamasikan kemerdakaan, ada pengibaran bendera merah putih yang dijahit oleh Ibu Fatmawati dan pertama dikibarkan pada saat 17 Agustus 1945 di Pegangsaan TImur.

Kapan ? Ketika proklamasi kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945.

Di mana ? Di Pegangsaan Timur 56, Jakarta.


Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri!

Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu!


Ayo Menulis (Halaman 42)

Kamu sudah belajar tentang pentingnya hidup rukun dalam persatuan. Tulislah tiga contoh wujud persatuan dan buatlah rencana untuk mewujudkannya dalam kegiatan di kelasmu! Tulis juga manfaatnya!

Tiga Contoh wujud persatuan :

1. Membesuk teman yang sakit (mengeratkan persahabatan dan menumbuhkan empati)

2. Berbaris dengan rapi ketika upacara bendera (Melatih kedisiplinan)

3. Membudayakan sikap saling tolong menolong (menumbuhkan empati)

Kamis, 06 Agustus 2020

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 5 Halaman 32,33,34,35,36 Subtema 1

 Kunci jawaban dalam buku Kelas 6 Tema 2 subtema 1 pembelajaran 5 halaman 32, 32,33,34,35,36. Peserta didik diminta menjawab beberapa pertanyaan dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo Menulis

Bacalah teks berikut dalam hati!

Edo, Lani, Siti, Udin, Dayu, dan Beni berencana mengikuti festival budaya. Saat ini mereka sedang berdiskusi untuk menentukan budaya yang akan mereka usung. Edo dan teman-temannya sangat antusias mengikuti festival ini. Mereka ingin memperkenalkan seni dan budaya suku-suku yang ada di Indonesia. Menentukan kebudayaan mana yang akan dipilih tidak mudah. Semua budaya yang dimiliki Indonesia sangat beragam dan menarik.

Akhirnya Edo dan temantemannya memutuskan untuk memperkenalkan permainan Rangku Alu. Permainan Rangku Alu berasal dari Nusa Tenggara Timur.

Dalam masyarakat Manggarai,Rangku Alu dilakukan untuk merayakan hasil panen perkebunan dan tani.

Edo dan teman-temannya sangat bangga dengan kebudayaan Indonesia.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 5 Halaman 32 Kurikulum 2013 

Ceritakan tentang makna Proklamasi Kemerdekaan yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya!
Makna proklamasi yang tercermin pada kegiatan Edo dan teman-temannya adalah:
1. Terwujudkan kemerdekaan sehingga rakyat Indonesia bebas melakukan apa saja, termasuk bermain
2. Terwujudnya persatuan bangsa, sehingga Edo dan teman-temannya yang terdiri dari berbagai suku bisa bersatu.

Apa yang kamu pelajari dari kegiatan Edo dan teman-temannya terkait makna Proklamasi Kemerdekaan?

Proklamasi adalah proses yang sangat penting bagi bangsa Indonesia demi terwujudnya masyarakat yang bahagia.

Berikan contoh penerapan makna Proklamasi Kemerdekaan dalam kehidupanmu sehari-hari, baik di rumah, sekolah, dan masyarakat!

Saya bisa melakukan berbagai aktivitas tanpa takut dilarang oleh siapapun


Ayo Berlatih

1. Lingkungan tempat Lani tinggal terdiri dari penduduk yang berasal dari daerah berbeda. Mereka selalu hidup rukun meskipun berbeda latar belakang dan pekerjaan. Ibu Titin, tetangga Lani, adalah seorang pengusaha kue batik yang berasal dari Jawa Barat. Beliau sangat dekat dengan tetangga dan sering membagikan kue batiknya.  

Hari ini Ibu Titin membuat beberapa kue batik. Ia menyumbangkan kuenya untuk acara rapat RT di rumah Lani. Ibu Titin memotong setiap kuenya menjadi 12 potong.

Lani menghabiskan 3 potong kue. Peserta rapat menghabiskan 31 potong kue. Lani melihat ada 2 potong kue tersisa di atas meja.

Berapa kue batik yang dikirim Ibu Titin?


1 kue batik = 12 potong

Kue Lani = 3 potong

Kue peserta rapat = 31 potong

Sisa kue di meja = 2 potong

Ditanya :

Jumlah kue yang dikirim oleh Ibu Titin


Jawab :

Pertama, kita harus harus menghitung dulu jumlah potongan kue yang ada di tempat rapat.

Jumlah potongan kue = kue lani + kue peserta rapat + sisa kue di meja

Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong

Jumlah potongan kue = 36 potong

Selanjutnya kita mencari jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.


1 kue batik = 12 potong 

Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong

Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong

Jumlah kue batik = 3 potong

Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3 buah.

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 2 Pembelajaran 5 Halaman 36 Kurikulum 2013

Bacalah soal tersebut dengan seksama! Tulislah jawabanmu dan jelaskanlah bagaimana kamu menemukan jawabannya!

Jawaban :

Jumlah Seluruh Potongan Kue: 3+31+2=36

2. Lani dan Siti  membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong.  Mereka membagi 2 16 kotak kepada 4 temannya.

Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue?

Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?

Diketahui 
1 kotak kue = 6 potong
kue yang dibagi = 2 ¹/₆ kotak
Jumlah teman = 4 orang
Ditanyakan :
Apakah kue cukup jika tiap teman mendapat 4 potong?
Bagaimana jika setiap teman mendapat 3 potong kue

Jawab :

Jumlah kue = jumlah kotak x 6 potong
Jumlah kue =  2 ¹/₆  x 6 potong
Jumlah kue =  ¹³/₆  x 6 potong
Jumlah kue = 13 potong
Jika tiap teman mendapat 4 kue, maka kue yang dibutuhkan adalah : 4 orang x 4 potong kue = 16 potong kue. Maka kue tidak cukup karena jumlahnya hanya 13.
Jika tiap teman mendapat 3 kue, maka kue yang diperlukan adalah : 4 orang x 3 potong kue = 12 potong kue. Maka kue cukup untuk 4 orang karena jumlahnya ada 13.
Jumlah Kue yg dikirim oleh ibu: 36:12=3
Jadi, 3 kue batik yg dikirim ibu

Rabu, 05 Agustus 2020

Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu Menjual Martabak buatan Ibu Lani

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4 halaman 29. Peserta didik diminta mengerjakan soal berhitung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Ayo Berlatih

Bekerja sama dapat mempermudah pekerjaan. Tujuan mulia bisa tercapai karena persatuan

1. Bacalah cerita di bawah ini!
Siti, Udin, Lani, Edo, Beni dan Dayu menjual martabak buatan Ibu Lani. Mereka sedang bekerja sama untuk mengumpulkan dana bagi temannya yang sedang dirawat. Mereka mengikuti bazar makanan di
lingkungan tempat Dayu tinggal. 
Enam sekawan menjual 8 martabak. Setiap martabak dipotong menjadi 12 potong. Mereka berhasil menjual 90 potong.
a. Berapa martabak yang terjual?
b. Berapa martabak yang tersisa?
Tulislah jawabanmu pada tempat yang disediakan! Kamu harus bisa
menjelaskan jawabanmu melalui tulisan.
Diskusikan jawabanmu dengan teman sekelompokmu!

Jawab : 

Jumlah martabak : 8 
Jumlah potongan tiap martabak : 12
Jumlah potongan martabak : 8 x 12 = 96 potong
Jumlah martabak yang terjual : 90 potong

a. Jumlah martabak yang terjual = (90/96) x 8= 7,5 martabak
b. Jumlah martabak yang tersisa = 8-7,5 = 0,5 martabak


2. Selain martabak, enam sekawan juga menjual dodol buatan Ibu Udin.
Mereka memiliki 5 5/6 dodol. Seluruh dodol dipotong menjadi 6 potong yang sama. Berapa pembeli yang akan mendapat 5 potongan dodol yang sama?
Bagaimana kamu menemukan jawabannya? Gunakan gambar untuk
membantu jawabanmu!

Tulislah pada tempat yang tersedia!

5 5/6 = 35/6 : 6 
= 35/6 x 6/1 = 210/6 = 35 : 5 = 7

Berarti jumlah pembeli yang akan mendapat 5 potongan adalah : 7

Tukarkan jawabanmu kepada teman di sebelahmu. Apakah ada yang
berbeda?

Seandainya Kamu Sedang Bermain Bersama Mereka, Apa yang Harus Kamu Perhatikan

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Siswa Kelas 6 tema 2 Revisi 2018 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 28. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kerukunan dan persatuan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal

Ayo Berdiskusi 
Amati gambar berikut !



1. Seandainya kamu sedang bermain bersama mereka, apa yang harus kamu perhatikan terkait kerukunan dan persatuan?

Jawab :

Saya akan bermain dengan penuh kegembiraan bersama teman-teman sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku. Mungkin kami saling berbeda dalam hal suku, agama atau ras, namun kami tidak menjadikan perbedaan-perbedaan tersebut sebagai penghambat bagi kami untuk bermain bersama. Sebaliknya, perbedaan tersebut membuat kita semakin saling memahami orang lain.

2. Apakah kamu telah menerapkan nilai-nilai kerukunan terkait persatuan dan kesatuan dalam kehidupanmu sehari-hari? Jelaskan dan beri 3 contoh kegiatan dan perbedaan yang ada!

Sudah, contohnya:
1. Mengucapkan selamat hari raya kepada umat beragama lain
2. Berteman tanpa harus memilih berdasarkan Suku agama dan ras
3. Mengingatkan kepada teman beragama lain jika tiba saatnya beribadah.


Apa manfaat yang kamu peroleh dari nilai-nilai tersebut? Tulislah 3 manfaat  yang kamu rasakan!

1. Kita bisa saling memahami
2. Kerukunan akan terjaga
3. Kedamaian akan terwujud

Minggu, 02 Agustus 2020

Diskusikanlah Peta Pikiranmu dengan Teman di Kelompokmu! Kembangkan Informasi pada Peta Pikiran

Soal dan Jawaban dari tugas dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 4 halaman 27. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Soal

Diskusikanlah peta pikiranmu dengan teman di kelompokmu!
Kembangkan informasi pada peta pikiran menggunakan kalimatmu sendiri.
Serahkanlah hasil pekerjaanmu kepada gurumu

Jawab:

Peristiwa yang digambarkan dalam peta pikiran berdasarkan teks adalah peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Tanggal 9 Agustus 1945 tentara Jepang sedang terdesak oleh tentara sekutu. Marsekal Terauchi ingin menyampaikan informasi kepada pemerintah Indonesia bahwa Jepang akan memberikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia. Ketiga tokoh pergi menemui Panglima Besar Tentara Jepang adalah Ir. Soekarno, Moh. Hatta dan Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Pertemuan antara Tentara Jepang dan Pemerintah Indonesia dilaksanakan di Dalat, Saigon. Setelah pertemuan antara Panglima Jepang dan Pemerintah Indonesia memicu pertentangan di dalam negeri antara tokoh golongan tua dan golongan muda.