Saturday, August 8, 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 2 Kelas 6 Halaman 70, 71, 72, 73

 Kunci jawaban dari berbagai pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 3 halaman 70,71,72, 73. Kunci jawaban di bawah ini sebaiknya dibaca setelah peserta didik berusaha mengerjakan soal sendiri.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Membaca

Hyena adalah Hewan Paling Pintar di Dunia

pabila ada anggapan bahwa simpanse, anjing, atau lumba-lumba adalah hewan terpintar saat ini, mungkin pernyataan tersebut betul, namun kurang tepat. Menurut penelitian, hewan terpintar di muka bumi adalah Hyena. Dr. Sarah Benson-Amram dari University of St Andrews mengatakan bahwa Hyena adalah hewan terpintar karena binatang tersebut dapat mengatasi masalah secara naluri dan juga dapat ‘berhitung.’

Dalam penelitiannya, Sarah berhasil menyimpulkan bahwa tingkat kepintaran seekor hewan ditentukan dari cara mengatasi masalah. Hyena mempunyai strata sosial lebih tinggi dari jenis lainnya dan dapat mempertahankan wilayahnya dengan cara memanggil rekan mereka. Hyena akan mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya dengan cara bergerombol. Hewan ini dapat menghitung jumlah penyusup di wilayahnya dan memperkirakan berapa rekan yang harus hadir untuk mengusirnya. “Hyena mempelajari cara untuk mengatasi masalah dari kesalahan dan percobaan. Hal ini seperti yang dilakukan manusia ketika menghadapi masalah,” ungkap Sarah seperti yang dikutip Telegraph  (09/09). 

Dia juga menjelaskan bahwa walaupun banyak hewan lain yang melakukan metode seperti yang dilakukan Hyena, namun hewan ini lebih cepat dalam melakukannya. “Hyena lebih kreatif daripada hewan lainnya,” lanjut Sarah.

Mungkin, di kemudian hari, karena dikatakan lebih pintar, maka NASA dapat menggunakan Hyena sebagai penelitian ke luar angkasa. Selama ini, NASA hanya menggunakan simpanse dan beberapa hewan kecil lainnya untuk hal tersebut.


Bagaimana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya?
Hyena akan memanggil teman mereka lalu mengusir hewan lain yang masuk ke wilayahnya secara bergerombol.

Apa perbedaan Hyena dengan hewan lainnya dalam mengatasi masalah?
Hyena mampu menghitung penyusup di wilayahnya dan memperkirakan jumlah rekan yang dibutuhkan untuk menghadapinya.

Tulis kesimpulanmu tentang bacaan tersebut!
Heyna merupakan hewan yang pintar dalam mengatasi masalah. Secara alami, naluri mereka mereka mampu menghitung, memperkirakan, dan memperbaiki kesalahan percobaan. 

Sekarang, ayo cari tahu bagaimana hewan berikut menyesuaikan diri!

Cumi cumi : Cumi cumi melindungi diri dengan mengeluarkan tinta berwarna hitam pekat. Tinta tersebut akan dikeluarkan ketika dia merasa terancam. Saat penglihatan musuhnya terganggu, cumi-cumi akan melarikan diri.

Walang sangit: Walang sangit melindungi diri dengan mengeluarkan aroma menyengat yang akan membuat indera pembau pemangsa terganggu.

Siput: Siput memunyai cangkan yang keras yang berfungsi sebagai tempat tinggal sekaligus tempat berlindung ketika merasa terancam.

Tulis kesimpulanmu tentang cara hewan beradaptasi pada diagram berikut ! (Halaman 73)


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon