Kamis, 11 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 101, 106

Halo anak-anak kelas 4 SD, kita berjumpa lagi di blog ini. Kali ini, bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam pembeljaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 101, 106.

Kalian pasti bisa mengerjakan, namun jika masih belum bisa kalian bisa memperhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Setelah bermain Bakiak, diskusikanlah hal berikut dengan teman kelompokmu!
1. Apakah kelompokmu berhasil mencapai tujuan tepat waktu? Mengapa?
Tidak berhasil. Karena kami tidak kompak.
2. Bagaimana pengaruh gerak yang dilakukan setiap anggota kelompok terhadap pencapaian tujuan dalam permainan?
Pengaruh gerak sangat penting, agar serempak dan berhasil mencapai tujuan.
3. Apa kesulitan yang kamu hadapi saat bermain Bakiak?
Menyamakan gerak dengan teman-teman lain.
4. Bagaimana sikapmu terhadap teman satu kelompok saat bermain Bakiak?
Sikap saya, saling memberi semangat.

Ayo Membaca (Halaman 106)
Di pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Tong Sampah Gotong Royong.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini
Gagasan Pendukung: 
  1. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. 
  2. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. 
  3. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. 
  4. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?
Paragraf 2
Gagasan Pokok:  Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru
Gagasan Pendukung:
  1. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. 
  2. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. 
  3. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. 
  4. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.
Paragraf 3
Gagasan Pokok: Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. 
Gagasan pendukung: 
  1. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru.
  2.  Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. 
  3. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 88,93

Halo anak-anak kelas 4, pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi jawaban dari soal-soal dalam buku kurikulum 2013 kelas 4 Tema 1 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 88.

Kalian harus mengerjakan soal dengan benar ya. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Sebelumnya kita sudah banyak belajar tentang indahnya keberagaman budaya Indonesia. Bagaimana cara menjalin kebersamaan dalam keberagaman tersebut? Mari kita gali lebih jauh!

Tong Sampah Gotong Royong

Ada yang berbeda setelah senam pagi pada hari Minggu ini. Warga berkumpul dengan berbagai peralatan dan perlengkapan di lapangan kampung. Beberapa drum kosong, bilah-bilah bambu, karung plastik bekas, dan ember bekas, tersusun di pojok kiri lapangan. Di pojok lain terlihat tumpukan kaleng cat, kuas, wadah cat, dan beberapa peralatan lain. Apa yang akan dikerjakan oleh warga hari ini?

Walaupun dini hari Pak Made dan keluarganya harus melakukan ibadah pagi di Pura, warga tetap bekerja sejak pagi bergotong royong menyiapkan tempat sampah baru. Udin, Siti, dan Edo membantu Pak Ismail dan beberapa warga lain menganyam bilah-bilah bambu menjadi keranjang sampah. Keranjang ini akan menjadi tempat sampah kebun, seperti daun-daun kering, batang, dan buah yang berjatuhan di bawah pohon. Lani memilih untuk membantu warga yang memoleskan cat dasar putih pada ember dan drum bekas. Ada juga warga yang menambal lubanglubang di karung-karung plastik bekas, agar nantinya bisa dipakai kembali menjadi tempat sampah kering.

Kira-kira pukul 10.00, Pak Made, Dayu dan keluarganya sudah kembali dari kegiatan ibadah. Tong-tong sampah baru siap dihias! Pak Made, Ibu Made, dan Dayu berkeliling membuat pola hiasan di tempat-tempat sampah baru. Lani turut membantu Dayu. Setelahnya, warga bergoton-groyong mengecat dan memperindah hiasan tempat sampah. Sebelum matahari meninggi, sudah ada 12 tempat sampah baru yang dihasilkan warga secara bergotong royong. Drum bekas, ember bekas, karung plastik, keranjang anyam, sudah berubah menjadi tempat sampah kampung yang cantik.

Ayo Berdiskusi (Halaman 88)

Berdasarkan teks yang kamu baca, isilah grafik berikut

Keberagaman -> Agama - Budaya - Suku Bangsa

Kerjasama -> Saling membantu - saling membahu - Saling mendukung

Manfaat kerjasama -> Pekerjaan cepat selesai - kerukunan warga terjalin - memperkuat persatuan dan kesatuan
Setelah kamu mengisi grafik di atas, Diskusikan pertanyaan berikut dengan temanmu.
1. Apa itu kerjasama? 
Kerjasama merupakan usaha yang dilakukan oleh beberapa orang untuk mencapai tujuan bersama.

2. Apa manfaat kerjasama?
Pekerjaan menjadi lebih ringan
Pekerjaan cepat selesai
Kerukunan warga terjalin
Memperkuat persatuan dan kesatuan

3. Bagaimana cara kita supaya bisa bekerjasama dalam keberagaman?
Saling menolong seama warga masyarakat.
Bahau membahu membangun
Saling mendukung

Ceritakan satu bentuk kerjasama yang di lakukan di tempat tinggalmu.
Kerja bakti

Halaman 93



Besar sudut BOC adalah  45 derajat
Besar sudut COD adalah 45 derajat
Besar sudut DOE adalah 45 derajat

Lihatlah benda-benda di sekitarmu!
Temukan lima benda yang mempunyai sudut. Ukurlah besar sudutnya dengan menggunakan busur. Perkirakan dahulu sebelum kamu mengukurnya!

No.Nama BendaPerkiraan Besar SusutBesar Sudut Hasil PengukuranJenis Sudut
1.Ujung buku90º90ºSiku-siku
2.Ujung Penggaris Segitiga60º60ºTumpul
3.Bendera Semaphore90º90ºSiku-siku
4.Staples35º40ºLancip
5.Papan Tulis90º90ºSiku-siku

Kamis, 04 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 4 Halaman 77, 84

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 SD Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud tema 1 subtema 2 Kebersamaan dan Keragaman pembelajaran 1 halaman 76,77, 84. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Membaca (Halaman 77)

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Edo dan kelima temannya mendapat tugas untuk melakukan percobaan tentang bunyi
Gagasan pendukung: 
  1. Sepulang sekolah, mereka berkumpul di rumahnya.  
  2. Setiap orang sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.
  3.  Lani dan Siti membawa beberapa kaleng yang sudah dilubangi.
  4.  Udin dan Beni membawa benang kasur. Mereka berkumpul di halaman depan rumah. 
  5. Keenam sekawan siap bekerja sama melakukan percobaan.


Bacalah Paragraf kedua dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Saat percobaan akan dimulai, tiba-tiba terdengar adzan. 
Gagasan pendukung:
  1. Siti dan Udin meminta izin teman-temannya untuk shalat. 
  2. Teman-temannya mengizinkan mereka untuk melakukan ibadah. 
  3. Edo meminjamkan ruang makannya untuk digunakan Siti dan Udin Shalat. 
  4. Meskipun Edo beragama Katolik, ia tidak keberatan rumahnya dipakai untuk shalat.
  5. Beni yang beragama Kristen, Dayu yang beragama Hindu, dan Lani yang beragama Buddha menunggu dengan sabar temannya beribadah.
  6. Keenam sahabat selalu menghargai satu dengan yang lain.

Bacalah Paragraf pertama dan isi diagram berikutnya
Gagasan pokok: Tiba saatnya keenam sekawan melakukan percobaan.
Gagasan pendukung: 
  1. Setiap orang menunjukkan tanggung jawabnya dalam bekerja. 
  2. Tidak ada satu pun di antara mereka yang duduk diam atau memberi perintah saja.
  3.  Semuanya ikut bagian dalam percobaan. 
  4. Saat Dayu membutuhkan pertolongan memotong benang, Udin datang membawakan gunting. 
  5. Saat Edo kesulitan menalikan benang di kaleng, Siti ikut membantu. 
  6. Keenam sahabat bekerja sama dengan semangat. 
  7. Mereka hidup rukun, saling membantu meskipun berbeda agama.
Halaman 84

Berdasarkan cerita di atas, jawablah pertanyaan berikut!
1. Apakah perbedaan yang dimiliki oleh enam sekawan menghalangi mereka untuk berteman dan bekerja sama? Jelaskan!
Tidak. Enam sekawan tersebut tetap berteman dan bekerja sama. Hal itu bisa terjadi karena setiap orang saling menghargai setiap berbedaan yang ada termasuk perbedaan dalam hal agama.

2. Bagaimana sikapmu jika kamu bermain dengan teman yang berbeda agama?
Biasa saja. Kita harus saling menjaga kerukunan antar umat beragama.

3. Ceritakan pengalamanmu memiliki teman yang berbeda agama. Perbedaan apa yang kamu ketahui? Bagaimana sikapmu terhadap perbedaan tersebut?
Teman saya beragama Katolik. Perbedaan di antara kita terletak pada cara beribadah, tanggal hari raya dan beberapa perbedaan lainnya. Terhadap perbedan tersebut, saya tetap saling menghargai dan berusaha tidak menyinggung perasaannya.

Rabu, 03 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 66

Soal dan jawaban dari pembelajaran 6 subtema 1 tema 1 kelas 4 SD kurikulum 2013 halaman 66. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Baca kembali teks tentang Suku Minang, kemudian temukan dan tuliskan gagasan pokok dan gagasan pendukung untuk paragraf berikut.

Paragraf 1 
Gagasan Pokok: Suku Minang adalah kelompok etnis yang terdapat di Provinsi Sumatra Barat.
Gagasan Pendukung:
  1. Suku Minang sering disebut sebagai orang Padang atau Urang Awak. 
  2. Bahasa daerah suku Minang adalah bahasa Minang. 
  3. Orang Minang gemar berdagang dan merantau ke daerah lain. Legenda Suku
  4. Minang yang sangat terkenal adalah “Malin Kundang”.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Suku Minang mempunyai rumah adat yang sangat khas yang
disebut Rumah Gadang.
Gagasan Pendukung:
  1. Rumah Gadang ini terbuat dari kayu dan mempunyai bentuk dasar seperti balok. 
  2. Lengkung atap rumahnya sangat tajam seperti tanduk kerbau, sedangkan lengkung badan rumah landai seperti badan kapal. Atap rumah terbuat dari ijuk. 
  3. Bentuk atap rumah yang melengkung dan runcing ke atas itu disebut gonjong.
  4. Karena atapnya berbentuk gonjong, maka disebut rumah Bagonjong.


Paragraf 3 
Gagasan Pokok: Suku Minang mempunyai alat musik tradisional Minang yang
disebut talempong.
Gagasan Pendukung: 
  1. Talempong dimainkan dengan cara dipukul.
  2.  Alat musik khas Minang lainnya adalah saluang. Saluang ini dimainkan dengan cara ditiup.


Paragraf 4
Gagasan Pokok: Suku Minang juga memiliki banyak jenis tarian, di antaranya tari
Pasambahan dan tari Piring.
Gagasan Pendukung:  Tari Pasambahan biasanya ditampilkan dalam pesta adat.

Paragraf 5
Gagasan Pokok: Suku Minang sangat terkenal dengan berbagai makanan khasnya.
Gagasan Pendukung:
  1. Rendang merupakan salah satu makanan tradisional suku Minang yang sangat terkenal, bahkan sampai ke mancanegara. 
  2. Makanan khas suku Minang lainnya yang juga digemari adalah sate padang dan dendeng balado.

Tulis kesimpulanmu tentang perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung!
Perbedaan gagasan pokok dan gagasan pendukung adalah, gagasan pokok memuat informasi terpenting dari sebuah paragraf. Sementara gagasan pendukung, bersifat menjelaskan informasi penting tersebut.

Ceritakan kembali kepada temanmu tentang Suku Minang!

Suku Minang terdapat di Sumatera Barat. Suku minang disebut juga orang Padang atau Urang Awak. Bahasa daerah mereka adalah bahasa Minang. Rumah adat suku Minang adalah rumah Gadang yang memiliki  atap melengkung seperti perahu yang disebut bagonjong.

Alat musik suku Minang adalah tampong dan saluang. Beberapa jenis tarian daerah merekan antara lain tari Piring dan tari Pasambahan. Suku Minang juga terkanal dengan makanannya misalnya rendang dan sate padang.

Jawaban Pembelajaran 5 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 59,60, 63

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 59,60,63

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Apa yang ingin kamu ketahui lagi tentang Suku Minang?
Tulislah pertanyaan sebanyak-banyaknya tentang suku tersebut dan diskusikan jawabannya dengan teman satu kelompokmu!

1. Apakah warung makan padang berasal dari suku Minang?
2. Siapa saja tokoh nasional terkenal dari Minang?
3. Apakah di Minang masih ada tradisi gotong royong?
4. Apakah anak-anak masih ada yang belajar tari-tarian Minang?
5. Apakah anak-anak masih memegang teguh tradisi minang?

Halaman 60

Keragaman yang terdapat di sekitar kita tidak hanya terbatas kepada suku, namun juga mencakup keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama.
Cari informasi lebih lanjut tentang keragaman sosial dan budaya yang terdapat di lingkungan provinsimu. Tuliskan hasil temuanmu pada kolom berikut.

1. Di daerah kami ada kesenian tradisional Angguk, tari gambyong
2. Di daerah kami ada tradisi sedekah bumi
3. Di daerah kami ada tradisi boyong grobog
4. Di daerah kami ada tradisi sekaten
5. Masih ada gotong royon di daerah kami
6. Mayoritas adalah suku jawa
7. Ada suku lain yaitu Tionghoa
8. Terdapat tempat ibadah bernama kelenteng

Ayo Berdiskusi (Halaman 63) 
Amati kembali tangram yang telah kamu buat. Diskusikan secara berpasangan bangun yang digunakan untuk membentuk tangram tersebut. 

Apakah dalam tangram tersebut terdapat segi banyak tidak beraturan?
Jelaskan.

Senin, 01 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 1 Tema 1 Kelas 4 Halaman 46,48,50, 51, 56

Soal dan jawaban dalam buku tematik kelas 4 SD tema 1 Subtema 1 pembelajaran 4 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 46.

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Ayo mengamati
Amatilah kain tradisional

Temukan segi banyak pada kain-kain di atas
1. Persegi
2. Jajar genjang
3. segitiga

Halaman 48
Berdasarkan segi banyak yang kamu temukan pada pola kain di atas.
Kelompokkan ke dalam tabel berikut.

 Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Sekarang, carilah 3 bentuk segi banyak beraturan dan 3 bentuk segi banyak
tidak beraturan di sekitarmu. Buktikan dengan mengukur sisi dan sudutnya.

Segi banyak beraturan  Segi banyak tidak beraturan 
  
  

Halaman 50
Kerjakan latihan berikut.

1. Manakah yang merupakan segi banyak beraturan? Jelaskan!

a. Segitiga
b. Persegi
c. segi lima
d. Segi 6
e. lingkaran
f. segi delapan

Ayo membaca (halaman 51)
Bacalah teks tersebut kemudian carilah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Tuliskan pada diagram-diagram yang tersedia!

Tari Kipas Pakarena

Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan. Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu. Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.

Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian. Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Paragraf 1
Gagasan Pokok: Tari Kipas Pakarena merupakan kesenian tari yang berasal dari Gowa, Sulawesi Selatan
Gagasan Pendukung:Tarian ini sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Gowa yang merupakan bekas Kerajaan Gowa.

Paragraf 2
Gagasan Pokok: Kisahnya berawal dari perpisahan antara penghuni Boting Langi (negeri khayangan) dan penghuni Lino (bumi) pada zaman dahulu
Gagasan Pendukung:Konon, sebelum berpisah, penghuni Boting Langi sempat mengajarkan kepada penghuni Lino cara menjalani hidup, seperti bercocok tanam, beternak, dan berburu.



Paragraf 3
Gagasan Pokok: Cerita itu diabadikan dalam gerakan tarian
Gagasan Pendukung:

Makna gerakan tari Kipas Pakarena, seperti gerakan berputar searah jarum jam, melambangkan siklus hidup manusia. 
Gerakan naik turun mencerminkan roda kehidupan yang kadang berada di bawah dan kadang di atas. Cara menari yang lembut mencerminkan karakter perempuan Gowa yang sopan, setia, patuh, dan hormat. 
Secara keseluruhan gerakan tari ini mengungkapkan rasa syukur. 

Ayo Mengamati (Halaman 55)

Apa sebenarnya makna persatuan dan kesatuan?
Untuk menjawabnya, mari kita lakukan kegiatan
berikut.
•• Ambil sebuah sapu lidi, cabut sebatang lidi dari sapu tersebut.
•• Gunakan sapu dan sebatang lidi tersebut untuk menyapu.
•• Bandingkan hasilnya.
Tulislah kesimpulanmu pada kolom di bawah ini dan diskusikan jawabanmu secara berpasangan!
Sebatang lidi tidak bisa digunakan untuk menyapu.

Halaman 56
Ayo kita temukan contoh-contoh lain sikap persatuan dan kesatuan dalam keberagaman. 

 Sikap menunjukkan persatuan dan kesatuan  Sikap tidak menunjukkan persatuan dan kesatuan
 kerja bakti mementingkan kepentingan sendiri

Menurutmu, apa yang akan terjadi jika kita memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
akan mampu meraih tujuan bersama
Apa yang akan terjadi jika kita tidak memiliki sikap persatuan dan kesatuan?
Akan terjadi banyak masalah

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas 4 Halaman 35,36,40,42

Soal dan jawaban dalam buku Tematik Kelas 4 tema 1 subtema 1 pembelajaran 3 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud mulai halaman 35, 36,40, 42. Peserta didik diminta mengerjakan soal-soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !





Ayo Berdiskusi (Halaman 35)

Tuliskan pengalamanmu saat mencoba salah satu permainan tradisional. Diskusikan jawabanmu dengan jawaban teman sekelompokmu!
1. Apa yang membuat kamu tertarik dengan kedua permainan tradisional tersebut? Jelaskan!
Saya tertarik karena permainan tersebut membuat saya bisa berolahraga sehingga membuat tubuh saya sehat.
2. Bagaimana aturan permainan tradisional tersebut?
Aturan Benteng-bentengan: peserta permainan dibagi menjadi dua kelompok. Setiap kelompok memiliki 1 beteng. Keduanya harus berjuang untuk merebut benteng musuh. Siapa yang berhasil merebut benteng musuh, berarti dia pemenangnya
Aturan Gobak sodor: Hampir sama dengan aturan benteng-bentengan, cuma pemenannya adalah kelompok yang berhasil melewati garis finish.
3. Bagaimana strategi kelompokmu untuk dapat memenangkan permainan itu?
Dengan berolahraga dan berlari sekencang mungkin
4. Sikap apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat kelompokmu menang atau kalah dalam permainan?
Jika menang, bergembira dan bersorak sorai sewajarnya saja. Jika kalah, mengakui kemenangan lawan dan tidak bersedih hati.
5. Hal baik apa saja yang dapat kamu pelajari dari permainan itu?
Kita bisa berolahraga, belajar bekerja sama, berlatih strategi dan bersabar.

Halaman 36
Selain memiliki permainan tradisional yang beragam, Indonesia memilik musik tradisional yang beragam pula. Bunyi yang dihasilkan suatu benda berbeda-beda. Demikian pula dengan bunyi yang dihasilkan oleh alat musik tradisional.

Bagaimana bunyi tersebut bisa sampai ke telinga kita?

Bunyi masuk ke liang telinga dan menyebabkan gendang telinga bergetar.
  1. Gendang telinga bergetar oleh bunyi.
  2. Getaran bunyi bergerak melalui osikula ke rumah siput.
  3. Getaran bunyi menyebabkan cairan di dalam rumah siput bergetar.
  4. Getaran cairan menyebabkan sel rambut melengkung. Sel rambut menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Sel rambut pada salah satu ujung rumah siput mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.
  5. Saraf auditori mengirim sinyal ke otak di mana sinyal ditafsirkan sebagai bunyi
Buatlah pertanyaan tentang perambatan bunyi. Diskusikan pertanyaan yang kamu buat dengan kelompokmu, kemudian sampaikan hasilnya di depan kelas!

1. Mengapa telinga bisa mendengar suara?
2. Apakah telinga manusia bisa mendengar suara yang sangat keras dan sangat pelan ?

Halaman 40

Melalui media apa saja bunyi dapat merambat dan sampai ke telinga kita?
Udara, zat cair, zat padat
Media atau benda apakah yang digunakan untuk merambatkan bunyi?
Media paling umum untuk merambatkan bunyi adalah gas/udara. bunyi dapat merambat pada benda cair maupun padat juga
Apakah bunyi yang dihasilkan dari setiap media sama? Mengapa?
Bunyi yang dihasilkan setiap media tidak sama. ... Perbedaan ini disebabkan oleh jenis bahan sumber suara dan variasi getaran yang menyebabkan timbulnya gelombang suara
Apa yang dapat kamu simpulkan tentang perambatan bunyi?
 Bunyi merambat sebagai sebuah gelombang, bunyi memerlukan medium untuk merambat

Halaman 42

Ayo Membaca
Pada pembelajaran sebelumnya, kamu sudah membaca cerita tentang Siap Menghadapi Musim Hujan.
Bacalah sekali lagi cerita tersebut dan tulislah gagasan pokok dan gagasan pendukungnya. Gunakan diagram-diagram berikut.

Paragraf 1
Gagasan Pokok : Musim hujan hampir tiba
Gagasan pendukung: 
  1. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi
  2. untuk melakukan kerja bakti. 
  3. Mereka berencana membersihkan selokan.
  4. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran.
Paragraf 2
Gagasan pokok : Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan
Gagasan pendukung:
Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. 
Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. 
Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.

Paragraf 3
Gagasan pokok : Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untukmenikmati teh hangat
dan pisang goreng
Gagasan pendukung:
Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. 
Kini, mereka siap menghadapi musim hujan.

Kamis, 28 Mei 2020

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 Halaman 29, 30,31, 32

Halo anak-anak kelas 3 SD, selamat datang kembali di blog ini. Pada kesempatan kali ini, bapak akan berbagi jawaban dari berbagai soal dalam pembelajaran 1 subtema 1 Tema 1 buku Kelas 3 SD Kurikulum 2013 mulai halaman 28, 29.30,31, 32

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Berdiskusi

Pak Sammy, Pak Encep, Pak Made, Pak Udin, dan Pak Nur tinggal di Kampung Babakan. Mereka berasal dari suku yang berbeda-beda. Mereka juga mempunyai kesukaan makanan yang berbeda-beda. Makanan kesukaan mereka adalah makanan khas daerahnya. Mereka juga sangat ahli dalam memainkan alat musik daerah masing-masing. Mereka menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa sehari-hari
meskipun masih sangat terpengaruh dengan logat bahasa daerah mereka.



Identifikasi Keragaman Berikut


IdentifikasiPak SammyPak EncepPak MadePak UdinPak Nur
AsalMalukuSundaBaliBetawiJawa
BahasaMalukuSundaBaliBetawiJawa
MakananGohu IkanPeuyeumAyam BetutuKerak TelorNasi Pecel
Alat MusikArababuAngklungRindik  
Pakaian Daerah     
Tarian    Gambyong
Kebiasaan    


Bacalah teks berikut ini!
Siap Menghadapi Musim Hujan
Musim hujan hampir tiba. Warga desa Kampung Babakan berdiskusi untuk melakukan kerja bakti. Mereka berencana membersihkan selokan. Mereka sepakat ketika selokan bersih, warga tidak akan kebanjiran. 
Pagi itu, semua warga terlihat sangat bersemangat membersihkan selokan. Pak Sammy dan Pak Udin sibuk mengambil sampah yang ada di dalam selokan. Pak Made dan Pak Udin memastikan saluran selokan lancar. Pak Nur mengambil sampah-sampah dan meletakkannya di gerobak sampah.
Setelah acara kerja bakti selesai, warga berkumpul untuk menikmati teh hangat dan pisang goreng.
Makanan tersebut dimasak oleh warga ibu-ibu. Mereka senang karena selokan desa sudah bersih. Kini,
mereka siap menghadapi musim hujan.


Diskusikan pertanyaan berikut! (Halaman 30)

1. Apa yang dilakukan warga desa Kampung Babakan?
Kerja bakti membersihkan selokan

2. Mengapa mereka melakukan kerja bakti?
Karena mereka tidak ingin terkena banjir

3. Apakah warga desa mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan? Jelaskan!
Iya. Hal tersebut terlihat dari kekompakan mereka dalam melakukan kerja bakti demi kepentingan bersama

4. Apa manfaat sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan bagi warga Kampung Babakan?
Mereka bisa terhindar dari hal-hal yang merugikan mereka misalnya bencana banjir.

5. Apa yang akan terjadi jika warga tidak mempunyai sikap mengutamakan persatuan dan kesatuan?
Masyarakat akan mengalami kerugian dalam hal berinteraksi misalnya adanya sikap saling mencurigai yang mengakibatkan pertengkaran.


Sekarang amatilah dirimu dan temanmu. Pada saat kamu melakukan diskusi tadi, apakah ada keberagaman yang terlihat antara kamu dan temanmu?
1. Apakah keberagaman yang kelompok kamu miliki? Jelaskan!
Keragaman dalam ciri-ciri fisik misalnya warna rambut, jenis rambut, warnat kulit dan lain-lain.
2. Apakah ciri-ciri fisik (warna kulit, rambut, tinggi, dan lain-lain) anggota kelompokmu sama atau berbeda? Jelaskan!
Ada yang sama, ada pula yang berbeda. Hal tersebut dipengaruhi karena perbedaan asal-usul kedua orangtua.

3. Mengapa meskipun kalian memiliki ciri-ciri fisik yang berbeda, tetapi tetap harus bekerja sama?
Karena untuk mencapai tujuan bersama kita harus bekerjasama agar tujuan tersebut tercapai.

4. Apakah kalian memiliki pendapat yang sama? Jelaskan!
Ya, tapi terkadang ada juga yang berbeda
5. Samakah cara kalian menyampaikan pendapat? Jelaskan!
Sama
6. Apakah keberagaman tersebut membawa manfaat bagi kelompok?  Jelaskan!
Iya, kita bisa melihat begitu banyak keragaman dalam kehidupan di dunia ini. Untuk itu kita harus menghargainya.

Sabtu, 23 Mei 2020

Jawaban Tema 1 Subtema 1 Kelas 4 Pembelajaran 2 Halaman 17,18,19,20,21

Kunci jawaban dari soal dalam buku tematik kurikulum 2013 terbitan kemendikbud Kelas 4 Tema 1 Subtema 1 Keberagaman Budaya Indonesia halaman 17.

Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar. Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Mengamati

Pada saat menyaksikan Pawai Budaya, Udin sangat kagum dengan keindahan keberagaman budaya.



Temukan sebanyak-banyaknya bangun datar yang ada pada gambar di atas.

Gambar Segitiga : 
Gambar persegi:
gambar persegi panjang:
Gambar Jajar Genjang



Apakah segi banyak itu?

Berdasarkan bentuk di atas, diskusikan dengan kelompokmu
1. Apakah segi banyak adalah kurva tertutup? Jelaskan!
Iya sebab segi banyak merupakan kurva tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis.

2. Apakah sisi segi banyak adalah garis lurus?
iya

3. Apa itu segi banyak?
Segi banyak adalah bangun tertutup yang seluruh sisinya dibatasi oleh garis yang memiliki banyak segi dan sudut yang paling sedikit mempunyai tiga sisi


Berdasarkan bangun datar yang kamu temukan pada gambar pawai budaya, kelompokkan mana yang termasuk segi banyak dan bukan segi banyak. Jelaskan alasanmu!

 Segi banyak  Bukan Segi Banyak
 Persegi panjang  Lingkaran
 Segitiga 
 Persegi 
 Jajar Genjang 

Diskusikan hasil jawabanmu dengan temanmu! Apakah hasil pengelompokanmu sama dengan temanmu? Jelaskan!
Ada hasil yang hampir sama dengan teman-teman


Jawaban Tema 1 Subtema 1  Kelas 4 Pembelajaran 2 halaman 20

Nah, sekarang coba amati lingkungan di sekitarmu. Bentuk segi banyak apa saja yang kamu temukan?
Bentuk bukan segi banyak apa saja yang kamu temukan?
Tulis hasil pengamatanmu di bawah ini! (masing-masing minimal 3)

Segi banyak  Bukan Segi Banyak
 Persegi panjang  Lingkaran
 Segitiga 
 Segilima 
 Jajar genjang 

Tulislah contoh penggunaan segi banyak yang ada di sekitarmu!
Daun pintu, sepeda motor, telepn pintar, sepeda, mobil, setrika.

Apa manfaat segi banyak dalam kehidupan sehari-hari?
Segi banyak dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat untuk melakukan aktivitas sehari-hari

Apa yang akan terjadi jika segi banyak tidak ada dalam kehidupan sehari-hari?
jika ada sedikit segi banyak dalam kehidupan sehari-hari, manusia tidak memiliki banyak alat bantu dalam kehidupannya.

Jawaban Tema 2 Subtema 1 Kelas 4 Pembelajaran 2 Halaman 21

Tahukah kamu bahwa sarang lebah juga terdiri atas segi banyak?

Sungguh menakjubkan bahwa Tuhan menciptakan sarang lebah yang tersusun dari sekumpulan bentuk
segi enam. Ahli matematika meneliti bahwa bentuk segi enam adalah bentuk geometris yang paling sesuai untuk memanfaatkan setiap bagian secara maksimum. Seandainya sarang lebah dibangun dengan bentuk lain, akan banyak bagian yang tidak terpakai. Madu yang dapat disimpan akan lebih sedikit dan lebih sedikit pula lebah yang mendapat manfaatnya.

Setelah kamu belajar tentang segi banyak, kini saatnya kamu mengisi diagram berikut.

Bukan Gambar Segi Banyak :


Gambar Segi Banyak



Definisi: Segi banyak adalah bentuk tertutup dengan sisi yang terdiri atas garis lurus
Ciri-Ciri: 

  1. Sisinya berbentuk garis lurus
  2. bentuknya tertutup
  3. paling sedikit memiliki 3 sisi


Kunci Jawaban Tematik Kelas 3 Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Halo anak-anak kelas 3 SD, hari ini Bapak berharap semoga kalian selalu sehat sehingga bisa belajar dengan baik. Pada kesempatan kali ini, Bapak akan berbagi informasi atau jawaban dari soal-soal dalam buku Tematik Kelas 3 SD Tema 1 Kurikulum 2013 tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup.



Bapak sudah membuat link-link ke soal dan jawaban subtema-subtema yang ada dalam buku Tema 1. Ada empat subtema dalam buku tema 1. 


Tentu saja, ada banyak soal dalam buku tematik tersebut. Saran dari Bapak, kalian harus selalu memperhatikan pelajaran setiap harinya, patuh kepada bapak/ ibu guru dan selalu bersikap sopan kepada mereka.

Selain itu, ketika kalian sudah pulang sekolah, aturlah waktu sebaik mungkin. Tanyalah kepada ayah dan ibu kalian bagaimana cara mengatur waktu yang tepat. Kapan harus belajar dan kapan harus bermain. Kalian juga perlu menjaga kesehatan dan makanlah tepat waktu agar kalian bisa tumbuh dengan baik.

Jika kalian melakukan itu semua, secara tidak langsung kalian sudah mempraktikkan pelajaran Tema 1 tentang pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.