Rabu, 05 Februari 2020

Setelah Mendengarkan Pembacaan Biografi di Atas Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kela 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 7 halaman 212. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang biografi tokoh.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini!



Soal

Setelah mendengarkan pembacaan biografi di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu susun sebelumnya. Untuk memudahkan menjawab, tulislah pertanyaan dan jawaban dalam kolom-kolom seperti di bawah ini di buku kerjamu

1. Siapakah tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut?
2. Permasalahan apa yang dihadapi tokoh tersebut?
3. Bagaimana cara tokoh tersebut memecahkan permasalahan hingga mencapai keberhasilan?
4. Hal apakah yang menarik dari tokoh tersebut?
5. Hal apakah yang dapat diteladani dari tokoh tersebu?
6. Mengapa teks tersebut disebut biografi
7. Dilihat dari isinya, apa yang membedakan teks tersebut dengan teks cerita ulang lainnya (cerpen dan cerita rakyat)?

Berdasarkan hasil kerjamu tersebut, diskusikanlah dengan teman-temanmu, apa ciri teks biografi jika dilihat dari isinya?

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 
1. Prof. DR. (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharudin Jusuf Habibie

2. Permasalahan :
a. Habibi menjadi Yatim sejak 3 September 195 karena ayahnya terkena serangan jantung
b. Ibu harus menjual rumah dan harus bekerja keras membiayai kehidupan Habibie dan saudara-saudaranya.

3. Cara tokoh tersebut memecahkan masalah
a. Habibie bersifat tegas dan memegang prinsip yang diyakini sejak kanak-kanak
b. Habibie menuntut ilmu di GOuvenment Middlebare School.
c. Habibie harus berjalan kaki cepat ke tempat kerjanya yang jauh untuk menghemat biaya hidup.

4. Hal yang menarik dari Habibie adalah kisah hidupnya yang bermula dari perjuangan ibunya yang bekerja keras demi mendidik putra-putrinya. Kisah Habibie berakhir dengan luar biasa, beliau sukses meraih banyak keberhasilan di dunia.

5. Hal yang patut diteladani dari Pak Habibie adalah kerja keras dan kecerdasan beliau.

6. Karena teks tesebut berisi kisah seorang tokoh yaitu, Pak Habibie yang ditulis oleh orang lain.

7. Perbedaan antara teks biografi dan cepen atau cerita rakyat terletak pada sejauh mana fakta-fakta disajikan.

Ciri teks biografi :
  1. Informasi yang disajikan berdasarkan fakta-fakta dari tokoh tersebut.
  2. Memiliki struktur baku, yaitu orientasi, peristiwa, dan reorientasi.
  3. Gaya penulisan dibuat semenarik mungkin, yaitu dalam bentuk narasi.
  4. Kisah yang ditulis bersifat inspiratif, yaitu untuk memengaruhi pembaca
  5. Terdapat kesan dan pesan dari tokoh atau seseorang yang dituliskan.

Tugas 1 Bacalah Teks yang Dirumpangkan Berikut Ini Halaman 191

Soal dan jawaban dari tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 191. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang teks yang dirumpangkan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Tugas 1
Petunjuk:
1. Bacalah teks yang dirumpangkan berikut ini !
2. Lengkapi bagian yang rumpang tersebut dengan simpulan yang tepat
3. Tentukan cara penarikan simpulan yang kamu lakukan
4. Gunakan tabel berikut ini

(Silakan lihat tabel pada buku bahasa Indonesia kalian masing-masing)

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini






atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Paragraf 1
Simpulan: Ketika kondisi tubuh lemah, akan muncul berbagai macam penyakit dalam tubuh kita.
Cara penarikan simpulan: generalisasi

Paragraf 2
Simpulan: Jadi, jalankan kehidupan dengan sebaik-baiknya.
Cara penarikan simpulan: analogi

Paragraf 3
Simpulan: Ibarat bunga mawar, sekali tersentuh layulah ia.
Cara penarikan simpulan:analogi

Paragraf 4
Simpulan: Akibatnya sumur dangkal di sekitar gedung akan berkurang drastis
Cara penarikan simpulan: sebab akibat

Paragraf 5
Simpulan: Pendidikan anak Usia dini sangat penting sebagai langkah awal mendidik generasi maju.
Cara penarikan simpulan: generalisasi

Sabtu, 01 Februari 2020

Sampaikan Pendapatmu Tentang Mosi Lengkapi dengan Argumen yang Mendukung Pendapatmu

Soal dan Jawaban dari Tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 6 halaman 188 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang mosi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas
Petunjuk
1. Bacalah mos-mosi berikut ini !
2. Sampaikan pendapatmu tentang mosi. Lengkapi dengan argumen yang mendukung pendapatmu !

1. Tayangan sinetron berpengaruh buruk terhadap anak-anak yang menontonnya
2. Penyebab utama banjir adalah berkurangnya lahan lahan hijau
3. Kurangnya pendidikan agam di rumah dan sekolah menjadi penyebab utama penyalahgunaan narkoba pada remaja
4. Ketersediaan lapangan kerja menjadi dasar yang penting dalam menentukan jurusan saat kuliah di perguruan tinggi
5. Perilaku mencontek saat Ujian Nasional disebabkan para pelajar takut tidak lulus ujian.

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini
1.  Benar sekali karena sinetron sebenarnya merupakan tayangan untuk orang dewasa. Dalam sinetron terdapat adegan adegan yang kurang pantas dilihat oleh anak-anak di bawah umur. Dikhawatirkan adegan tersebut akan ditiru oleh anak-anak.

2. Benar, meskipun itu bukan satu-satunya alasan. Di beberapa tempat ada banjir yang disebabkan oleh hutan yang gundul, ada pula yang disebabkan oleh sampah, ada juga yang disebabkan kekeliruan tata kota. Akan tetapi sebagian besar memang disebabkan oleh lahan hijau. Keberadaan lahan hijau akan mampu menyerap air dengan baik. Sebaliknya apabila lahan hijau diganti dengan semen, ketika hujan tiba, air tidak akan terserap ke tanah namun justru menggenang atau bahkan mengalir di permuakan saja.

3. Benar, agama mengajarkan kebaikan sehingga jika ada anak yang kecanduan narkoba bisa jadi dia kurang pendidikan agama dan moral di rumah.

4. Benar. tujuan dari kuliah agar bisa bekerja dengan baik saat lulus nanti. Untuk itu harus direncanakan apa tujuan kuliah pada bidang tertentu.

5. Benar. ketakutan itu mengakibatkan anak-anak menghalalkan segala cara agar lulus ujian.

Rabu, 29 Januari 2020

Uji Kompetensi Bab 5 Pkn Kelas 11 Halaman 172

Soal dan jawaban dari uji kompetensi bab 5 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5. Peserta didik harus menjawab uji kompetensi dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat !

1. Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial
2. Mengapa posisi silang Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional ?
3. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini ?
4. Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat !
5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapai persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terhadi tawuran? kemukakan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu ?

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Secara kewilayahan, posisi silang Indoensia berada di tengah-tengah dunia, dilewati garis katulistiwa, diapit dua benua yaitu Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis.

Secara sosial, Penduduk Indonesia
1. Berada di antara daerah perpenduduk padat dan berpenduduk jarang
2. Ideologi Indonesia terletak di antara komunisme dan liberalisme
3. Demokrasi Pancasila berada di antara demokrasi rakyat di utara dan demokrasi liberal di selatan.
4. Ekonomi Indonesia berada di antara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan.
5. Masyarakat Indonesia berada dia ntara masyarakat sosialis di uatar dan masyarakat individualis di selatan.
6. Kebudayaan Indonesia berada di antara kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan.
7. Sistem pertahanan dan keamanan berada di antara sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat.

2. Memang benar semua potensi yang dimiliki Indonesia mulai dari letak wilayah dan kehidupan sosial wajib disyukuri. Akan tetapi kita juga harus waspada terhadap segala macam ancama yang mengintai. Beberapa ancaman itu di antaranya:
a. Ideologi anti Pancasila
b. Separatisme
c. Terorisme

3.Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam adalah ancaman militer dari negara-negara yang maju persenjataan militernya. Ancaman berikutnya adalah dari negara tetangga yang seringkali bersinggungan dalam hal perbatasan.

4. Ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman memang benar. Jika merunut sejarah, ideologi Pancasila baru lahir 1 Juni 1945. Ideologi tersebut lahir dari ide bung Karno yang kemudian disetujui dalam rapat saat itu. Berarti ideologi Pancasila baru berusia 75 tahun.

Sekarang kita perlu mewaspadai ideologi yang sebelumnya pernah ada di Indonesia. Ideologi semacam komunisme, negara khilafah yang pernah ada sebelumnya bisa saja sewaktu-waktu akan muncul kembali merongrong Pancasila. Untuk itulah perlu pembumian Pancasila ke seluruh lapisan masyarakat, agar Pancasila semakin kuat.

5. Jika terjadi tawuran, sebaiknya kita segera menghindar jauh-jauh dari lokasi tawuran, demi keamanan diri sendiri. Mengapa demikian, kita tidak memiliki pilihan lain, karena kita tidak memiliki peralatan untuk melerai atau membubarkan tawuran.

Tugas Kelompok 5.1 Nah Setelah Kalian Membaca Uraian di Atas

Soal dan jawaban dari tugas kelompok dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 166. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang jenis ancaman terhadap integrasi nasional.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !'



Soal

Tugas kelompok 5.1
Nah setelah kalian membaca uraian di atas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penelitian atas strategi yang diterapkan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman terhadap integrasi nasiona. Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya

(Silakan lihat tabel dalam buku PKN kelas 11 bab 5 halaman 166)

Jawab:
Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Ancaman bermuatan ideologi
Bentuk strategi:
Pemerintah berupaya membumikan Pancasila, mewajibkan penghormatan bendera, mewajibkan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan upaya lainnya di berbagai lapisan masyarakat.

Indikator keberhasilan:

 - Semakin tumbuhnya semangat kebangsaan dan nasionalisme
- Tumbuhnya kesadaran untuk menangkal ideologi anti pancasila

Ancaman bermuatan politik
Bentuk strategi:
Mendidik, menyosialisaikan pemilu ke seluruh rakyat Indonesia, agar aktif melaksanakan demokrasi, baik menjadi kontestan maupun sebagai pemilih

Indikator keberhasilan:
-Meningkatnya jumlah pemilih'
-meningkatnya kontestan pemilu

Ancaman bermuatan ekonomi
Bentuk strategi:
- Mengucurkan dana KUR ke segenap pelaku UMKM
- Bekerja sama dengan bank untuk memudahkan berkembangnya start up lokal

Indikator keberhasilan:
- Semakin tumbuhnya UMKM di Indonesia
- Semakin tumbuhnya start up lokal

Ancaman bermuatan sosial budaya
Bentuk strategi: 
- Kampanye kebudayaan di berbagai media
- Mewajibkan pegawai negeri menganakan seragam adat dari berbagai suku
Indikator keberhasilan:
- Semakin banyak anak-anak yang ingin belajar kebudayaan
- Pemahaman pengetahuan tentang budaya yang semakin matang.

Ancaman pertahanan dan keamanan
Bentuk strategi:
- Peningkatan kemampuan TNI
- Penambahan alutsista TNI
- Sishankamrata
Indikator keberhasilan:
- Semakin meningkatnya kemampuan TNI
- Semakin tumbuhnya kesadaran bela negara


Jumat, 24 Januari 2020

Tugas Mandiri 5.3 Nah Setelah Membaca Uraian Materi di Atas, Coba Kalian Prediksikan

Kunci jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn ) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 158. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang prediksi pertahanan keamanan.



Agar kalian mendapat gambaran jawaban, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas Mandiri 5.3
Nah setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian prediksikan apa yang akan terjadi apabila ancaman-ancaman di bidang pertahanan dan keamanan tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan prediksi kalian di bawah ini.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Prediksi saya: Mendirikan negara berarti pemerintah dan segenap rakyat harus siap untuk menjaga dan mempertahankan negara dari berbagai ancaman baik itu ideologi, ekonomi, politik, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Dari berbagai bentuk ancaman tersebut yang paling merusak adalah ancaman pertahanan keamanan. Untuk itu jika terjadi serangan militer dari negara lain akan muncul kemungkinan, kita akan bertahan atau kalah. Jika pertahanan militer kita hancur, bangsa ini akan mengalami kehancuran juga baik infrastruktur maupun sumber daya manusia. Setelah itu, bangsa ini akan menjadi bangsa kalah yang menjadi bawahan dari negara lain. Identitas bangsa Indonesia akan berganti menjadi identitas negara yang telah menyerang kita.

Tugas Mandiri 5.2 Pada Saat ini Di Setiap Daerah Baik Wilayah Perkotaan Maupun Pedesaan

Soal dan jawaban dari tugas 5.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendibud bab 5 halaman 154. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang perekonomian daerah tertentu.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 5.2
Pada saat ini, di setiap wilayah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan banyak berdiri toko-toko swalayan seperti supermarket dan minimarket. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap perekonomian daerah tersebut. Selain itu, kehadiran Supermarket dan minimarket juga akan berpengaruh terhadap keberadaan pasar atau warung tradisional. Berkaitan dengan hal tersebut, coba kalian lakukan analisis terhadap hal tersebut.

Jawab:

Sila tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Analisis saya: Sebelum minimarket berkembang seperti ini, jauh hari sebelumnya supermarket sudah hadir di negara Indonesia. Pemiliknya adalah mereka yang memiliki modal besar dan mendapatkan izin dari pemerintah untuk mendirikan supermarket. Waktu itu, kehadiran supermarket tidak banyak berpengaruh terhadap pedagang-pedagang lokal. Mereka memiliki pangsa pasar tersendiri.

Lambat laun, berdirilah minimarket yang bersifat waralaba. Perkembangan minimarket yang begitu pesat langsung berhadapan dengan toko-toko atau pedagang lokal. Kekuatan modal dan kekuatan merek minimarket membuat para pedagang pelan-pelan menyerah.

Pemerintah saat ini tentu memiliki rencana jangka panjang terhadap keberlangsungan ekonomi bangsa. Sayangnya, saat ini kita sulit menemukan keberpihakan pemerintah terhadap pedagang-pedagang kecil. Pemerintah tetap berpijak pada pemilik modal, membiarkan mereka merangsek menyingkirkan pemodal kecil. Entah sampai kapan hal ini akan terus berlangsung. Besar kemungkinan, sektor pedagang kecil akan tersingkir.

Tugas Mandiri 5.1 Pada Saat ini Sering Sekali Terjadi Kasus-Kasus Bernuansa Politik

Soal dan jawaban dari tugas mandiri dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA./ SMK/ MA/ AMK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 151 bab 5. Kalian bisa mencontoh jawabannya di bawah ini.



Soal !

Tugas Mandiri 5.1
Pada saat ini sering terjadi kasus-kasus bernuansa politik yang berpotensi melumpuhkan integrasi nasional seperti kerusuhan yang disebabkan ketidakpuasan terhadap hasil pilkada. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kewaspaadaan akan hal tersebut, coba kalian identifikasi kasus-kasus tersebut dan tulislah hasil identifikasi kalian pada tabel berikut

(Silakan lihat tabel pada buku pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 11 SMA)

Jawab;

Silakan tonton video jawaban ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Unjuk rasa menolak hasil pemilu
Faktor penyebab: kekalahan calon pemimpin yang diusung.
Dampak yang muncul: Terjadinya kemacetan jalan raya, ketegangan bahkan korban jiwa

2. Kecurangan Pemilu
Faktor penyebab: beberapa pasangan calon berupaya memenangkan dengan berbagai macam cara
Dampak yang muncul: rusaknya demokrasi yang berakibat merugikan bangsa dan negara.

3. Kerusuhan SARA
faktor penyebab: Sikap kedaerahanyang berlebihan
Dampak yang muncul: sentimen kedaerahan, agama menimbulkan kecurigaan bahkan yang paling berbahaya kerusuhan.

4. Separatisme
Faktor penyebab: Ingin memisahkan diri dari NKRI
Dampak yang Muncul: kerusuhan massal

5. Terorisme
Faktor penyebab: Ingin mengganti sistem bernegara 
Dampak yang muncul : pembunuhan dan kerusuhan

Tabel 5.3 Daftar Pertanyaan Halaman 110

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 110 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang nama pahlawan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Pejuang lainnya yang berusia muda dan berjuang mengorbankan tenaga harta dan nyawa masih banyak yang tidak tercatat dalam sejarah. Untuk menengal lebih dalam tokoh pejuang dari kalangan pemuda, carilah informasi secara berkelompok tentang tokoh pejuang dari kalangan pemuda. Aktivitas mencari informasi dapat dilakukan dengan mengisi tabel berikut ini

Tabel 5.3 Daftar pertanyaan

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Tan Malaka
Tahun lahir: 2 Juni 1897
Tahun perjuangan: Sejak 1920an- 1960 an
Bentuk perjuangan:
1. Mendidik rakyat jelata agar mengerti tentang ilmu pengetahuan dan politik
2. Melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan cara mengobarkan semangat nasionalisme kepada rakyat Indonesia

2. Ir Soekarno
Tahun lahir: 6 Juni 1901
Tahun perjuangan: sejak 1920- 1950an
Bentuk perjuangan
1. Mengobarkan semangat nasionalisme
2. Memimpin revolusi melawan Belanda dengan berbagai cara

3. Mohammad Hatta
Tahun lahir: 12 Agustus 1902
tahun perjuangan; sejak 1920an- hingga 1960an
Bentuk perjuangan
1. Mengobarkan kesadaran berbangsa dan bernegara
2. Menentang penjajahan Belanda

4. Syahrir
tahun lahir : 1902
tahun perjuangan: 1920-1960an
bentuk perjuangan
1. Berjuanga lewat jalur diplomasi
2. Memimpin perlawanan terhadap Belanda.

5. Bung Tomo
tahun lahir : 1920
tahun perjuangan: 1940 - 1950 an
bentuk perjuangan:
1. Mengobarkan semangat perlawanan terhadap belanda melalui orasi di radio
2. sebagai wartawan

Kamis, 23 Januari 2020

Aktvitas 5.1 Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda halaman 104

Soal dan jawaban dari aktivitas 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) Kelas 8 SMP/ MTs halaman 104 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengurai makna sejarah sumpah pemuda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Aktivitas 5.1
Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang nilai sejarah sumpah pemuda, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda

Jawab:
Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Kronologi Peristiwa Sumpah Pemuda
Uraian: Perjuangan bangsa Indonesia selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad terus menemui kegagalan. Faktor penyebabnya adalah perjuangan mereka bersifat lokal. Perjuangan tersebut justru membuat penjajah leluasa memecah-belah bangsa ini. Para pemuda , pada tahun 1928 menyadari kekeliruan itu, untuk itu mereka berupaya menyatukan bangsa yang berada dalam penjajahan belanda untuk bersatu melalui sumpah pemuda, 28 oktober 1928

2. Semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda
Uraian:Semangat dan komitmen mereka antar lain:
a. Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita pemuda Indonesia
b. Semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah.

3. Makna Sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan
Uraian: Sumpah penuda menjadi tonggak dan babak baru perjuangan yang menyatukan bangsa Indonesia sekaligus menandai cara baru melawan penjajah yakni melalui berbagai macam cara misalnya diplomasi.

4. Makna Sumpah pemuda bagi pelajar
Uraian: Bagi para pelajar yang juga berarti para pemuda, peristiwa sumpah pemuda membuka mata dan hati mereka, bahwa usia pemuda merupakan usia untuk memulai menggapai cita-cita pribadi maupun bangsa dan negara.