Wednesday, January 29, 2020

Uji Kompetensi Bab 5 Pkn Kelas 11 Halaman 172

Soal dan jawaban dari uji kompetensi bab 5 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 11 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5. Peserta didik harus menjawab uji kompetensi dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat !

1. Jelaskan posisi silang Indonesia, baik dari aspek kewilayahan maupun aspek kehidupan sosial
2. Mengapa posisi silang Indonesia bukan hanya merupakan potensi yang harus disyukuri, tetapi juga merupakan tantangan sekaligus ancaman bagi integrasi nasional ?
3. Jelaskan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam integrasi nasional bangsa Indonesia pada saat ini ?
4. Mengapa ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman dari berbagai macam ancaman dalam pengimplementasian nilai-nilainya di masyarakat !
5. Dalam hidupmu selama ini tentu telah menghadapai persoalan yang memerlukan kewaspadaan agar dirimu dan orang lain selaras. Cobalah perhatikan situasi yang berkaitan dengan kewaspadaan di lingkungan sekolah dan masyarakat. Apa yang akan kamu lakukan apabila terhadi tawuran? kemukakan pula perasaanmu sebagai seorang warga negara ketika menghadapi tawuran yang terjadi di sekolah atau kampungmu ?

Jawab:

1. Secara kewilayahan, posisi silang Indoensia berada di tengah-tengah dunia, dilewati garis katulistiwa, diapit dua benua yaitu Asia dan Australia, serta berada di antara dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Pasifik. Indonesia berada pada posisi yang sangat strategis.

Secara sosial, Penduduk Indonesia
1. Berada di antara daerah perpenduduk padat dan berpenduduk jarang
2. Ideologi Indonesia terletak di antara komunisme dan liberalisme
3. Demokrasi Pancasila berada di antara demokrasi rakyat di utara dan demokrasi liberal di selatan.
4. Ekonomi Indonesia berada di antara sistem ekonomi sosialis di utara dan sistem ekonomi kapitalis di selatan.
5. Masyarakat Indonesia berada dia ntara masyarakat sosialis di uatar dan masyarakat individualis di selatan.
6. Kebudayaan Indonesia berada di antara kebudayaan timur di utara dan kebudayaan barat di selatan.
7. Sistem pertahanan dan keamanan berada di antara sistem pertahanan kontinental di utara dan sistem pertahanan maritim di barat.

2. Memang benar semua potensi yang dimiliki Indonesia mulai dari letak wilayah dan kehidupan sosial wajib disyukuri. Akan tetapi kita juga harus waspada terhadap segala macam ancama yang mengintai. Beberapa ancaman itu di antaranya:
a. Ideologi anti Pancasila
b. Separatisme
c. Terorisme

3.Ancaman di bidang pertahanan dan keamanan yang paling mengancam adalah ancaman militer dari negara-negara yang maju persenjataan militernya. Ancaman berikutnya adalah dari negara tetangga yang seringkali bersinggungan dalam hal perbatasan.

4. Ideologi Pancasila tidak dapat dikatakan aman memang benar. Jika merunut sejarah, ideologi Pancasila baru lahir 1 Juni 1945. Ideologi tersebut lahir dari ide bung Karno yang kemudian disetujui dalam rapat saat itu. Berarti ideologi Pancasila baru berusia 75 tahun.

Sekarang kita perlu mewaspadai ideologi yang sebelumnya pernah ada di Indonesia. Ideologi semacam komunisme, negara khilafah yang pernah ada sebelumnya bisa saja sewaktu-waktu akan muncul kembali merongrong Pancasila. Untuk itulah perlu pembumian Pancasila ke seluruh lapisan masyarakat, agar Pancasila semakin kuat.

5. Jika terjadi tawuran, sebaiknya kita segera menghindar jauh-jauh dari lokasi tawuran, demi keamanan diri sendiri. Mengapa demikian, kita tidak memiliki pilihan lain, karena kita tidak memiliki peralatan untuk melerai atau membubarkan tawuran.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon