Selasa, 07 Mei 2019

Isilah Titik-Titik Berikut dengan Kata Tugas Yang Tepat

Soal dan Jawaban dari pertanyaan pada buku bahasa Indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 Kemendikbud pada halaman 26. Peserta didik diminta untuk mengisi titik-titik dengan kata tugas yang tepat.

Untuk lebih jelasnya silakan lihat soal dan jawaban di bawah ini.



Soal


Apa yang ada di dalam benak Anda ......... mendengar kata tikus? Tiap orang punya jawaban sendiri, ............... sebagian besar bisa dibilang akan mengaitkannya ........penyakit dan kotoran.

Banyak orang yang memang masih merendahkan tikus. ....., hewan yang khas ......tubuh berambut lebat dan moncong panjang itu sebenarnya termasuk hewan yang sangat pintar. Karakter tikus dalam Tom & Jerry dan Mickey Mouse adalah sanjungan yang cukup pas bagi seekor tikus.

"Tikus sangat pintar dan diketahui memiliki kemampuan menyelesaikan masalah," katanya. ......Anda meletakkannya di dalam sebuah labirin, ia akan menemukan jalan keluarnya dengan cepat. Tikus termasuk hewan sosial dan bisa sangat jinak, dapat dilatih, dan melakukan banyak trik sulit.

..........para ilmuwan pasti sudah paham bahwa tikus merupakan objek penelitian yang sangat baik di laboratorium. Dokter hewan dan ahli binatang ....... tahu bahwa tikus pun sebenarnya bisa jadi hewan piaraan yang sangat menarik.

Dr Kristina Kalivoda dari Universitas Texas A&M, mengatakan kebanyakan orang masih sering salah paham terhadap tikus. Menurut staf pengajar di Sekolah Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedika itu, tikus juga tak selamanya menjadi momok yang muncul dari dalam got.

Hewan ini sering dianggap mengganggu, .........sebagai hewan pengerat tikus secara alami memiliki insting untuk terus mengasah giginya dan mengendus sumber makanan. Tikus cenderung menyukai hidup dekat manusia ............. alasan kebutuhan makanan dan tempat hidup.

Banyak orang beranggapan tikus kotor. ............. sesungguhnya tidak demikian, bahkan hewan tersebut membersihkan diri beberapa kali sehari, sesering seekor kucing.

"Saya bisa menjadi orang pertama yang mengatakan kepada Anda bahwa tikus bisa menjadi binatang piaraan yang menyenangkan," ujar Kalivoda. Banyak orang yang sudah mencobanya .........mengatakan bahwa tikus merupakan piaraan terbaiknya.
............tikus adalah hewan yang ekspresif. Ia bisa mengeluarkan ekspresi tertawa atau suara mencicit ketika bingung. Tikus juga perenang yang sangat baik. Ada banyak pilihan tikus untuk dipiara dari yang berwarna hitam, abu-abu, pirang, perak, dan albino. Mau yang bertelinga pendek atau panjang juga ada.

Hanya saja, ...........aktivitas seksualnya tak dibatasi, ............ populasinya bisa meledak. Sepasang tikus bisa menurunkan 15.000 anak sepanjang hidupnya ......tikus betina hampir menghabiskan waktu hidupnya untuk hamil. Seekor tikus dapat hidup antara satu hingga tiga tahun. .......... masihkan Anda memandang rendah pada tikus?


Jawab: 

1. Ketika
2. namun
3. dengan
4. padahal
5. dengan
6. Jika
7. Bahkan
8. juga
9. karena
10. karena
11. Akan tetapi
12. dan
13. Apalagi
14. jika
15. maka
16. dan
17. Bagaimana

Kegiatan 3: Latihan Kebahasaan Berikan Pernyataan Umum dari Kata-kata Berikut

Soal dan jawaban dari kegiatan 3 Latihan Kebahasaan dalam Buku Bahasa Indonesia kelas 9 Kurikulum 2013 Kemendikbud pada halaman 25. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal berdasarkan kata-kata tertentu.

Untuk lebih jelas, silakan simak soal dan jawabannya di bawah ini.




Pernyataan Umum: Bunga memiliki bagian-bagian yang bisa dipelajari satu persatu.

Tangkai induk bunga, tangkai bunga, dasar bunga, daun pelindung, daun tangkai, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari, dan putik.

Pernyataan Umum: Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi, telepon pintar dilengkapi dengan perangkat keras yang sangat canggih.

Mikrofon, speaker, keypad, layar tayang, baterai, codec, digital signal processor, GSM, SIM, radio frekuensi, konektor luar, antena, memori internal, dan sd card


Penyataan Umum: Di sawah, hidup berbagai makhluk hidup yang saling berinteraksi membentuk rantai makanan.

Padi, belalang, katak, kadal, burung gelatik, tikus, ular, dan elang

Apakah Perbedaan Pernyataan Umum dari teks Kelelawar dan Rantai Makanan di Antartika

Soal dan jawaban dari pertanyaan pada buku Bahasa Indonesia Kelas XII halaman 23. Terdapat empat pertanyaan yang harus di jawab berdasarkan teks Rantai Makanan di Antartika yang sudah dipilah berdasarkan pernyataan umum dan uraian. Untuk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Soal:


1. Apakah perbedaan pernyataan umum dari teks kelelawar dan Rantai Makanan di Antartika ?
2. Apa pula perbedaan cara pendeksripsian dari kedua teks tersebut ?
3. Beberapa kata atau istilah teknis bidang ilmu yang kami pahami. Cari informasi kata teknis berikut: plankton, phyto plankton, mikroskopik, rantai makanan, diatom, produsen, konsumen, dan lain-lain. Catat lainnya yang kurang kamu pahami, cari informasi tentang kata tersebut
4. Cobalah amati ingkungan di daerahmu, seperti kolam/ empang, danau, sawah, semak belukar, sungai, parit, selokan/ got, pinggir pantai, atau muara ! amati dan buat laporan singkat

Jawab:

1. Perbedaan pernyataan umum dari teks kelelawar dan rantai makanan di antartika. Pernyataan umum pada teks kelelawar meliputi pengertian kelelawar, keunikan kelelawar sebagai satu-satunya mamalia terbang, dan beberapa jenis kelelawar. Dengan kata lain, pernyataan tersebut cukup lengkap. Sementara pernyataan umum pada rantai makanan di Antartika hanya menjelaskan secara singkat kehidupan di antartika yaitu di dalam laut.

2. Cara pendeskripsian pada teks kelelawar dan rantai makanan meskipun hampir sama, namun tetap ada perbedaan. Pada teks kelelawar, dideskripsikan tentang kelelawar dari segi penampilan, kebiasan makan, kapasitas dan perkembangbiakan. Semua hal yang ditulis tersebut, berbicara tentang hewan kelelawar. Sementara itu, pada teks rantai makanan di antartika, tidak semata-mata menjelaskan satu hewan/ organisme saja, namun yang dijelaskan adalah urut-urutan rantai makanan mulai dari produsen primer, konsumen primer, konsumen sekunder, hingga predator puncak.

3. Definisi kata kata teknis.
a. plankton adalah  organisme laut (tumbuhan dan hewan) yang sangat halus, kebanyakan mikroskopis, melayang di dalam air laut, dan merupakan makanan utama ikan. (KBBI)

b. phyto plankton (fitoplankton) adalah komponen autotrof plankton. Autotrof adalah organisme yang mampu menyediakan/mensintesis makanan sendiri yang berupa bahan organik dari bahan anorganik dengan bantuan energi seperti matahari dan kimia. Komponen autotrof berfungsi sebagai produsen. (wikipedia)

c. mikroskopik (mikroskopis) adalah sifat ukuran yang sangat kecil dan tidak dapat dilihat dengan mata telanjang sehingga diperlukan mikroskop untuk dapat melihatnya dengan jelas. (KBBI)

d. rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. (wikipedia)

e. diatom adalah ganggang yang selnya dikelilingi oleh suatu cangkang yang menyerupai kotak yang mengandung silika (KBBI)

f. produsen adalah makhluk hidup yang mampu menghasilkan makanan sendiri

g.konsumen  makhluk hidup yang tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, namun hanya memakan makhluk hidup lainnya atau memanfaatkan makanan dari produsen.

4. Sawah adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Sawah di desa Kendalisodo merupakan sawah tadah hujan yaitu sawah yang hanya mengandalkan hujan untuk proses menanam padi. Ukuran sawah di desa tersebut juga tidak terlalu luas. Akibatnya panen yang dihasilkan hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Meskipun demikian, para penduduk desa tetap memilih bertani sebagai pekerjaan sehari-hari.

Kegiatan 1 Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran, Bahasa Indonesia Kelas 12

Soal dan jawaban Kegiatan 1:Menentukan Isi dan Sistematika Surat Lamaran. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas XII Kemendikbu Edisi Revisi 2018 pada halaman 7 dan 8. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




Latihan

1. Bacalah kembali dengan cermat surat lamaran pekerjaan dan surat untuk teman di atas
2. Kenali sistematika yang terdapat pada kedua surat tersebut, apa saja komponen-komponen di dalamnya?
3. Kenali bagian isi kedua surat tersebut, apa saja bagian-bagian isi surat ?


Jawab:

Jawaban bisa kalian lihat melalui youtube di bawah ini :





atau dalam tulisan di bawah ini :

Surat Lamaran

Isi:
1. Unsur nama
2. Tempat dan tanggal lahir
3. Pendidikan,
4. Alamat
5. Serta beberapa hal yang dilampirkan misalnya:
a. Daftar riwayat hidup
b. fotokopi ijazah terakhir
c. Sertifikat
d. Surat Keteranan Catatan Kepolisian (SKCK)
e. Pasfoto

Sistematika :

1. Tempat/ tanggal pembuatan surat
2. Lampiran dan hal
3. Alamat surat
4. Salam pembuka
5. Alinea pembuka
6. Isi
7. Penutup
8. Salam penutup
9. Tanda tangan dan nama terang

Surat untuk Teman

Isi:
1. Menanyakan kabar

Sistematika:
1. Tempat/ tanggal pembuatan surat
2. Salam pembuka
3. Alamat surat
4. Isi surat
5. Salam penutup
6. Tanda tangan dan nama



Senin, 06 Mei 2019

Kegiatan 1 Mencermati Struktur Teks Laporan Kelelawar, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban kegiatan 1 mencermati struktur teks laporan kelelawar. Kegiatan ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 23 dan 24. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan pemabahasan di bawah ini.



1. Bagaimana informasi bagian pernyataan umum yang dikembangkan? Coba bandingkan dengan teks Venus!

Mengacu pada teks yang cukup singkat, pernyataan umum pada teks laporan kelelawar cukup lengkap. Diawali dengan pengertian tentang kelelawar sebagai bagian dari mamalia. Kemudian, dilanjutkan dengan adanya perbedaan antara kelelawar dengan mamalia pada umumnya, kelelawar bisa terbang. Setelah itu dideskripsikan bahwa kelelawar memiliki seribu jenis. Akan tetapi yang disebutkan hanya beberapa jenis kelelawar.

Sementara itu, pada teks laporan tentang planet venus, kita akan menemukan banyak informasi penting terkait dengan planet venus yang dimulai dengan pengertian planet venus. Bagaimana perbandingannya dengan bumi, bagaimana cara berotasi dan berevolusi dan lain-lain.

Secara umum teks tentang kelelawar dan venus hampir sama.


2. Bagaimana cara pembagian uraian teks "Kelelawar"?

Cara pembagian dimulai dengan penampilan, lalu kebiasaan makan, kapasitas dan perkembangbiakan

3. Apa yang dimaksud dengan kata teknis "nokturnal" dan "pupil"? Carilah informasi tentang kata tersebut!

Nokturnal berarti beraktivitas hidup (tentang hewan) pada malam hari; atau keadaan hewan yang sifatnya atau kebiasaannya aktif terutama pada malam hari. Pupil berarti
manik mata atau biji mata.
4. Dapatkah kamu menambahkan informasi tentang kelelawar khas daerahmu? Tuliskan tambahanmu tentang kelelawar di daerahmu!

Melihat kelelawar biasanya pada malam hari. Terkadang mereka tanpa sengaja masuk ke rumah. Jika dilihat jenisnya tentu sangat kesulitan bagi saya untuk menemukan termasuk jenis apa. Akan tetapi, apabila melihat beberapa buah mangga yang tiba-tiba seperti bekas dimakan hewan, kemungkinan besar buah tersebut dimakan oleh kalong/. codot.

5. Di beberapa daerah dikenal nama kampret dan kalong, jenis kelelawar yang manakah itu? Adakah nama khas dari daerahmu?

Kampret merupakan nama anak kelelawar. Sementara kalong (atau codot) adalah kelelawar pemakan buha-buahan

6. Apakah ada hubungannya kota Pekalongan dengan kata kalong?
Hubungannya adalah pada zaman dahulu ada leluhur pekalongan yang melakukan tapa ngalong yaitu bersikap seperti kelelawar, yaitu bergelantungan.

Kegiatan 1: Mencermati Struktur Teks Laporan Tentang Venus

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1: mencermati Struktur Teks Laporan tentang Venus. Soal ini terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 pada halaman 20. Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




1. Apakah pernyataan umumnya sudah mengklasifikasikan Venus?
2. Kosakata teknis apa yg digunakan utk menjelaskan Venus? Berikan contoh!
3. Kata apa yg menggambarkan proses dan aksi?
4. Perhatikan cara mengurutkan gambaran tentang Venus! Sudah baik menurutmu?
5. Jika urutan penggambarannya belum baik, apa saranmu?

Jawab:

1. Sudah. Planet venus sudah diklasifikasi dengan baik.
2. Kosakata teknisnya antara lain: planet, rotasi, tata surya, hari bumi.
3. kata yang mengambarkan proses dan aksi adalah mengedari, berotasi.
4. Sudah cukup baik.
5. Saran saya,definisi tentang venus sebaiknya ditambah lagi.

Kegiatan 2 Mencermati Informasi Laporan Tentang Venus, Bahasa Indonesia Kelas 9

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 Bahasa Indonesia Kelas 9 yaitu tentang mencermati Informasi yang terdapat dalam laporan tentang Venus, laporan tentang kelelawar dan laporan tentang rantai makanan di antariksa. Peserta didik diminta untuk melengkapi catatan informasi dengan menggunakan kata benda (nomina) seperti pada contoh.

Untuk lebih jelasnya silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.




Jawaban dalam bentuk multimedia, bisa kalian lihat dalam video di bawah ini:

atau silakan baca dalam tulisan di bawah ini :


Laporan tentang Venus



1. Venus adalah planet dalam sistem tata surya kita.

Catatan informasi: Pengertian planet Venus


2. Venus sama besarnya dengan bumi

Catatan informasi: Ukuran planet Venus


3. Venus adalah planet.

Catatan informasi: Jenis Planet Venus


4. Warnanya oranye kekuningan dengan beberapa kehitaman.

Catatan informasi: Warna planet Venus


5. Venus merupakan planet kedua dari Matahari antara Merkurius dan Bumi.

Catatan informasi: Posisi planet Venus.


6. Venus mengedari Matahari selama 235 hari Bumi.

Catatan informasi: waktu revolusi planet venus


7. Venus berotasi sekali setiap 244 hari Bumi.

Catatan informasi: waktu rotasi planet venus


8. Venus sangat tua dan berbatu.

Catatan informasi: kondisi permukaan fisik planet venus


9. Langitnya oranye dengan kilatan cahaya petir.

Catatan informasi: situasi langit venus



Laporan tentang Kelelawar

 1. Kelelawar merupakan mamalia
 Catatan informasi: Kategori hewan kelelawar
  
2. Mereka satu-satunya mamalia yang dapat terbang.
 Catatan informasi: Ciri kelelawar
  
3. Ada lebih dari 1000 jenis kelelawar seperti kelelawar vampir, kelelawar telinga-panjang, kelelawar ekor-tiga, dan kelelawar buah.
  Catatan informasi: Jenis kelelawar
  
4. Kelelawar tampangnya mirip tikus. Saat terbang bersama, mereka seperti tikus terbang.
 Catatan informasi: Ciri khas kelelawar

 5. Beberapa kelelawar makan darah, buah, ikan, dan kaktus.
 Catatan informasi: Makanan kelelawar

 6. Kelelawar dapat mendengar dari jarak satu kilometer.
 Catatan informasi: Kemampuan kelelawar

 7. Mereka jenis nokturnal.
 Catatan informasi: Sifat kelelawar

 8. Kelelawar melihat dengan pupil. Oleh sebab itu, mereka membuka matanya lebar-lebar untuk melihat.
 Catatan informasi: Indera penglihatan kelelawar


Laporan tentang Rantai Makanan di Antartika

  
1. Semua kehidupan di Antartika adalah di dalam laut. Di kedalaman laut biru ada jaringan makanan.
 Catatan informasi: Kehidupan Antartika

 2. Pertama, ada plankton, phyto-plankton (dua bentuk kehidupan yang sangat kecil, mikroskopik), dan diatom di dasar rantai makanan.
 Catatan informasi: Rantai makanan Antartika
  
3. Betuk kehidupan kecil ini merupakan bagian dari kelas 'Produsen Primer'.
  Catatan informasi: Produsen Primer Antartika

 4. Mereka dimakan oleh konsumen primer yang lebih besar seperti Krill, rebon (udang kecil), dan ikan-ikan kecil.
 Catatan informasi: Konsumen Primer Antartika
  
5. Krill adalah makhluk mirip ikan dengan sepuluh kaki.
 Catatan informasi: definisi krill

6. Rebon mirip udang.
 Catatan informasi: penampakan rebon

 7. Makhluk-makhluk ini memakan makhluk konsumen primer lebih kecil dan dimakan konsumen sekunder.
 Catatan informasi: Jaring makanan

8. Konsumen sekunder terdiri atas paus (khususnya paus biru), ikan-ikan lebih besar, dan penguin.
Catatan informasi: Konsumen sekunder di Antartika
  
9. Paus biru dapat mencapai berat seratus tujuh puluh empat ton dan merupakan paus terbesar yang pernah ada.
 Catatan informasi: Berat paus biru
  
10. Semua konsumen sekunder cukup tinggi dalam rantai makanan, tetapi tidak cukup tinggi (bukan predator).
 Catatan informasi: Posisi konsumen sekunder

 11. Predator puncak di Antartika hanya memiliki satu anggota - paus pembunuh, karnivora mesin pembunuh sepanjang 27 meter.
 Catatan informasi: Predator puncak di Antartika

 12. Dengan gigi luar biasa, mereka adalah puncak dari jaring makanan.
 Catatan informasi: Puncak jaring makanan di Antartika

Kegiatan 1: Membandingkan, Bahasa Indonesia Kelas 9 Halaman 10

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 1: Membandingkan. Soal ini  terdapat dalam buku bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 10. Peserta didik diminta untuk membaca tiga buah teks, setelah itu mereka harus menjawab soal. Untuk lebih jelasnya silakan simak tulisan di bawah ini.




Perhatikan tulisan berikut!

1. Sepedaku termasuk sepeda ontel-jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. Ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban sepeda. Ukuran ban sekitar 18 inci. Rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel. Bel sepeda khas berbunyi kring-kring terletak di setang kanan. Sepeda ini kupakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda besar. Saat mengayuh, kakiku yang pendek tidak sepenuhnya dapat mengikuti kayuhan. kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.

2. "Fix gear" adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda ataupun kendaraan lain dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Drivetrain merupakan gabungan berbagai komponen yang saling terhubung dan merupakan sistem pada sepeda yang terdiri atas pedal, lengan engkol (crankarm), gir depan (chainring), gir belakang (cog) dan tentunya rantai. Gabungan komponen di bagian pedal, yaitu pedal, lengan engkol, dan gear depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang yang terhubung dengan roda belakang. ketika pedal diinjak lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. kemudian, menarik rantai yang juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputar lah roda itu dan meluncur.

3. Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Salah satu sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis ontel. Sepeda ontel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda ontel juga dilengkapi rem drum untuk pengereman. Berbagai merek sepeda ontel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium, misalnya merek Fonger, Gazelle, dan Sunbeam. Kemudian, pada segmendibawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Batavus, Philips, dan NSU


Pertanyaan:

1. Dapatkan kamu melihat perbedaan ketiga teks tersebut?
2. Manakah teks yang termasuk laporan?
3. Manakah teks yang termasuk eksplanasi?
4. Manakah teks yang termasuk deskripsi
5. Adakah istilah lain di daerahmu untuk menyebut bagian-bagian sepeda?

Jawab :
Silakan tonton video di bawah ini




1. Dapat. Perbedaan ketiga teks tersebut terletak pada jenis teksnya.
Teks 1. Apabila kita perhatikan pada teks pertama lebih menekankan pada penggambaran secara konkret. Teks 1 juga bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat.

Teks 2. Pada teks ini, isi tullisan lebih menekankan pada penggambaran sebuah proses bagaimana roda berputar dan meluncur.

Teks 3. Teks ketiga ini berupa teks yang menggambarkan hasil pengamatan tentang sepeda, tanpa dibumbui dengan kata kata personal.

2. Yang termasuk teks laporan adalah teks ke 3. Teks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum / melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan.

3. Yang termasuk teks eksplanasi adalah teks 2. Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses bagaimana terjadinya suatu fenomena alam dan sosio kultural.

4. Yang termasuk teks deskripsi adalah teks 1. Teks deskripsi adalah sebuah paragraf dimana gagasan utamanya disampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peristiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.

5. Ada. Bagian-bagian sepeda antara lain: setang, rem, lampu sepeda, sadel, gir, standar, roda, jari-jari, galangan, dll.

Minggu, 05 Mei 2019

Kegiatan 1.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP Perhatikan Kembali Berita

Soal dan Jawaban Kegiatan 1.6 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs ini terdapat dalam buku Bahasa indonesia kurikulum 2013 edisi revisi 2017 halaman 14.

Kegiatan 1.6
1. Perhatikan kembali berita tentang berita yang telah kamu baca!
2. Temukanlah bagian kepala, tubuh, dan ekor berita secara berkelompok!
3. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam bentuk laporan seperti
berikut!



Jawab:

1. Berita sebelumnya tersaji di bawah ini.

Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako).

Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

Penumpukan truk bersumbu dua tersebut seperti di Pelabuhan Merak. menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat. Tetapi, antrean tersebut masih dalam batas normal. Antrean belum membeludak ke luar area parkir
pelabuhan. Akan akibat penumpukan truk itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.
(Sumber: Kompas dengan beberapa penyesuaian)


Judul Berita :Menjelang Lebaran, Pelabuhan Merak mulai Dipadati Truk Nonsembako

Struktur Berita
Bagian-Bagian Berita

a. Kepala :
Paragraf Ke: 1
Paparan Isi: Sepuluh hari menjelang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk. Truk-truk tersebut mengangkut barang nonsembilan bahan pokok (non sembako)


b. Tubuh
Paragraf Ke: 2
Paparan Isi: Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.

c. Ekor
Paragraf ke: 3
paparan isi:Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (non sembako) pada tanggal 21–25 November. Larangan tersebut berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua. Truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer.



Kegiatan 1.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 Manakah Contoh Tanggapan

Soal dan jawaban kegiatan 1.5 Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTS. Soal tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 pada halaman 11. Silakan simak



A. Manakah contoh tanggapan yang berkaitan dengan isi suatu pemberitaan?
Bubuhkanlah dengan tanda centang (✓)

1. Informasi yang disampaikan berita itu berbelit-belit. Banyak pengulangan kata yang menyebabkan pendengar bingung. (✓)
2. Isi pemberitaan itu sudah diberitakan oleh stasiun televisi lainnya. Jadi, isi berita tidak ada yang baru dan layak saya simak lagi. (X )
3. Berita itu hanya menginformasikan peristiwa negatif. Seolah-olah dunia horor dan menakutkan. Apa tidak ada informasi lain yang membuat dunia menjadi lebih indah? (✓)

4. Saya kira berita itu tidak pantas disimak oleh kalangan anak-anak karena
banyak ungkapan kasar dan vulgar. (✓)

5. Kalau disampaikan dengan ungkapan yang sederhana saya kira informasi yang disampaikan tadi malam akan mudah diikuti oleh setiap kalangan. Hanya dipahami oleh kalangan intelektual. (✓)

B.
1. Perhatikan kembali berita yang pernah kamu baca!

2. Manakah pernyataan-pernyataan di bawah ini yang merupakan tanggapan atas informasi dalam berita tersebut?
Bubuhkanlah dengan tanda centang pada penyataan berikut!(✓)

a. Informasi yang disampaikan itu sangat menyentuh. Informasi berkaitan dengan masalah pendidikan di Indonesia. Semoga masalah tersebut tidak terjadi di sekolah saya. (✓)
b. Pemberitaan semacam itu sangat baik. Pemberitaan tersebut bisa menjadi perhatian pemerintah atas berbagai persoalan pendidikan yang terjadi di Indonesia. (✓)
c. Sekolah-sekolah itu memang tidak jauh dari tempat tinggal saya. Hanya saja sudah beberapa tahun lamanya saya tidak pernah berkunjung ke tempat itu lagi. (X)

d. Informasi tentang nasib yang menimpa sekolah-sekolah itu perlu ditindaklanjuti oleh pihak berwenang sehingga masalahnya bisa cepat diselesaikan. (✓)

e. Bahasa yang disampaikan dalam tulisan itu berbelit-belit. Berita banyak istilah pendidikan yang tidak bisa dipahami. Penulis artikel itu tampaknya belum bisa memahami tingkat pengetahuan para pembacanya. (✓)