Senin, 20 Juli 2020

Tabel 2.6 Contoh Perilaku Masyarakat di Lingkungan Sekitarmu yang Mencerminkan Perwujudan

Kunci jawaban Tugas Kelompok 2.2 dalam buku PPkn Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 61.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Tugas Kelompok 2.2
Lakukanlah identifikasi terhadap perilaku masyarakat di lingkungan sekitarmu yang mencerminkan perwujudan upaya membangun kerukunan beragama. Tuliskan hasil identifikasi kalian ke dalam tabel di bawah ini. Informasikan hasil identifikasi kalian kepada kelompok yang lain.

Tabel 2.6
Contoh Perilaku Masyarakat di Lingkungan Sekitarmu yang Mencerminkan
Perwujudan Upaya Membangun Kerukunan Beragama



1. Kerukunan internal umat seagama
Contoh perilaku: 
a. Mengikuti kegiatan keagamaan
b. Saling mengingatkan saat tiba waktu beribadah
c. Saling menasehati dalam hal kebaikan
d. Saling tolong menolong dalam banyak hal
e. Mengutamakan musyawarah saat terjadi perselisihan

2. Kerukunan antar umat berbeda agama
a. Bergotong royong membersihkan lingkungan
b. Menjaga perasaan umat beragama lain
c. Memberi ucapan selamat ketika hari raya
d. Tidak melakukan perdebatan agama
e. Mengutamakan musyawarah saat terjadi perselisihan

3. Kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah
a. Merayakan hari besar keagamaan yang ditetapkan pemerintah
b. Mengikuti UU dan peraturan yang berlaku
c. Tidak berprasangka buruk kepada pemerintah
d. Membantu pemerintah menjaga akhlak warga negara Indonesia
e. Mengutamakan musyawarah untuk menyelesaikan persoalan keagamaan dan sosial

Rabu, 15 Juli 2020

Tabel 2.5 Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan yang Terdapat Dalam Dua Peraturan

Kunci jawaban tugas Mandiri 2.3 PPKn Kelas 10 SMA/ MA/ MAK Kurikulum 2013 Bab 2 halaman 58. Peserta didik diminta mengidentifikasi ciri-ciri kemerdekaan beragama dan kepercayaan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Tugas Mandiri 2.3

Kemerdekaan beragama dan kepercayaan diatur pula dalam Undang-Undang RI Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, serta dalam Undang-Undang RI Nomor 12 Tahun 2005 tentang pengesahan Kovenan Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik. Tugas kalian adalah mengidentifikasi ciri-ciri kemerdekaan beragama dan kepercayaan yang terdapat dalam dua peraturan tersebut. Tuliskan hasil identifikasi kalian ke dalam tabel berikut ini.

Tabel 2.5
Identifikasi Ciri-Ciri Kemerdekaan Beragama dan Kepercayaan
yang Terdapat dalam Dua Peraturan


1. Hak Untuk Beragama
Penjelasan: Setiap manusia memiliki hak untuk beragama sesuai dengan keinginannya sendiri. (Pasal 4  UU No 29 Tahun 2009)

2. Setiap orang bebas memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya
dan kepercayaannya itu.
Penjelasan: Setiap orang memiliki kebebasan untuk memeluk agamanya dan menjalankan peribadatannya sesuai dengan  agamanya itu tanpa mendapat gangguan dari pihak lain. (Pasal 22 ayat 1 UU No 39 Tahun 2009 )

3. Negara menjamin kemerdekaan setiap orang memeluk agamanya masing-masing dan untuk
beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
Penjelasan: Negara memberikan jaminan kepada setiap orang untuk memeluk agamanya masing-masing dan menjalankan ibadah menruut agama dan kerpecayaannya itu. (Pasal 22 ayat 2  UU No 39 Tahun 2009 )

4. Pelarangan Diskriminasi Agama
Penjelasan: Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak dibenarkan melakukan berbagai praktik diskriminasi termasuk dalam hal agama. (Pasal 4 UU RI No 12 tahun 2005)

5. Pelarangan propaganda atas dasar agama.
Penjelasan: Tidak dibenarkan menghasut atau berpropaganda atas dasar agama.  (Pasal 19 UU RI No 12 tahun 2005)

6. Dalam menyampaikan pendapat harus memperhatikan ajaran agama.
Penjelasan: Ketika bermaksud menyampaikan pendapat harus memperhatikan nilai-nilai agama. (Pasal 23   UU No 39 Tahun 2009 )

7. Setiap penganut agama berhak mendapat pendidikan agama sesuai dengan agamanya masing-masing
Penjelasan: Tidak dibenarkan memberikan pendidikan agama lain kepada orang yang sudah menganut agama tertentu. (Pasal 18 ayat 4 UU No. 12 tahun 2005)

8. Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya,
Penjelasan:  Setiap anak berhak untuk beribadah menurut agamanya, di bawah bimbingan orangtua/ wali.  (Pasal 55  UU No 39 Tahun 2009 )

Tugas Mandiri 2.1 Coba Kalian Lakukan Pengamatan Atas Kekayaan Alam yang Terdapat di Wilayah

Kunci jawaban tugas mandiri 2.1 dalam buku PPKn Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/MAK Kurikulum 2013 halaman 47. Peserta didik diminta mengamati kekayaan alam yang ada di wilayah masing-masing.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Tugas Mandiri 2.1
Coba kalian lakukan pengamatan atas kekayaan alam yang terdapat di wilayah kabupaten/kota atau provinsi tempat kalian saat ini berada. Tuliskan hasil pengamatan kalian pada tabel di bawah ini. Perhatikan contoh pengerjaannya yang terdapat pada nomor satu.


Tabel 2.4
Kekayaan Alam yang Terdapat di Wilayah Tempat Kalian




NOJenis Kekayaan AlamKondisi Ketersediaan  
  BaikRusakBanyakSedikitHabis
1Batu KapurV  v 
2Kayu JatiV V  
3Batu PadasV V  
4Kayu MahoniV V  
5RotanV V 

Tabel 2.3 Identifikasi Permasalahan- Permasalahan yang Melibatkan Indonesia dengan Negara Lain

Kunci jawaban dari tabel 2.3 tugas kelompok 2.1 halaman 44 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengidentifikasi permasalahan yang melibatkan Indonesia dengan negara lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

2. Setiap wilayah perbatasan Indonesia dengan negara lain tentunya pernah mengalami beberapa permasalahan. Coba kalian identifikasi permasalahan-permasalahan yang melibatkan Indonesia dengan negara lain yang berkaitan dengan masalah perbatasan. Presentasikan di depan guru dan teman kalian.

Tabel 2.3
Identifikasi Permasalahan- Permasalahan yang Melibatkan Indonesia dengan Negara Lain yang Berkaitan dengan Masalah Perbatasan


2.   Batas Perairan Indonesia-Filipina mengenai Pulau Miangas
Negara lain yang terlibat: Filipina
Penyelesaian: Protokol perjanjian ekstradisi Indonesia – Filipina mengenai defisi wilayah Indonesia yang menegaskan Pulau Miangas adalah Milik Indonesia atas dasar putusan Mahkamah Arbitrase Internasional 4 April 1928

3. Batas Perairan Indonesia-Malaysia di Selat Malaka 
Negara lain yang terlibat: Malaysia
Penyelesaian: UNCLOS-82, sebagai coastal state, Malaysia tidak diperbolehkan menggunakan Pulau Jara dan Pulau Perak sebagai base line yang31dua pulau tersebut lebih dari 100 mil laut.

4. Konflik di perairan Natuna dengan Vietnam
Negara lain yang terlibat: Vietnam
Penyelesaian: Konvensi Hukum Laut Internasional (UNCLOS 1982).

5. Konflik di perairang Natuna dengan Tiongkok
Negara lain yang terlibat: Tiongkok
Penyelesaian: jalur diplomasi.

Tabel 2.2 Identifikasi Negara yang Berbatasan Langsung dengan Wilayah Daratan dan Lautan Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas kelompok 2.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 10 Bab 1 halaman 44. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang identifikasi negara yang berbatasan langsung.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Tugas Kelompok 2.1
Nah, setelah kalian membaca dan memahami uraian di atas kerjakanlah tugas di bawah ini.

1. Coba kalian lakukan identifikasi negara yang berbatasan langsung dengan wilayah daratan dan lautan Indonesia. Tulislah hasil identifikasi kalian pada tabel di bawah ini.

Tabel 2.2
Identifikasi Negara yang Berbatasan Langsung dengan Wilayah Daratan dan Lautan Indonesia


Daratan:
  1. Malaysia
  2. Papua Nugini
  3. Timor Leste

Lautan: 
  1. Malaysia
  2. Thailand
  3. India
  4. Republik Rakyat Cina
  5. Vietnam
  6. Singapura
  7. Filipina
  8. Australia

Jumat, 10 Juli 2020

Tabel 2.1 Pertanyaan tentang Gambar Pkn Kelas 10 SMA

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 2 halaman 37. Peserta didik diminta membuat soal berdasarkan bacaan sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal


Setelah kalian mengamati gambar di atas, coba kalian susun pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut. Kemudian jadikan pertanyaan-pertanyaan yang kalian rumuskan sebagai bahan diskusi.
Tuliskan pertanyaan yang kalian susun dalam tabel di bawah ini.

Tabel 2.1 Pertanyaan tentang Gambar
Pertanyaan:
1. Bagaimana kondisi wilayah Indonesia di daratan, lautan, dan udara?
2. Bagaimana menjaga keamanan perbatasan di daratan, lautan dan udara yang begitu luas?
3. Bagaimana cara menjaga persatuan dan kesatuan di negara yang terdiri dari pulau-pula yang tersebar?
4. Bagaimana memeratakan pembangunan di berbagai wilayah Republik Indonesia?
5. Dengan cara apa, menumbuhkan nasionalisme di berbagai wilayah Republik Indonesia?

Selasa, 30 Juni 2020

Tulislah Bilangan di Bawah Dalam Bentuk Penulisan Standar

Kunci jawaban dari tugas atau soal dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 19 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang matematika.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Temukan jawabanmu dari soal berikut.
1. Tulislah bilangan di bawah dalam bentuk penulisan standar.
10.000.000 + 2.000.000 + 300.000 + 20.000 + 3000 + 400 + 70 + 2
12.323.472

2. Tulislah bilangan berikut dalam bentuk penulisan standar.
4 juta 256 ribu 78
4.256.078

3. Buatlah lima bilangan yang terdiri dari 7 sampai 8 angka. Bilanganmu harus memiliki angka 0-9.
Urutkan bilanganmu.
a. 1.234.567.
b. 2.345.678.
c. 34.567.890
d. 56.789.130
e. 98.765.432

Hasil pengurutan, sama dengan urutan di atas

a. 1.234.567.
b. 2.345.678.
c. 34.567.890
d. 56.789.130
e. 98.765.432

4. Tulislah bilangan yang diperoleh dari :
a. 745.862 ditambah 10.000

= 745.862
     10.000
------------- +
    755.862

b. 875.000 ditambah 1.000.000

  875000
1000000
---------- +
1875000


c. 3.174.821 dikurangi 100.000

3174821
  100000
------------ -
3.274.821


d. 735.236.306 dikurangi 1 juta

735.236.306.
    1.000.000
-------------- --
734.236.606

5. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000.
Aku adalah bilangan ganjil.
Angka ribuanku semuanya sama.
Angka dasarku semuanya sama.
Jumlah seluruh angkaku adalah 30.
Bilangan berapakah aku?
Temukan bilangannya sebanyak mungkin.
Bagaimana kamu menemukan jawabannya?

Apabila Bilangan 160.800.000 Ditulis Pada Tabel Nilai tempat, Di Manakah Angka 1 dan 6 Ditempatkan?

Soal dan jawaban dalam buku kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 18 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?

Ratusan Juta :1
Puluhan Juta :6
Jutaan
Ratusan Ribu
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan



Perhatikan informasi berikut.
Nanas adalah buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya enak dimakan, nanas diyakini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. 
Di Asia Tenggara, nanas banyak ditanam di Filipina, Thailand, dan Indonesia. Berpenduduk sekitar 555.000.000, Asia Tenggara menjadi penghasil nanas tertinggi di dunia.
Di Kecamatan Sungai Apit, Siak, Indonesia, produksi nanas mencapai 21.600.000 buah per tahunnya. Seorang petani di daerah ini bisa berpenghasilan Rp34.000.000,00 sampai Rp42.500.000,00 per tahun.
Penghasilan mereka setiap bulan adalah sekitar Rp2.830.000,00 sampai Rp3.540.000,00.

Catatlah bilangan-bilangan yang ada dalam informasi diatas.
Bersama temanmu, pilihlah tiga bilangan. Sampaikan kepada temanmu bilangan-bilangan tersebut terkait nilai tempatnya dengan cara sebanyak-banyaknya. Apakah ada perbedaan
penyampaian bilangan tersebut?

 555.000.000

Ratusan Juta :5
Puluhan Juta :5
Jutaan :5
Ratusan Ribu
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

21.600.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta :2
Jutaan :1
Ratusan Ribu :6
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

34.000.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta :3
Jutaan :4
Ratusan Ribu :0
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

42.500.000


Ratusan Juta
Puluhan Juta :4
Jutaan :2
Ratusan Ribu :5
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

2.830.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta
Jutaan :2
Ratusan Ribu :8
Puluhan Ribu :3
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

3.540.000


Ratusan Juta
Puluhan Juta
Jutaan  :3
Ratusan Ribu :5
Puluhan Ribu :4
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

Ada perbedaan di antara bilangan-bilangan di atas yaitu

Bilangan bulat
  1. 555.000.000 
  2. 21.600.000 

Dengan tanda rupiah:

  1. Rp34.000.000,00
  2. Rp42.500.000,00 
  3. Rp2.830.000,00 
  4. Rp3.540.000,00.

Senin, 29 Juni 2020

Tentukan Dua Negara yang Akan Kamu Cari Informasinya Lebih Dalam Lagi. Tulislah di Kotak yang Tersedia

Kunci jawaban dari soal dalam buku kelas 6 Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 14. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

1. Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.
2. Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.
3. Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.



Negara Indonesia
Karakteristik:

-Letak
Secara astronomis Indonesia berada di antara 6o LU – 11o08 LS dan berada di antara 95oBT – 141o45 BT. Selain itu Indonesia berbatasan dengan beberapa negara dan wilayah perairan seperti:

Utara berbatasan dengan: negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
Timur berbatasan dengan: Samudera Pasifik, Papua Nugini, dan Timor Leste.
Selatan berbatasan dengan: Australia, Timor Leste dan Samudera Hindia.
Barat berbatasan dengan: Samudera Hindia.

- Penduduk Negara Indonesia
Jika menelisik masa lalu dan asal-usulnya, penduduk Indonesia sebagian besar berasal dari bangsa Austronesia (95%), namun ada juga yang berasal dari suku-suku lain seperti Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia khusus di bagian Indonesia timur. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap diri mereka sebagai kelompok suku yang lebih spesifik seperti suku Jawa, Sunda, Dayak, Minangkabau dan lain sebagainya.

Indonesia juga termasuk sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yakni 270.054.853 jiwa di tahun 2018. Sekitar lebih dari 50% atau 130 juta penduduk berada di pulau Jawa.

Dalam kehidupan sehari – hari sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerah atau bahasa ibu untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa yang bisa dikuasai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam yakni sekitar 87% dan menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Pemerintah Indonesia juga mengakui 5 agama selain Islam antara lain:

Protestan: 7%
Katolik: 3%
Hindu: 1,7%
Buddha: 0,7%
Konghucu dan lainnya: 0,5

Negara Malaysia
Karakteristik:
  1. Memiliki iklim tropis
  2. Bentuk Pemerintahan Monarki Konstitusional
  3. Dipimpin oleh seorang Yang Dipertuan Agung
  4. Mayoritas suku adalah suku melayu
  5. Wilayah terdiri atas dua pulau utama
  6. Topografi berupa pegunungan
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu dan Inggris
  8. Agama mayoritas adalah Islam
Persamaan kedua negara antara lain:
1. Memiliki penduduk dengan ras melayu
2. Mayoritas beragama Islam
3. Memiliki iklim yang sama., yaitu tropis.

sumber jawabanhttps://ilmugeografi.com/

Diskusikan Diagrammu Dengan Teman Kelompokmu. Kembangkan Ide Pokok dan Informasi Pada Diagram

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.



Proses Pertumbuhan Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Penduduk di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Mereka menanam di di ladang atau di kebun bersamaan dengan tanaman-tanaman lain. Bagi masyarakat NTT, jagung merupakan makanan pokok yang sudah berlangsung turun-temurun sejak lama. 

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Mereka mulai menanam pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April-September. Biji jagung dibeli di toko pertanian atau bisa juga menggunakan bibit jagung yang sudah dipersiapkan dari panen sebelumnya. Biji jagung mulai ditanam dengan cara menempatkannya pada lubang-lubang dengan jarak tertentu di ladang. Setelah tiga atau empat hari, jagung akan tumbuh.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Bagian itulah yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan yang bernama tepungsari. Saat terbawa angin, tepungsari akan menempel pada bagian bawah jagung. Saat itulah, jagung akan mulai berbuah. 

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Selama proses perkembangan jagung, para petani harus melakukan perawatan agar jagung terbebas dari gulma dan hama dengan cara menyemprot. Agar perkembangan jagung memuaskan, perlu juga dilakukan pemupukan dengan teratur. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Selain menanam kembali sebagian biji jagung, saat ini juga tersedi benih jagung buatan pabrik.