Selasa, 17 Desember 2019

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah Apa Pendapat Penulis

Soal dan jawaban dari buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs bab 5 halaman 123 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang pendapat penulis dan lain-lain.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah
1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?
2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?
3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?
4. Pada bagian pendahuluan, penulis menggunakan kata 'kita'. Mengapa penulis melakukan ini?
5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?
6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.
7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.
8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan dalam paragraf dan menghubungkan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnnya.
9. Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?
10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?
11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?

Jawab:

Silakan tonton dalam video jawaban di bawah ini




atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Penulis berpendapat bahwa cara terbaik untuk mengatasi perilaku tidak sehat dan kegemukan adalah dengan berolahraga.

2. Kata atau frasa yang digunakan oleh penulis untuk menyatakan pendapatnya antara lain: semakin gemuk, olahraga, permainan olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis,voli, senam, bola basket, televisi.

3. Olahraga Membuat Anak menjadi Bugar, Sehat dan Terhindar dari Kegemukan.

4. Penulis menggunakan kata "kita" agar pembaca tergerak atau terdorong untuk melakukan hal yang ditulis dalam teks eksposisi

5. Penulis menyusun gagasan dan alasannya dengan cara mengemukakan hipotesis kemudian menyusun perumusan masalah, mengungkapkan fakta dan mengambil kesimpulan.

6. Kata-kata emotif antara lain: bosan, menyedihkan, suntuk, bersenang-senang.

7. jauh lebih baik

8. Kata penghubung antara lain; bahwa, atau, daripada

9. Kata topik antara lain: olahraga, kuat, bugar, sehat, pertumbuhan fisik, gerak, video game, sepak bola, futsal, bulu tangkis,voli, senam, bola basket, televisi.

10. Tujuan simpulan dalam teks eksposisi untuk memberikan informasi tentang pendapat dari penulis.

11. Untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Minggu, 15 Desember 2019

Kegiatan 1 Membandingkan dan Menyimpulkan

Soal dan jawaban dari kegiatan 1 Membandingkan dan menyimpulkan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTS bab 5 halaman 120 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan sooal dalam tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal
Kegiatan 1 Membandingkan dan menyimpulkan

Teks 1
Paragraf ke-1
Paragraf ke-2
Paragraf ke-3
Paragraf ke-4
Paragraf ke-5

Teks 2
Paragraf ke-1
Paragraf ke-2
Paragraf ke-3
Paragraf ke-4
Paragraf ke-5


Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

PARAGRAF 1:
Teks 1 : Olahraga menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.
Teks 2 : Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat rendah.

PARAGRAF 2:
Teks 1 : Ada banyak permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak sepanjang tahun .
Teks 2 : Pajak dapat mengurangi beban keuangan negara dan meningkatkan kemandirian bangsa.

PARAGRAF 3:
Teks 1 : Olahraga tim memperbanyak teman dan mengajarkan kerjasama.
Teks 2 :  Meski GDP Indonesia termasuk 16 besar dunia, namun tax ratio Indonesia masih cukup rendah.

PARAGRAF 4:
Teks 1 : Olahraga sangat menyenangkan.
Teks 2 : Masih banyak warga Indonesia yang tidak menyumbang pajak.

PARAGRAF 5:
Teks 1 -> -
Teks 2 -> Ada masyarakat yang memilih tidak membayar pajak karena menganggap sia-sia jika harus menjadi sasaran korupsi pejabat.

PARAGRAF 6:
Teks 1 -> -
Teks 2 : Wajib pajak yang taat adalah pahlawan bangsa yang mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Halaman 121

Kegiatan menyimpulkan isi tulisan diawali dengan identifikasi pokok pikiran setiap paragraf.

Kegiatan menyimpulkan isi tulisan diawali dengan identifikasi pokok pikiran setiap paragraf.

1) Apakah persamaan kedua tulisan itu?

Jawaban: persamaan kedua tulisan tersebut adalah keduanya merupakan teks diskusi

2) Adakah perbedaan antara kedua tulisan tersebut?

Jawaban: perbedaan kedua tulisan tersebut terletak pada penyampaian data

3) Di manakah perbedaannya?

Jawaban: data pada tulisan kedua menampilkan angka serta sumber yang dapat diperiksa, sedangkan teks pertama hanya mencantumkan sumber abstrak yaitu “para peneliti”.

4) Manakah yang termasuk teks diskusi?

Jawaban: Kedua teks tersebut termasuk teks diskusi.

Disclaimer: Jawaban di atas untuk membantu kalian dalam proses belajar meskipun demikian kalian tetap harus berkonsultasi dengan bapak ibu guru masing-masing. Terima Kasih

Kamis, 12 Desember 2019

Tentukan Pokok Pikiran paragraf dalam Tulisan tentang Pajak

Soal dan jawaban dari kegiatan 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 120. Peserta didik diminta menenetukan pokok pikiran paragraf.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Kegiatan 2
Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan tentang pajak

Paragraf ke-1
Paragraf ke-2
Paragraf ke-3
Paragraf ke-4
Paragraf ke-5
Paragraf ke-6


Jawab

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Paragraf ke-1: Kesadaran rakyat Indonesia membayar pajak masih sangat rendah.

Paragraf ke-2: Tiga sumber pembiayaan negara

Paragraf ke-3: Potensi kemandirian indonesia sangat tinggi tetapi tax ratio cukup rendah dan target pajak tidak tercapai.

Paragraf ke-4: Masyarakat yang kontraprestasi pajak.

Paragraf ke-5: Warga-warga negara yang tidak membela negaranya.

Paragraf ke-6: Alasan wajib pajak

Kegiatan 1 Tentukan Pokok Pikiran Paragraf dalam Tulisan. Lanjutkan untuk Paragraf Kedua dan Seterusnya

Soal dan jawaban dari Kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs bab 5 halaman 118 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang pokok pikiran paragraf.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Kegiatan 1

Tentukan pokok pikiran paragraf dalam tulisan. Lanjutkan untuk paragraf kedua dan seterusnya.

Paragraf 1 : Cara mengatasi anak yang bertambah gembuk
Paragraf ke-2:
Paragraf ke-3:
Paragraf ke-4:
Paragraf ke-5:


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Paragraf Ke-2 : Olahraga adalah cara terbaik bagi anak agar fisiknya tumbuh dengan baik.
Paragraf ke-3 : Jenis-jenis permainan olahraga
Paragraf ke-4 :Olahraga adalah sarana terbaik agar anak bisa bergaul dan berteman.
Paragraf ke-5: Bermain dan berolahraga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan.

Jumat, 06 Desember 2019

Tugas Mandiri 4.3 Untuk Lebih Memahami Penguasaan Halaman 116

Kunci jawaban dari tugas mandiri 4.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 116 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang terdapat dalam bentuk tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tugas Mandiri 4.3
Untuk lebih memahami penguasaan tentang makna, kedudukan, dan peran pemerintah pusat, coba diskusikan dengan teman satu kelompok tentang hal-hal sebagai berikut.




Jawab

Silakan tonton dalam video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini


1.      Makna Pemerintah Pusat :
Pemerintah pusat adalah pemerintahan yang berada di pusat sebagai penyelenggara Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Presiden dibantu seorang Wakil Presiden dan juga para Menteri-menteri negara. Dengan kata lain, pemerintah ini mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada pemerintah daerah yang berkedudukan di ibu kota Negara Republik Indonesia.

2.      Fungsi Penyelenggaraan Pemerintah :
a.       Fungsi Pelayanan
Fungsi yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa ada deskriminatif terhadap masyarakat dan tidak memberatkan masyarakat serta memberi pelayanan dengan kualitas yang sama tanpa memandang status sosial.
b.      Fungsi Pengaturan
Fungsi yang digunakan untuk memberikan penekanan kepada rakyat dan juga kepada pemerintah itu sendiri.
c.       Fungsi Pemberdayaan.
Fungsi yang dijalankan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat.

3.      Kewenangan Pemerintah Pusat :
1.       Kewenangan pemerintah pusat yang mencakup kewenangan dalam bidang politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, perwakilan, moneter dan fiksial, agama, serta kewenangan lainnya.
2. Perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan nasional secara makro.
3. Dana perimbangan keuangan.
4. Sistem administrasi negara dan lembaga perekonomian negara.
5. Pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia.
6. Pendayagunaan sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya strategis.
7. Konservasi dan standarisasi nasional.

Uji Kompetensi Bab 4 Pkn Kelas 10 Halaman 142

Soal dan jawaban dari uji kompetensi bab 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 142. Peserta didik diminta mengerjakan lima soal uji kompetensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.
1. Pada hakikatnya Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara kesatuan. Jelaskan penerapan konsep negara kesatuan dengan sistem desentralisasi!
2. Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah? Jelaskan penerapan otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia!
3. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah pusat dalam penerapan otonomi daerah pada Negara Kesatuan Republik Indonesia!
4. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia!
5. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia.


Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Negara kesatuan adalah suatu Negara yang merdeka dan berdaulat, di seluruh Negara yang berkuasa hanya ada satu pemerintahan (pusat) yang mengatur seluruh daerah. Bentuk Negara Kesatuan Dengan Sistem Desentralisasi Pemerintahan daerah dikembangkan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

2. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat sesuai aspirasi masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Penerapan otonomi daerah dalam NKRI adalah adanya pembagian daerah otonom seperti provinsi, kabupaten, kota.

3. Pemerintah daerah berperan dalam memanfaatkan Hak otonomi daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur san mengembangkan sendiri daerahnya

4. Hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah hubungan yang menyangkut kedudukan keduanya dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Dalam hal ini pemerintah pusat merupakan penyelenggara urusan pemerintahan ditingkat nasional sedangkan pemerintahan daerah merupakan penyelanggara urusan pemerintahan didaerah masing-masing.

Hubungan fungsional antara pemerintah pusat dan daerah menyangkut atas pembagian tugas dan kewenangan masing-masing dalam penyelenggaraan pemerintah yang baik (good goverment), yang artinya dengan pembagian kinerja tersebut dapat diusahakan pemaksimalan hasil.

5. Terdapat 4 bentuk sebuah hubungan struktural pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat dalam melakukan penerapan otonomi.
a. Sentralisasi
Dimasa lalu, sentralisasi adalah cara yang paling sering digunakan, selain itu pada sentralisasi ini juga pemerintah memiliki hak penuh dalam pengaturan dan juga pengelolaan terhadap sumber daya alam yang berada di suatu negara dan juga pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang ada pada negara tersebut. Tetapi pada hal ini akan membuat menjadi pembangunan tidak merata dikarenakan pada pembangunan untuk beberapa daerah akan menjadi sebuah bukan prioritas bagi ppemerintah dan akan menyebabkan kesenjangan sosial.

b. Desentralisasi
Pada penggunaan dari desentralisasi adalah sebuah moment dimana dilaksanakannya sebuah otonomi daerah yang memiliki manfaat paling baik. Hal ini menjadikan berjalannya sebuah hubungan antara pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah dalam rangka melakukan pembangunan pada suatu daerah. Apabila dilaksanakan sebaik-baiknya, asas desentralisasi menjadi sebuah asas yang akan membawa pembangunan untuk suatu daerah.

c. Dekonsentrasi
Dalam asas yang digunakan pada dekonsentrasi adalah dimana pemerintah pusat melakukan sebuah delegasi pada kewenangan dan juga kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah pusat terhsebut kepada pemerintah daerah. Pada pendelegasian yang kemudian diberikan hanyalah sebatas pada administrasi saja.

d. Tugas Pembantuan
Pada hal ini, tugas dari pemerintah daerah hanya membantu pemerintah pusat saja dalam rangka membantu pemerintah pusat untuk menjalankan negara.

Uji Kompetensi Bab 5 Pkn Kelas 10 Halaman 176

Soal dan jawbaan dari Uji Kompetensi PPkn Bab 5 Kelas 10 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 176. Ada lima pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Pada hakikatnya integrasi nasional mengandung arti menyatupadukan hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Berdasarkan hal tersebut jelaskan perbedaan integrasi nasional secara politis dan antropologis! 

2. Mengapa pada negara yang multy cultural, seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan pendapat Anda!

3. Pada hakikatnya integrasi nasional merupakan proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Berdasarkan hal tersebut sebutkan 3 (tiga) syarat keberhasilan suatu integrasi nasional bagi bangsa Indonesia!

4. Pada hakikatnya integrasi nasional merupakan proses penyatuan berbagai berbagai komponen dalam masyarakat. Berdasarkan hal tersebut sebutkan 5 (lima) faktor pendukung suatu integrasi nasional bagi bangsa Indonesia!


5. Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut sebutkan perbedaan faktor pendorong dan faktor penghambat tercapainya integrasi nasional!


Jawab


Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Perbedaannya adalah secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional, sedangkan secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur - unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.
2. Karena manusia hidup dalam realitas yang plural, corak masyarakat indonesia adalh ber-bhineka tunggal ika .masyarakat plural merupakan belati bermata ganda dimana pluralitas sebagai rahmat dan sebagai ancaman.
3.- Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan antara satu dan yang lain
  -. Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman
 -. Norma-norma dan nilai -nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.
4. Penggunaan bahasa indonesia, adanya rasa senasib dan seperjuangan karena faktor sejarah, adanya ideologi nasional tercermin dari garuda pancasila dan bhineka tunggal ika, semangat gotong royong, solidaritas, toleransi keagamaan yang erat.
5. Faktor pembentuk adalah sesuatu yang dapat dilakukan agar terjaminnya kebersamaan dan kedamaian dalam lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat adalah kegiatan yang di lakukan oleh oknum-oknum yang mementingkan diri sendiri dan tidak memiliki rasa toleransi

Kamis, 05 Desember 2019

Tugas Mandiri 5.7 Coba Kalian cari di Internet atau Sumber lain Mengenai Contoh Bentuk Kesadaran Warga Negara

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.7 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/MA/ MAK bab 5 halaman 161 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Ada pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.7
Coba kalian cari di internet atau sumber lain mengenai contoh bentuk kesadaran warga negara untuk melakukan bela negara. Kemudian berikanlah pendapat atau komentar.

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini


Contoh kesadaran warga negara untuk melakukan bela negara

1. Menjadi Relawan kemanusiaan
2. Mengikuti kegiatan kepramukaan
3. Mahasiswa mengikuti UKM Pecinta Alam/Menwa/Penelitian dan lain-lain..
4. Menjadi relawan kelompok Baca Buku
5. Mengikuti organisasi massa dalam bidang kepemudaan
6. Mengikuti kegiatan lingkungan
7. Patuh peraturan lalu lintas
8. Taat hukum
9. Rajin beribadah
10. Mematuhi UU


Komentar:
Kesadaran bela negara merupakan bentuk penerapan dari UUD 1945 pasal 30 ayat 1. Jika dalam keadaan tidak berperang saat ini, kegiatan bela negara tidak mesti harus angkat senjata, akan tetapi bisa dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang menambah kecintaan terhadap bangsa dan negara. Kegiatan tersebut bisa dituangkan dalam bentuk kegiatan kreatif, seni dan budaya maupun kegiatan lainnya.


Tugas Mandiri 5.6 Carilah di Internet Atau Sumber Lain tentang Upaya Menjaga Keutuhan NKRI

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.6 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 158 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang menjaga keutuhan NKRI.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 5.6
Carilah di internet atau sumber lain tentang upaya-upaya menjaga keutuhan NKRI, baik secara eksternal maupun internal.


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Eksternal
a. Investasi asing diatur sedemikian rupa agar tidak merugikan negara.
b. Membatasi waktu berkunjung turis asing ke Indonesia.
c. Memperkuat penjaga di perbatasan terluar agar tidak mudah menjadi tempat penyelundupan.
d. Menggunakan teknologi untuk menyebarkan kearifan dan budaya bangsa.
e. Memanfaatkan teknologi untuk meredam semakin banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia.

2. Internal
a. Mengedepankan dialog ketika terjadi konflik SARA
b. Sebisa mungkin menghindarai perdebatan SARA
c. Tidak menyebarkan berita hoax
d. Tidak berbuat arogan terhadap sesama manusia
e. Menghindari menyebut nama suku kepada etnis tertentu dengan tujuan merendahkan

Tugas Mandiri 5.5 Coba Kalian Tuliskan Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.5 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 157 kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.5.
Coba kalian tuliskan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia dalam menjaga integrasi nasional.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Faktor Eksternal
a. Adanya gerakan menanamkan Pancasila
b. Mendukung kegiatan Olahraga misalnya PON
c. Mendukung pertukaran budaya disertai dengan pemahaman budaya antar suku
d. Membaca banyak buku tentang Pancasila
e. Sebisa mungkin menguasai bahasa Indonesia dan bahasa lokal.

1. Faktor Internal
a. Rasa cinta tanah air yang besar
b. Belajar sejarah dan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
c. Rasa memiliki budaya dan tradisi bangsa Indonesia
d. Rasa memiliki bahasa Indonesia
e. Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia