Kamis, 24 Oktober 2019

Setelah Kamu Mencermati Cuplikan Artikel di Atas, Bagaimana Kesan Kamu

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA/SMK/ MA/ MAK halaman 157 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Tugas ini tentang pengaruh budaya India.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

1. Setelah kamu mencermati cuplikan artikel di atas, bagaimana kesan kamu tentang bacaan di atas?
2. Menurut kamu bagaimanakah pengaruh budaya India itu dapat diterima oleh penduduk saat itu?
3. Coba kamu gali jenis kuliner yang terdapat di sekitar kamu yang mendapat pengaruh dari India!
4. Bagaimanakah proses masuk dan berkembangnya kuliner yang mendapat pengaruh India itu di sekitar kamu?
5. Apakah saat ini masih ada pengaruh budaya India yang masih melekat dalam kehidupan kita sehari-hari? Berilah contohnya!
6. Budaya Cina juga membawa pengaruh pada kuliner kita saat ini. Coba kamu identifikasi, pengaruh budaya Cina pada kuliner di sekitar tempat tinggalmu!

Jawab

1. Kesan saya terhadap bacaan tersebut, terkejut, sebab ternyata bumbu kari merupakan makanan yang berasal dari India Selatan.

2. Budaya India bisa diterima oleh penduduk karena terdapat kecocokan antara budaya lokal dan budaya India, meskipun tidak sama persis.

3. Kuliner India di sekitar daerah saya sepertinya tidak ada.

4. Belum ada jejak

5. Budaya India yang masih melekat dalam kehidupan kita sehari-hari di antaranya kesenian wayang yaitu sebuah pertunjukan boneka bernama wayang di mana tokoh-tokoh dalam wayang tersebut merupakan tokoh dari India.

6. Pengaruh budaya Cina dalam bidang kuliner sangat banyak misalnya: mi, teh, tahu dll.

Selasa, 22 Oktober 2019

Cermatilah Teks Hasil Observasi Kunang-Kunang



Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 4 halaman 136. Dalam tugas ini peserta didik diminta mengerjakan soal tentang observasi kunang-kunang.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Cermatilah teks hasil observasi Kunang-Kunang

a) Tentukan kalimat utama pada teks 1 dan 2 di atas
b) Tentukan gagasan pokok tiap paragraf

Jawab:

Paragraf 1

Kalimat utama : Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari.

Gagasan utama : Kunang-kunang adalah serangga yang dapat mengeluarkan cahaya pada malam hari.

Paragraf 2

Kalimat utama: Habitat kunang-kunang di tempat-tempat lembab, seperti rawa-rawa dan daerah yang dipenuhi pepohonan.

Gagasan utama : Habitat kunang-kunang di tempat yang lembab.

Paragraf 3

Kalimat utama: Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan kunang-kunang dibagi menjadi tiga bagian: kepala, thorax, dan perut (abdomen).

Gagasan utama: Ciri-ciri badan kunang-kunang.

Paragraf 4

Kalimat utama: Makanan kunang-kunang adalah cairan tumbuhan, siput-siputan kecil, cacing, atau serangga.

Gagasan utama : Makanan kunang-kunang.

Paragraf 5

Kalimat utama: Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang tidak berbahaya, malah tidak mengandung ultraviolet dan inframerah.

Gagasan utama : Cahaya yang dikeluarkan oleh kunang-kunang.

Paragraf 6

Kalimat utama : Kunang-kunang salah satu jenis serangga unik bukti kebesaran Sang Pencipta. 

Gagasan utama : Kunang-kunang adalah serangga unik ciptaan Sang Pencipta.

Latihan 1.1 Apa yang Dibahas pada Teks Tersebut !

Soal dan jawaban dari latihan 1.1. dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 4 halaman 134. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang teks yang tertulis sebelumnya.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Latihan 1.1.

a) Apa yang dibahas pada teks tersebut ?
b) APa saja bagian-bagian yang diperinci ? Tuliskan pada diagram berikut ! Ide pokok paragraf yang diberi nomor (satu paragraf satu)
c) Isilah pohon perikut untuk memilih topik utama dan bagian-bagian (terdapat pada tiap paragraf) tulis judul utama pad akar dan rincian bagian-bagian pada daun-daun pohon !


Jawab: 


a) Bab yang dibahas pada teks tersebut adalah tentang Manggis

b) Bagian-bagian yang diperinci adalah  

paragraf 1: tentang manggis secara umum  

ide pokok : Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu tanaman buah asli Indonesia.  

paragraf  2 : tentang ciri khusus pohon dan daun manggis  

ide pokok : Pohon dan daun manggis memiliki ciri khas.  

paragraf  3 : tentang ciri khusus bunga manggis  

ide pokok : Manggis juga memiliki ciri khusus pada bunganya.  

paragraf  4 : manfaat buah manggis  

ide pokok : Buah manggis memiliki beberapa manfaat.  

paragraf  5: ringkasan  

ide pokok: Manggis buah asli Indonesia yang mempunyai rasa manis dan penampilan yang enak dilihat, serta memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan  

c) Judul/topik utama pada akar dan rincian bagian-bagian daun-daun pohon (dari kiri ke kanan)  

1. Ciri umum pohon manggis  

2. Ciri khusus pohon manggis  

3. Cri khusus daun manggis  

4. Ciri khusus bunga manggis  

5. Manfaat dari manggis  

d) Informasi penting yang terdapat pada paragraf teks di atas!  

paragraf  1: termasuk keluarga manggis adalah kokam, asam kandis, dan asam gelugur  

paragraf  2:  

- Tinggi pohon manggis rata-rata 6-25 meter.  
 - Daunnya rapat (rimbun), duduk daun berlawanan, dan tangkai daun pendek.  
 - Daun manggis tebal serta lebar.  
 - Semua bagian tanaman mengeluarkan eksudat getah kuning  

Paragraf 3:  

- Bunga manggis berumah dua.  
 - Bunga manggis berdiameter 5.5 cm.  
 - Daun kelopak dua pasang, daun mahkota dua pasang, tebal dan berdaging. Berwarna hijau-kuning dengan pinggir kemerah-merahan.  
 - Berat buah bervariasi antara 75-150 gram.  
 - Buahnya mempunyai 4-8 segmen dan mengandung satu bakal biji diselimuti oleh aril (salut biji) berwarna pulih empuk dan mengandung sari buah.  

Paragraf 4:  

- Buah manggis dapat menyembuhkan beberapa penyakit.  
 - Kulit Manggis mengandung air 62.05%, lemak 0.63%, protein 0,71%, karbohidrat 35,61%.  

Paragraf 5:  

- Manggis buah asli Indonesia.  
 - Rasanya manis dan penampilan yang enak dilihat, serta memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.  

Minggu, 20 Oktober 2019

Buktikan Bahwa Kedua Teks 1 dan Teks 2 Mengandung Aspek Bahasa yang Menjadi CIri Teks Laporan

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs terbitan kemendikbud kurikulum 2013 bab 4 halaman 131 tentang aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Buktikan bahwa kedua teks 1 dan 2 mengandung aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan hasil observasi !

Jawab:

Kedua teks memang mengandung aspek bahasa yang menjadi ciri teks laporan hasil observasi! dibuktikan dengan beberapa kata/ kalimat di bawah ini :

a. Hutan bakau disebut juga hutan mengrove
b. Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai
c. Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai.
d. Hutan bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawawan perbatasan laut dan darat.
e. Indonesia menjadi negara dengan hutan bakau paling luas di dunia. Menurut data Kementerian Negara Lingkungan Hidup, luas hutan bakau Indonesia mencapai 4,3 juta ha.
f. Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah.
g. GUnsi museum uyang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.

Mendaftar Kalimat Klasifikasi

Soal dan jawaban dari tugas huruf c pada buku Bahasa Indonesia SMP / MTs kelas 7 bab 4 halaman 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang kalimat klasifikasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

c) Mendaftar Kalimat Klasifikasi


Jawab:

Mendaftar kalimat klasifikasi pada teks hutan bakau:
- Hutan bakau memiliki ciri yang khas.
- Hutan bakau memiliki beberapa fungsi dan manfaat.

pada teks museum:
- Museum dibedakan berdasarkan koleksi dan kedudukannya.
- Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis yaitu museum umum dan museum khusus.
- Berdasarkan kedudukannya, terdapat tiga jenis museum.
- Benda-benda yang dikoleksi di museum mencakup benda-benda dari berbagai disiplin ilmu.

Mendaftar Kalimat Definisi Judul/ Nomor Teks

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTs halaman 131 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta untuk mendaftar kalimat definisi dalam teks 1 maupun teks 2.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

b) mendaftar kalimat definisi


Jawab:

Judul/ Teks : Hutan bakau Teks 1
Kalimat definisi pada teks:


  • Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai.
  • Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai.
  • Hutan bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut.


Judul/ teks: Museum (teks 2)

  • Museum merupakan salah satu tempat penting dalam upaya pelestarian sejarah.
  • Museum adalah lembaga yang berfungsi mengumpulkan, merawat, dan menyajikan serta melestarikan warisan budaya masyarakat untuk tujuan studi, penelitian, dan kesenangan atau hiburan.
  • Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan, dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya.
  • Dengan demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.
  • Museum Umum adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi.
  • Sementara Museum Khusus adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu, atau satu cabang teknologi.
  • Museum Nasional adalah museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.
  • Museum Provinsi adalah museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah provinsi. 
  • Museum Lokal, museum yang koleksinya terdiri atas kumpulan benda yang berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten atau kotamadya. (tanda hubung yang menunjukkan definisi pada kalimat ini  ada tanda koma)
  • Koleksi dari disiplin ilmu antropologi merupakan hasil budaya atau identitas suatu etnis.
  • Selain itu, benda koleksi juga merupakan peninggalan budaya sejak masa prasejarah sampai masuk pengaruh barat.
  • Heraldika adalah lambang, tanda jasa dan tanda pangkat resmi (cap atau stempel).
  • Koleksi keramonologi yaitu koleksi barang pecah belah yang terbuat dari tanah liat yang dibakar


Sabtu, 19 Oktober 2019

Isilah Tabel dengan Istilah yang Kamu Temukan pada Teks 1 dan 2

Kunci jawaban dari tugas dalam buku bahasa Indonesia kelas 7 SMP/ MTS bab 4 halaman 130 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta menuliskan istilah-istilah yang ada pada teks 1 dan teks 2.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas
Isilah tabel dengan istilah yang kamu temukan pada teks 1 dan 2 !



Jawab:

Istilah pada Teks 1:

mangrove, ekosistem, garis pantai, habitat, payau,abrasi, intrusi, karbondioksida (CO2), bahan-bahan pencemar, biologi, biota,

Istilah pada Teks 2:
museum, cagar budaya, museum umum, museum khusus, seni, ilmu geologi, fosil, batuan, mineral, andesit, granit, rangka manusia, tengkorak, hewan, antropologi, etnis, prasejarah, heraldika, keramonologi.

Kamis, 17 Oktober 2019

Bacalah Hikayat Berikut ini Kemudian Tuliskan Alur Ceritanya (Rangkaian Peristiwanya) Secara Singkat

Kunci jawaban  dari pertanyaan nomor 2 dan nomor 3 dalam tugas Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 140 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Soal nomor 2 ini tentang alur cerita hikayat Bayan Budiman.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

2. Bacalah Hikayat Berikut ini kemudian tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya) secara singkat
3. Bandingkan alur cerpen dan hikayat tersebut

Jawab:

2. Alur Cerita Hikayat Si Miskin

Maka adalah seorang miskin laki bini berjalan mencari rizkinya berkeliling negara antah-berantah. Hatta, maka pada suatu hari baginda sedang ramai dihadapi oleh segala raja-raja, menteri, hulubalang, rakyat sekalian di penghadapannya. Maka dilemaprilah akan si miskin itu kena tubuhnya habis bengkak-bengka dan berdarah. Maka diusir oranglah akan si Miskin hingga sampailah ke tepi hutan. Maka haripun malamlah. Maka bagindapun berangkatlah masuk ke dalam istanaya itu. Maka segala raja-raja dan menteri, hulubalang rakyat sekalian itupun masing-masing pulang ke rumahnya.

Adapun akan si Miskin itu apabila malam iapun tidurlah di dalam hutan itu. Setelah siang hari maka ia pun pergi berjalan masuk ke dalam negeri mencari riskinya. Maka apabila sampailah dekat kepada kampung orang. Apabila orang yang empunya kampung itu akan melihat akan dia. Mak diusirlah dnegan kayu. Maka si Miskin itupun larilah. Ia lalu ke pasar. Mak apabila dilihat oleh orang pasar itu si Miskin datang, maka masing-masing pun datang ada yang melempari dengan batu, ada yang memalu dengan kayu. Maka si Miskin itupun larilah tungng langgang.

Maka digalinyalah tanah itu hendak mendirikan tiang teratak itu


3. Jika kita bandingkan alur cerita antara cerpen dan hikayat, kita akan menemukan beberapa hal :
a. Pada cerpen, alur ceritanya tidak terlalu rapat, sebalknya pada hikayat si Miskin, kita akan menemukan rangkaian peristiwa yang digambarkan dengan sangat detail dan berurutan.

Bacalah Kembali Cerpen Tukang Pijat Keliling. Tuliskan Alur Ceritanya

Kunci jawaban dari Tugas 1 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 140 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan tugas tentang alur cerita.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1

Petunjuk:
1. Bacalah kembali cerpen Tukang Pijat Keliling. Tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya0 secara singkat
2. Bacalah hikayat berikut ini kemudian tuliskan alur ceritanya (rangkaian peristiwanya) secara singkat
3. Bandingkanlah alur cerpen dan hikayat tersebut

Jawab:

1. Alur cerita cerpen Tukang Pijat Keliling.
a. Tiba-tiba saja datang ke kampung kami dengan pakaian tampak lusuh.
b. Setiap malam, dengan membawa minyak urut, dia menyusuri gang-gang di kampung guna menjemput pelanggan.
c. Dia akan berhenti ketika seseorang memanggilnya.
d. Bila hampir malam tandas, Darko kembali ke tempat pemakaman di ujung kampung.
e. Di keranda itulah Darko tidur, memimpikan apa saja.
f. Sudah berhari-hari dia tinggal di sana.
g. Seminggu kemudian orang-orang kampung gusar. Pak Lurah mengumumkan bahwa masjid kampung satu-satunya yang berada di jalan utama, akan segera dipindah ke permukiman berimpitan rumah-rumah warga.
h. Setelah merasa tak ada lagi sesuatu yang harus dikerjakan, Darko permisi. Berjalan kembali menapaki malam yang lengang.
i. Siang hari. Darko selalu duduk-duduk berlama-alama di celah gundukan-gundukan tanah yang berjajar.
j. Malamn itu diam-diam Pak Lurah memanggil Darko ke rumahnya.
k. Sesampainya di sana, kami tidak menjumpai Darko.

2. Alur Cerita Hikayat Si Miskin
3. Perbandingan dari alur cerita cerpen dan hikayat

Tugas Bandingkanlah Nilai yang Terkandung Dalam Kutipan Hikayat dan Cerpen Berikut

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 138 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang nilai yang terkandung dalam kutipan hikayat dan cerpen.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Tugas
Bandingkanlah nilai yang terkandung dalam kutian hikaayat dan cerpen berikut ini

Hikayat
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih,
hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. Setelah beberapa lamanya, mereka belajar pula ilmu senjata, ilmu hikmat, dan isyarat tipu peperangan. Maka baginda pun bimbanglah, tidak tahu siapa
yang patut dirayakan dalam negeri karena anaknya kedua orang itu sama-sama gagah.
Jikalau baginda pun mencari muslihat; ia menceritakan kepada kedua anaknya bahwa ia bermimpi bertemu dengan seorang pemuda yang berkata kepadanya: barang siapa yang dapat mencari buluh perindu yang dipegangnya, ialah yang patut menjadi raja di dalam negeri.

Cerpen

“Memang ngapain sih Mas, ke Madura segala? Lama lagi!” “Diajak survei sama salah satu profesor dan kontraktor, untuk perencanaan bangunan besar di sana, Dik Manis! Sekalian penelitian skripsi Mas….”

Ah, soal bangunan dan penelitian skripsi. Lalu kenapa Mas Gagah bisa berubah jadi aneh gara-gara hal tersebut? Pikirku waktu itu.

“Mas ketemu kiai hebat di Madura,” cerita Mas Gagah antusias. “Namanya Kiai Ghufron! Subhanallah, orangnya sangat bersahaja, santri-santrinya luar biasa! Di sana Mas memakai waktu luang Mas untuk mengaji pada beliau. Dan tiba-tiba dunia jadi lebih benderang!” tambahnya penuh semangat. “Nanti kapan-kapan kita ke sana ya, Git.

Jawab:

Baik pada kutipan hikayat maupun kutipan cerpen, keduanya menampilkan teks yang mengandung nilai religi.

Pada kutipan hikayat, kita bisa membaca bahwa ada kisah tentang orang yang sejuak tujuh tahun ditiahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sementara pada kutipan cerpen, juga terjadi hal yang sama, yakni ketika tokoh yang bernama Mas Gagah memanfaatkan waktu di sela-sela perkerjaan dan penulisan skripsi untuk mengaji.