Sabtu, 21 Maret 2020

Tulislah Surat Kepada Dinas Pendidikan Kota untuk Mengusulkan Suatu Perbaikan

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud  bab7 halaman 272 Kelas 7 SMP/ MTs. Peserta didik diminta membuat surat kepada dinas Pendidikan Kota.



Soal

b) Tulislah surat kepada Dinas Pendidikan Kota untuk mengusulkan suatu perbaikan berkaitan dengan pendidikan di kotamu! Tulis dalam bentuk email!

Jawab:

Surakarta, 7 Maret 2020

Nomor : 001/FAD/2020
Lampiran: -
Hal: Usulan Penerimaan Peserta Didik Baru

Dengan hormat,
Berdasarkan pengamatan saya terhadap sistem penerimaan peserta didik baru selama ini, saya menganggap bahwa penerimaan peserta didik baru untuk berbagai tingkat baik SD, SMP maupun SMA cenderung tidak adil dan mengandung unsur diskriminasi terutama dalam hal kecerdasan. Pendididkan seharusnya memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada setiap anak, baik yang terlihat kurang pintar maupun sebaliknya.

Atas dasar itu, saya menganjukan agar sistem zonasi yang menerima peserta didik baru berdasarkan lingkungan sekitar lebih diperketat dengan memberikan kuota lebih besar kepada calon peserta didik yang tinggal di sekitar sekolah. Hal tersebut harus dilaksanakan agar calon peserta didik bisa bersekolah di sekolah terdekat.

Demikian usulan saya, besar harapan saya, Bapak akan mengabulkan permohonan saya. Terima kasih


Hormat saya


Fadli Muhammad

Artikel Terkait