Tuesday, January 14, 2020

Tugas 2 Cobalah Berlatih Menyertakan Alasan yang Tepat untuk Menyampaikan Pengajuan

Soal dan jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK halaman 160 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta membuat alasan demi tercapainya tujuan negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas 2
Sekarang cobalah berlatih menyertakan alasan yang tepat untuk menyampaikan pengajuan atau penawaran berikut ini !


Pengajuan:

  1. Minta izin menginap di rumah teman
  2. Menawar harga sewa gedung untuk kegiatan OSIS
  3. Menuntut Kepala  Desa untuk memberikan izin penggunaan balai RW untuk kegiatan karang taruna satu hari dalam seminggu
  4. Mengajukan penawaran/ permintaan kepada sekolah terkait larangan membawa sepeda motor ke sekolah
  5. Mengajukan penawaran kepada ketua RT tentang larangan penggunaan balai RW melebihi pukul 21.00 WIB
  6. Larangan (orangtua) kepada anaknya untuk mengakses internet pada hari-hari sekolah.

Jawab:

Alasan

1. Harus menginap di rumah teman karena ada tugas kelompok yang harus dikerjakan bersama-sama.
2. OSIS memilih gedung ini karena anggaran sekolah sangat terbatas dan beranggapan bahwa pemilik gedung memiliki kepedulian terhadap perkembangan anak-anak sekolah. 
3. Mohon kepala desa bersedia memberikan izin agar balai RW digunakan untuk kegiatan para remaja karang taruna agar bisa mengadakan kegiatan-kegiatan positif seperti kesenian, diskusi dan lain-lain. Hal ini sangat penting agar para remaja tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang negatif.
4. Memohon kepada sekolah untuk mengizinkan peserta didik membawa sepeda motor ke sekolah bagi yang sudah memiliki SIM dan jarak tempuh yang cukup jauh.
5. Memohon kepada ketua RT agar balai RW bisa digunakan melebihi pukul 10 jika ada kegiatan-kegiatan penting. Ketua RT boleh mengawasi terselenggaranya kegiatan tersebut dan apabila ada hal-hal negatif bisa segera membubarkan kegiatan tersebut.
6. Memohon kepada orangtua agar mengizinkan anak-anak mengakses internet pada hari sekolah untuk mencari materi pelajaran namun tetap dalam pengawasan orangtua.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon