Thursday, August 1, 2019

Tugas 2 Buatlah Ringkasan Teks Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup di Atas

Soal dan jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 10 bab 2 halaman 62 buku kurikulum 2013 untuk SMA / MA/MAK/ SMK. Peserta didik diminta untuk membuat ringkasan teks.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini


Soal

Tugas 2
Buatlah ringkasan teks Upaya melestarikan Lingkungan Hidup di atas. Untuk memudahkan pekerjaanmu, temukan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks tersebut dengan mengisi tabel berikut ini. Kemudian susunlah ringkasan berdasarkan gagasan-gagasan pokok tersebut.

Jawab

Gagasan Pokok Paragraf 1: Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka.


Gagasan pokok Paragraf 2 : Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.

Gagasan pokok Paragraf 3: Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya.

Gagasan pokok Paragraf 4: Setiap peristiwa dan kejadian alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan hidup merupakan suatu pertanda bahwa manusia mesti sadar dan berubah.

Gagasan pokok Paragraf 5: Lalu, usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja.


Gagasan pokok Paragraf 6 :Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya pergeseran pemahaman manusia tentang alam.

Gagasan pokok Paragraf 7 : Banyak binatang yang seharusnya dilindungi justru menjadi korban perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Gagasan pokok Paragraf 8 : Berdasarkan kenyatan demikian, diperlukan suatu perubahan konsep baru.

Ringkasan

Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu terdengar mengemuka. Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Setiap peristiwa dan kejadian alam yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan hidup merupakan suatu pertanda bahwa manusia mesti sadar dan berubah. 

Lalu, usaha manusia untuk selalu menghindarkan diri dari akibat kerusakan lingkungan hidup tersebut hendaknya bukan dipahami sebagai suatu kenyamanan saja. Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya pergeseran pemahaman manusia tentang alam. Banyak binatang yang seharusnya dilindungi justru menjadi korban perburuan manusia yang tidak bertanggung jawab. Berdasarkan kenyatan demikian, diperlukan suatu perubahan konsep baru.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon