Thursday, August 1, 2019

Temukan Pendapat dan Argumen yang Disampaikan Penulis dalam Eksposisi

Soal dan jawaban dari tugas 1 Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 10 Bab 2 SMA / SMK/MA/MAK halaman 61. Peserta didik diminta untuk mencari mana kalimat yang berupa Pendapat dan mana kalimat yang berupa argumen.

Agar lebih jelas silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Tugas 1

1. Temukan pendapat dan argumen yagn disampaikan penulis dalam eksposisi di atas dengan mengisi tabel berikut ini. Kamu dapat menambahkan kolom sesuai dengan kebutuhan.

Jawab:

Pendapat: Permasalahan seputar lingkungan hidup selalu mengemuka.
Argumen: Kejadian demi kejadian yang dialami di dalam negeri telah memberi dampak yang sangat besar.

Pendapat: Banyak usaha yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam upaya pelestarian lingkungan hidup.
Argumen: Upaya yang dimaksud adalah upaya rekonsiliasi, perubahan konsep atau pemahaman tentang alam, dan menanamkan budaya pelestari

Pendapat: Kerusakan lingkungan hidup dan efeknya terus berlangsung dan terjadi. Manusia cenderung untuk menangisi nasibnya. Lama kelamaan tangisan terhadap nasib itu terlupakan dan dianggap sebagai embusan angin yang berlalu.Bekas tangisan karena efek dari kerusakan lingkungan yang dialami hanya tinggal menjadi suatu memori untuk dikisahkan.

Argumen: Namun, perlu diingat bahwa tidaklah cukup jika manusia hanya sebatas menangisi nasibnya, tetapi pada kenyataannya tidak pernah sadar bahwa semua kejadian tersebut adalah hasil dari perilaku dan tindakan yang patut diperbaiki dan diubah.

Pendapat: Upaya rekonsiliasi menjadi suatu sumbangan positif yang perlu disadari.
Argumen: Tanpa sikap rekonsiliasi, kejadian-kejadian alam sebagai akibat kerusakan lingkungan hidup hanya akan menjadi langganan yang terus menerus dialami.

Pendapat: Salah satu akar permasalahan seputar kerusakan lingkungan hidup adalah terjadinya pergeseran pemahaman manusia tentang alam.
Argumen: Berbagai fakta kerusakan lingkungan hidup yang terjadi di tanah ari adalah hasil dari suatu pergeseran pemehaman manusia tentang alam.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon