Soal dan jawaban dari kegiatan 2.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs halaman 30. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang berkaitan dengan iklan, slogan dan poster.
Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.
Soal:
Kegiatan 2.1
A. Jawablah
1. Apa yang dimaksud dengan iklan ?
2. Apa fungsi iklan
3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan ?
4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan
5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster
Jawab:
A.
1. - Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak.
- Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan
- Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa.
2. Fungsi iklan dibagi berdasarkan kepentingannya.
a. Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa
b. Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
c. Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
d, Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.
Secara umum yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat personal. sosial maupun pribadi.
3. Iklan bisa ditemukan dalam berbagai tempat dan berbagai media.
a. Di tempat umum yang diperbolehkan
b. di media elektronik: televisi, radio
c. media cetak
d. internet: di website, sosial media dll
4. a. Fungsi iklan bagi pemerintah: mengampanyekan program-program pemerintah agar bisa dimengerti dan kemudian dilaksanakan oleh khalayak
b. Fungsi iklan bagi perusahaan, mempromosikan produk-produknya agar dibeli khalayak
5. Persamaan iklan, slogan, dan poster antara lain
a. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengajak khalayak bertindak
b. Menggunakan kata-kata untuk menyampaikan maksud dan tujuan
c. Menekankan pada efektivitas dan kekuatan kata-kata.
Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.
Soal:
Kegiatan 2.1
A. Jawablah
1. Apa yang dimaksud dengan iklan ?
2. Apa fungsi iklan
3. Di mana saja iklan itu bisa kamu temukan ?
4. Bagaimana fungsi iklan bagi pemerintah dan perusahaan
5. Apa persamaan iklan, slogan, dengan poster
Jawab:
A.
1. - Iklan adalah pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk khalayak.
- Iklan adalah teks yang mendorong, membujuk khalayak agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan
- Iklan adalah pemberitahuan kepada khalayak mengenai suatu barang dan jasa.
2. Fungsi iklan dibagi berdasarkan kepentingannya.
a. Bagi perusahaan bisnis komersial, untuk menjual barang dan jasa
b. Bagi dunia perkantoran, untuk mendapatkan karyawan.
c. Bagi pemerintah, untuk menyebarkan informasi dan memberikan layanan kepada masyarakat.
d, Bagi orang perorangan, untuk membeli dan menjual barang-barang pribadi.
Secara umum yakni sebagai kebutuhan untuk mengomunikasikan pesan, baik yang bersifat personal. sosial maupun pribadi.
3. Iklan bisa ditemukan dalam berbagai tempat dan berbagai media.
a. Di tempat umum yang diperbolehkan
b. di media elektronik: televisi, radio
c. media cetak
d. internet: di website, sosial media dll
4. a. Fungsi iklan bagi pemerintah: mengampanyekan program-program pemerintah agar bisa dimengerti dan kemudian dilaksanakan oleh khalayak
b. Fungsi iklan bagi perusahaan, mempromosikan produk-produknya agar dibeli khalayak
5. Persamaan iklan, slogan, dan poster antara lain
a. Memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengajak khalayak bertindak
b. Menggunakan kata-kata untuk menyampaikan maksud dan tujuan
c. Menekankan pada efektivitas dan kekuatan kata-kata.