Thursday, July 18, 2019

Berdasarkan Penjelasan Tersebut Berikan Komentar untuk Pengelompokan Cerita Fantasi Berikut

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP/ MTS terbitan kurikulum 2013 pada halaman 53. Peserta didik diminta untuk menjelaskan mengapa ada teks yang berisi cerita fantasi dan ada juga teks yang sebagian berisi cerita fantasi.




Soal:


TeksKategoriAlasan
Ringkasan cerita fantasi 1Cerita fantasi total......
Ringkasan cerita fantasi 2Cerita fantasi irisan.....


Jawab:

TeksKategoriAlasan/ bukti
Ringkasan cerita fantasi 1Cerita fantasi totalSebagaimana yang kita ketahui bersama, dalam dunia nyata kita tidak akan pernah melihat dan mendengar hewan berbicara bahkan merencanakan peperangan. Akan tetapi dalam kisah Nataga tersebut, komodo digambarkan berperang melawan sekawanan serigala. Salah satu buktinya adalah pernyataan Serigala, " Hai ! tidak ada gunanya kalian melempar bola api kepada kami!"
Ringkasan cerita fantasi 2Cerita fantasi irisanPada cerita fantasi 2 tidak semua bersifat fantasi atau khayal, sebagian merupakan hal yang sangat mungkin bisa terjadi di dunia nyata. Contoh kalimat yang menunjukkan fantasi,"....Saarce si Putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari. Sementara salah satu contoh kalimat yang bukan fantasi adalah, Nono si Anak Rembulan, berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon