Senin, 12 Februari 2018

Contoh Pidato tentang Menuntut Ilmu

Pesan Sponsor

Menuntut ilmu merupakan hal yang sangat penting bagi tiap orang. Negara Indonesia memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia untuk menuntut ilmu. Tak heran, pemerintah menyelenggarakan pendidikan gratis bagi warga negara Indonesia.

Keinginan pemerintah untuk mencerdaskan rakyatnya bukan tanpa tujuan, harapannya, rakyat Indonesia akan menjadi masyarakat yang cerdas yang berguna bagi dirinya sendiri juga bagi bangsa dan negara.

Dalam rangka menyosialisasikan pentingnya menuntut ilmu, di bawah ini merupakan contoh pidato tentang pentingnya menuntut ilmu.



Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh. Yang terhormat Kepala Sekolah..... yang saya hormati Para Hadirin dan tamu undangan.
Puji syukur senantia kita panjatkan kepada Tuhan yang telah memberikan nikmat-Nya kepada kita semua. Kehadiran kita di sini merupakan salah satu nikmat-Nya.

Para hadirin yang berbahagia
Dalam era teknologi yang telah berkembang sedemikian rupa, kita semua merasakan banyak sekali informasi yang masuk ke dalam benak kita. Dengan berbekal gawai yang segenggaman tangan, kita bisa mendapatkan miliaran informasi dari berbagai belahan dunia tanpa henti. Informasi tersebut mengalir deras bagai air terjun. Seandainya kita hendak membaca miliaran informasi tersebut, niscaya kita tidak akan mampu.

baca juga : Pidato Anak Sekolah tentang Kesehatan Jantung

Tentu saja kita tidak perlu melahap semua informasi tersebut. Hal bijak yang bisa kita lakukan adalah mencari dan menerima informasi sesuai dengan kebutuhan kita. Semua informasi tersebut bisa menjadi hal yang bermanfaat atau sebaliknya menjadi hal yang sia-sia belaka.
Lalu lintas informasi yang tanpa henti tersebut bisa terjadi karena adanya teknologi yang kita sebut internet. Secara sederhana kita bisa menyebut bahwa internet merupakan teknologi yang menghubungkan miliaran komputer di seluruh dunia.
Sebelum lahir, teknologi internet  dianggap hal yang hampir mustahil. Sama mustahilnya dengan keinginan Bill Gates agar seluruh rumah tangga memiliki perangkat komputer di rumahnya. Nyatanya semua hal mustahil tersebut bisa dilakukan. Baik internet maupun perangkat komputer telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-mari manusia zaman sekarang.
Para hadirin yang berbahagia,
Teknologi bisa berkembang seperti itu  karena ada sekelompok manusia yang sepenuh hati menuntut ilmu. Ya, setelah mereka belajar giat menuntut ilmu dengan didasari antusiasme tinggi dan daya juang yang tak kenal lelah, mereka berhasil mewujudkan cita-cita mereka-yang mustahil bagi sebagian orang.
Sampai di sini kita cukup menyadari bahwa dengan ilmu, manusia bisa melakukan apa saja yang dicita-citakannya. Ilmu merupakan sesuatu yang penting bagi umat manusia jika ingin terus berkreasi dan mengoptimalkan sejauh mana dia bisa bercita-cita dan bagaimana dia mewujudkan cita-citanya.

Untuk itu, saya mengajak kepada diri saya sendiri maupun para hadirin yang ada di ruangan ini, terutama rekan-rekan seperjuangan dalam sekolah. Mari bersama-sama menuntut ilmu dengan tekun dan penuh semangat.

baca juga : Amanat Pembina Upacara SD, SMP dan SMA tentang Sopan Santun

Kita harus percaya bahwa ilmu yang kita peroleh selama bersekolah akan memberi manfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain.
Masih belum terlambat bagi kita untuk serius belajar IPA, Matematika, IPS, Agama, dan lain-lain. Kita harus percaya bahwa Tuhan telah menganugerahi kita otak yang mampu kita gunakan untuk menyerap ilmu yang bermanfaat.
Mari bersama-sama menuntut ilmu demi kemajuan diri kita sendiri, orang lain maupun bangsa dan negara. Selamat berjuang menuntut ilmu !

Wabilahitaufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Pesan Sponsor


EmoticonEmoticon