Kamis, 01 Februari 2018

Pidato Anak Sekolah tentang Kesehatan Jantung

Menyampaikan pidato merupakan kegiatan yang penting bagi para pelajar. Pidato sangat berguna untuk menyampaikan gagasan dan ide terhadap sesuatu hal. Selain masalah teknis seperti materi yang lengkap, seorang pelajar juga perlu menguasai masalah non teknis seperti kepercayaan diri.

Menyampaikan pidato harus dengan percaya diri, agar audiens bisa menangkap maksud dari pidato dengan tepat dan jelas.

Pidato di bawah ini merupakan kumpulan pidato tentang jantung dan cara merawatnya agar selalu sehat serta terhindar dari penyakit berbahaya.



Contoh Pidato 1

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Kepala SD/ SMP/ SMA.....yang saya hormati para guru dan karyawan, yang saya banggakan rekan-rekan siswa SD/ SMP/ SMA dan yang saya hormati para tamu undangan.

Dengan segenap rasa syukur kepada Tuhan atas limpahan rahmatnya kepada kita semua, saya hendak menyampaikan pidato dengan tema tentang kesehatan jantung.

Para hadirin yang berbahagia,

Perlu kita ketahui bersama, jantung merupakan organ yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Ia memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Jika terjadi kegagalan fungsi pada jantung, akibatnya sungguh fatal.

baca juga :  Contoh Amanat Pembina Upacara tentang Kejujuran

Karena begitu pentingnya peran jantung bagi tubuh manusia, sudah semestinya kita semua menjaga jantung agar tetap berfungsi dengan baik. Ada cara yang bisa kita lakukan untuk merawat agar jantung kita tetap sehat yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya mengurangi makanan berkolesterol tinggi, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, serta berolahraga secara teratur.

Makanan berkolesterol tinggi begitu mudah kita temui di lingkungan sekitar misalnya daging ayam tanpa kulit, daging bebek tanpa kulit, ikan air tawar. Boleh saja mengonsumsi makanan tersebut namun dalam porsi sewajarnya, tidak perlu setiap hari makan makanan tersebut. Jangan lupa, berbanyaklah minum air putih, ya kira kira 6-7 gelas perhari.

Selanjutnya, untuk merawat jantung kita perlu juga mengonsumsi buah-buahan. Buah sangat bermanfaat bagi tubuh termasuk jantung. Silakan mengonsumsi buah jeruk, alpuat, blewah dan apel. Buah tersebut sangat bagus bagi kesehatan jantung.

Melakukan aktivitas olahraga juga sangat baik bagi kesehatan jantung. Misalnya aerobik, jalan, bersepeda dan berenang. Lakukan olahraga secara wajar dan tidak berlebihan.

Demikianlah pidato tentang kesehatan jantung. Marilah kita jaga kesehatan jantung kita, agar kita selalu sehat dan bugar sepanjang hari. Mudah-mudahan informasi dalam pidato di atas bisa bermanfaat bagi kita semua. Atas atensinya saya ucapkan terima kasih, atas kesalahan saya sampaikan permohonan maaf.

Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Pidato 2

Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh
Shalom
Om Swastiastu
Namo Buddhaya
Rahayu

Yang terhormat Kepala SD/ SMP/ SMA.....yang saya hormati para guru dan karyawan, yang saya banggakan rekan-rekan siswa SD/ SMP/ SMA dan yang saya hormati para tamu undangan.

Puji syukur mari kita haturkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kemurahan-Nya sehingga pada hari ini kita bisa berkumpul di ruangan ini.

Para hadirin yang saya hormati

Manusia memiliki banyak sekali organ tubuh yang penting dan saling bekerja tanpa kita sadari. Salah satunya adalah jantung. Jantung kita terus berdetak tanpa kita perintah, ia akan terus berdetak bahkan saat kita tidur.

baca juga : Amanat Pembina Upacara SD, SMP, SMA tentang Sopan Santun

Di dalam jantung terdapat seperangkat jaringan khusus yang masing-masing disebut benjol serambi jantung (nodus sinoatrialis), benjol telinga bilik-jantung (nodus auriculoventricularis) dan ikatan His. Ikatan His terbagi lagi menjadi banyak cabang kecil yang bagaikan jala, meliputi bagian dalam oto bilik jantung sebelah kiri dan kanan. Jaringan khusus itu memiliki keunikan tertentu yang dapat dengan otomatis memberi isyarat dan menimbulkan eksitasi pada otot jantung dan dengan begitu menyebabkan jantung berdetak. Ini menyebabkan, jantung berdetak secara otomatis tanpa kita menyadarinya.

Jantung sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia. Fungsinya sangat vital dan tidak boleh dianggap remeh. Jantung yang terus berdetak bertugas memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Ia berdetak 60-100 kali permenit.

Menjaga jantung agar tetap sehat adalah tugas kita semua sebagai manusia. Lalu bagaimanakah caranya. Bagi kita para pelajar, menjaga kesehatan jantung tidaklah susah. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk itu.

Pertama, jangan coba-coba merokok. Menghisap rokok sama saja mengirim racun ke jantung kita agar segera gagal berfungsi.  Rokok bisa menjadi pemicu penyakit jantung koroner, merokok juga berakibat buruk bagi pembuluh darah otak dan perife. Jangan merokok

Kedua, Makanlah makanan sehat yaitu dengan lebih banyak mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, usahakan agar seimbang dan mencukupi kebutuhan serat kalian setiap hari. Makanan kaya serat antara lain oatmeal, kacang-kacangan, biji-bijian, beras, gandum, jeruk, stroberi, dan daging apel. Jadikan makan buah dan sayur sebagai rutinitas sehari-hari.

Ketiga. Kurangi makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat tinggi, sayangnya nasi termasuk dalam makanan jenis ini. Makanlah nasi secukupnya.

Keempat. Lakukan olahraga seperti naik sepeda, jalan, berenang dan lain-lain.

Saya kira itulah cara-cara agar jantung kita bisa terawat dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
Shalom
Om Swastiastu
Namo Buddhaya
Rahayu


EmoticonEmoticon