Jumat, 15 Desember 2017

Pengalaman Registrasi Online Universitas Terbuka di UPBJJ Surakarta

Pesan Sponsor

Bagi anda yang masih bertanya-tanya apakah kita bisa mendaftarkan diri secara online di PROGRAM SARJANA dan DIPLOMA FEKON, FISIP, FMIPA, dan FKIP Universitas Terbuka , jawabannya adalah bisa. Hal tersebut sudah diumumkan melalui berbagai media baik web UT maupun media sosial milik UT.

Banyak orang yang sangat terbantu dengan adanya layanan tersebut sebab registrasi online merupakan salah satu cara pendaftaran yang cukup efektif dan efisien. Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk datang ke UPBJJ UT di kota anda. Cukup melakukan registrasi dari rumah, anda sudah bisa terdaftar sebagai mahasiswa UT.

Sebelum melakukan registrasi online, selain mendapat informasi dari web UT, saya juga sangat terbantu dengan sebuah blog yang juga berisi pengalaman registrasi online pada tahun 2015.  Kali ini saya hendak berbagi pengalaman ketika melakukan registrasi online melalui website sia.ut.ac.id pada tahun 2017. Dalam hal ini saya melakukan pendaftaran FHISIP jurusan Ilmu Hukum.


Ada beberapa tahap yang harus anda lakukan sebelum melakukan pendaftaran.

A. Tahap Persiapan

Pada tahap ini anda diwajibkan untuk memiliki alamat email, akan lebih baik jika menggunakan layanan gmail. Setelah itu persiapkan berkas-berkas yang harus anda upload antara lain.

  1. Fotokopi ijazah terakhir yang sudah dilegalisasi
  2. Surat Pernyataan Kebenaran Data dan Keabsahan Dokumen untuk Mahasiswa Program Sarjana dan Diploma FE, FHISIP, FMIPA, FKIP, dan Program Pascasarjana - AM01-RK04a-RII.1
  3. Formulir Isian Pas Foto, dan Tanda Tangan Mahasiswa UT (AM01_RK04c_RII.2)
  4. Pas foto ukuran 4 x6, untuk ketentuannya sila baca di sini.

B. Tahap Pelaksanaan

Proses pendaftaran saya mulai pada tanggal 4 Desember 2017. Adapun proses pendaftaran di website UT adalah sebagai berikut.

  1. Silakan buka http://sia.ut.ac.id
  2. Klik Register akun
  3. Isi kolom yang diminta meliputi nama, email, password dan confirm password
  4. Buka email
  5. Klik Link Verifikasi
  6. Masukkan alamat email dan password.
  7. Pilih menu Non Pendas
  8. Pilih menu Registrasi->Data Pribadi->Registrasi Data Pribadi
  9. Silakan isi formulir online sesuai dengan data sebenarnya.
  10. Silakan juga upload foto ukuran 4x6, scan fotokopi ijazah legalisir, scan Surat keabsahan dokumen, scan formulir isian foto dan tanda tangan. Ukuran maksimal tiap file 1 MB.
  11. Klik Simpan Data


C. Tahap Akhir.

Silakan kirim berkas-berkas yang baru saja anda upload. Saat itu saya mengirim tiga berkas, antara lain.


  1. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisasi
  2. Formulir pasfoto dan tanda tangan yang sudah diisi
  3. Formulir keabsahan dokumen yang sudah diisi


Pengiriman berkas bisa anda lakukan dengan datang secara langsung ke kantor UPBJJ atau melalui jasa pengiriman barang. Saya sendiri lebih memilih mengirim melalui pos. Ketiga berkas tersebut saya masukkan ke dalam amplop besar. Selain mengisi nama pengirim secara lengkap, saya juga menulis nomor registrasi pada amplop terseut. Kemudian berkas tersebut saya kirim pada tanggal 5 Desember 2017 melalui pos express. Berdasarkan tracking dokumen, surat berisi berkas tersebut sudah tiba di UT UPBJJ Surakarta pada tanggal 6 Desember 2017.

Setelah itu, saya rajin membuka email, apakah sudah ada email balasan validasi dari UT. Sayangnya, setelah seminggu, email balasan belum juga masuk. Sempat mengalami kebingungan, saya mencoba bertanya kepada akun Universitas Terbuka di facebook. Oleh admin, saya diberi penjelasan, bahwa memang belum ada batasan waktu berapa lama akan menerima email validasi dari UT. Akan tetapi jika dalam waktu tujuh hari masih belum ada balasan, sebaiknya menghubungi ke nomor UPBJJ Surakarta yaitu 0271822629.

Sesuai arahan admin UT di facebook, pada tanggal 15 Desember 2017, sayapun menghubungi ke nomor tersebut dan menanyakan registrasi online yang sudah saya lakukan. Selang beberapa jam, akhirnya saya menerima pesan melalui Whatsapp bahwa registrasi saya sudah divalidasi dan saya bisa melanjutkan untuk registrasi mata kuliah. Sampai di sini proses registrasi sudah berhasil.

Saran saya, jika dalam waktu dua atau tiga hari belum menerima balasan segera hubungi UPBJJ di mana anda mendaftar.

Demikian pengalaman registrasi online Universitas Terbuka. Petunjuk lebih jelas bisa anda unduh setelah berhasil registrasi user account.
Pesan Sponsor