Kamis, 20 Agustus 2020

Coba Letakkan Pecahan yang Kamu Temukan di Atas pada Garis Bilangan Berikut

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 4 tema 2 subtema 2 pembelajaran 4 halaman 78 dan seterusnya. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal tentang pecahan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Coba letakkan pecahan yang kamu temukan di atas pada garis bilangan berikut. Pecahan mana yang lebih besar?

Coba kamu samakan penyebut kedua pecahan. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.

1/3 = 10/30 , 8/10 = 24/30


Ayo Berlatih (halaman 80)

Kerjakan latihan berikut. Bandingkan pecahan berikut. (berilah tanda <, >, =) 

Berilah tanda pecahan berikut. (Berilah tanda <, >, atau =).

KUnci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 2 Kelas 4 Halaman 73,74,75,76,77

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku kelas 4 tema 2 sutema 2 pembelajaran 4 halaman 73 dan seterusnya. Sebelum peserta didik melihat kunci jawaban, kami sarankan agar mengerjakan soal terlebih dahulu. Kunci jawaban di bawah ini hanya sebagai referensi saja.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Ayo Mencoba
Amati poster hemat air di bawah ini !

Tulis informasi yang kamu dapatkan dari poster tersebut.
Saya menerima informasi berupa ajakan untuk memanfaatkan air secara optimal dalam berbagai kegiatan sehari-hari misalnya bagaimana menggunakan kran air, bagaimana seharusnya mencuci mobil dan lain-lain.
Pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?
Pesan yang disampaikan oleh poster tersebut adalah ajakan agar kita hemat air dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Apa yang perlu kita perhatikan ketika membuat poster?

Kalimat: Menarik, efektik dan bersifat ajakan.
Gambar: Mencolok, berupa contoh kegiatan
Penyajian: Harus sangat menarik
Kamu dapat mengisi diagram berikut, supaya poster yang kamu buat lebih fokus.


Sekarang buatlah poster tentang hemat listrik . Poster harus berisi hak untuk mendapatkan energi listrik dan kewajiban untuk hemat energi listrik. Kamu bisa menggunakan bahan dari kalender bekas.

Ayo Berdiskusi
Siti ingin sekali mengetahui bagaimana teman-temannya menghemat energi. Kali ini Siti mendata cara teman-temannya berangkat ke sekolah.
Cara berangkat sekolah dan banyaknya
Berdasarkan tabel di atas, jawablah pertanyaan berikut.
• Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna sepeda? 
• Tulislah pecahan yang menunjukkan pengguna angkutan umum?
• Tulislah pecahan yang menunjukkan pejalan kaki?
• Mana yang lebih besar? Pecahan untuk pejalan kaki atau sepeda. Jelaskan.
• Mana yang lebih kecil? Pecahan untuk pengguna sepeda atau angkutan
umum. Jelaskan.

- 5/20
- 6/20
- 9/20
- Berjalan kaki
- Sepeda
Bagaimana cara membandingkan pecahan yang penyebut sama? Jelaskan.
dengan memperhatikan pembilangnya
Bagaimana cara membandingkan pecahan. 
Perhatikan gambar berikut
Tulislah pecahan yang sesuai untuk gambar di atas. Pecahan mana yang lebih besar? Jelaskan.

2/3 dan 8/10. Pecahan yang lebih besar adalah 8/10

Rabu, 19 Agustus 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 2 Kelas 4 Halaman 69, 70

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 pembelajaran 3 halaman 69 dan seterusnya. Dalam buku ini ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik dengan benar.

Saran kami, sebaiknya silakan kerjakan terlebih dahulu sebisanya, saya yakin peserta didik dengan dibantu orangtua masing-masing akan bisa mengerjakan.

Sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Mengamati (halaman 69) 
Di sekitar rumah, banyak sumber energi listrik yang dimanfaatkan oleh kita. Namun kita harus hati-hati dengan sumber listrik tersebut karena berbahaya.

Amati gambar berikut dan sampaikan pendapatmu

Pendapatku tentang hal yang membahayakan pada gambar adalah: Aku melihat berbagai jenis kegiatan yang membahayakan antara lain :
1. Menyalakan peralatan elektronik di dekat kolam air berisiko membuat kita kesetrum arus listrik.
2. Memotong daun di pohon dengan cara duduk di atap tanpa pengaman berisiko membuat kita jatuh.
3. Bermain layangan di dekat kabel listrik bisa membuat kita tersengar arus listrik
4. Memanjat tiang listrik sangat berbahaya bagi diri sendiri.

Perhatikan gambar berikut. Tulislah barang-barang yang menggunakan listrik di setiap ruangan dan kemungkinan bahaya yang ditimbulkannya.  Tulis juga apa yang harus kamu lakukan saat  menggunakan barang tersebut!


Barang-barang elektronik terdapat di beberapa ruang yaitu:
1.Kamar tidur : Pendingin udara, televisi
2. ruang tamu: televisi

Kemungkinan bahaya jika lupa mematikan televisi bisa menyebabkan televisi panas lalu terbakar. Saya menonton televisi tapi tetap ingat waktu.

Berdasarkan hasil diskusi dan bahan bacaan di atas, buatlah petunjuk cara menghindari bahaya listrik.
Petunjuk cara menghindari bahaya listrik antara lain :
1. Pastikan steker terhubung dengan baik pada stop kontak
2. Hindari tangan atau tubuh dalam keadaan basah saat menyentuh peralatan listrik
3. Baca petunjuk penggunaan barang elektronik

Senin, 17 Agustus 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 2 Kelas 4 Halaman 59, 60, 61,62,63

Kunci jawaban dalam buku kelas 4 tema 2 subtema 2 pembelajaran 2 halaman 59 dan seterusnya. Meskipun artikel ini berisi kunci jawaban namun disarankan agar para peserta didik terlebih dahulu menjawab soal sebisanya baru melihat kunci jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Ayo Mengamati
Mengapa Harus Menghemat Kertas?
Kertas diproduksi dengan menggunakan mesin yang menghasilkan energi sangat besar. Bahan utama pembuatan kertas adalah pohon dan air. Untuk membuat 1 rim kertas berukuran A4 diperlukan 1 pohon yang usianya 5 tahun. Untuk menghasilkan satu lembar kertas dibutuhkan 2 gelas air.

Amati di sekitarmu. Tulislah manfaat kertas yang sehari-hari kamu temui.
Manfaat kertas :
1. Menulis
2. Menggambar
3. Membuat poster
4. penerbitan koran
5. penerbitan majalah

Budi, sepupu Beni, sedang mengerjakan tugas menulis dari bu guru. Ia menggunakan banyak sekali kertas. Ia selalu membuang setiap kertas meskipun baru beberapa kata yang ia tuliskan. Banyak sekali kertas yang terbuang. Setujukah kamu dengan cara Budi menggunakan kertas tersebut? Mengapa? Jelaskan alasannya!

Tidak setuju, kertas harus digunakan dengan hati-hati sesuai dengan kebutuhan karena proses pembuatan kertas membutuhkan kayu yang tidak sedikit.

Mengapa kita harus menghemat penggunaan kertas?

Kertas dibuat dari kayu sementara kayu diambil dari pohon. Jika semakin banyak pohon ditebang, alam akan semakin rusak.

Tulislah beberapa cara untuk menghemat kertas!

1. Mempergunakan lembar kertas sebaik-baiknya.
2. Gunakan layanan digital untuk mengirim surat, misalnya surat elektronik
3. Mempergunakan kertas lama yang masih bisa dipakai.

Tulis contoh-contoh pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang. Ceritakan pengalamanmu menggunakan kertas. 

Pelaksanaan hak dan kewajiban secara seimbang:

1. Antri dengan tertib. (kewajiban)
2. Bersekolah dengan sungguh-sungguh. (kewajiban)
3. Menerima pelajaran dengan baik. (hak)
4. Menerima kasih sayang dari orangtua (hak)

Pengalaman menggunakan kertas

Saya menggunakan kertas untuk menulis dan menggambar. 

Jawaban : 
- 4/8
- 5/10
- 6/12


Tentukan Pecahan yang senilai dengan 1/4


Tulislah hasil temuanmu pada tabel berikut.

Pecahan : 1/2 

- 1/2 = 4/8
- 1/2 =5/10
- 1/2 = 6/12

Pecahan : 1/4

- 1/4 = 2/8
- 1/4 = 3/12
- 1/4 = 4/16
- 1/4 = 5/20
- 1/4 = 6/24

Pecahan 1/3 
- 1/3 = 2/6
- 1/3 = 3/9
- 1/3 = 4/12
- 1/3 = 5/15
- 1/3 = 6/18

Kunci Jawaban Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50,51,52

 Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 4 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 1 Halaman 50. Peserta didik sebaiknya sudah mengerjakan soal terlebih dahulu, baru kemudian mulai melihat kunci jawaban di bawah ini. 

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Ayo Berdiskusi

Kita dapat menemukan energi di sekitar kita. Energi sangat berguna untuk makhluk hidup saat melakukan kegiatan. Energi listrik adalah energi yang paling banyak digunakan di rumah. Tulislah barang-barangmu yang membutuhkan energi listrik. Seberapa sering kamu menggunakannya? Diskusikanlah dengan  temanmu

Contoh barang-barang yang menggunakan energi listrik :

- Lampu belajar

- Televisi

- Telepon Pintar

- Setrika

- Kipas Angin

Carilah bentuk-bentuk kipas yang berbeda. Tulislah cara membuatnya dan sampaikan kepada gurumu.

Kipasku


Ayo Menulis


Nah, sekarang, tuliskan energi yang digunakan dan perubahan energi yang terjadi. Saat melakukan kegiatan-kegiatan di bawah ini. Diskusikan hasilnya dengan teman di sebelahmu.

1. Kegiatan : Menjemur Ikan

Energi yang digunakan: Matahari
Perubahan energi: energi panas menjadi energi kimia

2. Kegiatan:Menyetrika
Energi yang digunakan: Energi listrik
Perubahan Energi: energi listrik menjadi energi panas

3. Bermain layang-layang:
Energi yang digunakan: Energi angin
Perubahan Energi:energi angin menjadi energi kinetik

4. Membakar Ikan: 
Energi yang digunakan:energi panas
Perubahan Energi: energi panas menjadi energi kimia

5. Lampu belajar
Energi yang digunakan: Listirk
perubahan energi: Listrik menjadi cahaya

6. Kipas angin
Energi yang digunakan: Listrik
perubahan energi: listrik menjadi gerak:

7. Pembangkit listrik tenaga air
Energi yang digunakan: Energi gerak
perubahan energi: energi gerak menjadi energi listrik

Kamis, 13 Agustus 2020

Dari Bacaan “Hari Menanam Pohon” di Atas, Lengkapilah Peta Pikiran Berikut

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 pembelajaran 3 halaman 24. Bagi peserta didik yang belum mengerjakan soal tersebut, disarankan untuk terlebih dahulu mengerjakan soal, setelah itu silakan melihat kunci jawaban di bawah ini.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal

Indonesia dikatakan sebagai paru-paru dunia. Sebutan itu disematkan karena di Indonesia terdapat hutan yang sangat luas. Daun-daun di hutan mengeluarkan oksigen berlimpah. Oksigen merupakan unsur penting bagi kehidupan.


Namun, sayangnya, hutan kita semakin berkurang akibat kebakaran atau penebangan pohon di hutan secara liar. Oleh karena itu, pemerintah bersama rakyat berusaha mengurangi kerusakan hutan. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menanam kembali pohon di lingkungan.


Tanggal 28 November diperingati sebagai Hari Menanam Pohon. Peringatan hari Menanam Pohon pada tahun 2015 diawali sejak tanggal 26 November. Presiden melakukan penanaman pohon di Taman Hutan Rakyat Sultan Adam, Kalimantan Selatan. Ada 10.000 pohon ditanam di hutan itu. Pohon yang ditanam pun bermacam-macam, termasuk pohon-pohon yang buahnya dapat dimakan.

Kita dapat berperan serta untuk mengembalikan paru-paru dunia. Menanam pohon tidak hanya dapat dilakukan di hutan. Kita dapat menanam pohon di lingkungan sekitar kita. Semakin banyak pohon di lingkungan kita, semakin banyak pasokan oksigen bagi kehidupan.

Ayo Renungkan

Dari bacaan “Hari Menanam Pohon” di atas, lengkapilah peta pikiran berikut


Kapan
Apa yang dilakukan
Di mana kegiatan dilakukan
Siapa yang melakukan
Pohon apa yang ditanam
Mengapa kita harus menanam pohon


Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 kurikulum 2013 halaman 20. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang tangga nada diatonis mayor.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan “Tangga Nada Diatonis Mayor”.

1. Apa pengertian tangga nada mayor?

Salah satu tangga nada diatonis yang memiliki interval (jarak nada) 1 1 1/2 1 1 1 1/2

2. Apa ciri-ciri lagu bertangga nada mayor?

Bersifat riang gembira, Bersemangat, Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 atau 3 dan diakhiri nada 1.




Selasa, 11 Agustus 2020

Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.

Kunci jawaban dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 16. Peserta didik sebaiknya mengerjakan dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini 

Ayo Menulis

Kamu telah membaca bacaan ”Sistem Pernapasan pada Manusia”.

1. Dari bacaan tersebut buatlah pertanyaan menggunakan kata tanya: apa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana. Tuliskan pertanyaan sebanyak-banyaknya. 

2. Dari pertanyaan tersebut, tuliskan jawabannya. 

3. Tuliskan pertanyaan dan jawabanmu dalam bentuk tabel seperti berikut.

Jawab

No.Kata TanyaPertanyaanJawaban
1.ApaApa saja organ pernapasan pada manusia?Organ pernapasan pada manusia adalah hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkiolus, dan alveolus
  Apa zat yang diambil tubuh saat kita bernapas?Zat yang diambil tubuh saat kita bernapas adalah oksigen.
  Apa fungsi rambut yang terdapat di rongga hidung?Rambut yang terdapat di rongga hidung berfungsi menangkap kotoran.
  Apa jenis tulang yang menyusun organ laring?Jenis tulang yang menyusun organ laring adalah tulang Rawan.
  Apa nama organ yang merupakan percabangan dari bronkus?Organ yang merupakan percabangan dari bronkus adalah bronkiolus.
2.Di manaDi mana udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh manusia?Udara pernapasan pertama kali masuk ke dalam tubuh manusia di rongga hidung
  Di mana persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang ?Persimpangan antara saluran pernapasan pada bagian depan dan saluran pencernaan pada bagian belakang terdapat di bagian faring.
  Di mana letak Alvelous?Letak Alvelous terletak di dalam paru-paru .
  Di mana terdapat jaringan yang disebut silia ?Jaringan yang disebut silia terdapat di dalam trakhea.
  Di mana letak organ laring atau tekak ?Letak organ laring atau tekak di bagian belakang faring.
3.KapanKapan udara pernapasan yang masuk ke dalam tubuh disaring?Udara pernapasan yang masuk ke dalam tubuh disaring saat brada di rongga hidung.
  Kapan udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan?Udara yang masuk ke dalam tubuh dilembapkan saat berada di selaput hidung.
  Kapan debu-debu dan bakteri yang masuk didorong keluar?Debu-debu dan bakteri yang masuk didorong keluar saat melewati jaringan silia.
  Kapan terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida?Pertukaran oksigen dan karbon dioksida terjadi pada saat udara di dalam Alvelous.
  Kapan oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus?Oksigen terserap ke dalam pembuluh darah halus saat berada dalam paru-paru.
4.MengapaMengapa manusia bernapas?Manusia bernapas untuk memasukkan udara ke dalam tubuh.
  Mengapa manusia membutuhkan energi dari makanan?Energi dari makanan dibutuhkan menggerakkan semua proses kehidupan yang sangat penting pada tubuh.
  Mengapa di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal ?Di dalam rongga hidung terdapat rambut-rambut pendek dan tebal untuk menyaring dan menangkap kotoran yang masuk bersama udara.
  Mengapa pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia?Pada trakea terdapat jaringan yang disebut silia untuk mendorong keluar debu-debu dan bakteri yang masuk
  Mengapa oksigen dibutuhkan tubuh?Oksigen dibutuhkan untuk mendapatkan energi dari makanan.
5.BagaimanaBagaimana cara udara masuk ke dalam tubuh manusia?Udara masuk ke dalam tubuh manusia melalui proses bernapas.
  Bagaimana kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring?Kotoran yang masuk bersama udara pernapasan disaring oleh rambut-rambut pendek dan tebal yang terdapat dalam rongga hidung.
  Bagaimana proses pertukaran oksigen dan karbondioksida?Proses pertukaran oksigen dan karbondioksida saat udara berada di Alveolus.
  Bagaimana proses gas karbindioksida keluar dari tubuh?Gas karbindioksida keluar dari tubuh melalui pembuluh darah yang masuk ke dalam paru-paru dan selanjutnya dibuang saat kita mengembuskan napas.
  Bagaimana cara oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru?Oksigen diserap ke dalam tubuh oleh paru-paru melalui pembuluh darah halus. 

Kamu Telah Membaca Bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan Peta Pikiran (Mind Map) Di bawah ini,

 Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang peta pikiran.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Dayu dan Ikan Hias

Dayu memelihara banyak ikan hias berjenis ikan mas koki. Ikan-ikan hias itu dipelihara dalam sebuah akuarium. Setiap hari Dayu memberi makan ikan-ikannya. Dayu juga rutin membersihkan akuarium, lalu mengganti airnya dengan air bersih. Kegiatan itu ia lakukan seminggu sekali. Dayu senang melihat ikan-ikan di dalam akuarium berenang ke sana ke mari. Dayu memperhatikan saat mulut ikan-ikan itu terbuka dan menutup. Seolah-olah ikan-ikan itu selalu menelan air. Dayu bertanya-tanya, apa yang dilakukan ikan-ikan itu?

Soal

Kamu telah membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias”. Perhatikan peta pikiran (mind map) di bawah ini, lalu jawablah pertanyaan dalam setiap kotak.


Jawab :
Apa nama jenis ikan hias yang dipiara?
Ikan mas Koki
Siapa yang memelihara ikan hias ?
Dayu
Di mana ikan hias itu dipiara?
sebuah akuarium
Kapan ikan hias itu diberi makan ?
Setiap hari
Kapan akuarium dibersihkan?
seminggu sekali
Apa yang diperhatikan Dayu saat melihat ikan-ikan hiasnya?
mulut ikan

Ayo Menulis  

Menurutmu, apa yang dilakukan ikan-ikan dengan selalu membuka dan menutup mulutnya? Tuliskan pendapatmu dalam kotak berikut. 

Ikan-ikan selalu membuka dan menutup mulutnya karena: 

sedang bernafas, dengan memasukkan air ke dalam insang agar oksigen di air bisa disaring dan diedarkan ke seluruh tubuh ikan

Perhatikan gambar di Atas Apa Saja Makhluk Hidup yang Ada pada Gambar di Atas?

 Kunci Jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 5 Tema 2 Subtema 1 halaman 1. Sebelum membaca kunci jawaban, sebaiknya kalian sudah mengerjakan soal terlebih dahulu karena kunci jawaban dalam artikel ini hanya bersifat sebagai tambahan jawaban.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Perhatikan gambar di atas.

1. Apa saja makhluk hidup yang ada pada gambar di atas?

Kambing, bebek, ayam, itik

2. Apa saja perbedaan makhluk hidup yang ada pada gambar itu?


3. Apa pula persamaannya?

Sama-sama membutuhkan oksigen

4. Apakah semua makhluk hidup itu membutuhkan oksigen?

ya

5. Bagaimana proses pengambilan oksigen oleh makhluk hidup?

dihirup melalui alat pernafasan

6. Apa yang harus kita lakukan supaya ketersediaan oksigen terjaga?

Menanam tumbuh-tumbuhan

7. Bagaimana tanggung jawab kita terhadap masyarakat dalam menjaga ketersediaan oksigen?

bergotongroyong menanam tumbuh-tumbuhan