Selasa, 30 Juni 2020

Tulislah Bilangan di Bawah Dalam Bentuk Penulisan Standar

Kunci jawaban dari tugas atau soal dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 2 halaman 19 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar tentang matematika.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Temukan jawabanmu dari soal berikut.
1. Tulislah bilangan di bawah dalam bentuk penulisan standar.
10.000.000 + 2.000.000 + 300.000 + 20.000 + 3000 + 400 + 70 + 2
12.323.472

2. Tulislah bilangan berikut dalam bentuk penulisan standar.
4 juta 256 ribu 78
4.256.078

3. Buatlah lima bilangan yang terdiri dari 7 sampai 8 angka. Bilanganmu harus memiliki angka 0-9.
Urutkan bilanganmu.
a. 1.234.567.
b. 2.345.678.
c. 34.567.890
d. 56.789.130
e. 98.765.432

Hasil pengurutan, sama dengan urutan di atas

a. 1.234.567.
b. 2.345.678.
c. 34.567.890
d. 56.789.130
e. 98.765.432

4. Tulislah bilangan yang diperoleh dari :
a. 745.862 ditambah 10.000

= 745.862
     10.000
------------- +
    755.862

b. 875.000 ditambah 1.000.000

  875000
1000000
---------- +
1875000


c. 3.174.821 dikurangi 100.000

3174821
  100000
------------ -
3.274.821


d. 735.236.306 dikurangi 1 juta

735.236.306.
    1.000.000
-------------- --
734.236.606

5. Aku adalah bilangan antara 6.000.000 dan 7.000.000.
Aku adalah bilangan ganjil.
Angka ribuanku semuanya sama.
Angka dasarku semuanya sama.
Jumlah seluruh angkaku adalah 30.
Bilangan berapakah aku?
Temukan bilangannya sebanyak mungkin.
Bagaimana kamu menemukan jawabannya?

Apabila Bilangan 160.800.000 Ditulis Pada Tabel Nilai tempat, Di Manakah Angka 1 dan 6 Ditempatkan?

Soal dan jawaban dalam buku kelas 6 tema 1 subtema 1 pembelajaran 2 halaman 18 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Apabila bilangan 160.800.000 ditulis pada tabel nilai tempat, di manakah angka 1 dan 6 ditempatkan?

Ratusan Juta :1
Puluhan Juta :6
Jutaan
Ratusan Ribu
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan



Perhatikan informasi berikut.
Nanas adalah buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Selain buahnya enak dimakan, nanas diyakini mengandung vitamin, protein, dan mineral yang sangat penting bagi tubuh. 
Di Asia Tenggara, nanas banyak ditanam di Filipina, Thailand, dan Indonesia. Berpenduduk sekitar 555.000.000, Asia Tenggara menjadi penghasil nanas tertinggi di dunia.
Di Kecamatan Sungai Apit, Siak, Indonesia, produksi nanas mencapai 21.600.000 buah per tahunnya. Seorang petani di daerah ini bisa berpenghasilan Rp34.000.000,00 sampai Rp42.500.000,00 per tahun.
Penghasilan mereka setiap bulan adalah sekitar Rp2.830.000,00 sampai Rp3.540.000,00.

Catatlah bilangan-bilangan yang ada dalam informasi diatas.
Bersama temanmu, pilihlah tiga bilangan. Sampaikan kepada temanmu bilangan-bilangan tersebut terkait nilai tempatnya dengan cara sebanyak-banyaknya. Apakah ada perbedaan
penyampaian bilangan tersebut?

 555.000.000

Ratusan Juta :5
Puluhan Juta :5
Jutaan :5
Ratusan Ribu
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

21.600.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta :2
Jutaan :1
Ratusan Ribu :6
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

34.000.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta :3
Jutaan :4
Ratusan Ribu :0
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

42.500.000


Ratusan Juta
Puluhan Juta :4
Jutaan :2
Ratusan Ribu :5
Puluhan Ribu
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

2.830.000

Ratusan Juta
Puluhan Juta
Jutaan :2
Ratusan Ribu :8
Puluhan Ribu :3
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

3.540.000


Ratusan Juta
Puluhan Juta
Jutaan  :3
Ratusan Ribu :5
Puluhan Ribu :4
Ribuan
Ratusan
Puluhan
Satuan

Ada perbedaan di antara bilangan-bilangan di atas yaitu

Bilangan bulat
  1. 555.000.000 
  2. 21.600.000 

Dengan tanda rupiah:

  1. Rp34.000.000,00
  2. Rp42.500.000,00 
  3. Rp2.830.000,00 
  4. Rp3.540.000,00.

Senin, 29 Juni 2020

Tentukan Dua Negara yang Akan Kamu Cari Informasinya Lebih Dalam Lagi. Tulislah di Kotak yang Tersedia

Kunci jawaban dari soal dalam buku kelas 6 Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 14. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

1. Tentukan dua negara yang akan kamu cari informasinya lebih dalam lagi. Tulislah di kotak yang tersedia.
2. Tulis masing-masing karakteristiknya di lingkaran sesuai dengan negaranya.
3. Di tengah lingkaran, kamu dapat menuliskan persamaan karakteristik yang dimiliki oleh kedua negara.



Negara Indonesia
Karakteristik:

-Letak
Secara astronomis Indonesia berada di antara 6o LU – 11o08 LS dan berada di antara 95oBT – 141o45 BT. Selain itu Indonesia berbatasan dengan beberapa negara dan wilayah perairan seperti:

Utara berbatasan dengan: negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Laut Cina Selatan.
Timur berbatasan dengan: Samudera Pasifik, Papua Nugini, dan Timor Leste.
Selatan berbatasan dengan: Australia, Timor Leste dan Samudera Hindia.
Barat berbatasan dengan: Samudera Hindia.

- Penduduk Negara Indonesia
Jika menelisik masa lalu dan asal-usulnya, penduduk Indonesia sebagian besar berasal dari bangsa Austronesia (95%), namun ada juga yang berasal dari suku-suku lain seperti Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia khusus di bagian Indonesia timur. Namun, sebagian besar masyarakat Indonesia menganggap diri mereka sebagai kelompok suku yang lebih spesifik seperti suku Jawa, Sunda, Dayak, Minangkabau dan lain sebagainya.

Indonesia juga termasuk sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia yakni 270.054.853 jiwa di tahun 2018. Sekitar lebih dari 50% atau 130 juta penduduk berada di pulau Jawa.

Dalam kehidupan sehari – hari sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan bahasa daerah atau bahasa ibu untuk berkomunikasi. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi dan bahasa yang bisa dikuasai oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam yakni sekitar 87% dan menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia. Pemerintah Indonesia juga mengakui 5 agama selain Islam antara lain:

Protestan: 7%
Katolik: 3%
Hindu: 1,7%
Buddha: 0,7%
Konghucu dan lainnya: 0,5

Negara Malaysia
Karakteristik:
  1. Memiliki iklim tropis
  2. Bentuk Pemerintahan Monarki Konstitusional
  3. Dipimpin oleh seorang Yang Dipertuan Agung
  4. Mayoritas suku adalah suku melayu
  5. Wilayah terdiri atas dua pulau utama
  6. Topografi berupa pegunungan
  7. Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Melayu dan Inggris
  8. Agama mayoritas adalah Islam
Persamaan kedua negara antara lain:
1. Memiliki penduduk dengan ras melayu
2. Mayoritas beragama Islam
3. Memiliki iklim yang sama., yaitu tropis.

sumber jawabanhttps://ilmugeografi.com/

Diskusikan Diagrammu Dengan Teman Kelompokmu. Kembangkan Ide Pokok dan Informasi Pada Diagram

Kunci jawaban dari beberapa pertanyaan dalam buku Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 pembelajaran 1 halaman 4 kurikulum 2013 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Diskusikan diagrammu dengan teman kelompokmu. Kembangkan ide pokok dan informasi pada diagram menjadi sebuah tulisan. Serahkan tulisanmu kepada gurumu.



Proses Pertumbuhan Jagung

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Penduduk di Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadikan jagung sebagai makanan pokok. Mereka menanam di di ladang atau di kebun bersamaan dengan tanaman-tanaman lain. Bagi masyarakat NTT, jagung merupakan makanan pokok yang sudah berlangsung turun-temurun sejak lama. 

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Mereka mulai menanam pada saat musim kemarau, yaitu pada bulan April-September. Biji jagung dibeli di toko pertanian atau bisa juga menggunakan bibit jagung yang sudah dipersiapkan dari panen sebelumnya. Biji jagung mulai ditanam dengan cara menempatkannya pada lubang-lubang dengan jarak tertentu di ladang. Setelah tiga atau empat hari, jagung akan tumbuh.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Bagian itulah yang berfungsi sebagai alat perkembangbiakan yang bernama tepungsari. Saat terbawa angin, tepungsari akan menempel pada bagian bawah jagung. Saat itulah, jagung akan mulai berbuah. 

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Selama proses perkembangan jagung, para petani harus melakukan perawatan agar jagung terbebas dari gulma dan hama dengan cara menyemprot. Agar perkembangan jagung memuaskan, perlu juga dilakukan pemupukan dengan teratur. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Selain menanam kembali sebagian biji jagung, saat ini juga tersedi benih jagung buatan pabrik. 

Minggu, 28 Juni 2020

Tulislah ide pokok dan Informasi Penting dari Teks Berjudul Bagaimana Jagung Berkembang Biak

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 halaman 2 dan 4 edisi revisi 2018. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Sebelum menjawab pertanyaan tentang ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul bagaimana jagung berkembang biak, terlebih dahulu, mari kita kerjakan pertanyaan pada halaman 2.

Buatlah dua pertanyaan mengenai tumbuhan sebagai sumber kehidupan.

1. Mengapa tumbuhan sangat penting bagi manusia dan kehidupan?
Tumbuhan sangat penting bagi manusia karena dengan adanya tumbuhan manusia bisa tumbuh dan berkembang. Manusia mengonsumsi beberapa jenis tumbuhan untuk kehidupannya.
2. Apa yang terjadi jika tidak ada tumbuhan di bumi ini?
Kemungkinan besar, tidak akan ada kehidupan di bumi ini

Ayo Membaca
Setelah mengetahui manfaat tumbuhan bagi kehidupan, Edo ingin belajar lebih jauh mengenai perkembangbiakan tumbuhan. Cermati kisah Edo berikut ini. 
Liburan sekolah telah tiba. Edo mengunjungi pamannya di desa. Dia seorang petani jagung. Edo datang ke rumah pamannya tidak untuk berlibur saja. Edo juga ingin belajar. Ibu guru memberikan tugas selama liburan. Ibu guru ingin anak-anak memberikan laporan tentang satu hal yang menarik dan bermanfaat
yang dilihat selama liburan. Edo ingin mengetahui tentang tanaman jagung, terutama tentang perkembangbiakannya.
Berikut adalah laporan pengamatan Edo.

Bagaimana Jagung Berkembang Biak?

Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia. Di Indonesia, penduduk Pulau Madura menjadikan jagung sebagai makanan pokoknya. Jagung merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung. Setelah tiga sampai empat hari bakal tanaman akan muncul di permukaan tanah. Tanaman jagung akan terus tumbuh menjadi besar. Tiga hingga tiga setengah bulan, buah jagung dapat dipanen oleh petani. Buah jagung yang berbentuk seperti tongkol pada mulanya berupa sekuntum bunga.

Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya. Pada helai rambut tersebut terdapat tepung sari. Tepung sari akan terbang terbawa angin ketika angin bertiup. Tepung sari
yang terbawa angin, sebagian akan jatuh di kepala putik yang terletak di bagian bawah bunga pada pohon jagung yang lain. Ketika itulah terjadi pembuahan.

Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung. Perkembangan itulah yang dapat diamati dari waktu ke waktu. Buah jagung akan siap dipanen
ketika rambut jagung sudah berwarna kecokelatan dan bagian tongkolnya sudah mengering. Apabila buah jagung tersebut dikupas akan memperlihatkan biji jagung yang kekuningan. Bagian yang
dimakan oleh manusia adalah biji jagung. 

Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen. Biji jagung yang tua dapat ditanam kembali. Dari sinilah akan dimulai lagi perkembangbiakan jagung.
Oleh : Nuniek

Bacalah dengan saksama.
Tulislah ide pokok dan informasi penting dari teks berjudul ‘Bagaimana Jagung Berkembang Biak?’ dengan mengisi diagram berikut.


Paragraf 1 :  Jagung merupakan salah satu tanaman yang dijadikan bahan makanan pokok di berbagai, negara, salah satunya di Indonesia
Paragraf 2: Seorang petani jagung, memulai pembiakan tanamannya dengan menanam biji jagung
Paragraf 3: Bunga jagung memiliki helai-helai rambut halus pada bagian ujungnya.
Paragraf 4: Setelah terjadi pembuahan, bunga jagung tersebut terus berkembang hingga menjadi buah jagung
Paragraf 5: Supaya jagung selalu tersedia sebagai bahan makanan manusia, maka petani jagung harus menanam kembali sebagian biji jagung dari hasil panen.

Sabtu, 27 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 4 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 SD Halaman 89,91,95,96,101,102

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 SD Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 4 kurikulum 2013 halaman 89. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Ayo Mengamati
Amatilah keempat gambar kenampakan berikut!
Berilah tanda centang () pada gambar yang menunjukkan kenampakan alam yang ada di Indonesia.
Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan kenampakan buatan yang ada di Indonesia.


Ayo Berlatih
Berdasarkan gambar di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Kenampakan alam apakah yang tampak pada gambar di atas?
Gunung, Sungai, dan danau
2. Kenampakan buatan apakah yang nampak pada gambar di atas?
Waduk( Bendungan)
3. Apakah kenampakan alam itu?
Adalah segala sesuatu di alam yang merupakan hasil dari peristiwa alam.
4. Apakah kenampakan buatan itu?
Segala sesuatu di alam yang terbentuk karena perbuatna manusia.


Ayo Berlatih (halaman 91)

Pulau Jawa
Bentang Alam Secara Umum
a. Gunung : Gunung Merapi, Gunung Lawu, GUnung Merbabu, Gunung Semeru, Gunung Arjuna
b. Lembah : Lembah Tidar, Lembah Dieng, Lembah Kaliurang
c. Bukit : Bukit Moko, Bandung,  Bukit Sumedang di Jawa Barat, Bukit Kidul di Jawa Timur, Bukit Candi Abang, Sleman, Yogyakarta
d. Sungai : Sungai Bengawan Solo, Sungai Citarum, Sungai Ciliwung, 
e. Dataran rendah : Dataran rendah Surakarta, Dataran rendah Semarang, dan Dataran rendah Madiun
f. Pantai: Pantai Pangandaran, Pantai Parangtritir, Pantai Depok, Pantai Anyer.

Pulau Sumatera
a. Gunung : Gunung Kerinci, Gunung Marapi, GUnung Talamau, Gunung Bandahara, Gunung Dempo
b. Lembah : Lembah Anai, Lembah Ngarai Sianok, Lembah Harau
c. Bukit : Bukit Barisan, Bukit Pasai, Bukit Kerinci
d. Sungai : Krueng Aceh, Sungai Asahan,Sungai Barumun, Batang Gadis, Batang Hari, Krueng Jamboaye, Sungai Kampar, Sungai Indragiri.
e. Dataran rendah : Asahan (Sumatera Utara), Kota Jambi (Jambi), Tanjung Jabung Barat (Jambi), Tanjung Jabung Timur (Jambi), Muaro Jambi (Jambi), Merangin (Jambi), Batang Hari (Jambi), Dataran rendah Air Manis (Sumatera Barat)
f. Pantai: Pantai Carolina (Sumatera Barat), Pantai Mappadegat (Kepulauan Mentawai), Pantai Sako (Sumatera Barat)

Kalimantan
a. Gunung : Gunung Asing (1.703 m), Gunung Aurbunak (1.150 m), Gunung Balayan (1.599 m)
, Gunung Banyutawar (1.560 m), Gunung Batu (1.428 m), Gunung Batubrok (1546 m)
b. Lembah : Lembah Danum, Lembah Kahung, Lembah Mukti.
c. Bukit : Batu Dinding, Bukit Kelam, Bukit Baka, Bukit Lintang
d. Sungai : Melawi, Barito, Kapuas, Mahakam
e. Dataran rendah : Pangkalanpun, Ketapang, Kuala Kapuas, Telukmelano
f. Pantai: Pantai Angsana, Kemala, Melawai, Derawan

Sulawesi
a. Gunung : Klabat, Bawakaraeng, Latimojong, Soputan,
b. Lembah : Lembah Bada, Lembah Ramma, dan Lmbah Megalitikum Besoa
c. Bukit : Bukit Luwu, Bone,  Barui, Dataran Tinggi Waji, Dataran Tinggi Penreng, dan Dataran Tinggi Bingkoku
d. Sungai : Bila, Jenberang, Palu, Poso, Konoweha, Lariang, Walane
e. Dataran rendah : Dataran rendah Maros, Barrum Pangkep, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Jeneponto, Gowa, dan Ujungpandang
f. Pantai: Tanjung Bira Bulukumba, Pantai Apparalang, Pantai Losari Makassar, Pantai Selayar Pulau Selayar, Pantai Akkarena Makassar, Pantai Panrang Luhu Bira, dan Pantai Marumasa.

Papua
a. Gunung : Irau, Mebo, Umsini, Bijih, Dafonsoro, Puncak Jaya
b. Lembah : Lembah Baliem, Lembah Kaputo, dan Lembah surghi
c. Bukit : Bukit Karang, Nit Arfak, Bukit Kobre, Bukit Teletubis
d. Sungai : Digul. Membramo, Undir, Bian, Maro, Tariku
e. Dataran rendah :  Dataran rendah Pesisir bagian selatan Papua, Pesisir  Arafura, Pesisir Trans-Fly, Pesisir Teluk Papua, dan Pesisir barat laut Papua
f. Pantai: Pantai Triton, Teluk Venue, Pantai Yen Beba, Pantai Bakaro, Pantai Kaironi, Pantai Pulau Um.

Kepulauan Maluku
a. Gunung : Binaia, Gamkonora, Gamalama, G. Api Banda. Dukono
b. Lembah : Lembah Argo, Lembah Alliamato, Lembah Waeapo
c. Bukit : Bukit Durian, Bukit Foramadiahi, Bukit Tidore
d. Sungai : Sungai Apu, Sungai Castelo, Sungai Marikrubu, Sungai Masiulang, Sungai Ruate, Sungai Sapatewa, Sungai Sapulawa, Sungai Sarafo, Sungai Togorala, Sungai Yalua
e. Dataran rendah : Dataran rendah di wilayah Ambon, Maluku Utara, Pulau Kei kecil, dan Pulau Seram bagian timur
f. Pantai: Pantai Ora, Pantai Ngurbloat, Natsepa, Jikumerasa

Pulau Bali
a. Gunung : Agung, Batur, Abang, Adeng, Batukaru, Merbuk
b. Lembah : Lembah Pantunan, Lembah Tukad Melangit
c. Bukit : Bukit Asah, Bukit Cinta, Bukit Jambul, Bukit Belong
d. Sungai : Ayung, Balangan, Tikad Buleleng, Pangi, Pakerisan
e. Dataran rendah : Badung, Tabanan, Gianyar, Buleleng, Batur, dan Buyan
f. Pantai: Kuta, Sanur, Jimbaran, Tanah lot, Pandawa, Nusa Dua

Kepulauan Nusa Tenggara
a. Gunung : Egon, Lewotolo, Rokatenda, Kelimutu, Rinjani, Tambora.
b. Lembah  Lembah Paundoa, Lembah Hijau Lombok, Bola Palelo, Jarebuu, Lembah Rinjani.
c. Bukit : Bukit Marese, Bukit Pengasingan, Batu Hidung, Bukit Mandoo, 
d. Sungai Wera, Wajalu, Benanain, Putih,Kambaniru, Aesesa, 
e. Dataran rendah , Moyo Hilir, Lape, Lopok, Plampang, dan Empang, Terdapat sepanjang pantai Utara dan Barat mulai dari Jereweh di pantai barat, Taliwang, Seteluk, Alas, Utan, Sumbawa Besar
f. Pantai: Sengigigi, Pantai Koka, Gili Trawangan, Sekotong,

Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui bentuk muka bumi atau bentang alam Pulau Papua.
Sekarang giliranmu untuk mencari tahu bentuk muka bumi atau bentang alam
provinsimu.
Untuk membantumu, kamu dapat melakukan studi pustaka dengan mencari
sumber-sumber referensi di perpustakaan sekolah.
Tuliskan hasilnya pada kolom berikut.


-------------------------...


Ayo Berlatih (Halaman 95)
Berdasarkan penjelasan iklim di atas jawablah pertanyaan-pertanyaan
berikut.
1. Pada bulan apakah musim penghujan terjadi di Indonesia?
OKtober-Maret
2. Pada bulan apakah musim kemarau terjadi di Indonesia?
April- September
3. Ceritakan fenomena alam angin muson di Indonesia!
Muson merupakan angin musiman yang bersifat periodik dan biasanya terjadi terutama di Samudera Hindia dan sebelah selatan Asia.


Ayo Membaca (Halaman 96-97)

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas. (Beragamnya Flora dan Fauna Indonesia)

Paragraf 1
Ide Pokok: Indonesia sangat kaya dengan keragaman flora dan fauna.

Paragraf 2
Ide Pokok: Banyak faktor yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia, seperti iklim.

Paragraf 3
Ide Pokok: Faktor penyebab kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia adalah tanah

Paragraf 4
Ide Pokok: Air juga merupakan faktor penting yang menyebabkan kaya dan beragamnya flora dan fauna di Indonesia.

Paragraf 5
Ide Pokok: Selain iklim, tanah, dan air yang merupakan faktor abiotik, ada juga
faktor biotik yang mempengaruhi kaya dan beragamnya flora dan fauna
di Indonesia, yakni manusia.

Paragraf 6
Ide Pokok: Di sisi lain, manusia juga mempengaruhi keberlangsungan hidup flora
dan fauna.

Paragraf 7
Ide Pokok:Faktor biotik selain manusia adalah hewan dan tumbuhan itu sendiri.


Ayo Berlatih (Halaman 101)
Pasangkanlah dengan garis antara pernyataan yang mencerminkan pengamalan nilai-nilai Pancasila dengan sila-sila Pancasila yang sesuai! 


Ayo Mengamati (Halaman 102)
Amatilah gambar-gambar berikut.
Berilah tanda centang () pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Berilah tanda silang (x) pada gambar yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Jawaban Pembelajaran 3 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 77, 80, 82,84)

Soal dan jawaban dalam pembelajaran 3 subtema 2 tema 1 kelas 5 Sekolah Dasar kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 77. Para peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Ayo Mengamati
Amatilah peta persebaran kepadatan penduduk di Indonesia berikut ini

Ayo Mencoba
Berdasarkan peta di atas, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Pulau manakah yang paling padat penduduknya di Indonesia? Pulau Jawa
2. Pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia? Pulau Papua
3. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Lampung? 50- 100 orang/ km
4. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi Papua Barat? kurang dari 10 orang/ km
5. Berapakah jumlah kepadatan penduduk Provinsi tempat tinggalmu? Jawa Tengah (600-1299 orang/ km)

Ayo Berlatih (Halaman 78)
Pasangkan antara pulau dengan suku bangsa yang tepat dengan menarik garis.

Ayo Berdiskusi (Halaman 80)
Selain keberagaman suku bangsa, Indonesia juga dianugerahi keberagaman agama. Saat ini ada 6 agama yang diakui oleh pemerintah untuk dianut oleh masyarakat, yakni Islam, Kristen, Katholik, Buddha, Hindu, dan Konghucu. Adapun Islam menjadi agama dengan jumlah pemeluk terbesar di Indonesia. Coba diskusikan dengan temanmu, daerah-daerah persebaran agama di
Indonesia.
Berilah tanda-tanda seperti berikut pada daerah-daerah di peta sesuai persebaran agamanya.


Ayo Membaca (Halaman 82-83)

Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas. (pada bacaan halaman 82)

Paragraf 1
Ide Pokok: Kerukunan umat beragama merupakan bentuk hubungan antarmanusia yang damai berkat adanya toleransi beragama

Paragraf 2
Ide Pokok: Kerukunan umat beragama sangat penting bagi bangsa Indonesia untuk mencapai kesejahteraan hidup.


Paragraf 3
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama merupakan program yang dicanangkan pemerintah untuk menciptakan kehidupan beragama damai dan rukun.

Paragraf 4
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama bertujuan agar masyarakat Indonesia bisa hidup dalam kebersamaan, meskipun banyak perbedaan.

Paragraf 5
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama dimulai dengan kerukunan antarumat beragama dalam satu agama (intern umat beragama)

Paragraf 6
Ide Pokok: Tri Kerukunan Umat Beragama selanjutnya adalah kerukunan antarumat beragama yang memiliki pengertian kehidupan yang rukun antar masyarakat meskipun berbeda agama dan keyakinan.

Paragraf 7
Ide Pokok: Adapun Tri Kerukunan Umat Beragama yang terakhir adalah kerukunan antarumat beragama dengan pemerintah mengandung pengertian bahwa tiap-tiap umat beragama dapat bekerja sama dan bermitra secara baik dengan pemerintah dalam menjaga kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara

Ayo Mencoba (Halaman 84)

Setiap sila dalam Pancasila memiliki nilai-nilai luhur yang berbeda satu sama lain. Sekarang bersama dengan temanmu bandingkan nilai-nilai luhur setiap sila dalam Pancasila.

SILA I Ketuhanan Yang Maha Esa
Menjalankan ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing
SILA II Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Berperilaku kasih sayang terhadap sesama teman dan sesama manusia secara umum.
SILA III Persatuan Indonesia
Mengikuti upacara Bendera
SILA IV Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/ Perwakilan
Mengutamakan diskusi untuk memecahkan masalah
SILA V Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Berperilaku adil terhadap teman-teman.

Ayo Renungkan (Halaman 87)
Dengan mempelajari kondisi kependudukan dan geografis alam Indonesia, kita makin bangga dan bersyukur menjadi warga negara Indonesia.
Sudahkah kamu mencintai bangsamu? Tuliskan sikap dan perilakumu yang menunjukkan bahwa kamu cinta tanah air.

Sebagai pelajar saya aktif mengikuti kegiatan upacara bendera di sekolah. Selain itu saya juga menaati tata tertib yang berlaku di sekolah, aturan di keluarga, norma di masyarakat dan UU/ peraturan hukum pemerintah.

Jumat, 26 Juni 2020

Jawaban Pembelajaran 2 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 63, 69, 71, 74,75

Kunci jawaban dari pembelajaran 2 subtema 2 tema 1 halaman 63 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud kelas 5 SD. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Amatilah gambar di atas. Kemudian, jawablah pertanyaanpertanyaan
berikut.
1. Kegiatan yang nampak pada gambar di atas adalah bermain sepak bola
2. Kegiatan di atas termasuk permainan yang menggunakan kaki
3. Tempat yang aman untuk melakukan kegiatan tersebut adalah lapangan
4. Apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan kegiatan tersebut?
-pemanasan
- makan yang cukup

Ayo Berdiskusi
Kamu telah mengetahui organ gerak manusia, terutama tulang. Sekarang, diskusikan dengan temanmu fungsi dari masing-masing tulang tersebut. Untuk memudahkan pekerjanmu, kamu bisa mencari buku referensi di perpustakaan sekolah.

1. Tulang hasta.
Fungsi: Membentuk lengan bawah sebagai alat gerak manusia serta menghubungkan lengan atas dengan pergelangan tangan.

2. Tulang lengan atas
Fungsi: Sebagai tempat menempel otot utama yang menggerakkan bahu dan siku.
3. Tulang pengumpil
Fungsi: Menyambungkan bagian siku dengan tangan di sisi ibu jari
Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals).
4. Tulang pergelangan tangan
Fungsi: Menghubungkan tulang jari (phalanges) dengan tulang telapak tangan (carpals).

5. Tulang telapak tangan
Fungsi: Sebagai pemberi bentuk tangan, juga menghubungkan tulang jari (phalanges) dgn tulang pangkal tangan (carpals).
Metacarpals juga berfungsi untuk membentuk buku jari, yang dibentuk saat kamu mengepalkan tangan.

6. Tulang paha
Fungsi: Sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

7. Tulang kering
Fungsi: Sebagai penahan benturan di kaki dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari,

8. Tulang betis
Fungsi: Penahan tulang betis dalam menjaga keseimbangan dan sebagai penggerak untuk berjalan dan berlari

9. Tulang pergelangan kaki
Fungsi:Memungkinkan gerak naik turun kaki, karena adanya sendi engsel

10. Tulang telapak kaki
Fungsi: Memungkinkan kaki untuk berpijak sehingga dapat berjalan, berlari dan berdiri
11. Tulang jari kaki
Fungsi: Berfungsi sebagai pijakan dan juga membantu badan agar lebih seimbang

Fungsi organ gerak manusia sangat banyak. Hampir semua aktivitas manusia tidak bisa terlepas dari organ gerak, bukan hanya dalam sepak bola saja. Coba kamu sebutkan aktivitas manusia yang memanfaatkan kerja organ gerak!

- Berenang
- Berlari
- Berjalan
- Naik sepeda

Ayo Membaca (Halaman 69-71)
Berdasarkan bacaan di atas, temukan ide pokok masing-masing paragrafnya.

Paragraf 1
Ide Pokok: Sidik lahir dengan kondisi yang memprihatinkan.

Paragraf 2
Ide Pokok : Meski tubuhnya tak sempurna, sejak kecil Sidik tidak pernah mau merepotkan orang lain.

Paragraf 3
Ide Pokok: Saya tidak mau dikasihani orang.

Paragraf 4
Ide Pokok: Setelah bertahun-tahun bekerja di Yayasan Swa Prasidya Purna tetapi 
tidak menghasilkan materi berarti, Sidik memilih keluar dan mencari pekerjaan lain

Paragraf 5
Ide Pokok: Modalnya ketika itu sumbangan dari Pemda DKI sebesar satu juta rupiah.

Paragraf 6
Ide Pokok: Sidik tak kehilangan akal, dia mendesain motornya agar tuas perseneling dapat dioperasikan dengan tangan

Paragraf 7
Ide Pokok: Saat ini Sidik terus mengembangkan pemasaran produknya.

Paragraf 8
Ide Pokok: Kini, dari hasil usahanya, Sidik mengantungi keuntungan berkisar 1 sampai 2 juta rupiah perbulan

Ayo Renungkan (Halaman  74)
1. Buatlah sebuah karangan singkat dengan ide pokok berikut ini.
Paragraf 1 : Makan sayur membuat sehat
Paragraf 2 : Aku gemar makan sayur
Paragraf 3 : Sayur bayam adalah sayur kesukaanku
Pargaraf 4 : Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida


Sayuran Sehat Membuat Tubuh Juga Sehat

Makan sayur membuat tubuh kita sehat. Sayuran mengandung zat-zat bergizi yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan kita. Jika kita rajin mengonsumsi sayuran dengan benar, kita akan terhindar dari penyakit berbahaya.

Aku sangat gemar makan sayur. Ibu selalu menyediakan sayuran di rumahku. Ada bermacam-macam sayuran yang dimasak untuk pelengkap makan misalnya sayur bayam, sayur terong, sayur kacang, tomat dan lain-lain.

Aku suka makan sayur bayam. Apalagi jika yang masak sayur bayam adalah ibuku. Rasanya enak sekali. Aku menambahkan sedikit sambal, agar rasanya semakin lezat.

Sayur yang sehat adalah yang bebas dari pestisida. Jika sayur terlalu sering disemprot pestisida, rasanya menjadi tidak nikmat, bahkan berbahaya. Untuk itu agar kita bisa memastikan apakah sayuran yang kita konsumsi aman, sebaiknya tanamlah sayuran di sekitar rumah atau kebun.

2. Kamu telah mengetahui organ gerak dalam tubuhmu beserta fungsinya. Coba renungkan, apa yang terjadi jika salah satu organ gerak dalam tubuhmu rusak atau tidak dapat bekerja sebagaimana  mestinya? Renungkan juga apa yang bisa kamu lakukan tanpa adanya organ gerak dalam tubuhmu?
Lalu, bagaimana caramu menjaga organ gerak dalam tubuhmu?

Sesungguhnya tubuh kita merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Mencipt. Setiap organ tubuh memiliki manfaat bagi kita. Sungguh sangat sedih apabila salah satu organ tubuh kita mengalami kerusakan atau bahkan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Misalnya kaki. Jika kita kehilangan kaki, kita akan mengalami kesulitan beraktivitas sehari-hari. Jagalah selalu kesehatan setiap organ tubuh kita dengan beraktivitas sewajarnya dan mengonsumsi makanan sehat.

Bersama orang tuamu, buatlah daftar aktivitas yang kamu lakukan di rumah. Tentukan aktivitas yang memanfaatkan organ gerak.
- Berjalan
- Berlari
- Berolahraga
- Berdiri
- Jongkok

Kamis, 25 Juni 2020

Kunci Jawaban Pembelajaran 1 Subtema 2 Tema 1 Kelas 5 Halaman 56, 60, 61

Soal dan jawaban dari pembelajaran 1 dalam buku Tematik Kelas 5 Subtema 2 Manusia dan Lingkungan kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Peserta didik diminta mengerjakan soal dengan benar dan tidak mencontek.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini


Ayo Mengamati
Amatilah ilustrasi kedua gambar di atas, kemudian jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.
1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?
Gambar pertama tentang seorang anak yang sedang mengayuh sepeda
Gamabr kedua tentang seseorang yang sedang mengendarai sepeda motor

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?
Aktivitas yang menyehatkan adalah aktivitas pada gambar 1

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
Betul sekali

Ayo Berlatih
Baca dan pahami teks tentang bersepeda
Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.
Lakukan secara bergantian dengan temanmu.
Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.

Paragraf 1
Ide Pokok: Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan

Paragraf 2
Ide Pokok : Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

Paragraf 3
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.

Paragraf 4
Ide Pokok: Salah satu pilihan yang bijak unutk menjaga stamina dan daya tahan tubuh adalah dengan bersepeda.

Paragraf 5
Ide Pokok: Bersepeda juga merupakan olahraga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.

Paragraf 6
Ide Pokok: Oleh karena bisa membakar kalori dalam tubuh, maka bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes.

Paragraf 7
Ide Pokok: Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.

Ayo menulis (Halaman 61)

Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Ayo Menulis
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang
kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.

Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Aku mulai menyukainya sejak ayah mengajariku naik sepeda pada saat aku masih berumur 6 tahun. Saat itu, ayah membelikanku sepeda roda empat. Setelah itu, ayah melepas dua roda kecil di samping kiri dan samping kanan roda belakang. Aku sering terjatuh saat naik sepeda, namun aku tidak kapok. Sekarang aku rajin bersepeda

Aku bersepeda pada sore hari. Setelah menunaikan salat asar, aku segera bersiap-siap untuk naik sepeda. Terkadang ayah dan ibu menemaniku bersepeda, namun tidak jarang aku bersepeda sendiri. Aku senang jika bisa bersepeda bersama ayah dan ibu.

Aku bersepeda berkeliling desa. Jalan di desaku sudah beraspal sehingga aku bisa berkeliling desa dengan nyaman. Aku bisa melihat suasana desa yang masih asri dengan sawah, ladang, sungai dan pepohonan yang terlihat begitu indah.

Aku bersepeda bersama teman-temanku. Kami memilih rute yang berbeda-beda setiap hari. Terkadang kami menyusuri pinggir sawah, pinggir sungai bahkan tidak jarang kami berkeliling ke desa lain.

Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan. Tubuhku terasa sehat dan bugar tiap kali selesai naik sepeda. Meskipun terkadang merasa kelelahan, aku merasa tubuhku tumbuh dengan sehat.


Ayo Renungkan
Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/ bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat kita lebih sehat. Mengapa demikian? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia

Melakukan kegiatan fisik memang membuat badan kita sehat karena  seluruh tubuh kita akan bergerak dan membuat organ tubuh seperti jantung, otot, dan paru-paru bekerja keras. 

Kunci Jawaban Pembelajaran 6 Subtema 1 Tema 1 Kelas 5 Halaman 51,53

Soal dan jawaban dalam buku Tematik kelas 5 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 6 Halaman 51. Peserta didik diminta mengerjakan beberapa soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Ayo Berkreasi
Amatilah dengan cermat gambar di atas, kemudian buatlah cerita tertulis dari gambar tersebut. Buatlah cerita minimal tiga paragraf.
Sebelum menulis cerita, tentukan ide pokok terlebih dulu yang akan kamu kembangkan dalam cerita.

Paragraf 1
Ide Pokok: Edo Bermain di rumah Pak Rudi.

Paragraf 2
Ide Pokok: Edo membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci

Paragraf 3
Ide Pokok:Kandang Kelinci Pak Rudi selalu bersih.

Paragraf 4
Ide Pokok: Pak Rudi Rajin memberi makan kelinci.

Paragraf 5
Ide Pokok: Kelinci Pak Rudi sangat lucu.


Kolom Cerita

Kelinci Pak Rudi

Hari ini, Edo bermain ke rumah Pak Rudi. Beliau adalah adik dari ayah Rudi. Edo suka bermain di rumah Pak Rudi karena orangnya baik hati dan sangat menyayangi Edo. Selain itu, Edo juga senang melihat kelinci di rumah Pak Rudi.Tak terasa sore pun tiba, Edo harus pulang.

Sebelum pulang, ia membantu Pak Rudi membersihkan kandang kelinci. Saat Pak Rudi menyapu sampah di sekitar kandang, Edo membantu memungut sampah, lalu memasukkanya ke tempat sampah. Tidak lupa, ia juga memakai sarung tangan agar terjaga kesehatannya.

Kandang kelinci Pak Rudi selau bersih karena beliau rajin membersihkannnya. Pak Rudi rutin membersihkan kandang setiap hari. Jika kandang bersih, kelinci akan menyukainya.

Pak Rudi juga selalu memberi makan kelincinya setiap hari. Beliau menyediakan makanan seperti wortel dan sayuran-sayuran lainnya.

Kelinci Pak Rudi terlihat sangat lucu dan menyenangkan. Terkadang Edo meminta Pak Rudi untuk mengambilkan seekor kelinci lalu bermain-main dengan kelinci tersebut.

Ayo Membaca (Halaman 53)
Tentukan ide pokok dari masing-masing paragraf bacaan di atas.

Paragraf 1
Ide Pokok: Kupu-kupu adalah hewan yang lucu.

Paragraf 2
Ide Pokok: Kupu-kupu termasuk hewan serangga

Paragraf 3
Ide Pokok: Sayap kupu-kupu yang indah sebenarnya transparan

Paragraf 4
Ide Pokok:Kupu-kupu memiliki kemampuan terbang yang luar biasa.


Ayo Mengamati
Kamu telah mengetahui organ gerak hewan vertebrata dan avertebrata.
Pada pembelajaran sebelumnya kamu telah mengetahui gerak kelinci, siput, kupu-kupu.
Bersama kelompokmu, melalui contoh gerak hewan-hewan tersebut, identifikasikan ke dalam kelompok hewan vertebrata atau avertebrata.
Kemudian buatlah perbandingan antara keduanya. Lakukan dengan diskusi secara berkelompok.

Hewan vertebrata:  Burung dan Sapi
a. hal yang dibandingkan : ALAT GERAK
b. penjelasan : Meskipun sesama hewan vertebrata, Burung dan Sapi memiliki alat gerak yang berbeda . Burung Lebih sering menggunakan Sayap untuk bergerak, sementara kuda lebih sering menggunakan keempat kakinya.

Hewan avertebrata: Cacing dan ubur-ubur

a. Hal yang dibandingkan : sistem pertahanan diri
b. Penjelasan: meski berasal dari kelompok avertebrata yang sama, cacing dan ubur-ubur memiliki cara bertahan diri yang berbeda. Cacing mengandalkan permukaan kulitnya yang licin untuk meloloskan diri dari predator, sementara ubur-ubur menggunakan sengatannya.