Jumat, 24 Januari 2020

Tabel 5.3 Daftar Pertanyaan Halaman 110

Kunci jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 110 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang nama pahlawan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Pejuang lainnya yang berusia muda dan berjuang mengorbankan tenaga harta dan nyawa masih banyak yang tidak tercatat dalam sejarah. Untuk menengal lebih dalam tokoh pejuang dari kalangan pemuda, carilah informasi secara berkelompok tentang tokoh pejuang dari kalangan pemuda. Aktivitas mencari informasi dapat dilakukan dengan mengisi tabel berikut ini

Tabel 5.3 Daftar pertanyaan

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Tan Malaka
Tahun lahir: 2 Juni 1897
Tahun perjuangan: Sejak 1920an- 1960 an
Bentuk perjuangan:
1. Mendidik rakyat jelata agar mengerti tentang ilmu pengetahuan dan politik
2. Melakukan perlawanan terhadap Belanda dengan cara mengobarkan semangat nasionalisme kepada rakyat Indonesia

2. Ir Soekarno
Tahun lahir: 6 Juni 1901
Tahun perjuangan: sejak 1920- 1950an
Bentuk perjuangan
1. Mengobarkan semangat nasionalisme
2. Memimpin revolusi melawan Belanda dengan berbagai cara

3. Mohammad Hatta
Tahun lahir: 12 Agustus 1902
tahun perjuangan; sejak 1920an- hingga 1960an
Bentuk perjuangan
1. Mengobarkan kesadaran berbangsa dan bernegara
2. Menentang penjajahan Belanda

4. Syahrir
tahun lahir : 1902
tahun perjuangan: 1920-1960an
bentuk perjuangan
1. Berjuanga lewat jalur diplomasi
2. Memimpin perlawanan terhadap Belanda.

5. Bung Tomo
tahun lahir : 1920
tahun perjuangan: 1940 - 1950 an
bentuk perjuangan:
1. Mengobarkan semangat perlawanan terhadap belanda melalui orasi di radio
2. sebagai wartawan

Kamis, 23 Januari 2020

Aktvitas 5.1 Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda halaman 104

Soal dan jawaban dari aktivitas 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Pkn) Kelas 8 SMP/ MTs halaman 104 bab 5 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengurai makna sejarah sumpah pemuda.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Aktivitas 5.1
Setelah kalian mencari informasi dengan membaca wacana materi di atas dan sumber belajar lain tentang nilai sejarah sumpah pemuda, tulislah apa yang sudah kalian ketahui ke dalam tabel berikut.

Tabel 5.2 Makna Sejarah Sumpah Pemuda

Jawab:
Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Kronologi Peristiwa Sumpah Pemuda
Uraian: Perjuangan bangsa Indonesia selama bertahun-tahun bahkan berabad-abad terus menemui kegagalan. Faktor penyebabnya adalah perjuangan mereka bersifat lokal. Perjuangan tersebut justru membuat penjajah leluasa memecah-belah bangsa ini. Para pemuda , pada tahun 1928 menyadari kekeliruan itu, untuk itu mereka berupaya menyatukan bangsa yang berada dalam penjajahan belanda untuk bersatu melalui sumpah pemuda, 28 oktober 1928

2. Semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda
Uraian:Semangat dan komitmen mereka antar lain:
a. Cita-cita Indonesia merdeka menjadi cita-cita pemuda Indonesia
b. Semua perkumpulan pemuda berdaya upaya menggalang persatuan organisasi pemuda dalam satu wadah.

3. Makna Sumpah pemuda bagi perjuangan kemerdekaan
Uraian: Sumpah penuda menjadi tonggak dan babak baru perjuangan yang menyatukan bangsa Indonesia sekaligus menandai cara baru melawan penjajah yakni melalui berbagai macam cara misalnya diplomasi.

4. Makna Sumpah pemuda bagi pelajar
Uraian: Bagi para pelajar yang juga berarti para pemuda, peristiwa sumpah pemuda membuka mata dan hati mereka, bahwa usia pemuda merupakan usia untuk memulai menggapai cita-cita pribadi maupun bangsa dan negara.


Tabel 5.1 Daftar Pertanyaan Pkn Kelas 8 Halaman 97

Soal dan jawaban dari tabel 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 97. Peserta didik diminta membuat daftar pertanyaan.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Soal

Apa yang kalian rasakan dan pikirkan pada saat mengamati teks sumpah pemuda tersebut dibacakan. Diskusikan dengan kelompok kalian untuk mengembangkan sebanyak mungkin informasi yang kalian ingin ketahui dengan menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan sumpah pemuda. Tulislah pertanyaan kalian dalam kolom di bawah ini.

Tabel 5.1. Daftar pertanyaan

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Siapa saja tokoh-tokoh yang terlibat dalam kongres pemuda?
2. Bagaimana situasi dan kondisi bangsa Indonesia saat itu?
3. Apa sebabnya para pemuda menggelar sumpah pemuda?
4. Apa dampak peristiwa sumpah pemuda terhadap bangsa Indonesia saat itu?
5. Bagaiman reaksi penjajah Belanda setelah peristiwa sumpah pemuda

Jawaban Uji Kompetensi 6 PPkn Kelas 10 Halaman 200

Soal dan jawaban dari Uji Kompetensi 6 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 200. Peserta didik diminta mengerjakan 5 pertanyaan.


Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban tersebut di bawah ini !

Soal

Uji Kompetensi 6
Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Pada hakikatnya kebhinekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut
Jawab: Benar sekali pernyataan tersebut, perbedaan dalam hal suku, agama, ras dan antar golongan di Indonesia apabila tidak dikelola dengan baik akan menjadi sumber perpecahan. Akan tetapi jika kita bisa mengelola dengan bijaksana, semua itu bisa menjadi sumber kekuatan bangsa ini.

2. Ancaman militer pada hakikatnya berkaitan dengan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan. Jelaskan dan beri contoh terkait dengan ancaman di bidang militer.
Jawab: Benar. Semakin tinggi teknologi militer sebuah negara akan menimbulkan kecemasan negara lain. Misalnya perlombaan teknologi nuklir AS, Iran, Korea utara

3. Agresi suatu negara yang mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa Indonesia mempunyai bentuk-bentuk mulai dari yang berskala paling besar sampai dengan yang terendah. Jelaskan dan berikan contoh bentuk agresi yang berskala besar yang pernah dialamai bangsa Indonesia
Jawab: Indonesia pernah menerima invasi dari banyak negara, Jepang, Belanda, Inggris, Portugis.

4. Ancaman nonmiliter pada hakikatnya disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Jelaskan hubungan ancaman non militer dengan pengaruh globalisasi
Jawab: Ancaman nonmiliter akn terjadi jika kita kalah bersaing.

5. Pada hakikatnya ancaman dalam kebhinekaan yang berdimensi politik dan bersumber dari dalam negeri dapat berupa pengerahan massa dan separatisme. Jelaskan maksud pertanyaan tersebut?
Jawab: 

Apa yang Kalian Rasakan Ketika Membaca Kembali Peristiwa Bencana Asap di Wilayah Sumatera dan Kalimantan

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud  bab 6 halaman 197. Peserta didik diminta menjawab empat soal berdasarkan teks bacaan pada halaman 196.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Penilaian Diri
Coba kalian analisis peristiwa di bawah ini !

Teks bacaan bisa kalian baca pada buku PKn kelas 10 kalian masing-masing

Jawablah Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini
1. Apa yang kalian rasakan ketika membaca kembali peristiwa bencana asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan
Jawab: 
Saya merasa prihatin dengan peristiwa tersebut. Dampak yang sangat berbahaya menimpa penduduk di wilayah terdampak bencana asap. Mulai dari gangguan kesehatan, gangguan keamanan dan gangguan aktivitas sehari-hari. Saya berharap ada langkah tegas agar penyebab kebakaran bisa ditemukan dan kebakaran bisa dipadamkan.

2. Setujukah kalian apabila pihak asing untuk memberikan bantuan, tetapi tanpa meminta izin terlebih dahulu kepada Pemerintah Indonesia? Berikan alasanmu
Jawab:
Saya tidak setuju hal tersebut. Pihak asing boleh memberikan bantuan dengan seizin Pemerintah Indonesia dan pemerintah juga harus mempermudah izin tersebut.

3. Sejauh yang kalian ketahui, bagaiman kontribusi rakyat Indonesia dalam membantu bencana asap tersebut ?
Jawab:
Tidak mudah menilai kontribusi rakyat Indonesia terutama yang berada di sekitar lokasi bencana, karena ada sebagian yang peduli namun tidak sedikit yang tidak acuh terhadap bencana tersebut. ketidakacuhan tersebut bisa jadi karena ketidakberanian dari masyarakat dalam bertindak mencegah sekelompok orang untuk membakar hutan.

4. Identifikasi nilai-nilai apa saja yang bisa kalian teladani dalam wacana di atas? Nilai-nilai apa saja yang sudah dan belum kalian lakukan dalam kehidupan sehari-hari?
Jawab:
Nilai yang bisa kita petik adalah semangat dalam membantu sesama manusia. Saya sendiri terkadang merasa berat melaksanakan semangat tersebut karena terlalu fokus dengan masalah sendiri.

Tabel 6.4 Peran Serta Masyarakat untuk Mengatasi Ancaman

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan (PKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 193. Peserta didik diminta mengerjakan tabel yang tersedia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Tugas Kelompok 6.1
Nah setelah kalian membaca uraian diatas, coba kalian bersama teman sebangku melakukan penilaian atas peran serta masyarakat untuk mengatasi berbagai ancaman dalam membangun integrasi nasional! Informasikan hasil penilaian kelompok kalian kepada kelompok lainnya!

(Silakan lihat tabel pada buku Pkn kalian masing-masing

Jawab:

1. Ideologi
Peran serta: Menerapkan sistem pertahanan keamanan rakyat semesta
(Sishankamrata)
Indikator keberhasilan: Keamanan di wilayah Indonesia relatif terkendali, dikarenakan
adanya kerja sama yang erat antara TNI/Polri dan rakyat.

2. Politik
Peran serta: Mengikuti pesta demokrasi dengan baik
Indikator keberhasilan: Meningkatnya peran serta masyarakat untuk mengikuti pemilu.

3. Ekonomi
Peran serta: Berupaya menjadi pengusaha atau menekuni bidang UMKM
Indikator keberhasilan: Semakin banyak penjual / pebisnis di Indonesia baik secara online maupun offline

4.Sosial Budaya
Peran serta: Menggemari lagu-lagu bertema daerah
Indikator keberhasilan: Semakin populernya kebudayaan terutama lagu-lagu daerah di Indonesia.

5. Pertahanan dan Keamanan
Peran serta: Aktif menjaga keamanan lingkungan dengan mengikuti kegiatan siskamling.
Indikator keberhasilan: Bisa mendeteksi munculnya bibit bibit terorisme dalam lingkungan masyarakat

Uji Kompetensi 4 PKN Kelas 8 SMP Halaman 93

Soal dan jawaban dari uji kompetensi dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 8 SMP Bab 43 halaman 93 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal dan jawaban

Suatu bangsa tidak akan berubah manakala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas mersdeka seperti yang dirasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan Indonesia. Penjajah Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia dalam waktu yang lama karena bangsa Indonesia mudah dipecah belah dan perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Jawablah soal soal di bawah ini dengan benar

1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia.



Jawab:

Silakan tonton video ini 



atau perhatikan tulisan di bawah ini


Rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran pada abad ke-15 menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru keseluruh dunia. Ekspedisi ini banyak menemukan sumber ekonomi dan lahan baru untuk dilakukannya perdagangan. Ternyata kemudian bangsa Eropa tidak hanya melakukan perdagangan melainkan langsung menguasai dan menjajah negara-negara yang mereka anggap baru diketemukan.


2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia.
Jawab:
Masyarakat terdidik merupakan kelompok masyarakat yang memilih berjuang dengan menggunakan cara-cara anti kekerasan. Mereka menjalankan strategi dan berpolitik dengan matang dengan tujuan untuk melawan penjajahan Belanda. Meraka harus pintar dalam bidang pendidikan. Untuk itu rakyat harus diberi kesempatan mengikuti pendidikan dan pengajaran serta memupuk kesadaran kebangsaan. Para pemuda itu menamakan diri mereka Budi Utomo, yang selanjutnya akan menjadi organisasi bersejarah yang memulai perlawanan dan perjuangan dengan ilmu.


3. Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semagnat kebangkitan nasional.
Jawab:
Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang memperjuangkan cita cita nasional, dalam perjalanannya Budi Utomo diwarnai berbagai kepentingan baik dari birokrat priyayi (bangsawan) maupun pemerintah Belanda. Namun pidato dr. Sutomo yang dalam diawal pendirian Budi Utomo, yaitu ”saya yakin nasib tanah air dikemudian hari akan ada ditangan kita” (Fajriudin M, 2015:28). Pidato ini berbekas kepada seluruh anggota Budi Utomo untuk memperjuangkan kehormatan bangsa Indonesia Besarnya pengaruh pergerakan Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, maka Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai hari Kebangkitan Nasional.

4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908.
Jawab:
Ya, benar. Justru pada masa sekarang kita membutuhkan orang-orang yang bersemangat seperti pada tahun 1908 sebab "penjajahan" pada zaman sekarang bukan lagi berupa penindasan dengan senjata akan tetapi dengan menggunakan sarana ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Kita harus mempertahankan bangsa ini dengan cara dan semangat sebagamana tahun 1908 dengan menyesuaikan kondisi pada masa sekarang.

5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa
Jawab:
Justru di tangan para pelajarlah nasib bangsa ini diletakkan. Mereka harus sungguh-sungguh menempuh ilmu dan menanamkan rasa cinta tanah air terhadap Republik Indonesia. Apabila merak serius sekolah dan akhirnya sukses dalam berbagai bidang, tentu akan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Rabu, 22 Januari 2020

Tabel 6.2. Ancaman dalam Berbagai Dimensi Pkn Kelas 10 Halaman 184

Kunci jawaban dari Tugas Mandiri 6.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 184. Peserta iddik diminta mengerjakan soal tentang ancaman dalam berbagai dimensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 6.2

Setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian cari di internet atau sumber lain ancaman berdimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi informasi, serta keselamatan umum. Tuliskan ancamannya pada bagian di bawah ini.

(Silakan melihat tabel dalam buku kalian masing-masing)

Jawab

1.  Ideologi
Ancaman: Paham ideologi komunis
Contohnya: tidak mengakui adanya Tuhan

2. Politik
Ancaman: Demokrasi yang salah arah
Contohnya: Kebebasan berpendapat yang terkadang justru membuat pelakunya harus dipenjara.

3. Ekonomi
Ancaman: Perdagangan bebas
Contohnya: Kekalahan pedagang lokal di tangan pedagang asing

4. Sosial Budaya
Ancaman: Masuknya budaya asing
Contohnya: Generasi muda malas meng

5. Teknologi Informasi
Ancaman: Pornografi dan narkoba
Contohnya: Semakin mudah mengakses informasi negatif seperti pornografi, pornoaksi bahkan bisa mendapatkan narkoba melalui internet.

6. Kedaulatan umum
Ancaman: Mosi tidak percaya terhadap pemimpin
Contohnya: Demonstrasi terus menerus untuk melengserkan presiden.

Tabel 6.1 Ancaman dan Akibatnya Jika Ancaman-Ancaman Militer

Pada artikel kali ini, kita akan bersama-sama membahas tabel 6.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 6 halaman 183 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Kalian diminta mengisi tabel yang ada.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas 6.1
Setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian cari di internet atau sumber lain dakibat jika ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan akibatnya pada bagian di bawah ini

(Silakan lihat tabel pada buku PKN kelas 10 kalian masing-masing)

Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Ancaman militer akibatnya bagi integrasi nasional
Akibatnya bagi integrasi nasional:
Semakin pesat perkembangan teknologi militer negara-negara tertentu akan menimbulkan kecemasan bagi negara lain.

2. Spionase
Akibatnya bagi integrasi nasioal:
Spionase dilakukan untuk mendapat informasi penting dari negara lain. Hasil dari spionase itu akan digunakan untuk keuntungan pengirim mata-mata. Sementara negara yang dimata-matai akan menerima kerugian karena rahasia-rahasia penting bocor ke negara lain. Akibat yang berbahaya adalah negara yang dimata-matai akan diserang baik secara militer, politik, ekonomi maupun sosial budaya.

3. Teroris
Akibat: Akan muncul ketakutan dan trauma dan juga rasa curiga terhadap kelompok tertentu. Jika ini terjadi upaya persatuan bangsa akan terhambat, karena munculnya rasa saling curiga.

4. Agresi militer
Akibat: Jika sebuah bangsa mengalami agresi atau invasi militer dari negara lain, hampir bisa dipastikan akan timbul kerusakan dan kehancuran infrastrukur dengan sangat parah. Pada saat yang sama akan muncul kemungkinan terburuk yakni rusaknya integrasi nasional yakni jatuhnya sebuah wilayah ke tangan negara lain.

5. Penyelundupan senjata
Akibat: Penyelundupan senjata sangat berbahaya jika digunakan untuk kriminal dan terutama digunakan untuk mendirikan kelompok separatis melawan pemerintah resmi.

Selasa, 21 Januari 2020

Tabel 4.4 Keberagaman di Sekitar Peserta DIdik

Halo para peserta didik, kali ini kita akan mengerjakan soal dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tabel 4.4 bab 4 halaman 94 - 95. Kalian diminta mengisi tabel yang sudah ditentukan.

Saya percaya kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah, akan tetapi jika kalian masih membutuhkan referensi, silakan lihat soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Aktivitas 4.4
1. Lakukan pengamatan keberagaman ras di sekitar kalian, seperti di sekolah, kelurahan/ desa/kampung atau kabupaten/kota. Gunakan format pengamatan yang telah kalian siapkan.
2. Carilah informasi tentang ras tersebut dari berbagai sumber bacaan, serta pengamatan. Uraikan ciri-ciri fisik ras tersebut seperti warna kulit, bentuk muka dan mata, tinggi badan dan sebagainya.
3. Buatlah kesimpulan tentang keberagaman ras di sekitar kalian
4. Sajikan laporan dalam pameran kelas atau di depan kelas
5. Gunakan tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatan kalian

Jawab

1. Negroid

Warna kulit = kulit hitam pekat
Bentuk muka dan mata = berbentuk kotak, berahang besar, berdahi lebar dan bentuk mata dalam
Tinggi badan = > 170 cm

2. Malayan-Mongoloid

Warna kulit = berwarna sawo matang
Bentuk muka dan mata = muka bulat, bermata besar
Tinggi badan = tinggi sekitar 150-165 cm


3. Melasenoid

Warna Kulit = Kulit Hitam
Bentuk muka dan mata = Berbentuk oval, bulat, mata besar
Tinggi badan = 160-170 cm

4. Kaukasoid

Warna kulit = kulit sedikit bewarna kuning
Bentuk muka dan mata = berbentuk seperti hati, mata kecil tak berkelopak,
Tinggi badan = tinggi sekitar 165-170 cm

5. Asiatic-Mongoloid

Warna kulit = kuning
Bentuk muka dan mata = muka oval bermata sipit
Tinggi badan = 155-165 cm