Kamis, 23 Januari 2020

Uji Kompetensi 4 PKN Kelas 8 SMP Halaman 93

Soal dan jawaban dari uji kompetensi dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) Kelas 8 SMP Bab 43 halaman 93 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal dengan benar.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal dan jawaban

Suatu bangsa tidak akan berubah manakala bangsa tersebut tidak mau mengubah dirinya sendiri. Bangsa Indonesia tidak mungkin menjadi bangsa yang bebas mersdeka seperti yang dirasakan saat ini apabila tidak ada usaha untuk bangkit dan melepaskan diri dari penjajahan. Kesadaran bangsa Indonesia untuk bangkit tumbuh seiring lahirnya generasi muda terdidik dan peduli terhadap kemerdekaan Indonesia. Penjajah Belanda dapat menguasai bangsa Indonesia dalam waktu yang lama karena bangsa Indonesia mudah dipecah belah dan perjuangan yang dilakukan bangsa Indonesia masih bersifat kedaerahan. Boedi Oetomo sebagai organisasi nasional pertama meletakan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan.

Jawablah soal soal di bawah ini dengan benar

1. Berikan pendapatmu mengapa bangsa Eropa termasuk Belanda melakukan penjajahan ke negara-negara di Asia.



Jawab:

Silakan tonton video ini 



atau perhatikan tulisan di bawah ini


Rusaknya ekonomi Eropa akibat peperangan dan berkembangnya teknologi pelayaran pada abad ke-15 menyebabkan negara-negara di Eropa melakukan ekspedisi untuk mencari sumber-sumber ekonomi baru keseluruh dunia. Ekspedisi ini banyak menemukan sumber ekonomi dan lahan baru untuk dilakukannya perdagangan. Ternyata kemudian bangsa Eropa tidak hanya melakukan perdagangan melainkan langsung menguasai dan menjajah negara-negara yang mereka anggap baru diketemukan.


2. Bagaimana masyarakat terdidik dan peduli terhadap bangsa dapat memerdekakan Indonesia.
Jawab:
Masyarakat terdidik merupakan kelompok masyarakat yang memilih berjuang dengan menggunakan cara-cara anti kekerasan. Mereka menjalankan strategi dan berpolitik dengan matang dengan tujuan untuk melawan penjajahan Belanda. Meraka harus pintar dalam bidang pendidikan. Untuk itu rakyat harus diberi kesempatan mengikuti pendidikan dan pengajaran serta memupuk kesadaran kebangsaan. Para pemuda itu menamakan diri mereka Budi Utomo, yang selanjutnya akan menjadi organisasi bersejarah yang memulai perlawanan dan perjuangan dengan ilmu.


3. Berikan alasanmu mengapa organisasi Boedi Oetomo dapat dikatakan peletak semagnat kebangkitan nasional.
Jawab:
Budi Utomo merupakan organisasi pertama yang memperjuangkan cita cita nasional, dalam perjalanannya Budi Utomo diwarnai berbagai kepentingan baik dari birokrat priyayi (bangsawan) maupun pemerintah Belanda. Namun pidato dr. Sutomo yang dalam diawal pendirian Budi Utomo, yaitu ”saya yakin nasib tanah air dikemudian hari akan ada ditangan kita” (Fajriudin M, 2015:28). Pidato ini berbekas kepada seluruh anggota Budi Utomo untuk memperjuangkan kehormatan bangsa Indonesia Besarnya pengaruh pergerakan Budi Utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, maka Presiden Soekarno pada tanggal 20 Mei 1948 menetapkan hari kelahiran Budi Utomo sebagai hari Kebangkitan Nasional.

4. Apakah pada masa kini masih dibutuhkan orang-orang yang memiliki semangat seperti pada tahun 1908.
Jawab:
Ya, benar. Justru pada masa sekarang kita membutuhkan orang-orang yang bersemangat seperti pada tahun 1908 sebab "penjajahan" pada zaman sekarang bukan lagi berupa penindasan dengan senjata akan tetapi dengan menggunakan sarana ekonomi, politik, sosial budaya dan lain-lain. Kita harus mempertahankan bangsa ini dengan cara dan semangat sebagamana tahun 1908 dengan menyesuaikan kondisi pada masa sekarang.

5. Ceritakan berdasarkan yang kalian ketahui bagaimana seorang pelajar mampu mengubah nasib suatu bangsa
Jawab:
Justru di tangan para pelajarlah nasib bangsa ini diletakkan. Mereka harus sungguh-sungguh menempuh ilmu dan menanamkan rasa cinta tanah air terhadap Republik Indonesia. Apabila merak serius sekolah dan akhirnya sukses dalam berbagai bidang, tentu akan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Rabu, 22 Januari 2020

Tabel 6.2. Ancaman dalam Berbagai Dimensi Pkn Kelas 10 Halaman 184

Kunci jawaban dari Tugas Mandiri 6.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan  Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 184. Peserta iddik diminta mengerjakan soal tentang ancaman dalam berbagai dimensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 6.2

Setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian cari di internet atau sumber lain ancaman berdimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi informasi, serta keselamatan umum. Tuliskan ancamannya pada bagian di bawah ini.

(Silakan melihat tabel dalam buku kalian masing-masing)

Jawab

1.  Ideologi
Ancaman: Paham ideologi komunis
Contohnya: tidak mengakui adanya Tuhan

2. Politik
Ancaman: Demokrasi yang salah arah
Contohnya: Kebebasan berpendapat yang terkadang justru membuat pelakunya harus dipenjara.

3. Ekonomi
Ancaman: Perdagangan bebas
Contohnya: Kekalahan pedagang lokal di tangan pedagang asing

4. Sosial Budaya
Ancaman: Masuknya budaya asing
Contohnya: Generasi muda malas meng

5. Teknologi Informasi
Ancaman: Pornografi dan narkoba
Contohnya: Semakin mudah mengakses informasi negatif seperti pornografi, pornoaksi bahkan bisa mendapatkan narkoba melalui internet.

6. Kedaulatan umum
Ancaman: Mosi tidak percaya terhadap pemimpin
Contohnya: Demonstrasi terus menerus untuk melengserkan presiden.

Tabel 6.1 Ancaman dan Akibatnya Jika Ancaman-Ancaman Militer

Pada artikel kali ini, kita akan bersama-sama membahas tabel 6.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 6 halaman 183 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Kalian diminta mengisi tabel yang ada.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas 6.1
Setelah membaca uraian materi di atas, coba kalian cari di internet atau sumber lain dakibat jika ancaman-ancaman militer tidak dapat ditanggulangi oleh negara kita. Tuliskan akibatnya pada bagian di bawah ini

(Silakan lihat tabel pada buku PKN kelas 10 kalian masing-masing)

Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Ancaman militer akibatnya bagi integrasi nasional
Akibatnya bagi integrasi nasional:
Semakin pesat perkembangan teknologi militer negara-negara tertentu akan menimbulkan kecemasan bagi negara lain.

2. Spionase
Akibatnya bagi integrasi nasioal:
Spionase dilakukan untuk mendapat informasi penting dari negara lain. Hasil dari spionase itu akan digunakan untuk keuntungan pengirim mata-mata. Sementara negara yang dimata-matai akan menerima kerugian karena rahasia-rahasia penting bocor ke negara lain. Akibat yang berbahaya adalah negara yang dimata-matai akan diserang baik secara militer, politik, ekonomi maupun sosial budaya.

3. Teroris
Akibat: Akan muncul ketakutan dan trauma dan juga rasa curiga terhadap kelompok tertentu. Jika ini terjadi upaya persatuan bangsa akan terhambat, karena munculnya rasa saling curiga.

4. Agresi militer
Akibat: Jika sebuah bangsa mengalami agresi atau invasi militer dari negara lain, hampir bisa dipastikan akan timbul kerusakan dan kehancuran infrastrukur dengan sangat parah. Pada saat yang sama akan muncul kemungkinan terburuk yakni rusaknya integrasi nasional yakni jatuhnya sebuah wilayah ke tangan negara lain.

5. Penyelundupan senjata
Akibat: Penyelundupan senjata sangat berbahaya jika digunakan untuk kriminal dan terutama digunakan untuk mendirikan kelompok separatis melawan pemerintah resmi.

Selasa, 21 Januari 2020

Tabel 4.4 Keberagaman di Sekitar Peserta DIdik

Halo para peserta didik, kali ini kita akan mengerjakan soal dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) tabel 4.4 bab 4 halaman 94 - 95. Kalian diminta mengisi tabel yang sudah ditentukan.

Saya percaya kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah, akan tetapi jika kalian masih membutuhkan referensi, silakan lihat soal dan jawaban di bawah ini



Soal

Aktivitas 4.4
1. Lakukan pengamatan keberagaman ras di sekitar kalian, seperti di sekolah, kelurahan/ desa/kampung atau kabupaten/kota. Gunakan format pengamatan yang telah kalian siapkan.
2. Carilah informasi tentang ras tersebut dari berbagai sumber bacaan, serta pengamatan. Uraikan ciri-ciri fisik ras tersebut seperti warna kulit, bentuk muka dan mata, tinggi badan dan sebagainya.
3. Buatlah kesimpulan tentang keberagaman ras di sekitar kalian
4. Sajikan laporan dalam pameran kelas atau di depan kelas
5. Gunakan tabel berikut untuk mencatat hasil pengamatan kalian

Jawab

1. Negroid

Warna kulit = kulit hitam pekat
Bentuk muka dan mata = berbentuk kotak, berahang besar, berdahi lebar dan bentuk mata dalam
Tinggi badan = > 170 cm

2. Malayan-Mongoloid

Warna kulit = berwarna sawo matang
Bentuk muka dan mata = muka bulat, bermata besar
Tinggi badan = tinggi sekitar 150-165 cm


3. Melasenoid

Warna Kulit = Kulit Hitam
Bentuk muka dan mata = Berbentuk oval, bulat, mata besar
Tinggi badan = 160-170 cm

4. Kaukasoid

Warna kulit = kulit sedikit bewarna kuning
Bentuk muka dan mata = berbentuk seperti hati, mata kecil tak berkelopak,
Tinggi badan = tinggi sekitar 165-170 cm

5. Asiatic-Mongoloid

Warna kulit = kuning
Bentuk muka dan mata = muka oval bermata sipit
Tinggi badan = 155-165 cm

Tugas 2 Berlatihlah Menyusun Mosi Dengan Bertolak dari Tema-Tema berikut Ini

Kunci jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 bab 6 halaman 187 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang bagaimana menyusun mosi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas 2
Berlatihlah menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini !

Jawab : 

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Tema: Acara talkshow di Televisi
Mosi: Acara talkshow di televisi merupakan acara yang cukup baik ditonton oleh masyarakat umum. Dengan menonton talkshow dengan berbagai tema, masyarakat akan mendapatkan ide dan pemikiran dari berbagai sumber. Ini bisa memperkaya pengetahuan seseorang tentang sesuatu hal.

Tema: Ujian Nasional
Mosi : Ujian Nasional pada dasarnya merupakan ujian untuk mengetahui hasil sekolah siswa. Sayangnya standar yang tinggi membuat dampak negatif bagi peserta didik maupun guru pengajar. Kedua kelompok tersebut sangat tertekan akibat UN. Oleh karena itu, pelaksanaan UN perlu dihentikan.

Tema: Membawa HP di Sekolah
Mosi: Teknologi berkembang pesat tanpa bisa dicegah. Melarang peserta didik membawa HP sama saja menghalangi mereka menerima kemajuan zaman. Bagaimanapun juga, dampak positif HP lebih banyak dibanding dampak negatif.

Tema :Budaya Baca
Mosi: Sepertinya budaya baca di Indonesia nyaris tidak membekas. Untuk itu budaya literasi perlu digalakkan dengan cara yang lebih cerdas, agar peserta didik bisa rajin membaca buku.

Senin, 20 Januari 2020

Tugas 2 Bacalah Penggalan Debat Berikut Ini Kemudian Kerjakan Soal Berikut ini

Kali ini kita akan membahas tugas dalam buku bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 6 halaman 185. Secara jelas, kalian diminta untuk membaca penggalan debat kemudian menjawab pertanyaan dalam tabel.

Agar lebih jelas sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini


1. Tentukan mosi yang didebatkan.
Jawab
a. Mosi : Tawuran antarpelajar dipicu juga oleh faktor eksternal misalnya televisi, internet, dan teladan buruk para pemimpin bangsa.
b. Mosi: Bencana alam terjadi juga karena perubahan iklim global dan terutama akibat ulah manusia.
c.Mosi: Aksi brutal suporter bola disebabkan terutama oleh tuntutan kehidupan yang keras.
d. Mosi: Penyebab sakit adalah kuman, bukan perubahan cuaca.
e. Mosi: UNBK tidak seharusnya ditolak karena sangat berfaedah untuk menghemat kertas dan menghitung nilai dengan akurat.




2. Sebuah mosi merupakan pernyataan yang dapat ditolak atau diterima, bersifat kontroversial. Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut ? Jelaskan pendapatmu.
Jawab:

Tidak setuju, mosi tidak harus kontroversial, bisa juga mosi tersebut perlu diperdebatkan hanya karena untuk menyamakan pendapat.

Tugas 1 Sebutkan Unsur-Unsur Dalam Teks Debat

Artikel kali ini akan membahas tentang tugas 1 dalam buku bahasa Indonesia kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 182 bab 6. Kalian, sebagai peserta didik harus menjawab tugas tersebut.

Apa yang tertulis di bawahi ni merupakan jawaban dari soal tersebut. Silakan disimak



Soal
Tugas 1

1. Sebutkan unsur-unsur dalam teks debat !
jawab: 
Unsur-unsur debat adalah:
a. mosi
b. tim afirmasi
c. tim oposisi
d. tim netral
e. penonton/ juri yang dipanggil
f. moderator
g. penulis

2. Sebutkan unsur-unsur manusia (siapa saja) yang terdapat dalam debat!
jawab:
a. tim afirmasi
b. tim oposisi
c. tim netral
d. penonton/ juri yang dipanggil
e. moderator
f. penulis

3. Jelaskan pesan masing-masing unsur manusia dalam debat.
jawab: 
Tim Afirmasi yaitu tim yang setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
Tim Oposisi yaitu tim yang tidak setuju dengan mosi (permasalahan yang didebatkan).
Tim Netral yaitu tim yang tidak setuju dan tidak menentang mosi (permasalahan yang didebatkan). Tim ini bisa jadi menerima dan menolak sebagian dari mosi.
Penulis/ sekretaris yang berfungsi mencatat hasil debat.

4. Pada teks debat adi atas ada tim netral. Dalam kegiatan debat, seringkali tidak ada tim netral. bagaimana pendapatmu.
jawab:

Setelah menyaksikan beberapa acara debat di televisi,keberadaan tim netral memang fleksibel. Ia boleh saja ada, boleh saja tidak.

5. Debat pada dasarnya hampir sama dengan diskusi membutuhkan moderator dan sekretaris. Dalam teks di atas, tidak tampak adanya peran sekretaris. Menurut pendapatmu, apakah dalam debat dibutuhkan seorang sekretaris

jawab:

Moderator berfungsi sebagai pengatur debat. Sementara sekretaris berfungsi untuk mencatat jalannya debat. Untuk debat yang bersifat hiburan, sekretaris memang kurang diperlukan. Akan tetapi, untuk debat yang memang bertujuan untuk mencari keputusan, sekretaris sangat dibutuhkan, yaitu mencatat hasil debat.

Tugas 1 Jawablah Pertanyaan-Pertanyaan yang Telah Kamu Susun Sebelumnya

Kunci jawaban dari tugas bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK / MA/ MAK Kurikulum 2013 halaman 178 bab 6 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang debat yang indah.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas 1
Jawablah pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu susun sebelumnya, Tuliskan jawabanmu pada kolom-kolom berikut ini. Tambahkan baris jika diperlukan.

(Tabel bisa kalian lihat dalam buku kalian masing-masing)

Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Mengapa teks tersebut tergolong debat?
Teks tersebut dimasukkan debat karena di adalamnya ada dua pihk yang saling menyampaikan pendapat dan memberikan arguen untuk mendukung pendapatnya tentang kedudukan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di era globalisasi.
2. Siapa pihak yang sedang berdebat?
Orang yang setuju dan orang yang tidak bahasa Inggris merupakan alat komunikasi yang lebih penting dari pada bahasa Indonesia pada era globalisasi.
3. Apa jabatan atau pekerjaan mereka?
Tidak ada penjelasan.
4. Siapa yang menjadi moderator debat?
Tidak ada penjelasan
5. Hal apa yang tengah diperdebatkan?
Pandangan bahwa bahasa Inggris sangat penting dalam era globalisasi.
6. Siapakah yang menjadi pihak pendukung (afirmasi) dan pihak penentang (oposisi)?
Tidak jelas.
7. Apakah kedua belah pihak mengemukakan alasan-alasan untuk mendukung pendapatnya masing-masing?
Betul. kedua belah pihak menyampaikan alasan –alasan untuk mendukung pendapatnya.
8. Apakah ada pihak yang menunjukkan data, informasi atau fakta lain yang mendukung pendapatnya?
Kedua belah pihak menyampaikan alasan –alasan untuk mendukung pendapatnya.
9. Di akhir debat, apakah mereka mendapatkan sebuah pendapat baru yang sama, atau moderator hanya menyampaikan kesimpulan dari isi debat saja?
Tidak

Minggu, 19 Januari 2020

Setelah Kamu Membaca Teks Artikel dan Cuplikan Buku Ilmiah di Atas, Isilah Format Tabel di Bawah Ini

Soal dan jawaban dari tugas 1 kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 163 bab 5. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang unsur kebahasaan yang sudah ditentukan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kamu membaca teks artikel dan cuplikan buku ilmiah di atas, isilah format tabel di bawah ini ! kamu bisa mengerjakan di buku kerjamu!

(Format tabel bisa kalian lihat dalam buku kalian masing-masing)

Jawab

Silakan tonton video ini



atau perhatikan jawaban di bawah ini

1. Adverbia
Artikel:
- Harian Kompas dan Sinar Harapan kerap memuat cerita pendeknya.
- Memenangi lomba penulisan fiksi baginya sudah biasa.
- Sebagai penulis fiksi sudah banyak buku yang dihasilkannya.
- Tidak sulit untuk mengenalinya karena topi putih selalu bertengger di kepalanya.
- Semasa di SD, saya doyan sekali membaca.
-

Buku Ilmiah:
- Kami akan memperlihatkan tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al-Quran itu adalah benar.
- Ini semua terjadi karena mereka belum mengenal Allah SWt dengan iman, hati dan pikiran.
- Kedua, dengan memperhatikan ayat-ayat Kauniyyah yang betrbentang luas di alam semesta ini, bahkan dalam diri kita sendiri.
-

2. Konjungsi
Artikel:
- Karena itu, ia selalu memakai topi.
- Meskipun demikian, ia tak pernah diikutkan main dram semasih kanak-kanak, juga ketika SMP.
- Semula, ayahnya mengharapkan Putu jadi dokter.
- Setelah selesai sekolah menengah atas, ia melanjutkan kuliahnya di Yogyakarta, kota seni dan budaya.
- Setelah kira-kira tujuh tahun tinggal di Yogyakarta, Putu pindah ke jakarta.
- Di samping itu, ia juga bekerja sebaai redaktur majalah ekspress (1969)
- Pada saat masih bekerja di majalah Tempo, ia mendapat beasiswa belajar Drama (Kabuki) di Jepang.
- Selain itu, ia juga telah berani tampil dalam karyanya sendiri yang berjudul Lautan Bernyanyi.

Buku Ilmiah:
- Namun, ketika kita berbicara tengan ayat-ayat kauniyyah maka sebagian besar dari kita lalai memikirkannya.
- Tidak hanya sifat fisik, tetapi juga sifat psikologis atau perilaku.
- Hingga sanggup membuat DNA begitu kecil dan canggih dalam tubuh manusia.

3. Kosakata
Artikel:
- Redaktur
- Dramawan:
- Stream Of Consciousness
- Teater
- Insting
-
Buku Ilmiah:
- Eksplisit
- Qauliyyah
- Kauniyyah
- Tajalli dzati
- DNA


Disclaimer: Jawaban dari blog ini merupakan jawaban dari tim kami, untuk lebih jelasnya silakan tanya kepada guru masing-masing.

Setelah Kamu Selesai Membaca Artikel di Atas, Temukanlah Fakta yang Terdapat Pada Kedua Artikel

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/ SMK Kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 155. Peserta didik diminta menemukan fakta dalam artikel yang sudah ditentukan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Setelah kamu selesai membaca artikel di atas, temukanlah fakta yang terdapat pada kedua artikel tersebut. Isilah pada format tabel di bawah ini. Kamu bisa mengerjakannya di buku kerjamu.

(Format tabel bisa kalian lihat dalam buku Bahasa Indonesia kelas 12 SMA kurikulum 2013 halaman 155)

Jawab:

Silakan tonton video jawaban di bawah ini




atau baca tulisan di bawah ini

Fakta

Artikel 1 :
1. Jawa Barat memiliki banyak objek wisata, salah satunya adalah Pantai Pangandaran
2. Pantai ini terletak di Kabupaten Pangandaran di Desa Pananjung, Pantai Pangandaran, Ciamis, pernah dinobatkan oleh Asia Rooms sebagai pantai terbaik di Provinsi Jawa Barat
3. Di Pantai Pangandaran ini masih ada nelayan yang berlayar untuk mencari ikan.
4. Pantai ini terkenal sebagai dermaga para nelayan sampai sekarang.
5. Selain itu terdapat bukit yang menjadi hutan di area Pantai Pangandaran.


Artikel 2:
1. Listrik merupakan salah satu energi yang bisa dikatakan menguasai hajat hidup orang banyak karena manfaatnya yang sangat penting.
2. Penemu listrik adalah Michael Faraday.
3. Berkat penemuannya ia kemudia dijuliki sebagai Bapak Listrik.
4. Michael Faraday lahir pada tanggal 22 September 1971.
5. Terkenalnya nama Michael Faraday sebagai Bapak Listrik bermula ketika ia membuat sebuah eskperimennya yang pertama kali dengan menggunakan 7 uang logam yang kemudian ia tumpuk dengan 7 lembaran seng serta 6 lembar kertas yang dibasahi ari garam.
6. Pada tahun 1821, Christian Orsted memublikasikan sebuah jurnal mengenai fenomena elektromagnetisme.
7. Alat yang diciptakan Faraday bernama Homopolar motor.
8. Di bawah bimbingan Davy, Michael Faraday banyak membuat sebuah penemuan-penemuan baru yang berguna bagi manusia di bidang kelistrikan.
9. Michael faraday wafat pada tanggal 25 Agustur 1867.

Demikianlah, jawaban dari tugas Bahasa Indonesia. SIlakan tanyakan kepada guru kalian masing-masing untuk memastikan jawabannya.