Selasa, 21 Januari 2020

Tugas 2 Berlatihlah Menyusun Mosi Dengan Bertolak dari Tema-Tema berikut Ini

Kunci jawaban dari tugas 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 bab 6 halaman 187 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang bagaimana menyusun mosi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

Tugas 2
Berlatihlah menyusun mosi dengan bertolak dari tema-tema berikut ini !

Jawab : 

Silakan tonton video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini 

Tema: Acara talkshow di Televisi
Mosi: Acara talkshow di televisi merupakan acara yang cukup baik ditonton oleh masyarakat umum. Dengan menonton talkshow dengan berbagai tema, masyarakat akan mendapatkan ide dan pemikiran dari berbagai sumber. Ini bisa memperkaya pengetahuan seseorang tentang sesuatu hal.

Tema: Ujian Nasional
Mosi : Ujian Nasional pada dasarnya merupakan ujian untuk mengetahui hasil sekolah siswa. Sayangnya standar yang tinggi membuat dampak negatif bagi peserta didik maupun guru pengajar. Kedua kelompok tersebut sangat tertekan akibat UN. Oleh karena itu, pelaksanaan UN perlu dihentikan.

Tema: Membawa HP di Sekolah
Mosi: Teknologi berkembang pesat tanpa bisa dicegah. Melarang peserta didik membawa HP sama saja menghalangi mereka menerima kemajuan zaman. Bagaimanapun juga, dampak positif HP lebih banyak dibanding dampak negatif.

Tema :Budaya Baca
Mosi: Sepertinya budaya baca di Indonesia nyaris tidak membekas. Untuk itu budaya literasi perlu digalakkan dengan cara yang lebih cerdas, agar peserta didik bisa rajin membaca buku.

Artikel Terkait