Jumat, 06 Desember 2019

Tugas Mandiri 4.3 Untuk Lebih Memahami Penguasaan Halaman 116

Kunci jawaban dari tugas mandiri 4.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 116 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang terdapat dalam bentuk tabel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tugas Mandiri 4.3
Untuk lebih memahami penguasaan tentang makna, kedudukan, dan peran pemerintah pusat, coba diskusikan dengan teman satu kelompok tentang hal-hal sebagai berikut.




Jawab

Silakan tonton dalam video di bawah ini



atau perhatikan tulisan di bawah ini


1.      Makna Pemerintah Pusat :
Pemerintah pusat adalah pemerintahan yang berada di pusat sebagai penyelenggara Pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia, yaitu Presiden dibantu seorang Wakil Presiden dan juga para Menteri-menteri negara. Dengan kata lain, pemerintah ini mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada pemerintah daerah yang berkedudukan di ibu kota Negara Republik Indonesia.

2.      Fungsi Penyelenggaraan Pemerintah :
a.       Fungsi Pelayanan
Fungsi yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa ada deskriminatif terhadap masyarakat dan tidak memberatkan masyarakat serta memberi pelayanan dengan kualitas yang sama tanpa memandang status sosial.
b.      Fungsi Pengaturan
Fungsi yang digunakan untuk memberikan penekanan kepada rakyat dan juga kepada pemerintah itu sendiri.
c.       Fungsi Pemberdayaan.
Fungsi yang dijalankan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat.

3.      Kewenangan Pemerintah Pusat :
1.       Kewenangan pemerintah pusat yang mencakup kewenangan dalam bidang politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, perwakilan, moneter dan fiksial, agama, serta kewenangan lainnya.
2. Perencanaan nasional dan pengendalian pembangunan nasional secara makro.
3. Dana perimbangan keuangan.
4. Sistem administrasi negara dan lembaga perekonomian negara.
5. Pembinaan dan pemberdayaan sumber daya manusia.
6. Pendayagunaan sumber daya alam dan pemberdayaan sumber daya strategis.
7. Konservasi dan standarisasi nasional.

Uji Kompetensi Bab 4 Pkn Kelas 10 Halaman 142

Soal dan jawaban dari uji kompetensi bab 4 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 142. Peserta didik diminta mengerjakan lima soal uji kompetensi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.
1. Pada hakikatnya Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik. Jelaskan apa yang dimaksud dengan negara kesatuan. Jelaskan penerapan konsep negara kesatuan dengan sistem desentralisasi!
2. Apakah yang dimaksud dengan otonomi daerah? Jelaskan penerapan otonomi daerah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia!
3. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah pusat dalam penerapan otonomi daerah pada Negara Kesatuan Republik Indonesia!
4. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan kedudukan dan peran pemerintah daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia!
5. Dalam penerapan otonomi daerah pada NKRI terdapat hubungan yang tidak terpisahkan antara pemerintah pusat dan daerah. Jelaskan hubungan struktural dan fungsional pemerintah pusat dan daerah dalam penerapan otonomi daerah di Indonesia.


Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Negara kesatuan adalah suatu Negara yang merdeka dan berdaulat, di seluruh Negara yang berkuasa hanya ada satu pemerintahan (pusat) yang mengatur seluruh daerah. Bentuk Negara Kesatuan Dengan Sistem Desentralisasi Pemerintahan daerah dikembangkan berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan.

2. Otonomi daerah adalah kewenangan daerah untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat sesuai aspirasi masyarakat berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Penerapan otonomi daerah dalam NKRI adalah adanya pembagian daerah otonom seperti provinsi, kabupaten, kota.

3. Pemerintah daerah berperan dalam memanfaatkan Hak otonomi daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur san mengembangkan sendiri daerahnya

4. Hubungan struktural antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah adalah hubungan yang menyangkut kedudukan keduanya dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia. Dalam hal ini pemerintah pusat merupakan penyelenggara urusan pemerintahan ditingkat nasional sedangkan pemerintahan daerah merupakan penyelanggara urusan pemerintahan didaerah masing-masing.

Hubungan fungsional antara pemerintah pusat dan daerah menyangkut atas pembagian tugas dan kewenangan masing-masing dalam penyelenggaraan pemerintah yang baik (good goverment), yang artinya dengan pembagian kinerja tersebut dapat diusahakan pemaksimalan hasil.

5. Terdapat 4 bentuk sebuah hubungan struktural pemerintah daerah dan juga pemerintah pusat dalam melakukan penerapan otonomi.
a. Sentralisasi
Dimasa lalu, sentralisasi adalah cara yang paling sering digunakan, selain itu pada sentralisasi ini juga pemerintah memiliki hak penuh dalam pengaturan dan juga pengelolaan terhadap sumber daya alam yang berada di suatu negara dan juga pengelolaan terhadap sumber daya manusia yang ada pada negara tersebut. Tetapi pada hal ini akan membuat menjadi pembangunan tidak merata dikarenakan pada pembangunan untuk beberapa daerah akan menjadi sebuah bukan prioritas bagi ppemerintah dan akan menyebabkan kesenjangan sosial.

b. Desentralisasi
Pada penggunaan dari desentralisasi adalah sebuah moment dimana dilaksanakannya sebuah otonomi daerah yang memiliki manfaat paling baik. Hal ini menjadikan berjalannya sebuah hubungan antara pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah dalam rangka melakukan pembangunan pada suatu daerah. Apabila dilaksanakan sebaik-baiknya, asas desentralisasi menjadi sebuah asas yang akan membawa pembangunan untuk suatu daerah.

c. Dekonsentrasi
Dalam asas yang digunakan pada dekonsentrasi adalah dimana pemerintah pusat melakukan sebuah delegasi pada kewenangan dan juga kekuasaan yang dimiliki oleh pemerintah pusat terhsebut kepada pemerintah daerah. Pada pendelegasian yang kemudian diberikan hanyalah sebatas pada administrasi saja.

d. Tugas Pembantuan
Pada hal ini, tugas dari pemerintah daerah hanya membantu pemerintah pusat saja dalam rangka membantu pemerintah pusat untuk menjalankan negara.

Uji Kompetensi Bab 5 Pkn Kelas 10 Halaman 176

Soal dan jawbaan dari Uji Kompetensi PPkn Bab 5 Kelas 10 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) kurikulum 2013 terbitan kemendikbud halaman 176. Ada lima pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Pada hakikatnya integrasi nasional mengandung arti menyatupadukan hingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Berdasarkan hal tersebut jelaskan perbedaan integrasi nasional secara politis dan antropologis! 

2. Mengapa pada negara yang multy cultural, seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Jelaskan pendapat Anda!

3. Pada hakikatnya integrasi nasional merupakan proses penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial ke dalam satu kesatuan wilayah, dalam rangka pembentukan suatu identitas nasional. Berdasarkan hal tersebut sebutkan 3 (tiga) syarat keberhasilan suatu integrasi nasional bagi bangsa Indonesia!

4. Pada hakikatnya integrasi nasional merupakan proses penyatuan berbagai berbagai komponen dalam masyarakat. Berdasarkan hal tersebut sebutkan 5 (lima) faktor pendukung suatu integrasi nasional bagi bangsa Indonesia!


5. Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda. Berdasarkan hal tersebut sebutkan perbedaan faktor pendorong dan faktor penghambat tercapainya integrasi nasional!


Jawab


Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Perbedaannya adalah secara politis berarti penyatuan berbagai kelompok budaya dan sosial dalam kesatuan wilayah nasional yang membentuk suatu identitas nasional, sedangkan secara antropologis berarti proses penyesuaian di antara unsur - unsur kebudayaan yang berbeda sehingga mencapai suatu keserasian fungsi dalam kehidupan masyarakat.
2. Karena manusia hidup dalam realitas yang plural, corak masyarakat indonesia adalh ber-bhineka tunggal ika .masyarakat plural merupakan belati bermata ganda dimana pluralitas sebagai rahmat dan sebagai ancaman.
3.- Anggota masyarakat merasa bahwa mereka berhasil saling mengisi kebutuhan antara satu dan yang lain
  -. Terciptanya kesepakatan (konsensus) bersama mengenai norma-norma dan nilai-nilai sosial yang dilestarikan dan dijadikan pedoman
 -. Norma-norma dan nilai -nilai sosial dijadikan aturan baku dalam melangsungkan proses integrasi sosial.
4. Penggunaan bahasa indonesia, adanya rasa senasib dan seperjuangan karena faktor sejarah, adanya ideologi nasional tercermin dari garuda pancasila dan bhineka tunggal ika, semangat gotong royong, solidaritas, toleransi keagamaan yang erat.
5. Faktor pembentuk adalah sesuatu yang dapat dilakukan agar terjaminnya kebersamaan dan kedamaian dalam lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat adalah kegiatan yang di lakukan oleh oknum-oknum yang mementingkan diri sendiri dan tidak memiliki rasa toleransi

Kamis, 05 Desember 2019

Tugas Mandiri 5.7 Coba Kalian cari di Internet atau Sumber lain Mengenai Contoh Bentuk Kesadaran Warga Negara

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.7 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/MA/ MAK bab 5 halaman 161 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Ada pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta didik.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.7
Coba kalian cari di internet atau sumber lain mengenai contoh bentuk kesadaran warga negara untuk melakukan bela negara. Kemudian berikanlah pendapat atau komentar.

Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini


Contoh kesadaran warga negara untuk melakukan bela negara

1. Menjadi Relawan kemanusiaan
2. Mengikuti kegiatan kepramukaan
3. Mahasiswa mengikuti UKM Pecinta Alam/Menwa/Penelitian dan lain-lain..
4. Menjadi relawan kelompok Baca Buku
5. Mengikuti organisasi massa dalam bidang kepemudaan
6. Mengikuti kegiatan lingkungan
7. Patuh peraturan lalu lintas
8. Taat hukum
9. Rajin beribadah
10. Mematuhi UU


Komentar:
Kesadaran bela negara merupakan bentuk penerapan dari UUD 1945 pasal 30 ayat 1. Jika dalam keadaan tidak berperang saat ini, kegiatan bela negara tidak mesti harus angkat senjata, akan tetapi bisa dengan melakukan berbagai kegiatan positif yang menambah kecintaan terhadap bangsa dan negara. Kegiatan tersebut bisa dituangkan dalam bentuk kegiatan kreatif, seni dan budaya maupun kegiatan lainnya.


Tugas Mandiri 5.6 Carilah di Internet Atau Sumber Lain tentang Upaya Menjaga Keutuhan NKRI

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.6 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 158 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang menjaga keutuhan NKRI.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Tugas Mandiri 5.6
Carilah di internet atau sumber lain tentang upaya-upaya menjaga keutuhan NKRI, baik secara eksternal maupun internal.


Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Eksternal
a. Investasi asing diatur sedemikian rupa agar tidak merugikan negara.
b. Membatasi waktu berkunjung turis asing ke Indonesia.
c. Memperkuat penjaga di perbatasan terluar agar tidak mudah menjadi tempat penyelundupan.
d. Menggunakan teknologi untuk menyebarkan kearifan dan budaya bangsa.
e. Memanfaatkan teknologi untuk meredam semakin banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia.

2. Internal
a. Mengedepankan dialog ketika terjadi konflik SARA
b. Sebisa mungkin menghindarai perdebatan SARA
c. Tidak menyebarkan berita hoax
d. Tidak berbuat arogan terhadap sesama manusia
e. Menghindari menyebut nama suku kepada etnis tertentu dengan tujuan merendahkan

Tugas Mandiri 5.5 Coba Kalian Tuliskan Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara Indonesia

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.5 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 157 kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta menjawab soal tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.5.
Coba kalian tuliskan hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia dalam menjaga integrasi nasional.

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Faktor Eksternal
a. Adanya gerakan menanamkan Pancasila
b. Mendukung kegiatan Olahraga misalnya PON
c. Mendukung pertukaran budaya disertai dengan pemahaman budaya antar suku
d. Membaca banyak buku tentang Pancasila
e. Sebisa mungkin menguasai bahasa Indonesia dan bahasa lokal.

1. Faktor Internal
a. Rasa cinta tanah air yang besar
b. Belajar sejarah dan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
c. Rasa memiliki budaya dan tradisi bangsa Indonesia
d. Rasa memiliki bahasa Indonesia
e. Rasa memiliki terhadap bangsa Indonesia

Rabu, 04 Desember 2019

Tugas Kelompok 5.1 Diskusikan dengan Kelompok Kalian tentang Berapa Sikap dan Perilaku

Kunci jawaban dari tugas kelompok 5.1 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPkn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 155. Peserta didik diminta mengerjakan soal secara berkelompok.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal

Tugas Kelompok 5.1
Diskusikan dengan kelompok kalian tentang beberapa sikap dan perilaku yang dapat menyebabkan terjadinya disintegrasi nasional melalui lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat, dan bangsa.

Tabel 5.4. Penyebab Terjadinya Disintegrasi Nasional


Jawab

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Lingkungan Keluarga
a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
- Menutup komunikasi dengan sesama anggota keluarga
- Menolak disuruh membersihkan kamar mandi
- Menolak membantu orang tua

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Tercipta suasana tidak nyaman di keluarga
- Tidak tercipta keakraban dengan sesama anggota keluarga
- Kemungkinan anak akan tumbuh di luar kendali orang tua.

c.Alternatif agar Tidak Terulang
- Sering makan bersama
- sering berdiskusi
- Sering bercanda

Lingkungan Sekolah

a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
- Bertingkah seenaknya sendiri
- Sengaja mencontek
- Sering membolos

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Tingkah laku anak yang negatif akan menular
- Suasana pembelajaran terganggu
- Suasana sekolah tidak akan kondusif

c.Alternatif agar Tidak Terulang
- Menyampaikan tata tertib dengan jelas kepada wali murid/ murid
- Menerapkan aturan dengan tegas
- Menerapkan suasana kekeluargaan namun tetap tegas

Masyarakat
a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
-  Mementingkan kelompok
-  Menyebar provokasi
- Membuat berita adu domba

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Terjadi gesekan antar kelompok
- Terjadi suasana menegangkan
- Konflik horisontal bahkan konflik fisik

c. Alternatif agar Tidak Terulang
- Mengedepankan kepentingan bersama
- Sering berdiskusi
- Mencari solusi dari masalah bersama

Bangsa
a.Sikap dan Perilaku yang Menyebabkan Disintegrasi Nasional
- Bersikap rasis
- Terlalu mengunggulkan kelompok
- Sering memposting provokasi kebencian agama di media sosial

b.Akibat dari Sikap dan Perilaku Tersebut
- Terjadi kecurigaan
- Timbul sikap bersaing yang tidak sehat
- Akan timbul kebencian terhadap agama lain
c. Alternatif agar Tidak Terulang
- Menghargai sesama manusia
- Jangan membeda-bedakan kelompok
- Memposting keindahan beragama di Indonesia

Tugas Mandiri 5.4 Coba Kalian Tuliskan Hak dan Kewajiban Sebagai Warga Negara

Kunci jawaban dari tugas Mandiri 5.4 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 154 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas Mandiri 5.4
Coba kalian tuliskan hak dan kewajiban seabgai warga negara Indonesia dalam menjaga integrasi nasional.

Tabel 5.3. Hak dan Kewajiban Warga Negara (Silakan lihat pada buku PPKn Kelas 10 SMA halaman 154)


Jawab

Sila tonton video jawaban ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Lingkungan
Hak:
a. Memperoleh keamanan
b. Mendapatkan kenyamanan
c. Mendapatkan ketenangan
d. Terbebas dari gangguan sekitar
Kewajiban:
a. Menjaga ketenangan
b. Mematuhi norma lingkungan
c. Taat aturan hukum

2. Sekolah
Hak:
a. Memperoleh pendidikan
b. Kebebasan berbicara dan berdiskusi
c. Kebebasan berorganisasi intra sekolah
Kewajiban:
a. Mematuhi tata tertib
b. Menjaga nama baik sekolah
c. Mengikuti upacara bendera

3. Masyarakat
Hak:
a. Menyampaikan pendapat
b. Mengikuti organisasi
c. Mencalonkan diri sebagai kontestan pemilu
Kewajiban:
a. Taat hukum
b. taat kepada NKRI, UUD 45 dan Pancasila
c. Menjaga kedamaian dan ketenangan

Tugas Mandiri 5.3 Diskusikan Bersama Teman kalian tentang Sikap yang Harus Dilakukan dalam Menjaga Persatuan

Kunci jawaban dari tugas mandiri 5.3 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) kelas 10 Bab 5 halaman 149 terbitan kemendikbud kurikulum 2013. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang menjaga persatuan.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !

Soal 

Tugas Mandiri 5.3

Diskusikanlah bersama teman-teman kalian tentang sikap yang harus dilakukan dalam menjaga persatuan dan kesatuan negara di lingkungan keluarga, sekolah, masyarakat dan bangsa. Apa akibatnya jika tidak dilakukan dan baaimana cara membiasakannya. Tuliskan dalam kolom berikut.

Tabel 5.2 Sikap dan komitmen persatuan (silakan lihat pada buku PKn kalian masing-masing)

Jawab:

Silakan tonton video jawaban ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1. Lingkungan Keluarga
- Sikap dan perilaku yang mencerminkan komitmen persatuan:
a. Menghormati ayah dan ibu
b. Saling menghormati dan menyayangi antar saudara
c. Mengikuti tradisi/ tata tertib keluarga
- Akibat dari sikap kurang menerapkan persatuan
a. Terjadi ketidaknyamanan di rumah
b. Terjadi pertengkaran
c. Perpecahan/ perceraian keluarga
- Cara membina dan membiasakan komitmen persatuan
a. Sering berdialog dengan orang tua
b. Sering berkumpul bersama anggota keluarga lainnya
c. Saling menjaga antar anggota keluarga baik di dalam rumah maupun di luar rumah

2. Sekolah
- Sikap dan periilaku yang mencerminkan komintmen persatuan:
a. Patuh tata tertib sekolah
b. Menghormati Kepala sekolah/Guru/karyawan/sesama peserta didik
c. Sering berdiskusi/ belajar kelompok dengan teman-teman
- Akibat dari sikap kurang menerapkan persatuan
a. Kesulitan belajar
b. Nilai jelek
c. Malas belajar
- Cara membina dan membiasakan komitmen persatuan
a. Rajin belajar
b. Bertanya tentang materi pelajaran jika tidak mengerti
c. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari

3. Masyarakat
 Sikap dan Perilaku yang Mencerminkan Komitmen Persatuan :
a. Bersosialisasi dengan seluruh elemen masyarakat.
b. Ikut serta dalam organisasi kemasyarakatan.
c. Aktif berupaya memajukan lingkungan masyarakatnya.
Akibat dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan :  
a.Diasingkan oleh warga masyarakat.
b.Kehidupan menjadi kurang tentram, nyaman, dan harmonis.
c. Diusir dari lingkungan masyarakat.
Cara Membina dan Membiasakan Komitmen Persatuan :  
a.Berperilaku penuh toleransi.
b.Membangun hubungan silaturahmi antar warga masyarakat.
c. Taat dan patuh terhadap peraturan serta tata tertib yang berlaku.

4. Bangsa dan Negara

Sikap dan Perilaku yang Mencerminkan Komitmen Persatuan :  

aTaat kepada hukum.
b. Mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.
c. Tidak menimbulkan konflik SARA.
Akibat dari Sikap Kurang Menerapkan Persatuan :  

a.Disintegrasi Bangsa.
b. Hukuman dan Sanksi Pidana.
c. Konflik dimana-mana.
Cara Membina dan Membiasakan Komitmen Persatuan :  

a.Menjalankan kewajiban serta menjaga hak orang lain.
b.Menumbuhkan sikap bela negara.
c. Mencintai kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk.

Selasa, 03 Desember 2019

Tugas Mandiri 5.2 Coba Kalian Cari informasi di internet atau Sumber Lain tentang Nama Provinsi

Soal dan jawaban dari tugas mandiri 5.2 dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/MAK bab 5 halaman 148 kurikulum 2013. Peserta didik diminta menjawab soal tentang nama provinsi.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal-soal dengan mudah, untuk itu anggap saja, jawaban di bawah ini merupakan tambahan atau referensi jawaban kalian.



Soal

Tugas Mandiri 5.2

Coba kalian cari informasi di internet atau sumber lain tentang nama nama provinsi beserta nama bahasanya, rumah adat, dan tariannya. Kemudian, tuliskan dalam
kolom berikut.
Tabel 5.1.

Jawab:

Silakan tonton video ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini

1. Jawa Tengah
Bahasa : Jawa
Rumah Adat: Limasan, Joglo
Tarian: Gambyong, Serimpi, Sintren, kethek Ogleng

2. Jawa Timur
Bahasa: Jawa, madura,
Rumah adat: Joglo, Using, Adat suku tengger
Tarian: Ngremo, Boran,

3.Nama Provinsi : Papua Barat
Bahasa Daerah : Amber
Rumah Adat : Mod Aki Aksa
Tarian : Dansa Tumbu Tana

4. Nama Provinsi : Sulawesi Selatan
Bahasa Daerah : Bahasa Bugis, Bahasa Toraja, Bahasa Bajo
Rumah Adat : Tongkonan
Tarian : Tari Pajoge, Tari Pakkarena, Tari Gandrang Bulo

5. Nama Provinsi : Sumatera Utara
Bahasa Daerah : Bahasa Batak
Rumah Adat : Rumah Bolon
Tarian : Tari Kuda Kepang, Tari Baka, Tari Tortor Somba