Kamis, 31 Oktober 2019

Setelah Kamu Membuat Pertanyaan-Pertanyaan, Untuk Memudahkanmu dalam Menuliskan Kesamaan Sosial Budaya

Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia kelas 12 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 4 halaman 117 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta menuliskan jawaban tentang cerita apa yang disampaikan dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini !



Soal

Setelah kamu membuat pertanyaan-pertanyaan, untuk memudahkanmu dalam menuliskan kesamaan sosial budaya dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang, uraikanlah jawabanmu dalam kolom berikut ini

Novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk menceritakan kehidupan masyarakat Dukuh Paruk pada sekira tahun 1940-1960an. Melalui tokoh-tokoh yang ditampikan, seperti Srintil, Rasus, dan sebagainya, Sang Pengarang sangat detail menggambarkan bagaimana Ronggeng menjadi kebudayaan yang menjiwai kehidupan masyarakat dukuh Paruk.

Sebelum membahas tentang, bagaimanakah kehidupan sehari-hari masyarakat dukuh paruk, perlu diketahui bahwa dalam kenyataannya, Paruk merupakan sebuah dukuh di Kecamatan Karanggayam, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Apakah Ahmad Tohari memang benar mengambil nama tersebut untuk novelnya, atau hanya kebetulan belaka?

Kehidupan sehari-hari masyarakat dukuh paruk sungguh memprihatinkan. Sebagian besar penghuni dukuh berprofesi sebagai pembuat tempe bongkrek. Hampir tidak nampak kemeriahan pada malam hari, hingga suatu saat muncullah Srinthil sang penari.

Kegiatan 2 Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel



Jawaban dari kegiatan 2 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 12 SMA/SMK/ MA/MAK bab 4 halaman 117 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang maksud pengarang terhadap kehidupan dalam novel.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !


Soal

Kegiatan 2
Menerangkan Maksud Pengarang terhadap Kehidupan dalam Novel

Pada kegiatan ini, kamu diminta menuliskan pendapatmu mengenai kesamaan latar belakang sosial budaya dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dengen kehidupan pengarang. Kamu diperbolehkan mencari dari berbagai sumber mengenai biografi Ahmad Tohari atau data mengenai keseharian Ahmad Tohari untuk menambah wawasanmu. Sebelum mengerjakan latihan pada kegiatan ini, sebaiknya kamu membuat daftar pertanyaan-pertanyaan untuk memudahkan dalam menguraikan kesamaan latar belakang sosial budaya dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang. Perhatikan seperti contoh berikut ini.

1. Menceritakan tentang apa novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk?
2. Berlatar belakang tempat manakah kehidupan novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk?


Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini



atau baca tulisan di bawah ini 
3. Bagaimana kondisi perekonomian sehari-hari warga Dukuh Paruk?
4. Bagaimana kondisi sosial budaya warga dukuh paruk?
5. Bagaimana kehidupan politik warga dukuh paruk?
6. Bagaimana kehidupan keagamaan warga dukuh Paruk

Tugas

Setelah kamu membuat pertanyaan-pertanyaan, untuk memudahkanmu dalam menuliskan kesamaan sosial budaya dalam novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk dengan kehidupan pengarang, uraikanlah jawabanmu dalam kolom berikut ini

Novel trilogi Ronggeng Dukuh Paruk menceritakan kehidupan....

Tugas Dengan Berkelompok Buatlah Sebuah Proposal Sesuai dengan Temuan Masalah

Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA/ SMK/MA/ MAK bab 5 halaman 174 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta untuk bekerja kelompok membuat proposal.

Agar lebih jelas, silakan simak, soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

1. Dengan berkelompok, buatlah sebuah proposal sesuai dengan temuan-temuan masalah yang telah kamu tetapkan pada pembelajaran sebelumnya.
2. Susunlah proposal tersebut dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kaidahnya yang benar.
3. Presentasikanlah proposal tersebut di depan kelompok lainnya. Gunakanlah alat peraga atau perangkat multimedia untuk membantu memperjelas presentasi kelompokmu itu.
4. Mintalah kelompok lain untuk memberikan tanggapan dengan
menggunakan format berikut.


5. Berlatih pula secara mandiri untuk menyusun proposal suatu kegiatan yang akan dilakukan pada kegiatan di sekolah atau kegiatan di lingkungan tempat tinggalmu!


Jawab

Mohon menunggu, saat ini jawaban masih dalam proses pengerjaan oleh tim

Tugas Marilah Mengumpulkan Bahan-bahan untuk Menyusun Proposal

Jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK bab 5 halaman 172 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta mengerjakan soal yang berupa perintah untuk melakukan observasi terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Marilah mengumpulkan bahan-bahan untuk menyusun proposal!
1. Lakukanlah observasi terhadap lingkungan di sekitar tempat tinggalmu, baik itu melalui pengamatan langsung ataupun melalui wawancara dengan tokoh setempat, berkenaan dengan permasalahan kesehatan, keamanan, moralitas, kelestarian lingkungan hidup, dan persoalan-persoalan
lainnya.
2. Pilihlah dari sekian persoalan yang kamu temukan itu yang dianggap penting dan mendesak untuk dicari penyebab ataupun pemecahannya.
3. Bersama beberapa teman, rumuskanlah bentuk kegiatan penelitian yang relevan dengan persoalan tersebut.
4. Cari pula referensi yang dapat memperkuat dan memperjelas persoalan yang kamu hadapi itu.

Jawab: 

Mohon maaf, jawaban masih dalam proses pengerjaan oleh Tim, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar.

Kegiatan 5.3 Secara Berdiskusi Tentukan Gagasan Pokok pada Teks Berikut

Jawaban dari kegiatan 5.3 dalam buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 134 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta untuk berdiskusi untuk menentukan gagasan pokok pada beberapa teks.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Kegiatan 5.3

A. Secara berdiskusi, tentukan gagasan pokok pada teks berikut.
B. Samakan pendapat kelompokmu dengan kelompok lain untuk menentukan kesamaan pandangan tentang gagasan pokok itu.



Jawab: 

Silakan tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

A. Teks 1 : Memasuki puncak arus balik H +7 atau Minggu (21/11) sekira pukul 14.00 WIB, arus lalu lintas kendaraan yang melalui jalur selatan, yang melintas di wilayah Tasikmalaya sempat terhambat sekira dua jam.

Teks 2: Adanya kecelakaan yang menimpa bus pariwisata tujuan Bandung nopol Z 768 TA menghantam tebing

Kegiatan 5.2 Jawablah Pertanyaan Berikut, Bagaimana CIri Umum Teks Eksplanasi

Kunci jawaban dari kegiatan 5.2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 8 SMP/MTs kurikulum 2013 terbitan kemendikbud bab 5 halaman 132-133. Ada beberapa soal yang harus dikerjakan oleh peserta didik.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini.

Soal

Kegiatan 5.2
A. Jawablah pertanyaan berikut!
1. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?
2. Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?
3. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?

B. 1. Bacalah cuplikan-cuplikan teks di bawah ini!
2. Tentukanlah cuplikan yang berkategori teks eksplanasi bersama temanmu!
3. Jelaskan pula alasan-alasannya!
a. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh. Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks.
b. Di alam karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Siklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO2 oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO2 yang dilepas ke udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut.
c. Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar, diperlukan persediaan darah yang banyak.Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadang ditemukan juga darah yang tak bisa dipakai.

Jawab:

Sila tonton video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

A.
1. CIri Umum teks eksplanasi :
a. Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi.
b. Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual) dan nyata adanya tanpa ditambahi opini-opini yang belum jelas kebenarannya.
c. Memuat informasi yang bersifat ilmiah/keilmuan atau berhubungan dengan ilmu pengetahuan.
d. Sifatnya informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.
e. Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

2. Hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi berarti terdapat hubungan sebab akibat antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain.

3. Fungsi fakta dalam kalimat eksplanasi adalah sebagai faktor utama untuk merangkai hubungan sebab akibat.

B.
1. Saya akan membaca teks
2.
- Teks a : bukan teks eksplanasi karena tidak memenuhi ciri umum teks eksplanasi
- Teks b: termasuk teks eksplanasi, karena Cuplikan tersebut mengandung ciri-ciri umum teks eksplanasi yang dalam hal ini menjelaskan tentang proses siklus karbon.
- Teks c, tidak termasuk teks eksplanasi, karena cuplikan tersebut tidak memnuhi ciri umum teks eksplanasi.

Rabu, 30 Oktober 2019

Kegiatan 5.1 Jawablah Pertanyaan Berikut, Apa yang Dimaksud dengan Teks Eksplanasi



Kunci jawaban Kegiatan 5.1 dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP/ MTs bab 5 halaman 130 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan soal tentang definisi teks eksplanasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!

Soal

Kegiatan 5.1
A. Jawablah pertanyaan Berikut
1. Apa yang dimaksud dengan teks eksplanasi
2. Mengapa teks bertopik  "Sejarah Kabupaten Bandung" disebut teks eksplanasi

B. 1. Tuliskan sekurang-kurangnya tiga topik yang mungkin dikembangkan berkenaan dengan fenomena berikut


2. Rundingkanlah topik-topik yang telah kamu buat itu dengan  temanmu untuk ditanggapi dalam hal ketepatannya.


Jawab:

Sila tonton video di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

A. 1. Teks eksplanasi merupakan teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial.

2. Sejarah Kabupaten Bandung disebut teks eksplanasi karena pada teks tersebut terdapat penjelasan tentang proses / sejarah perkembanganKabupaten Bandung. Teks tersebut menjelaskan peristiwa demi pseristia yang terjadi selama perkembangan Kabupaten Bandung, mulai dari berdirinya sampai pada periode-periode berikutnya.

B. Topik yang berkenaan dengan:
1. Alam: Proses terjadinya hujan, proses terjadinya banjir, proses kelahiran hewan, terjadinya gempa bumi
2. Sosial: dampak buruk pergaulan bebas, proses terbentuknya organisasi masyarakat, proses penyebab demonstrasi 1998.
3. Budaya: tahap menjadi penari, proses perkembangan bahasa, proses perkembangan tari-tarian

Selasa, 29 Oktober 2019

Selanjutnya Bacalah Kembali Teks Negosiasi Antara Pedagang dan Pembeli Serta Teks Terima Kasih Bu Mia

Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK bab 5 halaman 157 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas tersebut, peserta didik diminta mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan teks negosiasi.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah. Untuk itu, jawaban di bawah ini anggap saja sebagai pelengkap atau tambahan referensi dari jawaban kalian.



Soal

Tugas
Selanjutnya bacalah kembali teks negosiasi antara pedagang dan pembeli serta teks Terima Kasih ibu Mia. Analisislah apakah kesepakatan yang dicapai memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:
1. Dilakukan dengan santun;
2. Tidak ada tekanan atau paksaan
3. Saling menguntungkan
4. Kesepakatannya bersifat praktis bisa diterapkan


Jawab :

1. Baik negosiasi antara pedagang dan pembeli maupun teks terima kasih Ibu Mia, keduanya dilakukan dengan santun. Dalam kedua teks tersebut tidak ada kata-kata yang menghina, merendahkan atau ungkapan kekesalan satu sama lain.

2. Kedua teks juga tidak terdapat adanya tekanan atau paksaan. Kata-kata yang disampaikan oleh pembeli ditanggapi dengan baik, begitupun kata-kata dari Lia kepada Bu Mia. Semuanya tidak bernada keras atau membentak.

3. Negosiasi yang terjadi dalam tiap-tiap teks, berlangsung dengan lancar, sehingga keduanya merasa tidak dirugikan. Misalnya pada teks pedagang dan pembeli, negosiasi menghasilkan kepuasan karena pedagang berhasil menjual dagangannya dan pembeli juga puas bisa memilih buah. Sementara itu, pada teks terima kasih Bu Mia, kita bisa melihat para siswa termasuk Lia yang karena terlalu lelah, sangat berat jika harus mengikuti ulangan. Beruntung Bu Mia dengan bijaksana, memberi kesempatan untuk memberi ulangan bulan depan.

4.Pada teks pedagang dan penjual, terjadi kesepakatan yang disetujui kedua partisipan. Begitu pula pada teks Terima Kasih Ibu Mia, kesepakatan tersebut disetujui dengan senang hati oleh anak-anak kelas X IPA dan Ibu Mia.

Tugas Bacalah Kembali Teks Minta HP dan Terima Kasih Bu Mia

Soal dan jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/ MA/ MAK kurikulum 2013 Bab 5 halaman 155 terbitan kemendikbud. Dalam tugas ini, peserta didik diminta  mengerjakan tugas berdasarkan teks tentang negosiasi.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !

Soal

Tugas
Bacalah kembali teks Minta HP dan Terima Kasih Bu Mia di atas, kemudian kerjakan tugas-tugas berikut ini.
1. Bagaimana cara Rani meyakinkan Ayahnya agar ia dibelikan HP?
2. Apakah Rani bersikap sopan dan menghargai Ayahnya? Jelaskan alasanmu!
3. Alasan apa yang disampaikan Rani untuk meyakinkan Ayahnya?
4. Jelaskan cara Lia meyakinkan Bu Mia?
5. Adakah syarat yang disampaikan Bu Lia ketika mengabulkan permintaan Lia?
6. Apakah dalam kesepakatan yang diraih Rani dan Ayahnya sama-sama
untung? Begitu pun Lia dan Bu Mia? Jelaskan alasanmu!

Jawab:

1. Rani meyakinkan ayahnya dengan cara mengajukan bebrapa argumen antara lain:
a. Semua teman Rani punya HP. Mereka dapat dengan  mmudah menelepon orangtuanya saat terpaksa pulang telat.
b. Rani hampir menangis
c. Rani mengatakan bahwa dia iri sama teman-teman Rani yang dapat  dengan mudah mengunduh materi pembelajaran, mengirim tugas, bahkan  berdiskusi untuk mengerjakan tugas-tugas tanpa harus keluar rumah.
d.   Rani mengatakan bahwa guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim  tugas ke grup facebookatau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya  HPkan enak. Bisa buat diskusi barengteman-teman sekaligus dapat  mengakses internet melalui HP.”

2. Rani bersikap sopan terhadap ayahnya, dibuktikan dengan tidak adanya sikap maupun kata-kata yang bisa menyinggung ayahnya.

3. Rani mengatakan bahwa guru-guru sering menugaskan kami untuk mengirim  tugas ke grup facebookatau mengunggah tugas di blog. Kalau Rani punya  HPkan enak. Bisa buat diskusi barengteman-teman sekaligus dapat  mengakses internet melalui HP.”

4.  Dengan menceritakan kondisi fisik Lia dan teman-temannya.
5.   Ada yaitu, tepat waktu saat masuk kelas, tertib, tidak gaduh, dan tidak mengganggu kelas lain.
6.  Ya, Rani dapat mempunyai HP baru dan ayahnya tidak perlu repot-repot menyuruh Rani belajar karena Rani sudah berjanji akan belajar dengan rajin. Sementara itu, Pada Teks Terimakasih Bu Mia, Lia untung karena ulangannya diundur dan dapat beristirahat terlebih dahulu dan Bu Mia tidak untung karena ulangannya terpaksa harus diundur.

Tugas Setelah Menyimak dan Mendiskusikan Isi Ketiga Teks Di Atas

Kunci jawaban dari tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/ SMK/MA/MAK bab 5 halaman 155 kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta mengerjakan lima soal masih tentang negosiasi.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !



Soal

Tugas !

Setelah menyimak dan mendiskusikan isi ketiga teks di atas, diskusikanlah hal-hal berikut ini.

1. Di antara ketiga teks tersebut, manakah yang termasuk ke dalam teks
negosiasi? Jelaskan alasanmu!
2. Apakah dalam teks tersebut terjadi proses pengajuan dan penawaran?
3. Siapakah partisipan yang menyampaikan pengajuan dan yang
mengajukan penawaran?
4. Apakah terjadi kesepakatan antarpartisipan?
5. Rumuskanlah ciri-ciri teks negosiasi dengan bahasamu sendiri.

Jawab: 

Silakan lihat dalam video jawaban di bawah ini




atau perhatikan tulisan di bawah ini 

1.      Teks 1 dan 2 karena kedua teks tersebut memenuhi syarat teks negosiasi dan di dalamnya terdapat unsur-unsur pembangun teks negosiasi.
2.      Ya.
3.      Teks 1:
a.Yang mengajukan: penjual
b.Yang menawar: pembeli
Teks 2:
c.Yang mengajukan: Rani
d.Yang menawar: ayah
4.      Ya. terjadi kesepakatan di antara keduanya.
5.      Ada pihak yang mengajukan dan ada yang menawar, kemudian timbul kesepakatan diantara keduanya.