Tuesday, October 29, 2019

Selanjutnya Bacalah Kembali Teks Negosiasi Antara Pedagang dan Pembeli Serta Teks Terima Kasih Bu Mia

Loading...
Kunci jawaban tugas dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA/MA/SMK/MAK bab 5 halaman 157 kurikulum 2013 terbitan kemendikbud. Dalam tugas tersebut, peserta didik diminta mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan teks negosiasi.

Saya yakin kalian bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah. Untuk itu, jawaban di bawah ini anggap saja sebagai pelengkap atau tambahan referensi dari jawaban kalian.



Soal

Tugas
Selanjutnya bacalah kembali teks negosiasi antara pedagang dan pembeli serta teks Terima Kasih ibu Mia. Analisislah apakah kesepakatan yang dicapai memenuhi persyaratan-persyaratan berikut:
1. Dilakukan dengan santun;
2. Tidak ada tekanan atau paksaan
3. Saling menguntungkan
4. Kesepakatannya bersifat praktis bisa diterapkan


Jawab :

1. Baik negosiasi antara pedagang dan pembeli maupun teks terima kasih Ibu Mia, keduanya dilakukan dengan santun. Dalam kedua teks tersebut tidak ada kata-kata yang menghina, merendahkan atau ungkapan kekesalan satu sama lain.

2. Kedua teks juga tidak terdapat adanya tekanan atau paksaan. Kata-kata yang disampaikan oleh pembeli ditanggapi dengan baik, begitupun kata-kata dari Lia kepada Bu Mia. Semuanya tidak bernada keras atau membentak.

3. Negosiasi yang terjadi dalam tiap-tiap teks, berlangsung dengan lancar, sehingga keduanya merasa tidak dirugikan. Misalnya pada teks pedagang dan pembeli, negosiasi menghasilkan kepuasan karena pedagang berhasil menjual dagangannya dan pembeli juga puas bisa memilih buah. Sementara itu, pada teks terima kasih Bu Mia, kita bisa melihat para siswa termasuk Lia yang karena terlalu lelah, sangat berat jika harus mengikuti ulangan. Beruntung Bu Mia dengan bijaksana, memberi kesempatan untuk memberi ulangan bulan depan.

4.Pada teks pedagang dan penjual, terjadi kesepakatan yang disetujui kedua partisipan. Begitu pula pada teks Terima Kasih Ibu Mia, kesepakatan tersebut disetujui dengan senang hati oleh anak-anak kelas X IPA dan Ibu Mia.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon