Selasa, 09 Juli 2019

Kegiatan 1 Membandingkan Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan

Soal dan Jawaban Kegiatan 1 Buku Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 halaman 13-14. Peserta didik diminta untuk membandingkan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan. Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

Catatlah hasil perbandingan unsur-unsur kebahasaan pada kedua surat lamaran pekerjaan tersebut ke dalam tabel berikut.

Jawab: 

Silakan Simak Video ini




Atau perhatikan tabel di bawah ini



NoUnsur-Unsur KebahasaanSurat Lamaran Pekerjaan 1Surat Lamaran Pekerjaan 2
1Bentuk surat yang standarSurat tersebut sudah mengacu pada bentuk surat yang standarSudah menggunakan bentuk yang standar
2.Bahasa yang baik dan benarBahasa yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman berbahasa yang baik dan benar.Belum menggunakan bahasa yang baik dan benar. Misalnya pada : Lampiran: 5 (lima) berkas. Angka 5 tidak perlu ditulis, cukup ditulis abjadnya saja. Alamat surat tertulis Yth. : Kepala Dinas... Seharusnya tidak perlu menggunakan tanda titik dua. Nama, Tempat Tinggal, Alamat, Ijazah,huruf awal pada tiap kata di atas seharusnya menggunakan huruf kecil.
3Menggunakan kata-kata yang sopanCukup sopanCukup sopan
4Kata pengantar jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaranSeperti yang kita lihat, kata pengantar yang digunakan benar-benar efektif dan efisien serta tidak berbelit-belit.Kata pengantar terlalu singkat.
5Penyampaian maksud surat pada isi suratMaksud yang disampaikan juga mudah dipahami oleh pembacaMaksud yang disampaikan juga mudah dipahami oleh pembaca
6Pemakaian tanda baca koma (,) pada bagian penutup suratPerhatikan penutup surat ( hormat saya,) Sudah menggunakan tanda baca koma (,)Belum menggunakan tanda baca koma
Komentar: Dari keduanya, surat lamaran 2 masih banyak yang perlu diperbaiki.




Senin, 08 Juli 2019

Tulislah Hasil Analisis Terhadap Unsur-unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan Dalam Format Tabel Berikut

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 1 Bahasa Indonesia Kelas XII Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018 halaman 12. Peserta didik diminta untuk mengisi tabel tentang unsur-unsur kebahasaan.

Untuk lebih jelasnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

Tulislah hasil analisis terhadap unsur-unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan dalam format tabel berikut !

Jawab:

Silakan tonton video di bawah ini 




atau perhatikan tulisan di bawah ini

Perhatikan surat lamaran pada halaman 11 lalu identifikasilah surat tersebut berdasarkan unsur-unsur kebahasaan.

NoUnsur-Unsur KebahasaanPenjelasan
1Bentuk surat yang standarSurat tersebut sudah mengacu pada bentuk surat yang standar
2.Bahasa yang baik dan benarBahasa yang digunakan sudah sesuai dengan pedoman berbahasa yang baik dan benar.
3.Kata pengantar jelas, singkat, padat, informatif, dan tepat sasaranSeperti yang kita lihat, kata pengantar yang digunakan benar-benar efektif dan efisien serta tidak berbelit-belit.
4.Penyampaian maksud surat pada isi suratMaksud yang disampaikan juga mudah dipahami oleh pembaca
5Pemakaian tanda baca koma (,) pada bagian penutup suratPerhatikan penutup surat ( hormat saya,) Sudah menggunakan tanda baca koma (,)

Selasa, 02 Juli 2019

Mengidentifikasi Bahan Serat Alam Pada Produk Kerajinan

Soal dan Jawaban Lembar Kerja 1 (LK-1) Prakarya Kelas 7 SMP halaman 5 tentang identifikasi bahan serat alam pada produk kerajinan. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dalam tabel.

Agar lebih jelas, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.



1.       Serat eceng gondok:

Ciri – ciri: Serat eceng gondok kering dan kuat.
Bentuk: Serat eceng gondok berbentuk memanjang
Warna: Serat eceng gondok berwarna kecoklatan.
Tekstur: Serat eceng gondok bertekstur sedikit kasar.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat eceng gondoknya dianyam.

2. Serat kapas:
Ciri – ciri: Biji kapasnya kering dan agak keras, sedangkan serat kapanya kering dan agak kuat.
Bentuk: Serat kapas berbentuk menggumpal.
Warna: Serat kapas berwarna putih.
Tekstur: Serat kapas bertekstur lembut.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat kapas dimasukkan ke dalam sarung bantal.

3. Serat daun pandan:
Ciri – ciri: Serat daun pandan kering dan agak kuat.
Bentuk: Serat daun pandan berbentuk memanjang.
Warna: Serat daun pandan berwarna kecoklatan.
Tekstur: Serat daun pandan bertekstur sedikit kasar.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat daun pandannya dianyam.

4.       Serat pelepah pisang:
Ciri – ciri: Serat pelepah pisang kering dan agak kuat
Bentuk: Serat pelepah pisang berbentuk memanjang.
Warna: Serat pelepah pisang berwarna kecoklatan.
Tekstur: Serat pelepah pisang bertekstur sedikit kasar.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat pelepah pisangnya dianyam.

5.       Serat rami:
Ciri – ciri: Serat rami agak rapuh, kaku dan berkilau
Bentuk: Serat rami berbentuk benang jika sudah dirajut, agak keriting dan memanjang
Warna: Serat rami berwarna putih kecoklatan
Tekstur: Serat rami bertektur sedikit kasar
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu Serat rami diarajut menjadi benang kemudian dapat dirajut menjadi kain.


Serat alam dari hewan, seperti:

6.    Serat wol:

Ciri – ciri: Serat wol keriting dan agak kuat.
Bentuk: Serat wol berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat wol berwarna putih.
Tekstur: Serat wol bertekstur lembut.
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat wolnya dipintal.


7.    Serat sutera:

Ciri – ciri: Serat suteranya berkilauan.
Bentuk: Serat sutera berbentuk seperti benang jika sudah dipintal.
Warna: Serat sutera berwarna putih.
Tekstur: Serat sutera bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat suteranya dipintal 

8.       Serat alpaca:
Ciri – ciri: Serat alpaca agak keriting dan kuat
Bentuk: Serat alpaca berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat alpaca berwarna putih, coklat, kekuning – kuningan dan berkilau
Tekstur: Serat alpaca bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat alpaca dipintal.


9.  Serat unta:
Ciri – ciri: Serat unta agak keriting dan kuat
Bentuk: Serat unta berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat unta berwarna putih, coklat, dan juga kekuning - kuningan
Tekstur: Serat unta bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat unta dipintal

10.   Serat kelinci:
Ciri – ciri: Serat kelinci agak keriting dan agak kuat
Bentuk: Serat kelinci berbentuk benang jika sudah dipintal
Warna: Serat kelinci berwarna putih
Tekstur: Serat kelinci bertekstur lembut
Teknik pengolahan: Teknik pengolahannya yaitu serat kelinci dipintal


Ungkapan Perasaan: Indonesia memiliki kekayaan alam yang begitu luar biasa.

sumber: https://brainly.co.id/tugas/16524492

Senin, 01 Juli 2019

Jelaskanlah Karakteristik Wilayah Indonesia dan Potensinya Berdasarkan Peta yang Kalian Amati

Soal dan jawaban dari pertanyaan nomor 5 Aktivitas Individu dalam buku pelajaran IPS Kelas 7 halaman 16.
Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.


Soal: 

Jelaskanlah karakteristik wilayah Indonesia dan potensinya berdasarkan peta yang kalian amati.

Jawab:

Daratan/ Lahan
Karakteristik:
a. Sebagian besar tanah di Indonesia merupakan tanah yang subur
b. Masyarakat menjadikan lahan tersebut sebagai permukiman
c. Lahan tersebut juga digunakan untuk bercocok tanam, konservasi tanaman, dan hewan
d. DIpergunakan untuk berbagai kegiatan umum

Potensi yang dikembangkan: Pertanian

Lautan
Karakteristik: Memiliki ikan dengan beranekaragam jenis. Hal tersebut disebabkan karena letak geografisnya yang terletak di antara dua Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Untuk itulah, Indonesia disebut negara maritim.

Potensi yang dikembangkan: Perikanan

Tentukan Letak Astronomis Wilayah Indonesia dengan Menentukan Garis Lintang dan Garis Bujur dari batas wilayah Indonesia

Soal dan Jawaban Aktivitas Individu dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 SMP/ MTS terbitan kemendikbud halaman 16, Perhatikanlah peta Indonesia dan lakukanlah kegiatan berikut ini!. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang Peta Indonesia dan batas-batasnya.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:

1. Tentukan letak astronomis wilayah Indonesia dengan menentukan garis
lintang dan garis bujur dari batas wilayah Indonesia.
2. Tulislah batas-batas wilayah Indonesia pada tabel berikut ini.
Utara Selatan Barat Timur
Batas Daratan
Batas Lautan/Samudra
Batas Negara
3. Perhatikanlah benua dan samudra yang mengelilingi Indonesia.
4. Diskusikan dengan teman dan guru kalian apakah letak Indonesia strategis
atau tidak.
5. Jelaskanlah karakteristik wilayah Indonesia dan potensinya berdasarkan
peta yang kalian amati. Tulislah karakteristik dan potensi tersebut pada
tabel berikut.


Jawab :

1. Indonesia terletak pada 6° LU - 11° LS dan 95° BT - 141° BT.
2. Daratan
Utara : Malaysia di Pulau Kalimantan
Selatan : Timor Leste Di pulau timor
Barat : Tidak Ada
Timur : Papua Nugini Di Pulau Papua.

Lautan
Utara : Laut China Selatan
Selatan : Samudera Hindia
Barat : Samudera Hindia dan Laut Andaman
Timur Samudera Pasifik

Batas Negara
Utara : Malaysia Singapura
Selatan : Timor Leste, Australia
Barat : Laut Andaman (India)
Timut : Papua Nugini

4. Strategis
5. Jawabannya, silakan klik  karakteristik wilayah Indonesia dan potensinya berdasarkan
peta

Minggu, 30 Juni 2019

Deskripsikan Keadaan Muka Bumi Salah Satu Pulau Besar di Indonesia

Soal dan jawaban dari pertanyaan nomor tiga Aktivitas Kelompok buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 Bab 1 halaman 9. Untuk lebih lengkapnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal :

3. Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di Indonesia!




Jawab:

Pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki dataran rendah di wilayah bagian utara dan dataran tinggi / pegunungan di wilayah bagian selatan. Pulau Jawa memiliki banyak pegunungan dan sungai yang membuatnya menjadi sangat subur dan menunjang jumlah penduduk yang besar, meskipun tidak semua daerah merupakan tanah yang subur.


Wilayah utara pulau Jawa banyak dialiri sungai besar yang membuat wilayah ini cocok untuk pertanian. Meskipun fungsinya tidak seperti sungai-sungai di Kalimantan yang kerap digunakan untuk transportasi. Sungai besar di Pulau Jawa ini misalnya adalah sungai Citarum, Sungai Bengawan Solo, Sungai Brantas dan lain-lain

Wilayah selatan terdapat banyak pegunungan dan gunung berapi. Gunung berapi ini misalnya adalah Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Gede, Gunung Merapi, Gunung Kelud, Gunung Semeru dan Gunung Merapi. Abu volkanik dari gunung ini, ditambah dengan aliran sungai, membuat tanah Jawa menjadi sangat subur. Kesuburan ini memungkinkan pertanian padi intensif dan menjunjang jumlah penduduk yang besar.

Karena banyaknya jumlah penduduk di Jawa, lahan hutan yang masih alami terbatas, yaitu hanya didapati di wilayah sekitar taman nasional. Misalnya di Taman Nasional Ujung Kulon dan Alas Purwo.

Uraikanlah Posisi Indonesia dengan Menjawab Pertanyaan Berikut!

Soal dan Jawaban dari Aktivitas Kelompok dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 7 Bab 1 halaman 9. Peserta didik diminta untuk menjawab soal yang sudah dipersiapkan.

Unutk lebih lengkapnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal:


Aktivitas Kelompok

1. Perhatikanlah peta wilayah Indonesia berikut ini!
2. Uraikanlah posisi Indonesia dengan menjawab pertanyaan berikut!
a. Negara-negara yang berbatasan dengan Indonesia.
b. Samudra yang mengelilingi wilayah Indonesia.
c. Benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia.
d. Batas wilayah Indonesia secara astronomis.
3. Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di
Indonesia!

Jawab:

2. a. Negara yang berbatasan dengan Daratan Indonesia antara lain adalah;

  • Negara Malaysia
  • Negara Timor Leste
  • Negara Papua nugini.

Negara Berbatasan dengan Laut/Samudara dengan Indonesia , antara lain sebagai berikut;

  • Negara India
  • Negara Thailand
  • Negara Singapura
  • Negara Filipina
  • Negara Australia
  • Republik Palau
b. Samudera yang mengelilingi wilayah Indonesia : Samudera Hindia dan Samudera Pasifik
c. Benua yang berdekatan dengan wilayah Indonesia : Benua Asia dan Benua Australia
d. Batas wilayah Indonesia secara astronomis :  6°LU–11°LS dan 95°BT–141°BT


Pergilah Ke Toko Swalayan atau Pasar yang Dekat dengan Tempat Kalian Tinggal.

Soal dan jawaban dari Aktivitas Kelompok dalam buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kurikulum 2013 kelas 7 SMP/ MTs. Peserta didik diminta mengerjakan soal yang ada. Untuk lebih jelasnya, silakan simak soal dan jawaban di bawah ini.



Soal: 

1. Bagilah kelas kalian menjadi beberapa kelompok dengan anggota 4-5 orang/ kelompok
2. Pergilah ke toko swalayan atau pasar yang dekat dengan tempat kalian
tinggal.
3. Perhatikanlah sejumlah barang yang dijual di toko atau pasar.
4. Jika kalian pergi ke toko swalayan, biasanya ada informasi lokasi pembuat
produk pada kemasannya.
5. Jika kalian pergi ke pasar, tanyakanlah kepada beberapa pedagang tentang
daerah asal dari barang yang dijualnya.
6. Tulislah hasil penelusuran informasi tersebut pada tabel berikut ini.
No. Nama Produk Daerah Asal
7. Diskusikan dengan teman dan guru kalian mengapa beberapa komoditas
dapat dihasilkan dari daerah sendiri dan produk lainnya didatangkan dari
daerah lain.
8. Presentasikan hasilnya di depan kelas!

Jawab: 

1. Obat nyamuk Kingkong dari Tegal, Jawa Tengah
2. Teh Tong Tji dari Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
3. Air kemasan Aqua dari Klaten, Jawa Tengah
4. Sirup ABC dari Jakarta
5. Roti Khong Guan dari Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
6. Roti kaleng Nissin dari Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah
7. Kelapa dari Kutoarjo, Jawa Tengah
8. Silet Gillette dari Jakarta
9. Parfum Ruangan Stella Matic dari Gunung Putri Bogor
10 Isoplus minuman energi dari Bekasi
11. Obat Batuk Actifed dari Jakarta
12. Bon Cabe Pedas dari Tangerang
13. Sambal Pedas ABC dari Karawang
14. Detol sabun dari Bogor
15. Bimoli dari Jakarta
16. Listerine Siwak dari Jakarta
17. Teh Pucuk Harum dari Tegal
18. Mie Sedap dari Bekasi
19.Gery Saluut dari Jombang Jawa Timur
20. Kacang Dua Kelinci dari Pati, Jawa Tengah

Sabtu, 29 Juni 2019

Perhatikanlah Peta Benua Asia dan Tulislah Nama-Nama Negara dan Ibukotanya

Soal dan jawaban Aktivitas Individu nomor tiga tentang pembagian wilayah benua Asia. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran IPS Kelas 9 kurikulum 2013 SMP dan MTs.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Perhatikanlah peta benua Asia dan tulislah nama-nama negara dan ibukotanya seperti pada tabel berikut ini! Carilah data dan informasinya dari berbagai sumber.



Jawab:



NoNegaraIbukotaLuas Wilayah
1ChinaBeijing9.596.960 km2
2 Hong Kong*Hongkong1.108 km2
3 Makau*Macau28,2 km2
4 JepangTokyo377.915 km2
5Taiwan**Taipei35.980 km2
6 MongoliaUlan Bator1.564.116 km2
7 Korea SelatanSeoul99.720 km2
8 Korea UtaraPyongyang120.538 km2
9Brunei DarussalamBandar Seri Begawan5.765 km2
10 KambojaPhnom Penh181.035 km²
11 IndonesiaJakarta1.904.569 km²
12 LaosVientiane236.800 km²
13 MalaysiaKuala Lumpur329.847 km²
14 MyanmarNaypyidaw676.578 km²
15 FilipinaManila300.000 km²
16 SingapuraSingapura697 km²
17 ThailandBangkok513.120 km²
18 Timor LesteDili14.874 km²
19 VietnamHanoi331.210 km
20 AfghanistanKabul652.230 km²
21 BangladeshDhaka148.460 km²
22 BhutanThimphu38.394 km²
23 IndiaNew Delhi3.287.263 km²
24 MaladewaMalé298 km²
25 NepalKathmandu147.181 km²
26 PakistanIslamabad796.095 km²
27 Sri LankaKolombo65.610 km²
28RusiaMoscow17.098.242 km²
29Arab SaudiRiyadh2.149.690 km²
30 ArmeniaYerevan29.743 km²
31 AzerbaijanBaku86.600 km²
32 BahrainManama760 km²
33 GeorgiaTbilisi69.700 km²
34 IranTehran1.648.195 km²
35 IrakBaghdad438.317 km²
36 IsraelTel Aviv20.770 km²
37 KuwaitKuwait City17.818 km²
38 LebanonBeirut10.400 km²
39 OmanMuscat309.500 km²
40 QatarDoha11.586 km²
41 SiprusNicosia9.251 km²
42 SuriahDamaskus185.180 km²
43 TurkiAnkara783.562 km²
44 Uni Emirat ArabAbu Dhabi83.600 km²
45 YamanSanaá527.968 km²
46 YordaniaAmman89.342 km²
47KazakhstanAstana2.724.900 km²
48 KirgizstanBishkek199.951 km²
49 TajikistanDushanbe144.100 km²
50 TurkmenistanAshgabat488.100 km²
51 UzbekistanTashkent447.400 km²

Perhatikan peta pembagian wilayah Benua Asia, Negara mana saja

Soal dan jawaban aktivitas Individu tentang pembagian wilayah benua asia. Soal ini terdapat dalam buku pelajaran IPS Kelas 9 kurikulum 2013 SMP. Peserta didik diminta mengisi tabel yang sudah disediakan.

Untuk lebih jelasnya silakan perhatikan soal di bawah ini.



Soal

1. Perhatikan peta pembagian wilayah Benua Asia. Negara mana saja yang berada di daerah Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Selatan, Asia Barat Daya, dan Asia Tengah? Gunakan atlas untuk membantumu mencari nama negaranya.

2. Benua Asia terdiri atas beberapa region. Setiap region memiliki karakteristik sosial budaya yang berbeda. Carilah informasi tentang karakteristik sosial budaya masing

3. Perhatikanlah peta benua Asia dan tulislah nama-nama negara dan ibukotanya seperti pada tabel berikut ini! Carilah data dan informasinya dari berbagai sumber.
No. Nama Negara Nama Ibukota Luas Wilayah
1.
2.
dst.

Jawab:

1.  Negara Asia Tenggara: 

Indonesia (ibukota : Jakarta)
Malaysia (ibukota : Kuala Lumpur)
Thailand (ibukota : Bangkok)
Singapura (ibukota : Singapura)
Brunei (ibukota : Bandar Seri Begawan)
Filipina (ibukota : Manila)
Vietnam (ibukota : Hanoi)
Kamboja (ibukota : Phnom Penh)
Myanmar (ibukota : Napypyidaw)
Laos (ibukota : Vientiane)
Timor Leste (ibukota : Dili)

Asia Timur:
Jepang (ibukota : Tokyo)
Korea Selatan (ibukota : Seoul)
Republik Rakyat Cina (ibukota : Beijing)
Korea Utara (ibukota : Pyongyang)
Taiwan (ibukota : Taipei)
Mongolia (ibukota : Ulan Bator)


Negara Asia Selatan

Afganistan (ibukota : Kabul)
Bangladesh (ibukota : Dhaka)
Bhutan (ibukota : Thimphu)
India (ibukota : New Delhi)
Maladewa (ibukota : Male)
Nepal (ibukota : Kathmandu)
Pakistan (ibukota : Islamabad)
Sri Lanka (ibukota : Kolombo)

Negara Asia Barat Daya

Arab Saudi (ibukota : Riyadh)
Bahrain (ibukota : Manama)
Irak (ibukota : Baghdad)
Iran (ibukota : Tehran)
Israel (ibukota : Tel Aviv)
Jordania (ibukota : Amman)
Kuwait (ibukota : Kuwait City)
Lebanon (ibukota : Beirut)
Oman (ibukota : Muscat)
Palestina (ibukota : Yerusalem Barat)
Qatar (ibukota : Doha)
Suriah (ibukota : Damaskus)
Uni Emirat Arab (ibukota : Abu Dhabi)
Yaman (ibukota : Sanaa)


Negara Asia Tengah

Rusia (ibukota : Moscow)
Uzbekistan (ibukota : Tashkent)
Turkmenistan (ibukota : Ashgabat)
Kirgizstan (ibukota : Bishkek)
Tajikistan (ibukota : Dushanbe)
Kazakhstan (ibukota : Astana)