Minggu, 30 Juni 2019

Deskripsikan Keadaan Muka Bumi Salah Satu Pulau Besar di Indonesia

Soal dan jawaban dari pertanyaan nomor tiga Aktivitas Kelompok buku Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 7 Bab 1 halaman 9. Untuk lebih lengkapnya, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.

Soal :

3. Deskripsikan keadaan muka bumi salah satu pulau besar di Indonesia!




Jawab:

Pulau Jawa merupakan pulau yang memiliki dataran rendah di wilayah bagian utara dan dataran tinggi / pegunungan di wilayah bagian selatan. Pulau Jawa memiliki banyak pegunungan dan sungai yang membuatnya menjadi sangat subur dan menunjang jumlah penduduk yang besar, meskipun tidak semua daerah merupakan tanah yang subur.


Wilayah utara pulau Jawa banyak dialiri sungai besar yang membuat wilayah ini cocok untuk pertanian. Meskipun fungsinya tidak seperti sungai-sungai di Kalimantan yang kerap digunakan untuk transportasi. Sungai besar di Pulau Jawa ini misalnya adalah sungai Citarum, Sungai Bengawan Solo, Sungai Brantas dan lain-lain

Wilayah selatan terdapat banyak pegunungan dan gunung berapi. Gunung berapi ini misalnya adalah Gunung Tangkuban Perahu, Gunung Gede, Gunung Merapi, Gunung Kelud, Gunung Semeru dan Gunung Merapi. Abu volkanik dari gunung ini, ditambah dengan aliran sungai, membuat tanah Jawa menjadi sangat subur. Kesuburan ini memungkinkan pertanian padi intensif dan menjunjang jumlah penduduk yang besar.

Karena banyaknya jumlah penduduk di Jawa, lahan hutan yang masih alami terbatas, yaitu hanya didapati di wilayah sekitar taman nasional. Misalnya di Taman Nasional Ujung Kulon dan Alas Purwo.

Artikel Terkait