Jumat, 28 Oktober 2016

Syarat dan Ketentuan Penerbitan NUPTK 2016


Pada tahun 2016 ini, belum ada perubahan yang berarti terkait dengan prosedur penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK). Ada beberapa poin yang tertulis dalam surat edaran resmi Dirjen GTK Nomor : 14652/B.B2/PR/2015 tertanggal 28 Desember 2015 tentang Penerbitan NUPTK bagi Guru dan Tenaga Kependidikan pada satuan pendidikan formal dan non formal di Tahun 2016 yang dikirimkan kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan :

I.    Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah pada jenjang TK, SD, SMP, SMA, SMK, PLB.
II.   Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal (KB/TPA/SPS, PKBM/TBM, Kursus, dan UPT.
III.  Guru PNS/CPNS, Pengawas PNS, dan Guru bukan PNS.
IV. Pendidik dan Tenaga Kependidikan pada Satuan pendidikan Non Formal PNS/CPNS dan bukan PNS.
V.  S-1/D4 dari LPTK/PTN yang memiliki prodi terakreditasi atau dari LPTK /PTS yang terakreditasi Kopertis setempat bagi guru dan tenaga kependidikan yang diangkat setelah Januari 2006.
VI. Guru dan tenaga kependidikan yang aktif dalam dapodik Dikdasmen dan PAUD-Dikmas dengan ketentuan;
A.  Belum memiliki NUPTK melalui proses veval GTK oleh PDSPK
B.  Kandidat guru dan tenaga kependidikan penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasiverval GTK:
i.    Guru dan tenaga kependidikan PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Dinas Pendidikan
ii.   Guru dan tenaga kependidikan non PNS,
a.   di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur
b.   di sekolah swasta: SK Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut).
VII. Guru yang aktif tidak dalam dapodik (Guru Kemenag)
A.  Diajukan oleh operator Disdik melalui aplikasi verval GTK
B.  Belum memiliki NUPTK melalui proses verval GTK oleh PDSPK
C.  Kandidat guru penerima NUPTK melengkapi persyaratan dengan memindai (meng- upload) dokumen persyaratan melalui aplikasi verval GTK: 
i.    Guru PNS, SK CPNS/PNS + SK Penugasan dari Disdik 
ii.   Guru nonPNS, 
a.   di sekolah negeri: SK Pengangkatan dari Bupati/Walikota/Gubernur 
b.   di sekolah swasta: SI< Pengangkatan GTY selama 2 tahun secara terus menerus dihitung sampai dengan bulan Januari 2016 (SK tidak berlaku surut) 
VIII. Diverifikasi dokumen persyaratannya oleh Disdik Kab/Kota, Ditjen GTK sesuai kebijakan yang ada.

 Adapun persyaratan dan ketentuan penonaktifan NUPTK adalah sebagai berikut;

I.  Guru Kemendikbud

A.  mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke Disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Sekolah;
B.  Operator Disdik melalui aplikasi verval GTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepsek, Surat Persetujuan dari Disdik

II.  Guru Kemenag

A.  mengajukan surat penonaktifan NUPTK ke disdik dengan melampirkan surat pengantar dari Kepala Madrasah dan surat persetujuan dari Kanwil Kemenag;
B.  Operator Disdik melalui aplikasi verval PTK mengajukan penonaktifan NUPTK dengan memindai (meng- upload) dokumen penonaktifan dari: guru ybs, surat pengantar Kepala Madrasah, Surat Persetujuan dari Kanwil Kemenag dan Surat Persetujuan dari Disdik

Di bawah ini merupakan bagan Mekanisme Penerbitan NUPTK

syarat dan ketentuan penerbitan NUPTK

Gambar 1. Mekanisme Penerbitan NUPTK
Dengan adanya informasi yang sangat jelas dan terperinci dari pihak berwenang, diharapkan para pendidik maupun tenaga kependidikan yang belum memiliki NUPTK tidak tergiur dengan iming-iming pemberian NUPTK di luar ketentuan di atas.



Kamis, 27 Oktober 2016

Cara Edit Nama, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung Pada Verval PD Lengkap

Pada saat menginput data siswa baru ke dalam aplikasi dapodik versi v.2016.b, operator sekolah kadang melakukan kesalahan input. Penyebabnya mungkin karena kurang konsentrasi, kelelahan atau tergesa-gesa dikejar deadline. Dalam aplikasi dapodik, ada kolom yang bisa diubah secara langsung, ada juga kolom tertentu yang bisa diedit melalui verval pd. Kolom itu adalah Nama, NISN, Tanggal lahir dan Ibu Kandung. Untuk kali ini kita akan membahas perubahan Nama, Tanggal lahir dan Ibu Kandung. Perubahan data yang salah tersebut harus melalui Verval Pd. Di bawah ini merupakan skema perubahan identitas.


gambar 1.Skema approval perubahan identitas (nama, tempat lahir, tanggal lahir, ibu kandung, dan jenis kelamin)

Dalam skema tersebut tercatat ada empat tugas operator sekolah :

1. Mengisi form identitas melalui menu edit data
2. Melampirkan Dokumen Perubahan identitas
3. Mengkonversi dokumen pengajuan perubahan data siswa.
4. Memeriksa Status perubahan secara berkala.

Adapun langkah yang harus dilakukan operator sekolah untuk melakukan perubahan data adalah sebagai  berikut :

1. Login aplikasi verval pd.
2. Pilih Tab Edit data -> Pengajuan -> Nama dan tanggal lahir
ubah tanggal lahir verval pd 1
Gambar 2. Edit Data

3. Ada pop up pilih ok
Edit data verval pd 3
Gambar 3. pop up

4. Klik Pilih siswa
edit tanggal lahir verval pd dapodik
Gambar 4. Pilih siswa



5. Silakan filter berdasarkan kelas lalu tekan enter.


edit nama dan tanggal lahir verval pd
Gambar 5. Filter berdasarkan kelas dan jenis kelamin

6. Pilih nama siswa lalu klik Ok

Gambar 6. Pilih nama siswa

7. Isi semua kolom sesuai dengan pertanyaan meskipun yang diedit hanya satu dan upload data pendukung misalnya Scan Akta Kelahiran. Setelah klik Pengajuan Perubahan


9. Tunggu hasilnya kurang lebih 1 x 24 jam

Demikianlah tutorial cara mengedit nama, tanggal lahir dan nama ibu kandung.

Kamis, 16 Juni 2016

Cara Cek Virtual Account PIP SD 2016

Virtual Account PIP adalah nomor yang didapat siswa SD penerima PIP 2016. Jangan sampai keliru dengan website sebelumnya yang hanya bisa mengecek status pencairan BSM/ PIP 2015. Untuk mengetahui status pencairan PIP 2016 caranya adalah sebagai berikut :

Silakan klik https://139.0.7.100:4499/inqbsm2016/,


Baca juga :

syarat pencairan PIP SD 2016
Ini dia sasaran operasi zebra 2016

1. Langkah berikutnya, masukkan nomor virtual account PIP berjumlah 20 digit

virtual account pip sd


2. Perhatikan pada status, jika tertulis keterangan siap dicairkan, PIP belum dicairkan
3. Klik "Inquiry Lagi" jika ingin mengecek nomor virtual account yang lain.

Sebagai operator sekolah, tidak ada salahnya melakukan pengecekan nomor virtual account PIP murid SDnya.



Sabtu, 11 Juni 2016

Membedakan Shut Down, Restart, Log Off, Switch User, Lock, Sleep, dan Hibernate PadaWindows 7

Memiliki perangkat komputer, baik itu laptop maupun PC merupakan hal yang lazim pada zaman sekarang. Akan tetapi, memiliki pemahaman tentang perangkat laptop dan sistem operasi yang terinstall di dalamnya merupakan sebuah nilai tambah. Dengan mengetahui fungsi dari perintah atau informasi yang ada di sistem operasi khususnya Windows akan dapat membantu kita mengoptimalkan pekerjaan.

Kali ini kita akan membedakan tentang perintah yang muncul di windows 7 ketika akan mematikan laptop/ PC WIndows kita. adalah tentang perbedaan shut down, restart, Log Off, Switch Uswe, Lock, Sleep dan Hibernate.



Yang pertama adalah Shut Down (WIN + RIGHT + ENTER)

Perintah ini secara awam diartikan merupakan perintah mematikan sebuah komputer atau laptop. Lebih tepatnya, shut down merupakan perintah untuk mematikan semua komponen komputer dengan memutur aliran listriknya yang terdiri dari RAM, hardisk, prosesor, dll. Pada proses ini, ketika akan menyalakan komputer membutuhkan waktu (loading) yang agak lama.

Kedua, Log Off (short cut : Win +  Right + Right + Right + H)

Perintah ini akan berfungsi dengan baik apabila ada dua pengguna dalam satu komputer. Tujuan dari perintah ini adalah berpindah ke account pengguna pada komputer setelah menutup semua program yang terbuka dan windows proses, komputer masih menggunakan 100% daya.

Ketiga, Switch User, (short cut :Win + Right + Right + Right + W)

Switch User hampir sama dengan log off, digunakan untuk pergantian pengguna komputer tanpa menutup program.

Keempat, Lock (Win + L )

Perintah ini, sebagaimana arti dari kata lock adalah mengunci. Perintah ini bisa kita gunakan ketika bermaksud meninggalkan komputer untuk pergi sebentar.

Kelima, Sleep (Win + Right + Right + Right + S )

Menempatkan komputer ke mode daya rendah (sekitar 2%) yang menyimpan semua program berjalan dan jendela yang terbuka dalam memori komputer untuk proses restart cepat. Windows menyimpan semua aktifitas nya di dalam RAM dan berjalan dengan POWER yang sangat kecil ( listrik yang digunakan sangat sedikit ) dan memungkinkan kembali seperti semula hanya dengan beberapa detik. Hanya saja SLEEP ini hanya bisa berjalan jika masih ada batrenya.

Keenam, HIbernate (Win +  Right + Right + Right + H)

Pada perintah hibernate, komponen komputer akan mati, sama seperti shutdown. Bedanya, jika shutdown berlangsung, isi dari RAM masih terdapat pada RAM, namun pada hibernate isi RAM sudah disalin ke Hard disk. Keuntungannya adalah proses mengaktifkan komputer menjadi lebih cepat.

Ketujuh, Restart ( Win + Right + Right + Right + R)

Perintah ini ini sudah jelas, mematikan komputer sebagaimana shutdown kemudian secara otomatis akan hidup kembali.

Itulah perbedaan antara jenis-jenis perintah menonaktifkan komputer, ternyata ada perbedaan ya .
   

Rabu, 08 Juni 2016

Syarat Dokumen Pencairan Dana Program Indonesia Pintar 2016

Pada era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini, rakyat seolah mendapat guyuran dana yang begitu besar. Pembentukan lembaga penanggulangan kemiskinan yang diberi nama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan menunjukkan keseriusan pemerintah dalam mengurusi rakyatnya.

Salah satu programnya adalah Program Indonesia Pintar. Sebuah program yang dikhususkan bagi anak yang menempuh pendidikan di lembaga pendidikan.

Cara Pencairan Dana PIP 

Baca juga :
Jadwal Pengiriman Data PMP Per Provinsi hingga 20 November 2016
Cara Edit Nama, Tanggal Lahir dan Nama Ibu Kandung Pada Verval PD Lengkap

Bagi siapapun termasuk operator di lembaga pendidikan yang diberi tugas mendampingi muridnya untuk mencairkan dana PIP ada beberapa tahap yang harus diikuti :

1. Menerima  file excel yang berisi daftar penerima PIP
2. Mempersiapkan berkas penerima PIP yang harus diserahkan ke BRI hanya Surat Keterangan Aktif Sekolah yang ditandatangani Kepala Sekolah. Dasarnya adalah Surat Edaran dari Ditjen Pendidikan Dasar Menengah Nomor 05/D/SE/206 Tentang Syarat Dokumen Pencairan Dana Program Indonesia Pintar Yang belum Diambil Siswa.


Surat Edaran tentang Syarat Dokumen Pencairan Dana PIP 2016


Dalam Surat Edaran di atas ada tiga poin penting yang tertulis : 

1. Adanya upaya percepatan dalam proses pencairan dana PIP 2014,2015,2016
2. Pengambilan dana yang diambil cukup melampirkan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
3. Pencairan bisa dilakukan secara kolektif hanya dengan melampirkan surat keterangan kepala sekolah dan surat pernyataan akan menyerahkan pada siswa.

Apabila dibandingkan dengan syarat pengambilan BSM 2015, PIP 2026 ini relatif lebih mudah.

Sabtu, 04 Juni 2016

Cara Membuat Buku di Microsoft Word ( Book Fold)

Microsoft Word merupakan perangkat lunak yang sangat powerfull dalam membantu kelancaran adminstrasi di sekolah. Salah satu kehebatan microsoft word ini adalah bisa digunakan untuk membuat buku cetak dengan mudah. Dengan fasilitas ini, sekolah bisa membuat brosur atau profil atau buku saku tentang sekolah atau perpustakaan.

Pada tutorial microsoft word ini, kita akan belajar dan mempraktikkan bagaimana membuat buku dan mencetak bolak-balik dengan menggunakan teknik Book Fold.

Sebelum memulai praktik membuat bukusilakan install Nitro PDF, Foxit Reader atau software pdf viewer lainnya.

1. Silakan buka dokumen ms word misalnya titiktitik.doc yang akan anda buat menjadi sebuah buku. Jika sudah, silakan masuk ke menu page setup dengan cara klik dua kali pada ruler margin yang terletak di atas dan di samping kiri/ kanan Ruler, tepat pada garis merah seperti pada gambar di bawah.
Ruler Margin




 Kemudian pilih menu Paper untuk mengatur ukuran kertas, pada contoh saya memilih ukuran kertas F4.


menu paper microsoft word

a. Langkah berikutnya, pilih menu Margin,
b. kemudian atur margin sesuai selera anda.
c. Pada Orientation pilih Landscape
d. Pada Multiple Pages, pilih Book Fold


membuat buku book fold

2. Membuat halaman pada dokumen. Agar tidak ada halaman yang kosong, silakan cek jumlah halaman,  akan lebih baik jika halamannya merupakan kelipatan empat.

a. Pilih menu Insert
b. pilih sub menu Page Number
c. pilih Bottom page (anda bisa memilih sesuai keinginan)



insert page number

3. Langkah yang selanjutnya, cetaklah file tersebut dengan cara ketik CTRL+P. Pada Name Printer pilih Nitro PDF Creator yang berfungsi sebagai Virtual Printer.



cetak virtual printer dengan nitro pdf

4. Kemudian simpan dengan cara beri nama (a) dan klik Create (b)


5. Hasil dari proses pada nomor lima di atas adalah file pdf. Langkah berikutnya adalah pencetakan/ print. Agar urut, cetaklah mulai dari halaman yang ganjil terlebih dahulu.

cetak pada halaman ganjil

Setelah itu baru halaman yang genap dicetak pada halaman sebaliknya.

Demikian cara membuat buku di Microsoft Word 2007 dengan menggunakan menu atau fitur Book Fold, semoga bermanfaat bagi anda.

Selasa, 31 Mei 2016

Cara Termudah Sharing Printer antar Windows 7 Lewat Wifi

Sharing printer dalam artikel ini maksudnya bukan membagikan printer secara fisik, melainkan menggunakan satu printer untuk digunakan secara bersama-sama, tanpa semua harus terhubung secara fisik dengan laptop/ PC. Gambarannya mirip dengan iklan Printer HP, di mana kita bisa mencetak tanpa kabel.

Masih belum faham ?

Ilustrasinya begini, di sebuah kantor di Sekolah Dasar yang dilengkapi dengan jaringan Wifi, ada satu PC yang menggunakan Software Sistem Operasi Windows 7 dan terhubung dengan satu printer. Di  tempat lain : di ruang kelas satu ada Guru yang membawa laptop, di ruang kelas dua juga ada guru yang membawa laptop.

Pada suatu ketika, Guru di ruang kelas satu bermaksud mencetak artikel tentang pendidikan. Untuk itu dengan menenteng Laptopnya, guru tersebut membawa laptopnya ke kantor SD, kemudian dia meletakkan Laptopnya di dekat printer di samping PC. Setelah itu dia mencari kabel USB printer yang menancap di bagian belakang PC, lalu menancapkannya di slot USB Laptopnya, baru kemudian dia mulai mencetak.

Pernahkah anda mengalami hal tersebut?
Membawa laptop dari satu ruang ke ruang lain hanya untuk mencetak ?

Jika anda pernah mengalami hal tersebut, sebaiknya cara kuno tersebut perlu anda tinggalkan karena ada cara yang lebih mudah untuk mencetak. Melalui panduan di bawah ini anda bisa berbagi antar komputer bahkan lebih dari dua komputer.

Caranya adalah dengan memanfaatkan jaringan Wifi untuk sharing printer.

Ok, mari kita mulai

A. Setting printer pada komputer server.


1. Klik Tombol Start, kemudian klik Devices and Printers


Sharing printer

2. Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. silakan klik kanan pada printer yang ingin di-sharing, lalu klik printer properties, kemudian klik Canon MX390 Series Printer (contoh)


Pilih  Printer Properties


3. Setelah itu akan muncul jendela Canon MX390 Series Printer, pilih menu Sharing (1), contreng sesuai gambar di bawah (2) dan klik Ok (3). 
render print jobs on client computers



4. Setelah itu silakan ulangi lagi, proses pada nomor 2 yaitu : klik kanan pada printer yang ingin di-sharing (1), lalu klik printer properties (2), kemudian klik Canon MX390 Series Printer (3) (contoh).


4. Akan muncul lagi, jendela Canon MX Series Printer, silakan klik 


5. Setelah masuk ke jendela Network and Sharing Center,silakan pilih Change Advance Sharing Setting
Network and Sharing Center




6. Lalu pilih, Turn On network discovery, Turn on file and printer sharing dan turn off password protected sharing.


Sampai di sini, setting komputer server sudah selesai.

B. Selanjutnya, kita juga harus menyeting pengaturan printer pada komputer klien.


1. Silakan buka Windows Explorer dengan cara mengklik kanan pada tombol Start. setelah itu pilih Network (1), kemudian pilih nama Laptop/ PC (2) yang anda sharing printernya. Klik 2 kali (3) pada nama printer yang baru saja anda sharing. Akan terjadi proses install yang tidak lama.





2. Selanjutnya, silakan buka Device and printer , 
3. Silakan cek apakah nama printer yang anda sharing sudah terlihat di dalamnya.




Demikian Cara Termudah Sharing di Printer di WIndows 7 Lewat Wifi.