Kamis, 25 Juli 2019

Kegiatan 2 Menentukan Hal Hal Menarik Dalam Novel Sejarah Halaman 39 Kemelut di Majapahit

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 yaitu menentukan hal-hal menarik dalam novel sejarah. Soal tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 9 terbitan kemendikbu halaman 39. Peserta didik diminta mengerjakan soal di bawah ini.



Soal:

Ketika mendengarkan pembacaan kutipan novel, tentulah terdapat bagian-bagia yang menarik. Kemenarkan itu dapat berpa waktu, tempat, tokoh yang mungkin bagi sebagian orang tidak asing.

Untuk mengukur kemampuan mendengarkan, jawablah pertanyaaan-pertanyaan berikut ini.

1. Kapankah latar belakang waktu cerita dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat?
2. Di manakah latar dalam kutipan novel sejarah tersebut dibuat ?
3. Peristiwa apa saja yang dikisahkan?
4. SIapa saja tokoh yang terlibat dalam penceritaan?
5. DI bagian apa sajakah yang menandakan bahwa novel tersebut tergolong ke dalam novel sejarah ?

Diskusikan hasil kerja dengan teman satu kelompkmu. Untuk memperdalam jawaban-jawabanmu, bersama tim kelompok telusuri lebih jauh mengenai kebenaran dari segi fakta dengan membaca buku-buku sejarah.


Jawab:

1. Latar belakang waktu terjadi ketika Raden Wijaya sudah menjadi raja dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.
2. Latar tempat dalam peristiwa tersebut terjadi di kerajaan Majapahit.
3. Ada beberapa peristiwa dalam kisah tersebut:
a. Ranggalawe diangkat menjadi Bupati Tuban
b. Sang Prabu yang sudah memiliki empat istri, menikah lagi dengan Putri dari Kerajaan Pamalayu
c.Adipati Rangglawe sangat marah karena pernikahan tersebut
d. Adipati Ranggalawe mendatangi Prabu Kertarajasa Jayawardana.

4. Tokoh dalam penceritaan kisah tersebut
a. Prabu Kertarajasa jayawardana
b. Adipati Ranggalawe
c. Kebo Anabrang
d. Dewi Mertorogo
e. Nambi

5. Pada bagian awal yaitu tentang Majapahit. Sebab Majapahit merupakan fakta sejarah. Pengarang kemudian memilih para tokoh untuk diperankan.

Kegiatan 2.9 Perhatikanlah Iklan Berikut, Jawablah Pertanyaan Berikut

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2.9 yang terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 Kelas 8 SMP/ MTs terbitan Kemendikbud. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal dengan benar.



Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini

Soal

1. Perhatikanlah Iklan Berikut !
2. Jawablah pertanyaan berikut !
a. Mengiklankan produk apakah teks tersebut
b. Permasalahan apakah yang ditawarkannya
c. Solusi apakah yang diberikan oleh iklan tersebut
d. Adakah bukti-bukti yang meyakinkan khalayak di dalamnya
e. Bagaimana cara iklan tersebut menarik hati khalayak dengan harga yang ditawarkannya


Jawab:
a. Teks tersebut mengiklankan tentang ajakan untuk tetap bersemangat dalam kehidupan ini dengan cara menjaga kesehatan dengan baik.
b. Permasalahan yang ditawarkan adalah mengobati dan mencegah penyakit
c. Solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah rasa solidaritas terhadap sesama manusia dengan cara ikhlas mendonorkan darah ke orang lain.
d. Buktinya tidak tertera dengan jelas.
e. Tidak ada harga karena bukan iklan komersial.

Rabu, 24 Juli 2019

Kegiatan 3 Menulis Pidato Persuasif Jangan Buang Sampah Sembarangan

Soal dan jawaban dari Kegiatan 3 Menulis Pidato persuasif. Kegiatan tersebut terdapat dalam buku Bahasa Indonesia Kelas 9 halaman 49. Peserta didik diminta untuk berpidato tanpa teks.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.



Soal: 

Tugas terakhir adalah berpidato secara spontan (tanpa teks). Caranya adalah mengundi tema dalam daftar di bawah ini. Pidato disampaikan berdasarkan tema yang didapat dari hasil undian. Gurumu akan mengatur jalannya undian. Pidato disampaikan dalam waktu antara 2-3 menit atau paling lama lima menit. Daftar tema sebagai berikut

1. Jangan buang sampah sembarangan
2. Kuasai bahasa kuasai dunia
3.Bayar pajak, negara makmur bangsa maju
4. Korupsi rugi dunia akhirat
5. Remaja unggul ? pasti bisa
6. Mengapa saya tidak merokok dan antimerokok


Jawab: 

 

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca dalam artikel di bawah ini

Jangan Buang Sampah Sembarangan

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Rekan-rekan yang saya hormati, tak terasa sebentar lagi kita akan menghadapi musim penghujan. Apa yang ada dalam benak rekan-rekan semua saat terjadi hujan yang begitu deras di sekitar kita?
Air tergenang lalu terjadi banjir?

Betul sekali, kita sering khawatir banjir akan terjadi di sekitar kita karena mungkin kita sudah menyadari bagaimana keberadaan sampah di sekitar kita, di sungai, di jalan raya, di trotoar dan sebagainya. Padahal sudah banyak tempat sampah disediakan di tempat umum.

Sampah-sampah itu terutama sampah plastik yang dibuang di sungai akan menyumbat aliran sungai yang akibatnya akan terjadi banjir. Mungkin kita sudah terbiasa dengan banjir, namun terjadinya banjir membuat kita menderita.

Kita harus mengakhiri semua itu, meskipun butuh waktu yang lama dan kesadaran dari kita semua agar kita bisa membuang sampah di tempatnya.

Selain itu, mari kita juga mengurangi pemakaian bahan plastik demi kebaikan diri kita sendiri dan demi lingkungan yang sehat dan demi masa depan anak cucu kita kelak.

Demikian pidato saya, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Kegiatan 2 Menulis Pidato Singkat Bersih Hijau di Lingkungan Sekolah

Soal dan Jawaban dari kegiatan 2 dalam Buku Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP/ MTs Kurikulum 2013. Peserta didik diminta untuk membuat pidato dengan pilihan tema yang disediakan. Kali ini tema yang dipilih adalah Bersih dan Hijau di Lingkungan Sekolah




Bersih dan Hijau di Lingkungan Sekolah

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang saya hormati teman-teman SMA Negeri 1 Suryalaya, berbahagia sekali pada kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama untuk berdiskusi tentang pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah. Bukan hanya bersih, melainkan juga harus ramah lingkungan, hijau dan hemat energi.

Rekan-rekan, sudah jamak kita ketahui bahwa kebersihan adalah sebagian dari Iman. Akan tetapi dalam kenyatannya, perilaku kita sehari-hari jauh dari hal tersebut. Kita masih sering membuang sampah sembarangan, dan tak acuh terhadap kebersihan.

Kebersihan sejatinya berjalan selaras dengan kepedulian kita terhadap hijaunya pepohonan di sekitar kita. Apabila salah satu dari kedua hal tersebut, kebersihan dan peduli alam tidak dilakukan dengan selaras, yang terjadi adalah ketimpangan dan bukan tidak mungkin akan terjadi bencana semacam banjir.

Untuk itulah marilah kita bersama-sama menjaga kebersihan dan pada saat yang sama kita juga merawat tumbuh-tumbuhan. Keberadaan tumbuh-tumbuhan akan menghasilkan udara segar dan sehat bagi kita. Jika tubuh kita sehat kita bisa melakukan banyak hal positif. Selain itu keberadaan pepohonan, bunga dan tanaman lainnya di sekolah kita akan bisa dilihat oleh generasi yang akan datang.

Demikian yang bisa saya sampaikan, jika ada kesalahan saya mohon maaf.

Wassalamualaikum warah matullahi wabarakatuh.

Kegiatan 2 Menulis Pidato Singkat tentang Konsumsi BBM Mau Hemat atau Boros

Soal dan jawaban dari Kegiatan 2 dalam buku Bahasa Indonesia kelas 9 SMP/ MTs kurikulum 2013 halaman 48. Peserta didik diminta untuk menulis teks pidato singkat dengan berbagai tema.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawabannya di bawah ini.



Soal

Tulislah Teks Pidato singkat untuk disampaikan di depan kelas ! Perhatikan struktur pidato. Tema Pidato dapat dipilih dari daftar berikut.

Kemukakan pendapatmu tentang kejadian/ peristiwa dari daftar berikut

1. Konsumsi BBM mau hemat atau boros
2. Aturan sekolah tertentu yang perlu dikritisi jika ada
3. Bersih dan hijau di lingkungan sekolah
4. Narkoba
5. Kesetiakawanan sosial sesama bangsa
6. Hidup rukun dan damai


Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini


atau tulisan di bawah ini

Konsumsi BBM mau hemat atau boros

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur ke hadirat Allah atas limpahan karunia kesehatan sehingga kita bisa mengikuti peringatan hari Bumi pada 22 April 2019 ini

Teman-teman yang saya banggakan, sebagaimana yang kita ketahui bersama banyak sekali kemajuan zaman yang terjadi akhir-akhir ini. Kemajuan tersebut terjadi dalam segala bidang.

Salah satunya adalah transportasi. Kita lihat bagaimana tempat parkir kita dipenuhi dengan kendaraan bermotor, sepeda motor kita semua. Sepuluh bahkan tiga puluh tahun yang lalu hal tersebut tidak terjadi di sekolah kita.

Keberadaan sepeda motor memang memudahkan kita ketika berangkat sekolah maupun pergi ke tempat lain dalam waktu relatif cepat. Semua itu menjadikan sepeda motor menjadi kendaraan wajib pada setiap keluarga, bahkan sekarang ini, setiap anggota keluarga memiliki kendaraan sendiri.

Akan tetapi ada dampak kurang menyenangkan dari keberadaan sepeda motor yang semakin lama semakin banyak. Di antaranya pemborosan energi. Energi yang digunakan BBM diambil dari energi bensin. Bensin diambil dari minyak bumi yang suatu saat nanti akan habis. Tentu kita tidak bisa menghentikan seketika pemakaian sepeda motor, kita hanya bisa mengurangi pemakaian dengan cara :
1. Naik sepeda untuk bepergian ke lokasi yang dekat
2. Menggunakan transportasi umum jika bepergian ke tempat yang agak jauh
3. Memilih kendaraan yang hemat BBM
4. Mengendarai sepeda motor tidak setiap hari.

Kiranya cukup sekian solusi agar bumi kita semakin hijau dan agar kita bisa menghemat BBM.

Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatuh.

Selasa, 23 Juli 2019

Kegiatan 2.5 Perhatikanlah Iklan Berikut, Jawablah Pertanyaan Berikut

Soal dan jawaban dari kegiatan 2.5 dalam buku bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 SMP/ MTS halaman 39. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal tentang jenis, sasaran, tindakan dan apa saja pesan pengiklan.

Agar lebih jelas, sila perhatikan soal dan jawaban di bawah ini !




SOAL:


A. 1. Perhatikanlah iklan berikut !

2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut !
a. Termasuk jenis apakah iklan tersebut
b. Siapakah sasaran dari pengiklanan barang tersebut ?
C. Tindakan apa yang diharapkan dari khalayaknya ?
d. Pengiklan menyampaikan pesan apa saja
e. Adakah yang menarik dari iklan tersebut.


JAWAB:

2.
a. Iklan non komersial atau iklan layanan masyarakat
b.  Sasaran dari iklan anti roko tersebut adalah para perokok
c. DIharapkan, para perokok akan segera berhenti menghisap rokok dan memulai hidup sehat tanpa disertai kepulan asap rokok/
d. Pesan yang disampaikan:
    1. Ajakan untuk hidup sehat
    2. ajakan untuk berhenti merokok agar sehat

e. Yang paling menarik dari artikel tersebut adanaya aksi sukarela dari peserta aksi untuki mengajak para perokok berhenti merokok.

Kegiatan 1 Mendata Informasi dalam Teks Sejarah Kemelut di Majapahit

Soal dan Jawaban dari kegiatan 1 dalam buku Bahasa Indonesia SMA/ SMK Kurikulum 2013 kelas 12 halaman 35. Peserta didik diminta untuk membaca teks yang berupa novel sejarah, lalu memilih dan memilah manakah yang disebut fakta sejarah dan mana yang disebut imajinasi pengarang.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini



Soal

Kegiatan 1 Mendata Informasi dalam Teks Sejarah

Latihan

Berikut ini disajikan kutipan novel sejarah berjudul Kemelut di Majapahit karya SH. Mintardja (hal. 22-21). Sebelum dibaca, cobalah membentuk kelompok (misalnya 4 orang). Salah satu anggota kelompok diminta membacakan kutipan. Siswa yang lain mendengarkan sambil mencatat informasi penting (fakta-fakta sejarah dan imajinasi pengarang). Selama mendengarkan tutuplah bukumu. Nikmatilah ceritanya sambil konsentrasi penuh.

Jawab:

Fakta Sejarah:
1. Raden Wijaya berhasil menjadi Raja Majapahit pertama bergelar Kertarajasa Jayawardhana.
2. Ronggo Lawe diangkat menjadi Adipati Tuban.
3. Sang Prabu menikah dengan empat putri Raja Kertanegara.
4. Dyah Dara Petak menjadi istri yang kelima
5. Pasukan Pamalayu dipimpin oleh Mahisa Anabrang atau Kebo Anabrang


Imajinasi pengarang:
1. Dyah Gayatri memang cantik jelita seperti dewi kahyangan
2. Terjadilah persaingan diam diam di antara para istri
3.  Nasi yang sudah dikepak Ronggo Lawe dibanting ke atas lantai dan karena dalam kemarahan  tadi Sang Adipati menggunakan kedigdayannya, maka nasi sekepal itu amblas ke dalam lantai.
4. Dialog-dialog antar tokoh, kemungkinan besar tidak terjadi persis seperti yang digambarkan penulis
5.Senopati Kebo Anabrang mukanya menjadi merah seperti udang direbus.

Kegiatan 2.4 Jelaskan Iklan atau Poster Berdasarkan Jenisnya.

Soal dan jawaban dari pertanyaan pada buku bahasa Indonesia kelas 8 SMP/ MTs Kurikulum 2013 halaman 37.  Peserta didik diminta untuk menjawab soal.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawabannya di bawah ini!



Soal:


Kegiatan 2.4.

1. Jelaskan iklan atau poster berikut berdasarkan jenisnya informasi pesan yang disampaikan, serta respon khalayak yang diharapkan
2. Presentasikan pendapat kelompokmu di depan kelompok lain
3. Mintalah mereka memberikan penilaian/ komentar-komentar
4. Gunakan rubrik berikut ini


Jawab:

1. Iklan: Budayakanlah Membaca, Baca Buku Buka Dunia

Jenis: Termasuk dalam kategori iklan atau poster transformer

Informasi pesan yang disampaikan: Memberitahu khalayak bahwa dengan membaca dapat mengetahui banyak hal di dunia ini.

Respons khalayak yang diharapkan: Khalayak diharapkan akan tergerak untuk segera membaca buku atau mengubah kebiasaannya dengan membaca buku baik dengan membaca di perpustakaan, perpustakaan dalam jaringan, maupun membeli buku di toko buku

2. Iklan: Jangan Lupa Bahasa Ibu Kalian.

Jenis iklan: termasuk dalam katergori iklan atau poster transformasional.

Informasi pesan yang disampaikan: Mengingatkan khalayak agar tidak melupakan bahasa ibu, yaitu bahasa daerah.

Respons khalayak yang diharapkan: Tindakan khalayak untuk menggunakan bahasa ibu atau bahasa daerah dalam berkomunikasi setiap harinya.

3. Iklan: Gratis Jemput Kiriman Paket

Jenis iklan: termasuk dalam kategori iklan atau poster informasional.

Informasi pesan yang disampaikan: Memberitahu khalayak bahwa agen pos telah mempunyai fasilitas gratis jemput kiriman paket tanpa batasan minimum berat kiriman.

Respons khalayak yang diharapkan: Khalayak tertarik untuk menggunakan fasilitas gratis jemput kiriman paket

Senin, 22 Juli 2019

Kegiatan 2.3 Perhatikan Iklan Berikut Kemudian Jawablah Soal-soal di Bawahnya

Soal dan jawaban dari pertanyaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum Kelas 8 SMP/ MTs halaman 34 - 35. Peserta didik diminta untuk mengerjakan soal yang masih berkaitan dengan tema yaitu iklan.

Agar lebih jelas, silakan perhatikan soal dan jawaban di bawah ini.




Kegiatan 2.3
A. Perhatikanlah iklan berikut. Kemudian, jawablah soal-soal di bawahnya secara berdiskusi
a. Hal apakah yang ditawarkan dalam iklan itu
b. SIapakah pihak yang mengiklankan/ menawarkan jasa tersebut ?
c. Pesan apa yang terdapat dalam iklan tersebut ?
d. DI manakah iklan seperti itu biasanya dipasang
e. Bagaimana bentuk respons yang diharapkan dari khalayak dengan pemasang iklan tersebut

Jawab:
A.
a. Hal yang ditawarkan dalam iklan tersebut adalah layanan kesehatan untuk ibu dan balita

b. Pihak yang mengiklankan adalah Kementerian Kesehatan

c. Pesan yang terdapat dalam iklan tersebut adalah  ajakan untuk ibu dan balita agar datang ke posyandu secara rutin agar keduanya selalu sehat.

d. Iklan tersebut biasa dipasang di tempat-tempat umum yang sering dilihat dan ditangi oleh masyarakat misalnya kecamatan, puskesmas, rumah sakit, kelurahan, balai desa dan sebagainya

e. Respon yang diharapkan pemasang iklan terhadap masyarakat adalah agar ibu-ibu yang memiliki balita agar senantiasa hadir untuk mengikuti posyandu karena pelayanan balita sangat penting bagi perkembangan balita ke depan.





Sabtu, 20 Juli 2019

Kegiatan 3: Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi, dan Logika

Soal dan Jawaban dari Kegiatan 2: Membuat Ungkapan Meyakinkan Berdasarkan Etika, Emosi dan Logika. Kegiatan ini terdapat dalam buku Bahasa Indonesia kurikulum 2013 kelas 9 Bab 2 halaman 38. Peserta didik diminta untuk membuat beberapa kalimat atau ungkapan persuasif

Lebih jelas, silakan perhatikan dengan seksama soal dan jawaban di bawah ini



Soal:

Buatlah ungkapan dengan tujuan meyakinkan orang untuk menanam pohon !

Etika:
Emosi:
Logika:

Jawab:

Jawaban ada dalam video di bawah ini


 

atau silakan baca tulisan di bawah ini:

Etika: Masyarakat kita pada dasarnya mulai menyadari bahwa kearifan lokal yang kita miliki sangat mementingkan keselarasan kehidupan sesama penghuni alam semesta ini baik manusia, hewan dan tumbuh-tumbuhan. Simaklah bagaimana tradisi kita mengajarkan penghormatan kita terhadap pepohonan yang seringkali kita sebut melanggar akidah keagamaan. Padahal apabila kita niatkan semata-mata untuk menghargai alam, semua itu sah-sah saja. Memberikan sesaji di beberapa pohon besar, bukan karena kita ingin menyembah pohon tersebut, melainkan karena kita menyadari bahwa pepohonan yang berusia tua tersebut telah banyak memberikan manfaat berupa hawa sejuk, sumber mata air dan keindahan alam. Selaras dengan itu, agar semakin banyak manfaat, perbanyaklah menanam pohon.

Emosi: Kita juga menyadari bahwa akhir-akhir ini kita merasakan kualitas kehidupan dan keseimbangan alam kita mulai banyak berubah dibanding beberapa tahun silam. Kita sudah jarang mendengar suara burung-burung prenjak di pepohonan setiap pagi. Kita juga jarang mendengar suara semilir daun-daun yang bergerak ditiup angin. Kedamaian-kedamaian seperti itu perlahan-lahan mulai hilang dari kehidupan kita sehari-hari, padahal kita tinggal di desa. Menghadirkan kedamaian tersebut di sekitar kita, menjadi tugas wajib agar anak cucu kita kelak juga akan merasakan keseimbangan alam yang menghadirkan rasa damai dalam jiwa. Mengingat tumbuhnya pepohonan membutuhkan waktu bertahun-tahun, kita harus secepatnya melakukan penanaman pohon secara bersama-sama dan dalam jumlah yang besar sebagai warisan bagi anak cucu kita kelak.

Logika: Secara ilmiah, keberadaan tumbuhan di sekitar kita memberikan dampak bagi terciptanya keseimbangan alam. Keberadaan pepohonan yang tumbuh menghijau akan menghasilkan oksigen melimpah bagi umat manusia. Selain itu, akan banyak sekali hewan-hewan seperti burung yang akan hinggap dan membuat sarang di pepohonan. Semua itu akan meningkatkan kualitas hidup manusia.